home -> Unik -> 10 Fakta Unik Tentang Hewan Kecoak
21 Agustus 2019 02:26

10 Fakta Unik Tentang Hewan Kecoak

Oleh serba_tahu dalam Unik pada August 15, 2019

Kecil, coklat, menjijikan, dan dapat terbang. Kira-kira hewan apakah yang dimaksud? Jika kalian menjawab kecoak, kalian benar. Kecoak termasuk hewan yang paling meresahkan, dibenci, dan ditakuti oleh kita manusia. Sebenarnya momen mereka terbang itulah yang membuat kecoak menjadi 100 kali lebih mengerikan daripada biasanya. Meski mengerikan, membahas kecoak adalah suatu hal yang harus dilakukan. Selain untuk mengenal karakteristiknya, serta menambah wawasan, mungkin saja kita bisa mencari tahu cara seperti apa yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan hewan menyebalkan ini. Berikut fakta unik mengenai binatang kecoak.

10. Kecoak Dapat Dimakan

food

Melihatnya saja kita sudah jijik, tidak terlintas di kepala untuk memakan kecoak, bukankah benar demikian? Tapi, ada sejumlah negara yang ternyata menjadikan kecoak sebagai salah satu makanan ringan. Ketika dijual, bukannya membuat orang jijik tapi malah penasaran ingin mencoba. Dan nyatanya banyak yang memfavoritkan kecoak.

Dari beberapa negara, salah satu negara yang menjadikan kecoak sebagai makanan dan menjualnya adalah Cina. Oleh mereka, kecoak digoreng dan ditusuk dengan kayu layaknya sate dan dijual di pinggir jalan. Bagi sebagian orang, kecoak digolongkan ke dalam makanan ekstrim. Meski banyak yang mengatakan kecoak aman untuk dimakan, sejumlah doktor tetap memberikan peringatan akan kebersihannya.

9. Kecoak Bisa Tumbuh Hingga 6 Inci

largest cocroach

Ada lebih dari 4.000 jenis kecoak yang merayap di muka Bumi. Ada yang bersifat sebagai hama, ada juga yang tidak. Di Indonesia sendiri ada 2 jenis kecoak yang umum ditemukan. Mereka adalah German cocroach dan American cocroach. Dimana ukuran rata-rata dari American cocroach adalah 4 cm dan German cocroach adalah 1,6 cm.

Sangat beruntung bila melihat ukuran mereka yang hanya segitu. Di Amerika Selatan, jenis kecoak disana memiliki ukuran yang sangat besar. Kecoak di Amerika Selatan bisa tumbuh hingga sepanjang 6 inci. Jika kecoak yang ukuran 4 cm saja bisa membuat kita kabur, bayangkan bila kalian menemukan kecoak seukuran 6 cm di dalam rumah kalian.

8. Dapat Menahan Nafas

hold breathe

Hewan pengganggu ini selain kecil, jorok, cepat, bisa bertahan hidup lama tanpa kepala, ternyata masih ada satu lagi kemampuan kecoak yang membuatnya bisa digolongkan hewan luar biasa. Kecoak memiliki kemampuan berenang yang luar biasa. Ia mampu menyelam dalam waktu yang lama, jauh lebih lama daripada manusia.

Menurut hasil sebuah studi, kecoak dapat menahan napasnya hingga 40 menit. Mereka juga bisa bertahan di dalam air kurang lebih 30 menit. Kemampuan menahan napas yang luar biasa ini diperkirakan datang dari hasil pengurangan air. Kecoak tidak menggunakan mulut untuk bernapas, melainkan menggunakan tabung kecil yang disebut dengan spiracle. Spiracle inilah yang digunakan untuk mengtransfer air keluar dari tubuh.

7. Cepat

fast

Untuk ukuran makhluk sekecil itu, kecoak ternyata mampu berlari dengan sangat cepat. Kalian yang pernah mencoba mengejar kecoak untuk membunuhnya pasti tahu betapa susahnya mengejar kecoak. Tentang kecepatan kecoak yang luar biasa ini menjadi alasan para ilmuwan untuk meneliti bagaimana kecoak bisa berlari begitu cepat.

Di tahun 2017, sejumlah ilmuwan meneliti bagaimana kecoak bisa berlari begitu cepat. Kecoak yang dijadikan sampel adalah kecoak jenis Nauphoeta cinerea. Sama seperti kecoak pada umumnya yang terbang begitu melihat ancaman yang lebih besar dari tubuh mereka, Nauphoeta cinerea memiliki cara lari yang sangat unik. Semua kaki yang berada di sisi sama akan mengangkat semua, dari yang depan, tengah, sampai belakang. Lalu kaki ini akan menyentuh tanah dengan urutan yang sama. Dinamakan dengan metachronal gait pattern.

6. Tua

old

Ketimbang kalian takut pada kecoak, mungkin lebih baik kalian menghormati mereka. Seperti kata pepatah, hormatilah mereka yang sudah tua. Nah, kecoak pun demikian, hormatilah mereka karena ternyata umur mereka sudah sangat tua. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan oleh orang-orang dari PennState College of Agricultural Science.

Mereka mengatakan, kecoak adalah hewan yang sangat tua. Tua yang dimaksud disini adalah mereka sudah ada di Bumi ini sejak sangat lama. Kalau perihal masa hidupnya, khusus spesies American cocroach mereka dapat bertahan hidup hingga satu tahun. Dikatakan oleh para peneliti bahwa mereka memiliki bukti fosil yang mengatakan bahwa kecoak sudah ada sejak 300 juta tahun yang lalu.

5. Kunci Penting Di Rantai Makanan

food chain

Saking bencinya, kalian boleh saja mengharapkan kecoak lenyap dari muka Bumi. Tapi bila benar-benar terjadi bahwa kecoak lenyap dari Bumi, ini bisa menyebabkan hidup jadi terganggu. Jadi, meski kecoak, kecil, menyebalkan, dan bisa terbang, ternyata hewan penganggu ini merupakan kunci penting dalam rantai makanan.

Di dalam rantai makanan, kecoak berperan sebagai makanan dari hewan seperti burung dan tikus. Apabila kecoak lenyap, para binatang ini akan mengalami kesulitan dalam mencari sumber makanan. Jika jumlah burung dan tikus menurun, ini akan menyebabkan hewan yang menjadi predator mereka juga ikut mengalami kesulitan dalam mencari makanan. Bukan cuma hewan yang terpengaruh, tapi hutan juga bisa terganggu bila kecoak sampai lenyap. Kecoak ini yang bekerja membersihkan bangkai yang ada di hutan, memakan nitrogennya, dan mengekresinya menjadi kotoran yang berguna untuk menyuburkan tanah.

4. Bisa Menggigit Manusia

bite

Ada orang yang pernah mengatakan bahwa di saat kondisi terjepit, seekor tikus bisa saja melawan balik dan menggigit kucing. Ini menandakan bahwa siapapun, tidak perduli penampilannya seperti apa, besar atau kecil, bisa saja kesal dan melawan balik yang menyerang mereka. Hal demikian juga terjadi pada kecoak.

Kecoak yang kecil dan terlihat tidak bisa memberikan perlawanan, ternyata bisa menyerang balik dengan cara menggigit. Ya, fakta menarik berikutnya adalah kecoak bisa menggigit siapapun yang mengancam keselataman mereka. Kecoak bisa menggigit manusia atau hewan lain di saat jumlah mereka banyak dan jumlah makanan tidak cukup. Area tubuh yang biasa digigit adalah jari, tangan, dan kaki. Disarankan untuk segera mendapatkan perawatan lanjut setelah digigit kecoak. Takutnya gigitan kecoak membawa bakteri yang berbahaya.

3. Pemakan Semua/Omnivora

omnivora

Wajar orang tua memarahi anaknya bila suka pilah-pilih makanan. Apalagi sayuran yang dimana anak-anak malas untuk makan sayuran. Menjadi orang yang pilah-pilih makanan kita tahu adalah hal yang tidak bagus. Di lain pihak, kecoak bukanlah hewan yang pilah-pilih makanan. Apapun itu akan mereka makan jika mereka lapar.

Ada istilah khusus untuk makhluk yang memakan semua hal. Istilah tersebut adalah omnivora. Kecoak, bila memang mereka lapar, mereka akan memakan apapun yang bisa mereka makan. Contohnya seperti buah, lem, kotoran, apapun itu kalian bisa sebut saja. Bahkan, mereka bisa memakan sesama kecoak untuk memenuhi kebutuhan perut mereka. Ya, mereka juga kanibal.

2. Tertarik Pada Telinga Manusia

ear

Hal berikut bisa menjadi hal mengerikan sekaligus menjijikan yang pernah kalian tahu. Faktanya, kecoak sangat tertarik dengan telinga manusia. Jadi, kecoak bisa datang, masuk ke dalam lubang telinga, dan meletakkan telurnya di dalam telinga. Kalian juga pasti sudah pernah mendengar berita tentang orang yang telinganya kemasukan kecoak bukan?

Ketika bertemu dengan manusia, kecoak biasanya akan memilih untuk melarikan diri. Namun ketika kondisi sudah gelap, misalnya di malam hari, kecoak bisa datang menghampiri manusia. Nah, salah satu bagian tubuh manusia yang paling menarik bagi kecoak adalah telinga. Kotoran di telinga manusia mengandung lemak yang merupakan makanan utama dari kecoak. Lemak ini yang menjadi magnet bagi kecoak untuk masuk ke dalam telinga. Mana lagi telinga manusia itu kecil, sempit, dan hangat, hal yang sangat disukai juga oleh kecoak.

1. Bisa Hidup Tanpa Kepala

head

Ingin membunuh kecoak tidak semudah yang kalian pikirkan. Kecoak adalah salah satu hewan di dunia ini yang memiliki daya tahan hidup luar biasa. Meski kepalanya terpisah dari badannya atau singkatnya putus, kecoak masih dapat bertahan hidup hingga berhari-hari. Bahkan, meski sudah kalian semprot dengan pembasmi serangga, kadang kecoak masih bisa kembali bergerak lagi seperti tidak pernah terjadi apa-apa.

Berbeda dengan manusia dimana kepala adalah bagian tubuh yang sangat vital. Begitu kepala manusia dipenggal, maka darah akan mengalir deras dan kita otomatis akan mati. Di lain pihak, kecoak tidak kehilangan banyak darah. Jadi ketika kepalanya terpisah, mereka masih dapat berlarian dengan bebas seolah tidak terjadi apa-apa. Kecoak bisa hidup selama berminggu-minggu tanpa kepala. Sedangkan kepalanya sendiri bisa tetap hidup bila didinginkan dan diberikan nutrisi yang cukup.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas