home -> Unik -> 10 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memeliha...
21 Agustus 2019 01:43

10 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memelihara Hewan

Oleh serba_tahu dalam Unik pada August 12, 2019

Punya hewan peliharaan memang menyenangkan. Selain tingkah lucu, hewan peliharaan juga bisa dijadikan teman bermain bahkan sebagai solusi mengurangi stres. Tak heran kenapa banyak orang zaman sekarang memelihara hewan di rumahnya. Tapi jangan kalian kira memelihara hewan itu mudah. Ada banyak hal yang musti dipertimbangkan untuk memiliki satu atau lebih hewan peliharaan di rumah. Apa saja yang harus dipertimbangkan? Berikut daftarnya.

10. Masalah Yang Ditimbulkan Dari Peliharaan

trouble

Memelihara binatang peliharaan itu bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang musti kalian pertimbangkan. Salah satu hal tersebut adalah masalah yang bisa mereka timbulkan. Layaknya manusia, hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci atau hewan lainnya, memiliki sifat dan masalah berbeda ketika dipelihara.

Ada baiknya kalian mencari tahu apa masalah yang mungkin bisa diberikan hewan peliharaan kalian dari orang yang memang memelihara peliharaan yang sama dengan kalian. Misalnya kalian ingin memelihara anjing, mintalah saran dari mereka yang sudah lama memelihara anjing. Apa saja plus atau minus dari anjing. Jika sudah mengetahuinya, kalian bisa pertimbangkan lagi apakah mau memelihara anjing atau tidak.

9. Olahraga

workout

Manusia dan hewan itu memiliki kemiripan, sama-sama membutuhkan aktivitas extra untuk membakar energi berlebih dalam tubuh. Hewan terutama, bila energi dalam tubuh mereka terus menerus menumpuk tak terpakai, ini bisa membuat hewan menjadi resah dan jadi tak bisa diam di dalam rumah. Hewan yang tidak bisa diam cenderung membuat kekacauan seisi rumah. Kalian tentunya tidak mau hal tersebut terjadi di rumah kalian bukan?

Untuk mencegah hal demikian terjadi, kalian perlu menyiapkan satu hari khusus untuk melakukan olahraga bersama dengan hewan kesayangan kalian. Bisa dilakukan di akhir pekan agar kalian juga bisa ikut berolahraga. Hewan kalian sehat, kalian juga bisa ikutan sehat. Anggap saja ini sebagai waktu bersenang-senang bersama dengan peliharaan tercinta kalian.

8. Mainan

pet toy

Hewan peliharaan juga ternyata butuh yang namanya mainan. Dan mainan tersebut berbeda tergantung dengan binatang apa yang kalian pilih untuk menjadi peliharaan. Mainan ini bisa menjadi solusi untuk membuat membuat hewan peliharaan menjadi tidak cepat bosan di rumah. Dan kita perlu tahu bahwa ada beberapa hewan yang bila bosan akan bisa menjadi destruktif.

Mainan yang dipilih berbeda tergantung dari jenis hewannya. Biasa kalau kucing, mainannya yang umum adalah mainan tikus yang diikat dengan tongkat atau bola kecil. Untuk anjing, mainan yang umum adalah bola atau bisa juga tulang mainan untuk yang nantinya bisa ia gigit. Biasa mencari mainan ini bisa di pet store atau juga bisa kalian buat sendiri.

7. Makanan

pet food

Hewan juga layaknya manusia, butuh makanan. Makanan ini yang nantinya menjadi sumber energi mereka untuk bermain bersama kita. Makanan hewan juga perlu diperhatikan kualitas dan jumlahnya. Makanan yang mahal belum berarti pasti bagus, begitu juga yang murah. Perlu untuk menanyakan informasi mengenai makanan dan gizi yang tepat pada pakar hewan.

Tidak hanya kualitas makanan, jumlah dan waktu pemberian makanan juga perlu kalian perhatikan. Jangan sampai kalian memberikan terlalu banyak atau kurang. Terlalu sedikit akan berakibat hewan menjadi mudah lapar serta lemas. Terlalu banyak bisa mengakibatkan hewan menjadi kegemukan layaknya manusia. Kalau sudah kegemukan, perlu menjalani diet dan juga olahraga untuk mengembalikan berat badan ideal mereka.

6. Waktu

time

Waktu juga menjadi hal krusial yang perlu kalian pertimbangkan ketika ingin memelihara hewan. Waktu disini termasuk dalam waktu bermain bersama, memberi makan, merawat, membawa ke dokter kalau ada masalah, dan lain sebagainya. Kalau kalian terlalu sibuk, ada baiknya memikirkan ulang niatan memiliki hewan peliharaan.

Ada banyak contoh kasus dimana hewan peliharaan menjadi terlantar dikarenakan pemiliknya terlalu sibuk hingga tak punya waktu untuk merawat mereka. Hewan juga punya perasaan, hargai itu. Kalau pun keinginan memiliki hewan sudah tak terbendung, pastikan kalian punya seseorang yang bisa diandalkan untuk merawat hewan peliharaan kalian disaat kalian sibuk.

5. Dokter

vet

Siapa bilang hewan tidak bisa sakit? Semua makhluk hidup itu bisa sakit. Hewan juga sama seperti kita manusia, mereka bisa merasakan sakit. Jika sudah sakit, kita perlu segera membawanya ke dokter hewan. Bukan cuma untuk menyembuhkan hewan tercinta, tapi juga menjaga-jaga agar penyakit yang diderita hewan tidak berdampak pada manusia.

Untuk itu, sebelum memutuskan memelihara binatang, kita perlu dibekali informasi mengenai sejumlah penyakit yang umum diderita oleh hewan dan juga lokasi dari dokter hewan terdekat. Hal ini dilakukan agar bila terjadi apa-apa, kita tahu penanganan pertama yang harus dilakukan serta bisa membawanya cepat ke dokter untuk diperiksa.

4. Jenis Peliharaan

pets

Jenis peliharaan, tidak mungkin kalian main asal pilih peliharaan bukan? Zaman sekarang, peliharaan sudah semakin banyak dan unik. Yang dulu hanya terbatas anjing atau kucing, sekarang sudah semakin luas ke hewan-hewan eksotis. Sebutlah ular, sugar glider, tokek, kalejengking, laba-laba, dan masih banyak lagi hewan lainnya yang kini bisa dijadikan peliharaan.

Kunci penting sebelum membawa pulang satu hewan ke rumah adalah dengan menentukan hewan apa yang kalian suka dan apakah itu cocok dengan karakter kalian. Kalau kalian orang yang aktif di luar rumah, tidak mungkin kalian jalan-jalan ke luar dengan membawa ular bukan? Dengan menentukan jenis hewan peliharaan apa yang diinginkan bisa berlanjut ke hal lain seperti makanan, kandang, dan mainan. 

3. Izin

izin

Bagi kalian yang tinggal di apartemen atau apapun yang bersinggungan langsung dengan tetangga, alangkah baiknya kalian menanyakan pemilik apartemen atau apapun itu perihal boleh atau tidaknya memelihara hewan peliharaan. Karena jika tidak boleh ada hewan tapi kalian melanggar, akan ada konsekuensi dari tindakan kalian.

Selain itu, izin yang lebih khusus juga diperlukan untuk mereka yang ingin memelihara hewan khusus yang termasuk hewan eksotis, berbahaya, dan juga dilindungi. Karena tidak menutup mata bahwa sekarang sudah banyak orang yang mulai memelihara hewan-hewan eksotis. Bukan cuma karena kesenangan tapi juga untuk gengsi. Tidak apa-apa, yang penting kalian punya izin dan pengetahuan bagaimana cara merawat hewan tersebut.

2. Komitmen dan Kesabaran

commitment

Anggaplah hewan peliharaan kalian sebagai anggota keluarga sendiri. Jadi kalian bisa belajar bagaimana cara merawat mereka dari kecil hingga dewasa. Serta bisa menangani setiap kelakuan usil yang mereka lakukan. Kalau kalian tidak punya komitmen dan kesabaran, lebih baik urungkan niat memelihara hewan.

Banyak kejadian dimana orang senang dengan kucing atau anjing ketika masih kecil. Alasannya? Karena di masa kecil itulah mereka sedang lucu-lucunya. Tapi ketika sudah bertambah besar, orang jadi malas memelihara mereka. Alhasil, ada yang membuangnya atau memberikannya kepada orang lain. Dan sekali lagi ditekankan, hewan juga punya perasaan. Perlakukanlah mereka dengan sebagaimana mestinya.

1. Uang

money

Dan dari semua hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk memelihara hewan setelah sembilan poin di atas adalah uang. Tidak perlu menutup mata, memang semua hal sekarang ini butuh yang namanya uang, memelihara hewan juga demikian. Memangnya kalian beli makanan hewan, dokter hewan, mainan, kandang, dan lain semacamnya itu gratis? Tentu saja tidak.

Untuk memelihara hewan, kalian perlu menyiapkan budget tersendiri. Mulai dari kandangnya, mainannya, makanan, perawatannya, serta biaya ke dokter apabila binatang kesayangan kita sakit. Semua jelas harus diperhitungkan. Apalagi kalau kalian membeli hewan dari toko hewan, sudah pasti itu perlu uang untuk membelinya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas