home -> Lainnya -> 10 Tanda Kamu Berada Dalam Toxic Relationship
21 Agustus 2019 01:20

10 Tanda Kamu Berada Dalam Toxic Relationship

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada August 08, 2019

Menjalin hubungan asmara tidaklah selalu mulus. Pasti ada aja halan rintang yang harus dilalui bersama. Bagus kalau kalian mendapatkan pasangan tepat yang bisa membawa kalian ke arah yang lebih baik. Tapi bagaimana kalau sebaliknya? Bukannya membawa ke arah positif, kalian malah semakin terpuruk, membuat kalian terjebak dalam hubungan yang tidak sehat atau toxic relationship. Jika sudah demikian, lebih baik berpisah daripada terus menerus terjebak dalam toxic relationship. Tapi bagaimana cara mengetahui kita berada dalam hubungan yang tidak sehat? Berikut tandanya.

10. Selalu Mengkritik

kritik

Kritik tercipta agar orang yang dikritik bisa sadar bahwa mereka telah berbuat kesalahan. Bukan hanya itu, kritik juga diharapkan agar mereka bisa berubah menjadi lebih baik. Kritik juga tidak sembarangan kritik, harus disertai juga dengan saran. Karena kalau hanya mengkritik, apa bedanya kita dengan anak kecil? Anak kecil soal kritik juga bisa melakukannya.

Dalam menjalin hubungan asmara, baik pria dan wanita harus saling melengkapi satu dengan yang lain. Bila memang ada melakukan hal yang tidak seharusnya, harusnya pasangan yang baik memberikan kritik, kritik membangun. Tapi kalau yang terjadi hanya selalu mengkritik tanpa adanya saran membangun, mungkin kalian telah salah memilih pasangan. 

9. Lempar Tanggung Jawab

tanggung jawab

Masing-masing individu punya tanggung jawab. Ketika seseorang memutuskan untuk menjalin hubungan dengan lawan jenis, maka secara otomatis tanggung jawab tersebut akan bertambah. Mau itu perempuan atau pria, masing-masing memiliki tanggung jawab yang dimana mereka harus melakukannya. Suka atau tidak suka.

Dalam hubungan yang baik, seharusnya pria melakukan apa yang menjadi tugasnya, begitu juga dengan wanita. Jangan sampai pria melempar tugasnya pada wanita dan wanita melempar tugasnya pada pria. Salah satu ciri hubungan toxic yang tidak perlu dipertahankan adalah ketika masing-masing pihak saling melempar tanggung jawab ke orang lain. Bagaimana menghadapi persoalan yang lebih besar kalau dari yang sepele saja sudah lepas tanggung jawab.

8. Saling Menyalahkan

saling menyalahkan

Tak ada hubungan yang bisa berjalan mulus bila tiap pihak, pria atau wanita, saling menyalahkan satu dengan yang lain. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Kalian juga, mungkin pasangan kalian ada berbuat salah, tapi bukan berarti kalian berada di posisi yang tanpa salah. Pasti ada satu atau dua kesalahan yang pernah kalian buat meski itu sudah lama. Dan biasanya kalau sudah bertengkar, kesalahan lama bisa diungkit kembali.

Ketika pasangan berbuat salah, cara yang tepat adalah menegurnya dengan baik. Tidak perlu dengan menunjukan rasa dominan karena itu akan membuat pasangan menjadi terpojok. Ingat, kesalahan ada untuk melatih kekompakan. Bukankah tujuan pacaran adalah untuk saling melengkapi satu sama lain?

7. Merasa Bukan Jadi Diri Sendiri

diri sendiri

Sangat heran bila melihat orang yang hidup dengan menggunakan topeng kepura-puraan. Bagaimana mungkin orang seperti itu bisa hidup nyaman dan tenang dengan menggunakan topeng orang lain. Jika setiap orang di dunia terlahir dengan keunikannya tersendiri, kenapa kita harus harus pura-pura menjadi orang lain?

Hal serupa seharusnya dilakukan ketika menjalin hubungan dengan seseorang. Jangan pernah kita berpura-pura menjadi orang lain. Tujuan berpacaran agar pasangan bisa benar-benar menerima kita apa adanya. Bila meminjam topeng orang lain, itu membuat pasangan kalian cinta dengan kepalsuan atau cinta dengan karakter topeng yang kita inginkan. Jangan pernah kalian bertahan dengan hubungan yang membuat kalian harus hidup dalam kepura-puraan.

6. Bohong

bohong

Salah satu kunci awetnya suatu hubungan adalah ketika kedua belah pihak saling jujur dan terbuka dengan perasaan dan apa yang dipikirkan. Akan sangat tidak baik apabila suatu hubungan ada dusta di dalamnya. Meski dusta yang dilakukan adalah untuk alasan kebaikan. Dusta, tetaplah dusta, kalau bisa berbicara jujur, kenapa harus berbohong?

Lagipula, ketika seseorang sudah sekali berbohong, maka orang tersebut pasti akan berbohong lagi dan lagi guna menutupi kebohongan yang sebelumnya. Akan sangat membuat pusing kepala bila harus memikirkan kebohongan apa lagi yang akan dibuat. Kejujuran emang sakit, tapi itu baik dilakukan untuk kehidupan cinta bersama pasangan.

5. Posesif dan Cemburuan

possessive

Ada yang bilang kalau pacar cemburu itu tandanya sayang dan cinta. Kalau menurut TahuPedia tidak. Pasangan yang mudah cemburu itu tandanya dia merasa tidak yakin dengan dirinya dan pasangannya. Kalau iya yakin sudah memberikan yang terbaik serta percaya dengan kekasihnya, maka rasa cemburu itu tidak perlu ada.

Bukan hanya cemburu, bahkan sifat posesif juga termasuk salah satu sifat negatif yang menandakan bahwa kalian berada dalam hubungan yang toxic. Perlu diketahui bahwa posesif adalah kondisi di mana seseorang merasa tidak nyaman dengan hubungan yang sedang dijalani. Biasa disebabkan oleh rasa tidak percaya diri dan takut dengan kehadiran orang ketiga dalam hubungan.

4. Sering Bertengkar

berantem

Pertengkaran akan selalu ada dan tidak bisa dihindari. Wajar saja karena menyatukan pikiran 2 orang itu adalah hal yang sangat sulit. Masing-masing memiliki pendapat dan sudut pandang sendiri dalam menghadapi suatu masalah. Solusinya adalah bagaimana cara menghadapi dan menyelesaikan tanpa harus bertengkar terus menerus.

Namun apabila di setiap saat selalu terjadi pertengkaran. Entah itu masalah sepele dan masalah besar dan sampai bisa berlarut-larut, ini menandakan bahwa hubungan yang kalian jalani itu tidak sehat. Siapa juga yang ingin menjalin hubungan dengan lawan jenis apabila tiap harinya harus bertengkar karena hal yang tidak penting.

3. Kurang Komunikasi

less communication

Kemungkinan terbesar suatu hubungan rusak adalah karena kurangnya komunikasi antar kedua belah pihak. Kalian ini kan sudah masuk dalam tahap pacaran, bagaimana kalian mau melanjutkan ke level yang lebih tinggi apabila kalian saling diam seribu bahasa. Tak ada komunikasi yang intim antar kedua belah pasangan.

Mereka yang sudah rutin ketemuan tiap minggu dan ngobrol saja masih memiliki kemungkinan untuk putus. Coba bayangkan kalian jarang komunikasi. Bagaimana mungkin hubungan kalian bisa awet. Komunikasi itu penting dilakukan bukan hanya sekedar untuk bercanda tawa, tapi juga saling bertukar pikiran apabila tidak memungkinkan untuk bertemu langsung.

2. Meninggalkan Hobi

hobbies

Setiap orang pasti punya hobi. Hobi bisa bermacam-macam, ada yang suka main alat musik, olahraga, nyanyi, dansa, atau bisa juga berbelanja ke mall. Dan setiap kali mood lagi jelek, biasa pelariannya adalah melakukan hobi yang disuka. Dalam menjalani hubungan asmara, pasti ada pasang surut. Kalau lagi senang yah bagus, tapi kalau lagi jelek, melakukan hobi yang disuka adalah salah satu cara terbaik untuk mengembalikan mood.

Apa yang terjadi apabila pasangan kita melarang kita untuk melakukan kegiatan yang kita suka? Ini bukanlah suatu tanda yang baik. Pasangan yang baik tidak akan pernah melarang pasangannya untuk melakukan hobi yang disuka. Apalagi kalau itu memang memberikan dampak positif. Mudah-mudahan kalian tidak ada yang mendapat pasangan yang suka mengatur seperti ini.

1. Lupa Dengan Sahabat

friend

Ingat dengan kalimat yang diucapkan pepatah zaman dulu yang mengatakan, kacang lupa kulit? Jangan sampai kata pepatah ini menjadi kalimat yang bisa membuat kalian menyesal. Pacaran dan menikah memang persoalan tentang 2 orang. Orang lain seperti sahabat memang tidak termasuk, tapi jangan sampai kalian melupakan sahabat yang sudah bersama kalian sejak lama.

Sekarang ini banyak orang yang berubah drastis setelah memiliki pacar. Perlahan namun pasti, persahabatan yang telah lama dibina, mulai dilupakan. Jangan sampai kalian seperti kacang lupa kulit. Menjalin hubungan dengan pacar memang boleh, tapi jangan lupakan sahabat. Kalian tidak akan tahu di ke depannya nanti, kalian akan masih membutuhkan bantuan sahabat atau tidak. Oleh karena itu, perlakukanlah sahabat kalian dengan baik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas