home -> Unik -> 10 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Lampu Mati
14 Oktober 2019 15:50

10 Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Lampu Mati

Oleh serba_tahu dalam Unik pada August 06, 2019

Mati lampu tidak otomatis membuat kita tidak bisa melakukan apa-apa. Ada banyak hal yang masih bisa dan wajib kita lakukan selama menunggu listrik kembali nyala. Seperti yang terjadi belum lama di Pulau Jawa dan Bali, dimana terjadi listrik mati massal. Bukan hanya sebentar, melainkan sampai esok harinya masih ada sejumlah wilayah yang masih belum dialiri listrik. Karena ada saat dimana kita tidak kapan listrik mati, ada baiknya kita menyiapkan segala macam hal yang diperlukan atau merencanakan untuk melakukan suatu hal menyenangkan. Berikut hal-hal yang bisa kalian lakukan ketika mengalami listrik padam.

10. Matikan dan Cabut Kabel Alat Elektronik

unplug

Hal yang dapat kalian lakukan ketika listrik di rumah padam adalah dengan mencabut semua kabel alat elektronik dari colokan listrik. Kenapa harus dicabut? Ketika listrik mati, semua alat elektronik pastinya akan mati. Ketika listrik kembali menyala, semua alat elektronik yang terhubung dengan colokan, akan otomatis menyala. Ini bisa menyebabkan kerusakan bukan hanya pada alat elektronik kalian, tapi juga sekring rumah.

Maka dari itt, penting bagi kalian untuk mencabut sementara semua kabel dari colokannya. Ketika listrik mulai menyala, barulah kalian colok kembali kabel satu persatu. Ini agar beban sekring tidak terlalu berat. Ketimbang langsung menyalakan semua alat elektronik, menyalakan satu persatu jauh lebih ringan.

9. Beli Air dan Makanan

food and water

Mati lampu yang menimpa Pulau Jawa dan Bali kemarin memang sangat meresahkan. Kita jadi sulit melakukan kegiatan sebagaimana mestinya. Mau memasak makanan susah, dispenser air elektrik juga tak bisa dipakai. Jika sudah demikian, tak ada hal lain yang bisa dilakukan selain membeli makanan jadi dan minuman di luar.

Perlu diingat meski rumah mati lampu, mini market memiliki kemungkinan tetap menyala karena biasanya mereka memiliki genset. Kebutuhan makanan dan minuman tidak bisa dilupakan karena 2 hal tersebut adalah 2 hal penting untuk bertahan hidup. Dengan memperkirakan seberapa lama lampu akan mati, belilah makanan dan minuman yang cukup untuk bertahan dalam waktu selama itu.

8. Mempersiapkan Uang Tunai

uang tunai

Sekarang ini sedang musimnya cashless. Bayar apapun menggunakan kartu atau aplikasi. Terlihat lebih aman dan simpel. Tapi ada momen dimana kenyamanan ini akan terganggu oleh pemadaman listrik mendadak. Ketika terjadi pemadaman listrik terjadi, semua pembayaran elektronik seperti itu akan mengalami gangguan.

Memang pembayaran menggunakan kartu dan pembayaran online terlihat sangat simpel, tapi tetap jangan lupakan fungsi dari uang tunai. Di saat-saat listrik mati seperti yang terjadi belum lama ini, keberadaan uang tunai di tangan menjadi sangat berguna. Kalian bisa pergi membeli makanan dan minuman untuk stok makanan dan membayarnya dengan uang tunai.

7. Berhubungan Sex

sex

Hal berikut ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah resmi menikah dan menjadi pasangan suami istri yang sah. Kondisi rumah gelap gulita tidak akan membuat semua orang mati kutu, terutama mereka yang sudah menikah. Justru di dalam kegelapan ini mereka dapat melakukan hal yang normalnya pasangan suami istri lakukan.

Kebosanan akan lampu padam bisa diusir dengan melakukan hubungan sex. Kenapa tidak? Sudah resmi menikah dan momen seperti ini datang. Di kegelapan, ditambah dengan adanya nyala lilin, suasana gelap membosankan bisa berubah drastis menjadi romantis. Manfaatkan momen ini untuk bisa lebih dekat dengan pasangan.

6. Menyalakan Lilin/Lampu Senter

candle

Lampu padam, hal pertama yang pasti akan kita lakukan adalah mencari sumber cahaya pengganti lampu. Pengganti cahaya tersebut bisa didapatkan dengan menyalakan lilin atau juga lampu senter. Karena kita tidak tahu kapan akan terjadi pemadaman listrik, ada baiknya di rumah selalu sediakan lilin dan lampu senter.

Lilin bisa kalian nyalakan dan letakan di tempat gelap yang penting. Namun usahakan untuk meletakannya berjauhan dari barang-barang yang mudah terbakar. Untuk lampu senter, siapkan baterai cadangan bila kalian masih menggunakan lampu senter yang bertenagakan baterai. Kalau menggunakan lampu senter yang bisa dicas, selalu pastikan lampu senter kalian itu terisi penuh atau sudah dicas sebelumnya.

5. Jalan Kaki atau Sepedaan

jalan kaki

Mati lampu jangan sampai membuat kalian mati gaya. Stres mungkin iya bila kalian terus-terusan di rumah yang gelap. Daripada kalian bosan dan lama-lama jadi stres, lebih baik kalian gunakan waktu luang kalian untuk pergi ke luar rumah. Jangan gunakan kendaraan pribadi, jalan kaki saja atau bersepeda di sekitar rumah.

Jalan kaki atau sepeda, mau dilakukan kapan pun, ada manfaat yang bisa kalian peroleh. Dengan jalan kaki atau bersepeda, kalian bisa membakar kalori berlebih yang ada di tubuh. Kalau kalian lakukan secara rutin, dipastikan berat badan kalian pasti turun. Lagipula kalau kalian berkeliling menggunakan kendaraan pribadi, perlu diingat bahwa listrik mati mengakibatkan lampu lalu lintas juga akan mati sehingga kendaraan bisa bebas lewat yang bisa menyebabkan macet.

4. Mendengarkan Radio

radio

Mati lampu memang menyebalkan. Kita tidak bisa menikmati acara di televisi, main komputer, ataupun main dengan gadget kesayangan. Berita pun tidak bisa dibaca karena daya listrik turun. Padahal, kebutuhan akan berita itu tetap harus dijaga. Siapa tahu saja ada berita kapan listrik sudah bisa berfungsi normal kembali.

Smartphone kita saat ini sudah didukung fitur radio dimana kita tetap bisa mendengarkan lagu dan berita dari radio. Ketimbang menggunakan smartphone untuk memutar lagu atau memainkan games, lebih baik gunakan untuk menyalakan radio dan mendengarkan berita dari sana. Siapa tahu saja ada berita mengenai pemadaman listrik yang terjadi.

3. Sosialisasi

socialize

Zaman sekarang semua orang pasti punya yang namanya smartphone. Dan mayoritas, smartphone ini sangat sulit jauh dari kita. Saking eratnya smartphone dengan manusia, ketika berkumpul dengan teman atau keluarga, bukannya berbicara dengan satu sama lain, pasti ada saja orang yang lebih memilih menyibukan diri dengan smartphonenya.

Di momen listrik mati, sudah saatnya kita melepas smartphone dan gadget kita lainnya dan mulai bersosialisasi. Sosialisasi dengan manusia sebenarnya tanpa perantara benda mati. Percayalah, berbicara satu dengan yang lain tanpa ketergantungan dengan smartphone itu adalah hal yang menyenangkan. Manusia adalah makhluk sosial, sudah seharusnya kita bersosialisasi juga dengan orang lain dong.

2. Pergi Ke Mall

go to mall

Sungguh sangat mengesalkan ketika rumah mengalami mati lampu. Apalagi mati lampunya seperti yang terjadi di Jakarta pada Minggu 4 Agustus 2019. Mati lampu yang terjadi tersebut bukan hanya terjadi dalam waktu hitungan menit atau jam saja, melainkan sampai Senin masih ada sejumlah daerah yang masih mengalami pemadaman.

Jangan marah dan stres, meski rumah kalian mati lampu dan kalian tidak punya genset, kalian bisa pergi ke tempat lain yang dimana listrik masih berfungsi dengan baik. Tempat tersebut adalah mall. Tidak mungkin mall mengalami mati lampu. Kalau sampai mall mengalami mati lampu, tak terhitung berapa kerugian yang mereka dapatkan. Maka dari itu setiap mall pasti memiliki genset. Nah, lebih baik kalian pergi mencari udara sejuk dan hiburan ke mall saat terjadi pemadaman listrik.

1. Tidur

sleeping

Ada lagi hal menarik lain yang bisa dilakukan selagi mati lampu. Hal tersebut adalah tidur. Kalian sudah capek bekerja atau sekolah, begitu sampai rumah, kalian harus dihadapkan dengan masalah baru yakni listrik padam. Tidak perlu pusing dan stres, kalian cukup pergi ke kamar dan istirahat selama yang kalian mau.

Tidur adalah kegiatan paling sempurna yang bisa dilakukan saat listrik mati. Selain bisa mengisi energi dan mengistirahatkan tubuh, siapa tahu saja begitu kalian bangun, listrik sudah kembali hidup. Kalian tidak perlu stres tidak bisa main game, nonton tv, main smartphone. Cukup ambil bantal dan tarik selimut saja. Di kantor pun kalau memungkinkan juga kalian bisa tidur. Tentunya pastikan dulu tidak ada pekerjaan lain yang harus dikerjakan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas