home -> Entertainment -> 10 Anime Keren Tahun 90an
21 Oktober 2019 03:26

10 Anime Keren Tahun 90an

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada July 22, 2019

Generasi 90an dianggap sebagai generasi paling bahagia. Meski di zaman itu teknologi tidak semaju sekarang seperti belum ada internet, smartphone, serta game console. Semuanya harus dilakukan seperti biasa, kalau mau bermain ya berkumpul dengan teman sekitar. Hiburan pun hanya bisa diperoleh dari komik, radio atau televisi. Nah, di tahun 90an ini, ada banyak film animasi Jepang alias anime yang tayang di tv. Sepuluh di antaranya adalah yang sangat populer dan keren di masa itu. Mari kita bernostalgia lagi dengan sejumlah tayangan anime yang keren di masa itu.

10. Slam Dunk

Slam Dunk

Anime Slam Dunk sukses membuat para remaja saat itu jadi tergila-gila pada olahraga basket. Ya, Slam Dunk memang anime bertemakan olahraga yang sangat populer di tahun 1990. Awalnya Slam Dunk bermula dari sebuah manga yang dibuat oleh Takehiko Inoue. Manga Slam Dunk terdiri dari 31 volume dan animenya sebanyak 101 episode.

Menceritakan kisah perjalanan Hanamichi Sakuragi mempelajari basket hingga menjadi atlet basket yang luar biasa hebat. Sakuragi masuk ke SMA Shohoku dengan pengalaman nol besar tentang basket. Ia tertarik pada basket karena ia menyukai seorang siswi satu sekolahnya yang ternyata penggemar berat olahraga basket. Untuk merebut hatinya, Sakuragi akhirnya bergabung dengan klub basket Shohoku. Dan anime Slam Dunk sekarang sangat ditunggu-tunggu kelanjutannya, karena yang di televisi tidak ditayangkan sampai benar-benar tamat.

9. Yu Yu Hakusho

yu yu hakusho

Seperti kebanyakan anime, Yu Yu Hakusho merupakan salah satu anime yang diangkat dari manganya. Manga Yu Yu Hakusho ditulis oleh Yoshihiro Togashi. Terdiri dari 19 episode dan dijual pada tahun 1990. Barulah 2 tahun kemudian, dibuat versi animasinya dengan total 112 episode dan ditayangkan di salah satu saluran televisi Jepang.

Tokoh utama di Yu Yu Hakusho adalah Yusuke Urameshi. Ia adalah seorang remaja nakal yang terpilih untuk menjadi seorang detektif supernatural. Tugasnya adalah menjalankan perintah yang diberikan oleh Koenma untuk menjaga keseimbangan 2 dunia, dunia manusia dan dunia roh. Dalam mengemban tugasnya, Yusuke dibantu oleh sejumlah teman yang berasal dari manusia dan dunia roh.

8. Hunter x Hunter

Hunter x Hunter

Terima kasih pada Yoshiro Togashi karena telah menciptakan manga Hunter x Hunter. Karena jika bukan karena jasanya, mungkin tidak akan ada animenya, dan tidak akan bisa menghibur masa kecil mereka generasi 90an. Yoshiro Togashi menciptakan Hunter x Hunter dan diserialkan secara rutin di majalah Shonen Jump sejak tahun 1998.

Hunter x Hunter mencerikan kisah seorang anak laki-laki bernama Gon Freecss untuk bertemu dengan ayahnya, Ging Freecss. Perjalanan mencari ayahnya ini yang akhirnya membuat Gon bertemu dengan teman-teman baru. Bersama-sama, mereka melakukan petualangan dan menempa diri mereka hingga menjadi semakin kuat untuk mengalahkan setiap musuh di depan.

7. Digimon Adventure

Digimon Adventure

Tidak ada anime seru lain yang cerita dan bahkan lagunya begitu membekas di hati selain Digimon Adventure. Bukan cuma cerita, bahkan lagu yang menjadi soundtrack Digimon juga sangat membekas di dalam benak hati para penontonnya. Dengar intro lagunya saja, kita sudah tahu ini soundtrack dari anime Digimon.

Digimon Adventure merupakan anime yang dibuat oleh studio Toei Animation dan ditayangkan di layar kaca pada tahun 1999. Anime berdurasi 20 menit ini menceritakan kisah sekelompok anak-anak yang terjebak ke dalam dunia digital dan bertemu dengan monster yang dikenal dengan sebutan digimon (digital monster). Di dunia Digimon, mereka berpasangan dengan digimon masing-masing untuk menyelesaikan masalah di dunia itu dan berusaha kembali ke dunia manusia.

6. Rurouni Kenshin

rurouni kenshin

Ingatkah kalian dengan julukan Battousai Si Pembantai atau Hittokiri Battousai? Julukan Battousai Si Pembantai merupakan julukan bagi seorang samurai Jepang yang sangat ahli menguasai pedang dan memiliki catatan membunuh yang sangat banyak. Julukan Battousai Si Pembantai ini bisa kalian temukan di dalam cerita Rurouni Kenshin.

Rurouni Kenshin atau ada yang menyebutnya dengan Samurai X, adalah cerita perjalanan dari pria berpedang yang hidup mengembara di tanah Jepang, namanya adalah Kenshin Himura. Di cerita, Kenshin Himura adalah seorang samurai pembunuh yang aktif di zaman Meiji. Berjanji tidak ingin jadi pembunuh lagi, ia memutuskan hidup mengembara dan melindungi orang lemah dari penindasan.

5. Neon Genesis Evangelion

neon genesis evangelion

Singkat cerita, di zaman pasca apokalips masa depan, Bumi mengalami masa krisis dimana planet tempat tinggal manusia ini diserang oleh makhluk asing yang dinamai Angels. Untuk melawan Angels, manusia harus berperang menggunakan robot raksasa yang diberi nama Evangelions. Para pilot dari Evangelions ini adalah para remaja yang bergabung untuk mempertahankan ras manusia.

Pertempuran seru nan sengit antara Evangelions dan Angels ini berhasil membawa anak-anak ke dunia imajinasi. Dimana mereka bisa berkhayal mereka mengendarai robot besar canggih melawan monster yang melakukan invasi ke Bumi. Tayangan Neon Genesis Evangelion pertama kali muncul di layar kaca pada tahun 1995, dengan episode terakhir mereka di tahun 1996.

4. Cowboy Bebop

cowboy bebop

Cowboy Bebop pertama kali muncul di tahun 1998. Anime Jepang satu ini dibuat oleh Sunrise dan tim produksi yang dipimpin oleh Shinichiro Watanabe. Total ada 26 episode yang mereka buat untuk Cowboy Bebop. Meski bisa dibilang ini animasi, tapi jalan cerita Cowboy Bebop tidak seharusnya diikuti oleh anak-anak.

Ceritanya di masa depan, tepatnya pada tahun 2071, ada kelompok pemburu berhadiah yang menamakan diri mereka Cowboys. Pekerjaan mereka hanya satu, menangkap para kriminal. Namanya saja pemburu berhadiah, tentu saja mereka mengharapkan imbalan. Lalu, apa yang dimaksud dengan Bebop? Bebop adalah sebutan untuk pesawat luar angkasa yang digunakan oleh Cowboys untuk memburu para penjahat.

3. Mobile Suit Gundam Wing

mobile suit gundam wing

Anak yang tumbuh dan menikmati zaman 90an, hal yang menarik saat itu adalah mainan yang berbau robot-robotan. Salah satu tayanyan televisi saat itu yang bertemakan robot-robotan adalah anime Jepang dengan judul Mobile Suit Gundam Wing. Meski pertama kali rilis di tahun 90an, sekarang sudah semakin banyak spin off dari anime tersebut.

Mobile Suit Gundam Wing sendiri mengisahkan sejumlah pilot muda yang mahir dalam mengendalikan robot yang dinamakan gundam. Gundam ini bisa berubah dari pesawat, menjadi sebuah robot raksasa dengan senjata yang sangat keren. Para pilot ini menjadi barisan terdepan dalam menjunjung tinggi kedamaian dan kemerdekaan.

2. Detective Conan

Detective Conan

Kalau di Indonesia namanya jadi Detective Conan, di Jepang disebut dengan Case Closed. Keduanya anime yang sama yang ditulis oleh penulis Gosho Aoyama. Manganya dirilis pada tahun 1994 dan sudah mencapai volume 96. Untuk animenya, sekarang sudah mencapai 947 episode dan masih berlanjut.

Ceritanya ada seorang siswa SMA yang sangat pintar dan tergila-gila dengan Sherlock Holmes bernama Shinichi Kudo. Shinichi dengan kepintarannya, membantu kepolisian Jepang dalam menyelesaikan kasus rumit. Sampai suatu saat, Shinichi mendapatkan masalah dengan organisasi misterius dimana anggotanya berpakaian serba hitam, memaksanya meminum obat khusus yang membuat tubuhnya mengecil setara anak SD. Untuk memburu organisasi rahasia dan mengembalikan tubuhnya ke normal, Shinichi menyamar menggunakan nama Conan Edogawa dan menumpang di rumah detektif swasta yang merupakan ayah dari pacar SMA-nya.

Karena identitas aslinya tidak boleh diketahui, Conan dengan segala kepintarannya, membuat ayah pacarnya ini yang memecahkan segala kasus rumit tanpa dirinya ketahui.

1. Dragon Ball

Dragon Ball

Sangat keterlaluan bila ada yang bilang bahwa mereka tidak tahu dengan anime berjudul Dragon Ball. Anime ini merupakan anime keren dan populer di tahun 90an. Dan hal lucu lain mengenai anime ini, anime memiliki episode yang sangat panjang. Dari episode pertama yang tayang di tahun 1986, zamannya masih Dragon Ball, alias Goku masih kecil, sekarang sudah Dragon Ball Heroes, dimana Goku sudah besar dan kuat.

Anime Dragon Ball ini diangkat dari manga atau komiknya dengan judul sama yakni Dragon Ball, ciptaan Akira Toriyama. Awal mulanya, Dragon Ball menceritakan kisah perjalanan bocah laki-laki dalam mencari dan mengumpulkan tujuh bola naga. Selama mengumpulkan tujuh bola naga, bocah laki-laki bernama Son Goku melawan berbagai macam penjahat dan satu per satu mendapatkan teman baru.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh admin dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas