home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Jantung
21 Agustus 2019 02:16

10 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Jantung

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 17, 2019

Menjadi salah satu organ tubuh yang penting, sedikit orang yang perduli akan kesehatan jantung. Ketimbang melakukan kebiasaan yang bisa memperkuat jantung, banyak orang malah melakukan hal yang sebaliknya. Akibatnya tentu saja sudah jelas, berbagai masalah jantung pun mulai mendera. Bisa terjadi di saat masih muda atau bisa juga menyerang di saat usia senja. Berbicara soal kebiasaan buruk yang bisa mengganggu jantung, apa saja sih kebiasaan yang dimaksud?

10. Kurang Tidur

sleepless

Bukan cuma mesin, manusia juga butuh yang namanya istirahat. Istirahat sangat penting bagi tubuh karena pada saat itulah tubuh meregenerasi semua sel-sel yang telah rusak, diganti menjadi yang baru. Bila melewatkan istirahat, sebut saja karena alasan pekerjaan, maka akan ada dampak buruk bagi tubuh kalian.

Tidak percaya? Coba saja kalian tidak tidur selama berhari-hari, apa yang kalian rasakan? Lemas, tak bertenaga, ngantuk, dan mudah marah adalah hal yang akan kalian alami. Kurangnya tidur juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan jantung. Normalnya, kita membutuhkan waktu tidur 7 sampai 8 jam untuk bisa mengembalikan energi kita. Bila tidak terpenuhi, tubuh akan mengalami stres, dan akibat buruk lainnya.

9. Malas Ke Dokter

doctors

Banyak orang yang merasa sehat-sehat saja karena di tubuhnya tidak terasa sakit apa-apa. Perlu diketahui bahwa orang yang terlihat sehat dari luar, belum tentu sehat 100%. Mungkin saja di dalam tubuhnya ada sakit yang tidak diketahui. Ataupun kalau bukan sakit, bisa jadi gejala menuju sakit sudah mulai muncul.

Untuk itulah kita perlu rutin memeriksa kesehatan kita ke dokter. Kenapa demikian? Karena kita orang biasa, tidak tahu apa yang terjadi dalam tubuh kita. Sedangkan dokter, dengan serangkaian tes, mereka bisa mendeteksi gejala penyakit yang mungkin akan muncul suatu hari nanti. Jangan biasakan tunggu sakit baru kita pergi ke dokter.

8. Terlalu Banyak Konsumsi Garam

salt

Kalau kalian pernah merasakan makanan di rumah sakit, kalian semua setuju bahwa makanan di rumah sakit itu tidak enak dan hambar. Sangat berbeda dengan makanan yang biasa kita makan di rumah atau restoran. Meski begitu, makanan di rumah sakit dijamin sehat dan bernutrisi bagi tubuh. Hambarnya makanan di rumah sakit disebabkan karena tidak digunakannya bumbu penyebab masakan dan juga bumbu lainnya seperti garam.

Garam, bila bumbu masakan ini tidak dimasukan ke dalam makanan, makanan dipastikan tidak memiliki rasa apa-apa. Diketahui bahwa orang yang mengkonsumsi garam terlalu banyak, maka tekanan darahnya akan melonjak tinggi. Bila tekanan darah meningkat, resiko stroke, gagal ginjal, dan serangan jantung juga akan meroket.

7. Stres

stress

Semua orang pastinya pernah merasa stres. Stres karena pekerjaan di kantor, stres karena masalah keluarga, atau bisa juga karena stres ditinggal pacar. Ketika sudah merasa stres, biasanya orang akan melakukan segala sesuatu untuk mengusir stres. Dan tiap orang punya caranya masing-masing untuk mengusirnya.

Bagus kalau orang bisa langsung mengusir stres dengan cara yang mereka miliki. Tapi bagaimana dengan yang tidak? Stres yang berkepanjangan ternyata bisa mempengaruhi kesehatan jantung. Bagi mereka yang memiliki stres berat, disarankan untuk tidak memendamnya, melainkan solusi yang tepat untuk mengatasi stres.

6. Alkohol

alcohol

Apapun yang dikonsumsi dalam batas normal, akan membawa efek positif bagi tubuh. Sebaliknya, mengkonsumsi apapun secara berlebihan, dapat membawa efek negatif bagi tubuh. Hal ini berlaku juga dengan minuman beralkohol. Dengan batasan yang tepat, alkohol ternyata bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol justru bisa menjadi bumerang bagi jantung. Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat menimbulkan beberapa masalah seperti meningkatkan tekanan darah, meningkatkan lemak dalam darah, dan gagal jantung. Batasan yang amannya adalah 2 gelas sehari untuk pria dan 1 untuk wanita. Takaran 1 gelas disini adalah 354 ml bir dan 118 ml untuk wine.

5. Makan Sembarangan

no diet

Donat, hamburger, pizza, kentang goreng, apalagi indomie, semuanya adalah makanan yang sangat menghibur bagi lidah. Tapi, apakah makanan yang kalian makan itu benar-benar dibutuhkan oleh tubuh? Karena, apa yang enak bagi lidah, belum tentu bagus atau diperlukan oleh tubuh. Untuk itulah kalian harus memilih dengan betul makanan apa  yang harus dimakan.

Diet, bukan hanya dilakukan untuk mereka yang ingin menaikkan atau menurunkan berat badan, tapi dilakukan juga untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung. Makan sembarangan terlalu sering, bisa meningkatkan berat badan. Menjadi orang yang kelebihan berat badan bisa mendatangkan masalah untuk jantung. Makanlah makanan yang bernutrisi dan dalam porsi yang tepat.

4. Kelebihan Berat Badan

overweight

Semua makanan yang enak di lidah memang menarik untuk dikonsumsi. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah makanan tersebut benar-benar dibutuhkan oleh tubuh? Sebut saja makanan olahan, makanan dari restoran cepat saji, semuanya memang enak. Makan makanan tersebut memang sah dilakukan, tapi perlu diperhatikan juga porsinya.

Makan terlalu berlebihan hingga menyebabkan berat badan naik hingga berlebihan atau obesitas, bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Jantung yang tertutup dengan lapisan lemak membuat kinerja jadi berkurang. Kemampuannya untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh jadi terganggu. Selain itu, kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan diabetes. Terkena diabetes dan saking jantung sekaligus? Itu bukanlah hal yang menyenangkan.

3. Rokok

smoking

Sudah sering kita dengar sehari-hari akan bahaya dari rokok. Di bungkusnya pun sudah tertulis dengan jelas resiko yang diakibatkan dari menghisap rokok. Dilengkapi lagi dengan gambar menyeramkan tubuh dari para perokok. Salah satu resiko yang diakibatkan dari merokok adalah gangguan jantung.

Merokok adalah hal yang berbahaya bagi jantung. Tidak hanya perokok aktif, bahkan perokok pasif juga bisa menjadi korban dari rokok. Sungguh tidak adil bukan, mereka yang tidak merokok, harus terkena juga dampak dari mereka yang merokok. Rokok ini dapat menyebabkan pembekuan darah yang bisa berujung pada tersumbatnya pembuluh darah. Jika pembulu darah tersumbat, maka aliran darah menjadi terhambat.

2. Terlalu Lama Duduk

sitting to long

Jika dibandingkan dengan orang-orang yang lebih aktif, mereka yang tiap hari kerjanya hanya duduk di kursi selama berjama-jam, memiliki resiko 2 kali lebih besar untuk mengalami gagal jantung. Hal ini telah dipublikasikan di sebuah jurnal kesehatan internasional pada Januari 2014. Jurnal tersebut dipublikasikan di Amercan Heart Associaton (AHA dengan judul Circulation: Heart Failure.

Mereka yang biasa kerjanya hanya duduk berjam-jam seharian adalah para pekerja kantoran. Orang yang bergerak atau melakukan interaksi dengan komputer yang biasanya menghabiskan waktu sangat lama duduk di belakang meja. Untuk menjaga kesehatan, perlu kalian lakukan sedikit stretching atau peregangan setiap 30 menit sekali. Ini bisa membuat peredaran darah kalian tetap lancar.

1. Malas Olahraga

lazy

Banyak orang menginginkan berat badan turun atau tubuh lebih berasa tapi malas untuk diet dan juga olahraga. Padahal hanya 2 hal itu yang bisa membuat orang mendapatkan tubuh yang mereka inginkan. Sebelumnya sudah dibahas bahwa makan sembarangan bisa mendatangkan masalah bagi jantung. Begitu juga jika kita malas berolahraga.

Olahraga dilakukan bukan hanya menaikan atau menurunkan berat badan, tapi juga menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung. Caranya adalah dengan melakukan olahraga yang bisa membuat jantung berdetak lebih cepat. Beberapa aktivitas yang bisa melatih jantung seperti joging, futsal, basket, badminton, dan renang. Lakukan setidaknya 30 menit dalam sehari agar jantung lebih sehat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas