home -> Berita -> Thamrin VS Munarman diskusi Live TV One
19 Desember 2014 14:11

Thamrin VS Munarman diskusi Live TV One

Oleh raza dalam Berita pada June 29, 2013

Sejak tanggal 28 juni 2013, media massa indonesia di ramaikan dengan berita penyiraman air teh kepada Sosiolog UI (Universitas Indonesia) yaitu Thamrin Amal Tomagola.

Thamrin Amal Tomagola ( Sosiolog Universitas Indonesia )

Oleh seorang lawan diskusinya yaitu Juru Bicara dari FPI (Front Pembela Islam) yaitu Munarman, dimana penyiraman ini terjadi pada siaran langsung Live di TV One.

Munarman (Juru Bicara Front Pembela Islam)

PENYEBAB PENYIRAMAN ?

Munarman (Jubir FPI), merasa kesal dengan sikap Thamrin (Sosiolog UI) yang memotong pembicaraannya dan menunjuk-nunjuk dirinya.

Kutipan dari Merdeka.com :

  • "Orang lagi ngomong juga ditunjuk-tunjuk, nggak sopan," kata Munarman.

dan berikut pertanyaan Munarman atas penyiraman yang di lakukannya.

  • "Saya lihat dia (Thamrin) pagi-pagi belum minum teh, haus, ya kita kasih minum. Karena jauh, ya jadinya begitu," kata Munarman.

  • "Itu sudah mending, kalau George Junus Aditjondro dulu mukul pakai buku. Jadi itu (siram teh) sudah sopan", kata Munarman.

atas perlakuan ini Thamrin melakukan pelaporan kepada polisi.

  • "Saya ini sedang lapor ke polisi," kata Thamrin dengan nada marah.

atas pelaporan ini Munarman menunjukkan sikap biasa saja terhadap hal yang di lakukannya maupun tindak lanjut dari kasus ini yang kemungkinan akan berurusan dengan polisi.

DISKUSI YANG BENAR SEPERTI APA ?

Dari hal tersebut dapat di ambil kesimpulan yang umum yaitu dalam suatu diskusi akan lebih baik jika Narasumber merupakan orang yang berwawasan dan paham akan topik yang akan di lakukan pembicaraanya.

Kemudian Narasumber juga merupakan seorang juru bicara yang mampu mengendalikan emosi dan sikapnya, apalagi dalam diskusi yang di lakukan secara langsung dan di lihat banyak orang.

Akan lebih baik jika seorang Narasumber bersikap Pull & Go dalam diskusi yang di lakukannya, dimana seorang Narasumber melakukan Pull (Menerima masukan dari sumber maupun memahami sikap dari lawan diskusi) dan Go (Narasumber melakukan interupsi, maupun balasan diskusi yang di lakukan) sehingga dalam diskusi ini dapat bermanfaat dan layak di lihat umum.

KESIMPULAN ?

Menurut pembaca sekalian, siapakah yang harus di dukung ?

  • Thamrin (Sosiolog UI), dengan sikapnya yang menunjuk dan melakukan interupsi (Pemotongan pembicaraan) di saat lawan mainnya sedang berbicara.

  • Munarman (Jubir FPI), dengan sikapnya yang tidak dapat menerima masukan, sikap, dan mengontrol tindakannya di publik dengan melakukan penyiraman.

Bagi saya (penulis), akan lebih baik jika seorang narasumber dapat memberikan wawasan, memahami lawan bicara, dan mempunyai mentalitas bagaikan Pohon yang berdiri tegak di terpa Badai (dalam arti mampu mengontrol situasi dan kondisi).

Secara Subjektif, saya kagum dengan sikap Thamrin Amal Tomagola, dimana beliau tidak melakukan pembalasan terhadap sikap Munarman yang melakukan penyiraman terhadap dirinya.

Secara Objektif, saya kecewa dengan sikap Thamrin, sebagai seorang narasumber, beliau harus bisa mendengarkan dan menghormati narasumber lawannya, yaitu dengan tidak melakukan pemotongan pembicaraan.

Berikut merupakan Video ketika acara sedang berlangsung :

Jadi bagaimana dengan pembaca sekalian ?, ungkapkan secara subjektif dan Objektif menurut kalian, sikap yang di lakukan oleh ke-dua orang tersebut sudah layak di lakukan di publik umum atau tidak ?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh raza dalam Berita
  2. 2
    oleh raza dalam Berita
  3. 3
    oleh raza dalam Berita
  4. 4
    oleh raza dalam Berita
  5. 5
    oleh admin dalam Berita
  6. 6
    oleh admin dalam Berita
  7. 7
    oleh admin dalam Berita
  8. 8
    oleh admin dalam Berita
  9. 9
    oleh admin dalam Berita
  10. 10
    oleh admin dalam Berita
  1. 1
    oleh raza dalam Berita
  2. 2
    oleh admin dalam Berita
  3. 3
    oleh admin dalam Berita
  4. 4
    oleh admin dalam Berita
  5. 5
    oleh admin dalam Berita
  6. 6
    oleh admin dalam Berita
  7. 7
    oleh admin dalam Berita
  8. 8
    oleh admin dalam Berita
  9. 9
    oleh admin dalam Berita
  10. 10
    oleh raza dalam Berita
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas