home -> Lifestyle -> 10 Kesalahan Umum Ketika Baru Mulai Fitness
21 Agustus 2019 01:14

10 Kesalahan Umum Ketika Baru Mulai Fitness

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 16, 2019

Ada banyak cara untuk membentuk badan agar lebih kekar berotot. Salah satunya adalah dengan ngegym atau fitness. Di tempat gym atau fitness, tersedia berbagai macam alat dan beban yang bisa digunakan untuk melatih berbagai macam otot. Tentunya di setiap tempat gym juga dilengkapi dengan personal trainer yang sewaktu-waktu bisa kalian sewa untuk melatih kalian. Atau bisa juga untuk bertanya-tanya perihal tempat gym, bagaimana cara menggunakan alat, dan lain sebagainya. Bagaimana? Tertarik berolahraga di tempat gym? Kalau iya, jangan sampai kalian melakukan kesalahan-kesalahan pemula seperti di bawah ini ya.

10. Tidak Mengembalikan Beban Ke Tempatnya

dumbbell rack

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula yang pertama ini adalah tidak mengembalikan beban ke tempatnya setelah digunakan. Bukan cuma pemula, tapi mereka yang sudah lebih lama ngegym atau senior, masih ada yang lupa atau malas mengembalikan beban ke raknya. Ini membuat beban jadi tersebar berantakan kemana-mana.

Kebanyakan dari mereka merasa bahwa tugas mengembalikan beban bukanlah tugas mereka. Itu adalah tugas mereka para tukang bersih-bersih. Meski sudah bayar iuran gym, bukan berarti kalian bisa berlaku seenaknya. Sudah semestinya kita mengembalikan barang yang sudah kita pakai ke tempat semula. Bukan hanya untuk memudahkan member lain, tapi juga untuk lebih rapih.

9. Melempar Beban Ke Lantai

throwing weights

Mendengar suara teriakan, erangan, dan dentuman keras itu sudah biasa di tempat fitness. Orang berteriak atau mengerang ketika mengangkat beban berat, lalu beban tersebut dilempar begitu saja ke lantai begitu sudah tak ada tenaga lagi untuk mengangkat. Adalah hal yang lumrah terjadi dan dilakukan di tempat fitness.

Meski itu adalah hal yang biasa, usahakan untuk tidak terlalu sering melempar beban berat ke lantai. Meski tidak ada unsur kesengajaan atau niat untuk merusak, beban berat tersebut bisa merusak lantai tempat gym. Memang tempat gym sekarang sudah dilengkapi dengan lantai khusus yang berperedam. Namun bila dilakukan terus menerus, tetap saja lantai lama-lama bisa jebol.

8. Menghindari Angkat Beban

avoid lifting weights

Banyak orang menginginkan berat badannya turun dengan melakukan olahraga. Perti ke tempat gym atau fitness adalah salah satu solusi untuk mencapai keinginan tersebut. Yang menjadi persoalan adalah, tak sedikit mereka yang sudah daftar menjadi member, enggan untuk melakukan angkat beban, lebih memilih untuk melakukan lari di treadmill.

Treadmill emang bagus untuk membakar lemak di tubuh, tapi mengangkat beban juga penting untuk membuat badan terlihat berisi. Perlu diingat bahwa pembakaran kalori dilakukan setiap saat, bila otot dilatih untuk mengangkat beban, otot inilah yang nantinya akan bekerja sebagai kompor untuk lemak. Treadmill hanya efektif membakar lemak saat itu saja, setelah treadmill, sisanya tergantung dari metabolisme tubuh. Angkat beban juga tidak serta merta membuat tubuh mereka para wanita jadi kekar seperti pria. Itu adalah mitos yang tidak perlu dipercaya.

7. Tidak Makan Setelah dan Sebelum Berolahraga

pre and post workout

Mengisi perut sebelum dan sesudah berolahraga itu penting loh. Sayangnya banyak orang yang melewatkan hal ini. Terutama yang setelah berolahraga, mereka enggan makan karena alasan percuma makan setelah olahraga. Mereka berpikir bahwa kalori yang mereka bakar, akan kembali lagi. Jadi, olahraga tadi jadi sia-sia.

Pola pikir demikian perlu diperbaiki. Makan sebelum olahraga itu penting dilakukan. Kenapa? Karena makanan itulah yang akan menunjang performa kita ketika olahraga. Cukup perhatikan apa yang kalian makan, jangan terlalu kenyang karena nanti akan membuat kalian mual saat berlatih. Setelah olahraga pun, perut perlu diisi. Di masa inilah tubuh butuh asupan nutrisi untuk membantu mempercepat proses pemulihan. Tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi dari makanan yang kalian makan. Pastikan yang kalian makan itu memang makanan yang betul-betul dibutuhkan tubuh.

6. Lupa Pemanasan dan Cooling Down

warm up and cool down

Olahraga seperti apapun, bila tidak melakukan pemanasan, akan memperbesar kemungkinan terjadinya cidera. Tujuan kalian olahraga adalah untuk menyehatkan dan menurunkan berat badan bukan? Bukannya untuk mencari cidera ya kan? Kalau begitu, setiap sebelum melakukan olahraga, ada baiknya untuk melakukan pemanasan agar otot dan tubuh lebih siap untuk melakukan aktivitas berat.

Apakah pemanasan saja sudah cukup? Ternyata belum. Setelah berolahraga, jangan lupa juga untuk melakukan cooling down atau rileks. Setelah berolahraga, tubuh masih dalam kondisi tegang. Cooling down ini berguna untuk menurunkan tensi tubuh. Otot-otot yang tegang juga diusahakan untuk kembali ke keadaan semula.

5. Lupa Mengelap Bekas Keringat

sweating

Selama berolahraga, pastinya tubuh akan mengeluarkan keringat. Sudah menjadi mekanisme dasar tubuh untuk mengeluarkan keringat untuk menurunkan panas tubuh. Jika kalian masih memiliki sesi atau waktu yang lama di tempat gym, penting bagi kalian untuk membawa handuk dan menyeka keringat di tubuh serta alat gym yang kalian gunakan.

Keringat yang menempel di alat gym itu sangatlah meresahkan orang. Namanya tempat gym umum, pastinya ada banyak orang yang berlatih. Mungkin beberapa ada yang ingin menggunakan alat yang telah kalian gunakan. Apabila ada bekas keringat yang tidak dilap, pastinya akan terlihat jijik. Kalian juga bila ada di posisi demikian pasti jijik bila ada keringat tertinggal di alat dan tidak dibersihkan. Untuk itulah gunanya handuk.

4. Memaksakan Diri Menggunakan Beban Berat

too much weights

Memang salah satu syarat untuk mebentuk dan membesarkan otot adalah dengan melakukan angkat beban, terutama beban yang berat. Perlu diperhatikan juga bahwa tidak sembarangan beban yang bisa kalian angkat. Jangan karena ingin cepat memiliki tubuh berotot, kalian mengangkat beban yang terlalu berat.

Mengangkat beban terlalu berat sehingga sulit diangkat tidak hanya akan membuat otot tidak berkembang, tapi juga membuat kalian lebih besar mengalami cidera. Gunakan beban yang sekiranya masih bisa kalian gunakan. Jangan mengikuti ego kalian untuk mengangkat beban yang kelewat berat hanya karena di samping kalian ada orang yang mampu angkat berat.

3. Buang-Buang Waktu

wasting time

Ingat, tujuan utama kalian ke tempat gym adalah untuk berlatih, bukannya untuk mengobrol atau main-main. Kalau kalian hanya ingin ngobrol atau main-main, lebih baik pergi ke mall atau kafe saja. Seringkali kita lihat di tempat gym, orang bukannya berlatih dengan serius, malah asyik berbicara dengan orang sekitar atau bermain handphone.

Terpikir tidak di kepala kalian, ketika kalian hendak menggenakan suatu alat, tapi harus menunggu giliran lama karena orang yang sedang menggunakan alat tersebut sedang ngobrol dengan orang lain atau asyik dengan handphonenya. Ini jelas sangat mengganggu bukan? Kalaupun ingin berbicara lama, menyingkirlah yang jauh dari alat atau duduk di ruang tunggu. Ini bukan berarti kalian benar-benar tidak boleh berbicara atau membuka handphone di tempat gym. Hanya saja perhatikan kondisi sekitar dan waktu. Bicaralah secukupnya dan buka handphone kalau memang mendesak.

2. Tidak Membuat Jadwal Latihan

workout plan

Sebuah kesalahan fatal apabila kalian pergi ke tempat gym tapi tidak tahu harus latihan apa. Sama seperti kalian pergi ke mall. Pergi ke mall jalan-jalan tidak jelas, tidak tahu harus melakukan apa. Jadinya itu hanya buang-buang waktu. Tidak hanya buang-buang waktu, buang-buang uang yang telah kalian keluarkan untuk daftar gym.

Sebelum pergi ke tempat gym, ada baiknya untuk membuat jadwal latihan. Jadwal latihan ini bisa menjadi panduan untuk kalian ingin berlatih apa setiap harinya. Tubuh memiliki banyak otot, ketahui otot tubuh mana yang mau dilatih, lalu tentukan ingin berlatih di hari apa. Latihan seperti apa juga yang bisa dilakukan untuk melatih otot tersebut.

1. Malu Bertanya

personal trainer

Kalian pasti pernah mendengar pepatah yang berkata, "Malu bertanya, sesat di jalan", kata pepatah ini berlaku di kehidupan kita, termasuk ketika kita berada di tempat fitness. Mereka yang masih pemula, begitu ke tempat gym pastinya akan terkejut dan melihat banyak alat-alat yang tidak tahu fungisnya untuk apa dan cara menggunakannya.

Sudah sewajarnya kalau tidak tahu, harus bertanya kepada yang lebih mengerti, Bersikap masa bodoh, cuek, dan memaksa menggunakan alat tanpa pengetahuan, akan membuat kalian terlihat bodoh dan cidera. Di sinilah guna personal trainer dibayar. Kalian bisa bertanya kepada personal trainer perihal fungsi alat yang hendak digunakan serta bagaimana cara menggunakannya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas