home -> Unik -> 10 Board Game Seru Untuk Dimainkan Beramai-Ramai
16 September 2019 07:04

10 Board Game Seru Untuk Dimainkan Beramai-Ramai

Oleh serba_tahu dalam Unik pada July 05, 2019

Fungsi board game adalah untuk dimainkan saat ada acara kumpul bersama teman atau juga keluarga. Manfaat yang bisa didapat mulai dari mengisi waktu luang, mengusir rasa bosan, mempererat tali pertemanan atau persaudaraan, atau bisa juga malah menghancurkannya. Ada banyak jenis permainan board game yang beredar di pasaran. Jikalau kalian suka dan mengerti cara bermainnya, bisa kalian beli satu untuk dimainkan bersama-sama. Bila masih bingung mau board game yang mana, berikut TahuPedia berikan rekomendasi board game seru apa saja yang bisa kalian mainkan.

10. Catan

Catan

Catlan atau yang sering juga disebut Settlers atau The Settlers of Catan, sama saja. Permainan ini bisa dimainkan oleh 3 sampai 4 pemain. Dengan Expansion Pack, jumlah pemain bisa bertambah menjadi 6 atau 12 pemain. Permainan multiplayer ini mewajibkan pemain untuk menjadi Settler dan berusaha membangun tanah serta berdagang.

Para Settler harus mengembangkan tanah tempat mereka bermukim dengan cara berdagang dan mencari bahan baku. Semakin maju usaha, maka pemain akan mendapatkan sejumlah poin. Tujuan pemain disini adalah mengumpulkan poin hingga mencapai 10 untuk bisa menang. Meski terlihat merepotkan, tapi game ini sangat menarik dan mudah dimengerti.

9. Codenames

codenames

Ada lumayan banyak orang yang merekomendasikan permainan Codenames sebagai board game yang wajib dimainkan bersama dengan keluarga atau teman. Permainan ini membutuhkan setidaknya 2 sampai 8 orang agar lebih seru. Cocok bagi mereka yang suka dengan tipu daya, berpikir, dan bermain layaknya agen rahasia.

Satu pemain akan mengucapkan satu kata petunjuk yang dimana rekan setim harus mencari tahu apa maksud dari petunjuk yang diberikan. Kata petunjuk yang diucapkan ini bisa apapun berkaitan dengan target. Salah menebak bisa mengakibatkan lawan main mendapatkan nilai atau malah menyelesaikan permainan dengan lawan main yang keluar menjadi pemenang.

8. Fallout

Fallout

Fallout merupakan jenis permainan survival yang dapat dimainkan oleh 2 sampai 4 orang. Soal berapa lama waktu yang diperlukan untuk memainkan game ini, game ini bisa berlangsung selama 2 sampai 3 jam. Kalau kalian tipe orang yang cepat bosan dan tidak tahu harus berbuat apa, mainkan Fallout, maka kalian bisa lupa dengan waktu.

Berceritakan masa setelah perang nuklir, para pemain harus menjelajah tempat baru, melawan musuh, dan memperkuat diri untuk bisa bertahan dari serangan luar. Permainan Fallout sendiri ada banyak lagi macamnya seperti Fallout 76, Fallout 3, dan Fallout 4, semua memiliki konsep yang sama yaitu survival game.

7. Pandemic

pandemic

Ingin merasakan sensasi melawan sebuah wabah penyakit yang mengancam populasi manusia di muka Bumi? Kalau iya, board game bernama Pandemic ini wajib kalian coba. Permainan ini bertipe co-op atau butuh kerja sama antar pemain untuk bisa menang dan bisa dimainkan oleh siapa saja dengan jumlah pemain 2 sampai 5.

Pandemic mengharuskan para pemain untuk bekerja sama melawan waktu untuk mencegah wabah penyakit menyapu bersih manusia dari muka Bumi. Para pemain juga harus membuat obat dengan mengumpulkan kartu yang dibutuhkan. Semakin lama kalian mengumpulkan penawar, akan muncul penyakit baru yang harus dibereskan.

6. Cluedo

cluedo

Permainan menarik lainnya yang cocok dimainkan untuk menghabiskan waktu adalah Cluedo. Permainan yang membuat kalian bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang detektif. Kalian harus menemukan petunjuk-petunjuk yang bisa membuat kalian selangkah lebih dekat dengan pelaku kejahatan.

Disini pemain harus mengocok dadu yang akan menentukan ke ruangan mana yang ingin kalian tuju. Di tiap ruangan akan ada petunjuk yang harus kalian temukan. Kumpulkan semua petunjuk yang ada untuk bisa menebak siapa pelaku pembunuhan, dimana aksi kejahatan dilakukan, dan senjata apa yang digunakan.

5. Exploding Kittens

Exploding Kittens

Namanya Exploding Kittens, tujuan board game ini adalah sebisa mungkin kalian menghindar mendapatkan kartu Exploding Kittens. Kalau kalian ternyata menarik kartu bergambar Exploding Kittens, maka kalian akan dinyatakan kalah. Siapa yang bertahan sampai akhir permainan, dialah yang menang.

Permainan ini cocok dimainkan oleh siapapun, tak ada batasan umur. Maksimal 5 pemain cocok untuk memainkan Exploding Kittens. Bisa dibilang bahwa Exploding Kittens mirip dengan Uno. Di dalamnya terdapat sejumlah kartu dengan efek tertentu. Kalian bisa menyerang pemain lain atau bertahan supaya tidak perlu menarik kartu dan mendapatkan kartu Exploding Kittens.

4. Monopoly

Monopoly

Tiga permainan berikutnya termasuk permainan board game yang sudah ada sejak lama namun tetap populer hingga detik ini. Pertama-tama adalah Monopoly. Permainan ini mengajarkan kita untuk bagaimana mengelola sebuah bisnis hingga bisa menjadi kaya raya dan mendorong orang untuk melakukan investasi ke kita.

Monopoly bisa dimainkan oleh banyak orang. Sebagai permulaan, pemain akan diberikan modal usaha yang sama. Dimana dengan uang tersebut, pemain harus menggunakannya untuk membangun usaha dan mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Siapa yang bisa mengumpulkan uang paling banyak dan membuat pemain lain bangkrut, dialah yang keluar sebagai pemenang.

3. Jenga

jenga

Kalau tidak tahu yang namanya Jenga, kalian sungguh keterlaluan. Board game satu ini bisa dimainkan oleh beberapa orang dan kalian harus bersaing satu dengan yang lain untuk bisa mempertahankan tumpukan balok kayu. Siapa yang membuat tumpukan kayu tersebut jatuh, maka dialah yang kalah.

Cara memainkannya, susun semua balok kayu hingga tinggi. Undi siapa yang harus pertama kali menarik satu balok kayu, usahakan untuk tidak membuat tumpukan kayu jatuh semua. Setelah pemain pertama selesai mengambil balok kayu, lanjut ke pemain selanjutnya dan seterusnya. Kalau ada pemain yang menjatuhkan tumpukan kayu, maka permainan selesai, dialah yang kalah.

2. Uno

uno

Board game yang terbilang sudah ada sejak lama tapi sampai sekarang masih populer dan banyak orang yang memainkannya, Uno. Uno bisa dimainkan oleh siapa saja, mau anak-anak atau orang tua. Satu pak kartu Uno bisa dimainkan oleh 4 sampai 5 orang. Kalau mau lebih banyak pemain, bisa ditambah dengan satu atau dua pak kartu lagi.

Di dalam Uno terdapat kartu yang bertuliskan angka dan kartu spesial. Peraturannya adalah kalian hanya boleh mengeluarkan kartu dengan angka yang sama atau warna yang sama. Kartu spesial digunakan untuk menyerang pemain lain agar mereka tidak cepat selesai. Siapa yang kartu di tangannya habis duluan, dialah yang keluar sebagai pemenang.

1. Werewolves

Werewolves

Terakhir adalah Werewolf. Board game satu ini sangat menarik karena bisa dimainkan oleh banyak orang, belasan juga bisa selama kartunya mencukupi. Di dalam Werewolf, ada banyak kartu berisikan peran berbeda yang nantinya akan dikocok dan dibagikan ke setiap pemain. Ada sejumlah peran yang memiliki kemampuan khusus yang bisa kalian manfaatkan untuk bertahan sampai akhir permainan.

Tujuan permainan ini adalah untuk menemukan siapa yang menjadi werewolfnya secepat mungkin. Permasalahannya, kalian tidak tahu siapa berperan sebagai apa. Kalian harus menggunakan insting dan otak kalian untuk menganalisa siapa yang berbohong, siapa yang jujur. Permainan bisa berlangsung cukup lama dan menguras emosi karena setiap pemain termasuk werewolf ingin memenangkan permainan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas