home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Ginjal
08 Desember 2019 13:24

10 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Ginjal

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 04, 2019

Fungsi ginjal adalah untuk menyaring zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh. Zat beracun atau zat sisa ini diperoleh dari makanan, obat-obatan, dan juga minuman. Jika kesehatan ginjal tak dijaga, maka sejumlah masalah akan muncul seperti susah tidur, cemas, nyeri buang air kecil, tak nafsu makan, dan masih banyak lagi lainnya. Memiliki fungsi yang sangat penting, tak sedikit orang perduli dengan kesehatan ginjal. Alih-alih melakukan aktivitas yang menyehatkan, mereka malah melakukan kebiasaan yang malah merusak ginjal. Mungkin kalian juga tidak menyadari bahwa ada kebiasaan yang kalian lakukan yang ternyata dapat merusak kesehatan ginjal. Apa saja kebiasaan tersebut?

10. Kurang Tidur

sleepless

Istirahat malam atau tidur malam adalah hal penting yang tubuh butuhkan. Tak hanya manusia, mesin pun butuh diistirahatkan. Apabila tubuh tidak diistirahatkan, dampaknya akan terlihat pada tubuh. Mulai dari lemas, tak bertenaga, ngantuk, mata panda, mood berantakan, sulit konsentrasi, dan yang berikutnya adalah masalah ginjal.

Setelah seharian bekerja, ginjal pun perlu istirahat. Momen tidur malam inilah yang digunakan untuk mengistirahatkan semua organ tubuhnya, termasuk ginjal. Tak baik membiarkan ginjal bekerja 24 jam terus-menerus tanpa istirahat. Bahkan bila kalian memiliki kesibukan kerja yang tak bisa dihindarkan, tetap jangan lupa tidur.

9. Malas Olahraga

lazy

Tidak melakukan apa pun atau malas-malasan memang menjadi pilihan aktivitas yang sangat enak untuk dilakukan tiap akhir pekan. Mereka yang sudah berhari-hari bekerja di kantor, sekolah, atau kuliah, seringkali menjadikan akhir pekan sebagai waktu untuk bersantai di rumah. Tapi, terlalu santai hingga malas berolahraga ternyata berdampak juga pada kesehatan ginjal.

Olahraga sangat bagus karena dapat membantu sirkulasi tubuh serta mengontrol tekanan darah dan gula. Malas berolahraga hingga menyebabkan tubuh kelebihan berat badan atau obesitas, bisa membuat sejumlah organ dalam tubuh menjadi bermasalah, ginjal salah satunya. Dari hasil penelitian, penurunan berat badan bisa memberikan dampak positif pada fungsi ginjal orang yang mengalami kegemukan.

8. Duduk Terlalu Lama

sitting to long

Pekerja kantoran pasti mengerti tentang hal ini. Dimana ada banyak kerjaan yang diberikan oleh atasan atau rekan kerja, menumpuk di atas meja. Hal demikian membuat kita harus bekerja extra untuk menyelesaikan semua pekerjaan tersebut. Yang dimana itu menandakan kita harus duduk dalam waktu yang lama di kursi.

Duduk dalam waktu yang lama, ditengarai dapat memberikan masalah pada ginjal. Tekanan darah meningkat, metabolisme melambat, semua hal tersebut yang diakibatkan oleh duduk terlalu lama. Dan itu semua berujung dengan mengganggu kesehatan ginjal. Makanya banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk melakukang peregangan sekitar 30 menit setelah lama duduk di kursi.

7. Alkohol

alcoholic

Minum alkohol dalam jumlah yang sedikit dan tidak terlalu sering itu masih diperbolehkan. Kalau minum dalam jumlah banyak dan sering, ini bisa menyebabkan ginjal menjadi terganggu. Biasanya, mereka yang gemar minum alkohol, ditambah dengan perokok, dapat melipat gandakan resiko menderita penyakit ginjal.

Yang termasuk peminum adalah mereka yang minum 4 gelas per hari, dapat meningkatkan 2 kali resiko terserang penyakit ginjal kronis. Ditambah dengan rokok, 5 kali kemungkinan menderita penyakit ginjal lebih besar. Bila sadar akan hal itu, alangkah baiknya mulai mengontrol atau bahkan menghindari alkohol.

6. Terlalu Sering Berolahraga

overtraining

Bila sebelumnya dijelaskan bahwa kurang melakukan olahraga bisa menyebabkan berat badan naik dan masalah pada ginjal, terlalu sering melakukan olahraga ternyata juga bisa memberikan dampak buruk pada ginjal. Maka dari itu penting untuk hati-hati dalam berolahraga, jangan terlalu malas, jangan juga melakukannya terlalu berat.

Olahraga terlalu berat dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan yang namanya rhabdomyolysis. Rhabdomyolysis adalah sebuah kondisi dimana otot mengalami cidera dan serat otot yang rusak terbawa dalam aliran darah. Hal ini bisa berujung dengan kondisi kesehatan serius, termasuk di dalamnya adalah gagal ginjal. Indikasi tubuh sudah terlalu lelah bekerja, otot nyeri, dan urin berwarna gelap, ini tandanya kalian harus cek kesehatan kalian ke dokter.

5. Merokok

smoking

Bukan hal baru lagi apabila rokok bisa menyebabkan masalah pada tubuh manusia. Yang biasanya menjadi sasaran dari rokok adalah organ pernapasan yaitu paru-paru. Selain paru-paru, masih banyak lagi masalah yang bisa disebabkan oleh rokok yang bisa kalian di bungkus rokok. Dan salah satunya adalah ginjal.

Membandingkan ginjal perokok dengan orang yang tidak merokok, didapati bahwa ginjal perokok memiliki tingkat protein yang sangat tinggi di urinnya. Perlu disadari bahwa banyaknya protein di urin, menandakan bahwa ada masalah pada ginjal. Karena protein sebenarnya adalah nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Kalau banyak protein yang terbuang lewat urin, berarti ginjal tidak berfungsi sebagaimana mustinya.

4. Makan Makanan Olahan

process food

Semakin maju zaman dan sibuknya orang, paling mudah adalah membeli makanan kalengan atau olahan yang tinggal dibuka langsung dipanaskan di atas kompor. Kalau harus membeli bahan makanan lalu diolah sendiri, sungguh sangat merepotkan. Masalahnya, mengkonsum makan makanan olahan terus menerus tidaklah bagus.

Makanan olahan biasanya mengandung sodium dan phosphorus yang besar. Mereka yang memang sudah memiliki masalah dengan ginjal, mengkonsumso makanan yang banyak mengandung phosphorus, itu sama saja dengan mempercepat waktu bertemu Yang Maha Kuasa. Yang tidak memiliki masalah ginjal, bukan berarti bebas mengkonsumsi makanan olahan juga. Justru mereka harus membatasi konsumsi makanan olahan dan makanan yang mengandung phosphorus agar ginjal dan tulang mereka tetap sehat.

3. Konsumsi Obat-Obatan Penghilang Rasa Sakit

painkiller

Obat penahan rasa sakit diproduksi untuk digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Entah rasa sakit apa saja, bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit. Tentunya menggunakan obat penghilang rasa sakit, perlu anjuran dokter. Tidak bisa dikonsumsi seenaknya ketika kita merasa sakit.

Menggunakan obat penghilang rasa sakit, bila digunakan berlebihan tanpa resep dokter, bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang bisa terkena dampaknya. Mereka yang menderita masalah dengan ginjal, tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini karena bisa menimbulkan masalah.

2. Menahan Kencing

holding pee

Hal berikutnya yang ternyata juga bisa membuat ginjal sakit adalah menahan kencing. Kalian pasti pernah melakukan hal ini. Apalagi di saat-saat terjepit seperti di kendaraan umum, di jalan tol dan tidak ada tempat istirahat, atau juga saat sibuk dengan pekerjaan. Kalau hanya dilakukan jarang-jarang itu tidak masalah.

Sudah hal yang alami orang melakukan ritual di kamar kecil. Di dalam air kencing, terdapat zat-zat beracun yang seharusnya segera dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika terus-menerus di tahan, tidak hanya ginjal, tapi tubuh juga akan mendapatkan efeknya. Menahan kencing juga bisa berujung dengan terbentuknya batu ginjal dan masalah ginjal lainnya.

1. Jarang Minum Air Putih

not drinking enough water

Sungguh mengherankan bila melihat ada seseorang yang bisa tahan berjam-jam tanpa minum air putih. Manusia, wajar bila bisa menahan lapar asalkan masih bisa minum. Lalu apa kabar mereka yang bisa menahan rasa haus? Yang menjadi pertanyaan berikutnya, kira-kira ginjal mereka apa masih dalam kondisi sehat?

Salah satu penyebab kenapa ginjal menjadi rusak adalah karena kita kurang mineral. Padahal, air putih bisa membantu ginjal untuk membuang zat beracun dan sodium ke luar tubuh. Rutin minum air juga bisa membuat kita terhindar dari batu ginjal. Pastikan kalian cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh kalian. Kalau haus, minumlah air putih.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas