home -> Unik -> 10 Pohon Terkenal Yang Ada Di Dunia
13 November 2019 01:35

10 Pohon Terkenal Yang Ada Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Unik pada July 02, 2019

Kepopuleran bukan hanya milik manusia saja. Apa pun bisa saja terkenal, termasuk juga pohon. Suatu pohon bisa terkenal bisa karena banyak hal. Bisa karena ukurannya yang tidak biasa, usianya yang tua, lokasi tumbuhnya yang tak biasa, dan lain sebagainya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut TahuPedia akan bahas 10 pohon terkenal yang ada di berbagai negara di dunia. Pohon apa saja? Simak saja selengkapnya di bawah ini.

10. Anne Frank tree

Anne Frank tree

Siapa sangka sebuah pohon kastanye atau chestnut memiliki cerita masa lalu yang begitu menarik untuk dibahas. Di masa Perang Dunia II yang terjadi antara kubu Axis (Jerman, Italia, Jepang) dan Allies (Perancis, Inggris, Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Cina) pada tahun 1 Septemper 1939 sampai 2 September 1945, banyak warga negara Amsterdam yang menjadi korban, salah satunya adalah Anne Frank.

Selama 2 tahun, Anne Frank berlindung pada pohon kastanye. Setelah perang berakhir, pohon tersebut terus tumbuh hingga mengalami kesehatan dan ingin ditumbangkan pada tahun 2007. Warga sekitar berkumpul membentuk kelompok yang ingin menyelematkan nyawa pohon tersebut. Namun, pada Agustus 2010. pohon tersebut akhirnya tumbang dikarenakan badai.

9. Major Oak

major oak

Pohon ek atau oak menjadi adalah pohon yang memiliki kedekatan dengan sosok Robin Hood Si Pencuri. Menurut cerita, Robin Hood membuat tempat persembunyian di dalam pohon oak raksasa di dalam Hutan Sherwood. Hutan Sherwood ini merupakan sebuah hutan bersejarah di Nottinghamshire, Inggris.

Di dalam hutan tersebut terdapat sebuah pohon ek besar dan tua yang diperkirakan sudah berumur 800 sampai 1000 tahun. Pohon tersebut memiliki tinggi kira-kira 10 meter dengan cabangnya yang mencapai panjang 28 meter. Di tahun 2014, pohon ek tersebut dimahkotai sebagai England's Tree of The Year.. Kenapa dinamai dengan Major Oak, alasannya adalah karena Major Hayman Rooke memasukkan pohon tersebut ke dalam sebuah buku yang berceritakan tentang pohon oak dari Sherwood Forest yang diterbitkan pada tahun 1790.

8. Socotra Dragon Trees

socotra dragon trees

Pohon yang terlihat sangat keren ini adalah Pohon Socotra Dragon. Letaknya berada di Pulau Soqotra. Soqotra atau Socotra adalah salah satu dari empat pulau besar yang berada di Kepulauan Socotra. Masih menjadi teritorial dari negara Yemen. Disana tumbuh sebuah pohon keren yang berbentuk seperti payung.

Karena bentuknya yang seperti payung dan warnanya yang merah gelap seperti darah, oleh masyarakat sekitar, pohon tersebut dinamakan Socotra Dragon Tress. Bentuknya yang unik bukan tanpa maksud. Dengan bentuk seperti itu, pohon tersebut bisa bertahan hidup dalam kondisi yang kering. Bentuk payungnya tersebut berfungsi sebagai naungan yang bisa mengurangi penguapan.

7. Jaya Sri Maha Bodhi

Jaya Sri Maha Bodhi

Pohon terkenal berikutnya merupakan pohon yang sangat terkenal bagi mereka yang memeluk agama Buddha. Pohon yang dimaksud namanya adalah Jaya Sri Maha Bodhi. Lokasinya berada di Sri Lanka. Konon ceritanya, pohon tersebut dibawa ke Sri Lanka pada abad ke-3 oleh pendiri biarawati Buddha.

Pohon Jaya Sri Maha Bodhi diletakkan di kota suci, Anuradhapura, sebuah kota yang dianggap suci dan penuh dengan tempat menarik. Menurut cerita, Pohon Jaya Sri Maha Bodhi adalah salah satu cabang dari pohon Sri Maha Bodhi yang berada di Buddha Gaya, India. Dimana pohon tersebut adalah tempat dimana Sang Buddha mendapat pencerahan.

6. Arbor del Tule

Arbor del Tule

Sebagai permulaan, perkenalkan, ini adalah Pohon Taxodium mucronatum atau biasa yang dikenal dengan sebutan Montezuma bald cypress, sabino atau ahuehuete. Pohon ini merupakan tumbuhan asli dari Meksiko. Salah satunya berlokasi di halaman gereja di kota Santa Maria del Tule, Oaxaca, dan diberi nama El Arbol del Tule.

Dikatakan bahwa Pohon El Arbol del Tule adalah pohon paling gagah yang ada di dunia. Ketebalannya diukur mencapai 42 meter. Sedangkan cabang pohonnya memiliki panjang setara dengan panjang 2 lapangan tenis. Satu hal yang masih menjadi pertanyaan, apakah itu adalah Pohon Montezuma cypress pertama yang tumbuh atau bukan.

5. Cedars of God

cedars of god

Cedars of God adalah sebuah hutan kecil yang memiliki lokasi di Utara Lebanon. Sesuai dengan namanya, tumbuhan yang paling banyak tumbuh disana adalah cedar atau cemara. Tercatat ada sekitar 400 pohon cedar yang ada di hutan kecil tersebut. Pohon cedar ini menjadi pohon yang masih tersisa dari pohon lain di zaman dahulu yang sudah punah.

Cedars of God disebut berkali-kali dalam cerita di Alkitab. Menurut cerita, pohon cedar dimanfaatkan oleh orang-orang Mesir kuno untuk diambil getahnya. Getah tersebut kemudian dipakai dalam proses mumifikasi. Selain itu, Raja Salomo juga menggunakan pohon-pohon terkenal dalam pembangunan kuil pertama di Yerusalem, termasuk pohon cedar ini.

4. Tree of Ténéré

Tree of Ténéré

Sebuah pohon dengan ajaibnya bisa tumbuh di area kosong nan tandus di Tenere, Nigeria. Tenere ini adalah area paling terpencil di dunia di abad ke-20, terletak di Nigeria. Oleh warga Tenere, area ini dianggap sebagai area yang suci. Apapun yang berada di area tersebut, sangat dihormati, termasuk satu pohon Tenere ini.

Dinamakan Tenere sesuai dengan tempat tumbuhnya, pohon ini dianggap luar biasa dan begitu dihormati karena hanya dialah satu-satunya pohon yang tumbuh di area tersebut. Pohon lainnya berjarak sekitar 250 mil darinya. Sempat ada pengemudi mabuk yang menabrak pohon tersebut pada tahun 1973. Mengakibatkan pohon tersebut menemui ajalnya lebih cepat. Sekarang jenazah pohon tersebut tersimpan dengan aman di Niger National Museum di Niamey.

3. General Sherman

general sherman

Memiliki area yang sebagian besar dipenuhi dengan pohon besar pastinya sangat menyejukkan. Bagaimana tidak, menghirup udara segar yang dikeluarkan oleh pohon, nikmat mana lagi yang bisa lebih indah dari itu? Maka dari itu, sungguh beruntung mereka-mereka yang tinggal di dekat Taman Nasional California Sequoia.

Taman Nasional California Sequo ini adalah taman nasional dengan area hijau paling besar di dunia. Lebih dari 52.500 kaki kubiknya dipenuhi dengan pohon. Dan yang menjadi ikonnya adalah Pohon General Sherman. Pohon ini diperkirakan sudah berumur lebih dari 2000 tahun. Diberi nama General Sherman sesuai dengan nama seorang jendral yang memimpil Perang Sipil, General WIlliam Tecumseh Sherman.

2. Avenue of the Baobabs

Avenue of the Baobabs

Ada sebuah kota di Afrika Selatan yang menjadi kota tempat tumbuhnya salah satu pohon terkenal dunia. Kota yang dimaksud adalah kota Modjadjiskloof. Dan pohon terkenal yang dimaksud adalah Sunland Baobab. Tidak hanya satu, melainkan ada banyak Pohon Sunland Baobab yang tumbuh di area tersebut sehingga area tersebut diberi nama Avenue of the Baobabs.

Pohon Sunland Baobab dikategorikan sebagai pohon tua dengan tinggi 21 meter dan lebar 47 meter. Pohon itu menjadi pohon terlebar yang ada di Afrika Selatan. Berbicara soal tua, yang menjadi persoalan adalah beberapa pakar memiliki pendapat pribadi mengenai umur pohon ini. Ada yang bilang Sunland Baobab berumur 6000 tahun, tapi ada juga yang bilang 1060 tahun.

1. The Ashbrittle Yew

The Ashbrittle Yew

Di area halaman Gereja St. John the Baptist, tumbuh sebuah pohon yew besar yang sangat unik. Gereja itu sendiri berada di sebuah desa terpencil di Inggris bernama Ashbrittle. Kehadiran pohon ini tak hanya menjadi pembicaraan di lingkungannya, tapi juga para ahli sejarah dan tanaman juga membicarakan pohon ini.

Menurut para ahli, umur pohon ini sudah mencapai sekitar 3500 sampai 4000 tahun. Umur segitu berarti pohon ini sudah ada sejak Stonehenge hadir. Bahkan, menurut prediksi, di momen Stonehenge hadir, pohon yew ini sudai mencapai usia dewasa. Sebagai salah satu pohon tertua di dunia, pohon yang memiliki buah seperti berry ini masih bisa hidup lebih lama lagi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Unik
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Unik
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Unik
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Unik
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Unik
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Unik
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Unik
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Unik
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Unik
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Unik
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas