home -> Lainnya -> 10 Tips Mudik Aman dan Nyaman
14 Oktober 2019 07:37

10 Tips Mudik Aman dan Nyaman

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada May 28, 2019

Libur lebaran tinggal menghitung hari. Tak sedikit dari kita yang memilih untuk mudik atau pulang ke kampung halaman tercinta untuk bertemu sanak keluarga. Senang? Tentu saja. Meski begitu, kita tak bisa santai-santai saja ketika memutuskan untuk pulang kampung. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum dan selama perjalanan mudik. Apa saja? Berikut 10 tips berguna yang bisa kalian ikuti agar mudik terasa aman dan nyaman.

10. Periksa Kondisi Kendaraan

checkup vehicles

Lebaran sudah tinggal menghitung hari. Segala persiapan pun untuk pulang ke kampung halaman pun mulai disiapkan dari sekarang. Salah satunya adalah kendaraan. Mungkin kalian yang memilih untuk menggunakan kendaraan umum tidak akan begitu dipusingkan dengan kondisi kendaraan tersebut karena pastinya sudah ada yang mengecek. Bagaiman dengan mereka yang mudik dengan kendaraan pribadi?

Berbeda mereka yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi. Menggunakan kendaraan pribadi memang lebih enak dan nyaman ketimbang kendaraan umum. Meski begitu, kalian tidak bisa lupa mengecek kondisi kendaraan yang akan kalian gunakan untuk mudik. Semua hal musti diperika seperti tekanan angin ban, oli, mesin, radiator, lampu, aki, kelistrikan, dan lain sebagainya. Datang ke bengkel servis resmi untuk memastikan kondisi kendaraan kalian memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh.

9. Persiapkan Jalur Mudik

map check

Betapa beruntungnya kita hidup di zaman semua informasi bisa diakses dari smartphone. Tidak seperti dulu yang kita harus mencari berita di televisi, radio, dan juga surat kabar. Berbicara tentang pulang kampung atau mudik, penting bagi kita untuk mengetahui jalur mana saja yang tersedia, aman, dan juga lancar.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk melihat peta. Untungnya, di smartphone, kita bisa mengaktifkan fitur GPS dan melihat kondisi jalan dengan membuka aplikasi peta pada handphone. Namun, ada baiknya kita melihat peta sebelum hari H. Tentukan jalur mana yang kalian mau lewati untuk mencapai tempat tujuan. Aplikasi peta di smartphone bisa menentukan jalur yang sekiranya lancar, sehingga memudahkan kalian ketika pulang kampung.

8. Istirahat Ketika Lelah

istirahat

Setiap orang pasti bisa merasa lelah. Ketika sudah berkendara berjam-jam, pastinya tubuh akan lelah. Jika sudah merasa lelah, ada baiknya berhenti sejenak di tempat istirahat yang sudah tersedia. Kalaupun tidak melihat tempat istirahat, berhentilah di tempat yang ramai dan aman untuk mengisi kembali tenaga yang hilang.

Banyak orang yang lupa akan istirahat karena sudah tidak sabar ingin bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Tapi, apalah gunanya cepat-cepat bila keselamatan kalian lupakan. Kalian memutuskan untuk berkendara terus, tanpa istirahat. Jika mengalami kecelakaan, kalian sendiri yang akan merasakan ruginya.

7. Persiapkan Uang Tunai

uang tunai

Sekarang zamannya sudah enak, mau bayar apapun, semuanya ada kartu kredit, debit, dan bisa juga pakai metode pembayaran online. Tak jarang orang jadi semakin malas untuk membawa uang cash atau tunai. Namun untuk kali ini, membawa uang tunai adalah hal yang sangat penting dan bisa mengeluarkan kalian dari kesulitan.

Perlu kita pikirkan bahwa tidak semua tempat bisa menerima pembayaran dengan menggunakan kartu atau online. Kalau kalian hanya membawa kartu dan bergantung dengan pembayaran online, maka kondisi ini bisa membuat kalian pusing. Selain menyiapkan kartu pembayaran, persiapkan juga uang tunai di dompet sekiranya. Jangan terlalu sedikit, tapi juga terlalu banyak.

6. Hindari Membawa Perhiasan

perhiasan

Perhiasan, baik pria maupun wanita, masing-masing memiliki perhiasaannya sendiri-sendiri. Tapi, tergantung dari masing-masing individu apakah mau mengenakannya atau tidak. Mau kalian pulang kampung dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, adalah hal yang tidak perlu dilakukan mengenakan perhiasaan secara berlebihan.

Kita tidak bisa menebak apakah suatu tempat aman atau tidak. Selalu akan ada saja orang-orang yang berpikiran sempit yang menginginkan uang dalam waktu yang singkat. Apalagi dalam momen lebaran seperti ini. Maka dari itu, hindari menggunakan perhiasaan yang berlebihan. Lebih baik cari aman daripada celaka.

5. Pakai Pakaian Yang Nyaman

clothes

Melakukan perjalanan panjang, pastikan kalian menggunakan pakaian yang nyaman. Menggunakan pakaian yang nyaman akan menentukan mood kalian ketika duduk berjam-jam dalam kendaraan. Apalagi jika kalian yang menggunakan moda transportasi umum, mengenakan pakaian yang nyaman dan juga sopan adalah suatu keharusan.

Untuk menentukan pakaian mana yang nyaman, itu ada di tangan kalian sendiri. Pastikan saja pakaian yang kalian kenakan itu tidak terlalu longgar atau tidak terlalu kecil. Pastikan aliran udara masih bisa mengalir ke dalam sehingga membuat tubuh kalian lebih sejuk. Mereka yang mudah berkeringat, ada baiknya menggunakan pakaian yang tipis atau yang mudah menyerap keringat.

4. Bawa Obat-Obatan

medicine

Tidak memiliki masalah kesehatan bukan menjadi jaminan kalian bisa tenang-tenang saja ketika mudik. Tetap saja harus mempersiapkan obat-obatan untuk berjaga-jaga. Salah satu kendala yang biasa menerpa mereka yang mudik adalah mabuk. Entah itu mabuk laut, udara, ataupun darat. Persiapkan obat untuk mengatasi mabuk tersebut.

Nah, bagi kalian yang memiliki masalah kesehatan tertentu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan obat-obatan kalian. Melakukan perjalanan panjang yang melelahkan fisik, rentan membuat penyakit kalian kambuh. Untuk mencegah atau mengatasinya, persiapkan obat ketika kalian mulai mengemas pakaian mudik kalian.

3. Jaga Kesehatan

jaga kesehatan

Salah satu tips bermanfaat lainnya adalah menjaga kesehatan. Jika tubuh tidak sehat, bagaimana bisa kalian bisa mudik? Tak begitu bermasalah memang jika kalian yang mudik dengan memanfaatkan transportasi umum. Tapi kalau kalian yang mudik dengan menggunakan transportasi pribadi, menjaga kesehatan sebelum berangkat adalah hal yang utama.

Menjalani perjalanan panjang memerlukan tenaga yang besar. Sekuat-kuatnya seseorang, siapa yang tahu nanti diperjalanan bisa secapek apa. Maka dari itu, Jaga kesehatan jauh-jauh hari sebelum pulang kampung. Contoh simpel menyiapkan fisik sebelum berangkat adalah dengan memastikan istirahat cukup dan jangan begadang.

2. Bawa Hiburan Selama Perjalanan

toys

Semua orang butuh hiburan. Mau itu pria, wanita, tua, muda, dan juga anak-anak. Di saat mudik, pastinya kalian akan melakukan perjalanan panjang yang bisa saja membuat kalian bosan. Belum lagi memang ada orang yang juga sangat cepat merasa bosan. Supaya tidak bosan, bawalah sedikit hiburan untuk menjaga mood kalian.

Hiburan apa yang harus dibawa, itu tergantung dari kalian. Jika kalian suka membaca, bawalah buku atau majalah. Kalau kalian suka mendengarkan musik, masukkan beberapa lagu kesukaan kalian ke dalam smartphone kalian untuk didengarkan menggunakan headset. Untuk mereka yang membawa serta anak kecil, bawakan mainan kesukaan mereka agar mereka bisa tenang selama perjalanan.

1. Cek Harga Tiket

harga tiket

Memutuskan untuk mudik? Sudah memilih menggunakan transportasi apa? Bagi kalian yang ingin menggunakan transportasi umum, baik itu darat, laut, atau udara, pastikan kalian sudan membeli tiketnya. Dan jangan sampai lupa untuk datang tepat waktu dan membawa tiketnya. Karena kalau ketinggalan, maka hancurlah sudah rencana pulang kampung kalian.

Tips masih belum selesai sampai disana. Dari yang sudah-sudah, memesan tiket mudik mendekati hari H, pasti harganya akan meroket dan tempat duduknya akan tersisa sedikit. Untuk menghemat biaya transportasi, ada baiknya mengecek harga dari jauh-jauh hari. Bandingkan juga harga tiket transportasi yang satu, dengan yang lainnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas