home -> Entertainment -> 10 Selebriti Dengan Keterbatasan Fisik Namun Tetap...
16 September 2019 13:45

10 Selebriti Dengan Keterbatasan Fisik Namun Tetap Sukses

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada May 24, 2019

Keterbatasan fisik seharusnya tidak menjadi penghalang bagi seseorang untuk sukses. Jika orang tersebut memiliki semangat hidup yang tinggi, dia pasti bisa membalikan keadaan yang tadinya tidak menguntungkan, menjadi menguntungkan baginya. Keterbatasan fisik atau disabilitas tidak hanya dialami oleh orang biasa saja, ada banyak selebriti atau orang terkenal dunia yang menyandang disabilitas tapi tetap bisa meraih sukses. Sepuluh diantaranya akan dibahas di bawah ini.

10. Warwick Davis

warwick davis

Seorang aktor, komedian, dan juga presenter, itulah dia, Warwick Davis. Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal pria ini melalui perannya sebagai Profesor Flitwick dalam film Harry Potter. Selain di Harry Potter, Warwick Davis juga bermain dalam serial bergenre komedi berjudul Life's too short bersama dengan Ricky Gervais dan Stephen Merchant.

Aktor inggris ini terlahir dengan kondisi Spondyloepiphyseal dysplasia congenita (SED). Sebuah kondisi langka dimana pertumbuhan tulang mengalami gangguan yang menyebabkan kekerdilan. Diperkirakan hanya bisa bertahan sampai remaja, Davis sekarang sudah berusia 49 tahun dan sekarang sukses menjadi seorang aktor.

9. Kitty McGeever

Kitty McGeever

Penglihatan adalah salah satu indera yang sangat penting bagi manusia. Tanpa itu, manusia akan mengalami kesulitan dalam berjalan, melihat, dan lain sebagainya. Seorang artis, penting bagi mereka untuk membaca naskah drama untuk bisa mengerti jalan cerita dan dialog yang harus ia ucapkan. Kalau ia tidak bisa membaca, bagaimana ia bisa berperan?

Kitty McGeever, bisa mematahkan semua penghalang itu. Dirinya buta, tapi ia masih bisa berperan sebagai atau bermain dalam drama dan opera sabun. Kitty McGeever, aktris asal Inggris ini sudah mengalami kebutaan ketika usia 32 tahun setelah mengalami retinopati diabetes. Merupakan penyakit mata retinopati penderita diabetes yang menyebabkan kerusakan pada retina. Penyakit ini menyerang 80% penderita diabetes yang berumur 20 tahun atau lebih.

8. Stevie Wonder

stevie wonder

Coba kalian bayangkan, apabila mata kalian buta. Kalian pasti akan sulit mencari barang yang ada di rumah. Jangankan mencari barang, berjalan pun sulit karena tidak bisa melihat apa-apa. Bayangkan lagi kalau itu terjadi pada seseorang yang berprofesi sebagai musisi. Bagaimana ia bisa menciptakan lagu? Bagaimana ia memainkan alat musik?

Stevie Wonder, mematahkan anggapan orang-orang bahwa buta tidak bisa berbuat apa-apa. Stevie Wonder merupakan seorang musisi legendaris yang terlahir dengan kondisi tidak bisa melihat setelah ia lahir. Hebatnya, Wonder memiliki talenta di bidang musik yang luar biasa. Ia bisa memainkan berbagai macam alat musik ketika masih muda. Telinga dan kepekaannya terhadap nada, membuatnya bisa menciptakan lagu yang sangat indah.

7. Steven Spielberg

steven spielberg

Entah sudah berapa banyak film yang lahir dari kepala Steve Spielberg. Sebut saja beberapa di antaranya seperti Indiana Jones, E.T., Saving Private Ryan, dan Jurassic Park. Semua film tersebut lahir dari kepala bernama lengkap Steven Allan Spielberg. Ia adalah pembuat film terkenal dari Negeri Paman Sam.

Steven Spielberg, di balik kejeniusannya dalam membuat film, ternyata Spielberg menderita dyslexia. Gangguan baca tulis yang biasa diderita oleh anak-anak. Di dunia, ada banyak orang yang menderita disleksia, termasuk dengan Spielberg. Meski begitu, dirinya berjuang keras dan berhasil menjadi sosok sutradara yang seperti sekarang.

6. Daniel Radcliffe

Daniel Radcliffe

Sukses di usia yang masih muda, Daniel Radcliffe yang kala itu berperan sebagai sosok bocah penyuka sihir bernama Harry Potter, di usianya yang baru 12 tahun, ia sudah terkenal dan mendapatkan banyak uang. Bukan hanya satu film, melainkan 8 kali dirinya terpilih untuk terus berperan sebagai Harry Potter.

Di usianya yang baru 9 tahun, Daniel Radcliffe sudah divonis menderita dyspraxia. Dyspraxia ini adalah sebuah kondisi medis dimana penderitanya tidak bisa beraktivitas fisik layaknya orang normal. Mereka cenderung ceroboh dan memiliki gangguan keseimbangan. Kemudian, ibunya, menyarankan Radcliffe untuk mengikuti sebuah audisi film. Awalnya hanya untuk anaknya bisa sedikit lebih rileks, tapi siapa sangka, dari sana malah jadi titik balik kehidupannya.

5. Keira Knightley

keira knightley

Sudah jago berakting, cantin pula, apa lagi yang kurang dari Keira Knightley. Aktris berbakat asal Inggris ini terlihat begitu sempurna di mata orang banyak. Namun, tidak ada manusia yang sempurna di dunia. Di balik penampilannya yang cantik dan mempesone tersebut, Keira Knightley ternyata menderita yang namanya dyslexia.

Dyslexia atau disleksia adalah gangguan dalam perkembangan baca tulis. Masalah ini biasanya diderita oleh anak-anak usia 7 sampai 8 tahun. Aktris pemeran Elizabeth Swann dalam Pirates of the Caribbean ini menderita disleksia pada usia 6 tahun. Ibunda Knightley, menyuruhnya untuk rajin membaca setiap hari dan menjaga nilai bagusnya apabila ingin tetap belajar akting. Tantangan tersebut berhasil dilakukan oleh Knightley.

4. Stephen Hawking

stephen hawking

Keterbatasan seseorang tidak menjadi penghalang untuk sukses. Tidak percaya? Coba saja kalian lihat Stephen Hawking. Di kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan dia untuk beraktivitas layaknya manusia normal, tapi otaknya yang jenius berhasil menemukan penemuan-penemuan serta rumus yang berguna bagi ilmu pengetahuan.

Stephen Hawking adalah seorang ilmuwan, fisikawanm astrofisika, dan kosmolog yang sangat terkenal. Di usia 21 tahun, ia menderita ALS dan hanya punya kesempatan hidup 2 bulan saja. ALS merupakan singkatan dari Amyotropic lateral sclerosis, sebuah kondisi dimana sistem saraf di dalam otak dan sumsum tulang, mati secara perlahan. Kondisi ini membuat Hawking lumpuh dari atas sampai bawah selama 30 tahun. Selama 30 tahun itu, dirinya masih bisa melakukan penelitian secara biasa.

3. Michael J. Fox

Michael J. Fox

Generasi milenial mungkin tidak begitu mengenal dengan sosok aktor Michael J. Fox. Tapi bagi mereka generasi 90an, Michael J. Fox adalah sosok yang tak mungkin dilupakan. Dirinya adalah aktor yang berperan sebagai Marty McFly dalam film Back to the Future Trilogy di tahun 1985, 1989, dan terakhir di tahun 1990.

Terlihat normal, Michael J. Fox ternyata menderita penyakit parkinson. Parkinson adalah penyakit rusaknya otak dan saraf progresif yang mempengaruhi pergerakan tubuh. Michael J. Fox didiagnosa menderita parkinson pada tahun 1991. Padahal, di saat itu, umurnya menginjak 29 tahun dan tengah berada dalam puncak karirnya. Dirinya disarankan untuk berhenti menjadi aktor, tapi ia menolak untuk menyerah begitu saja.

2. Lady Gaga

lady gaga

Pada tanggal 28 Maret 1986 di New York, lahirlah seorang perempuan bernama Stefani Joanne Angelina Germanotta. Mungkin kalian lebih familiar dengan nama panggungnya yaitu Lady Gaga. Lady Gaga adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan juga aktris. Salah satu keunikannya adalah fashionnya yang selalu nyentrik.

Pernahkah kalian mendengar yang namanya fibromylagia? Fibromyalgia adalah gangguan yang mempengaruhi otak dalam memproses sinyal rasa sakit. Gangguan inilah yang dialami oleh Lady Gaga. Di saat-saat tertentu, ia bisa merasakan rasa sakit yang sangat di tubuhnya. Lady Gaga, menyemangati mereka para penderita fibromyalgia untuk terus semangat dalam menjalani hidup.

1. Nick Vujicic

nick vujicic

Sangat sulit apabila salah satu tangan atau kaki kita mengalami cidera. Beraktivitas yang simple bisa menjadi sangat sulit. Itu baru cidera, bagaimana kalau tidak memiliki tangan dan kaki sama sekali? Sudah pasti hidup menjadi sangat sulit. Itu pula yang terjadi pada pria bernama Nick Vujicic. Dirinya terlahir tanpa kedua tangan dan kakinya.

Kondisi yang dialami oleh Nick Vujicic ini disebut dengan nama tetra-amelia syndrome. Sebuah sindrom dimana seseorang lahir tanpa dua tangan dan kaki. Mereka yang tetap bisa hidup hanyalah orang yang sangat beruntung. Namun, Nick Vujicic tidak menyerah. Dirinya berhasil membuktikan dirinya masih bisa berkarya. Lihat saja dirinya sekarang, Nick Vujicic menjadi salah satu pembicara motivasi terkenal di dunia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  10. 10
    oleh admin dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas