home -> Unik -> 10 Tips Menjadi Konten Kreator Sukses
19 Agustus 2019 01:11

10 Tips Menjadi Konten Kreator Sukses

Oleh serba_tahu dalam Unik pada May 22, 2019

Generasi milenial sekarang ini sangat diuntungkan karena sudah semakin banyak jenis pekerjaan yang bermunculan. Kalau berbicara soal gaji, itu semua kembali dari orangnya sendiri, apakah puas atau tidak dengan gaji yang didapat. Salah satu pekerjaan yang kini tengah digandrungi adalah menjadi konten kreator. Konten kreator sendiri adalah mereka orang-orang yang mampu memaksimalkan platform media, membuat, serta membagikan konten mereka disana. Konten yang dimaksud bisa berupa video, audio, artikel, atau juga blog. Menjadi seorang konten kreator susah susah gampang. Bila kalian ingin menjadi seorang konten kreator yang sukses, berikut 10 tips yang bisa kalian terapkan.

10. Tentukan Audience

audience

Untuk yang baru memulai karir sebagai konten kreator, penting bagi kalian untuk menentukan siapakah audience kalian. Kenapa? Karena dari audience lah, baru kalian bisa menemukan langkah selanjutnya seperti menentukan topik apa yang sekiranya pas dengan audience kalian. Tidak nyambung bila audience yang dituju adalah gamer, tapi kalian malah membuat kontan otomotif.

Selesai memilih audience, selanjutnya yang bisa kalian lakukan adalah melakukan riset, apa sih hal menarik dari audience kalian. Ini bermanfaat agar konten yang kalian buat bisa dikunjungi oleh banyak orang. Maka dari itu, penting juga bagi seorang konten kreator untuk dekat dengan masyarakat agar lebih mudah menggali informasi.

9. Topik Menarik

topic

Melanjutkan dari tips sebelumnya yakni menentukan audience, yang berikutnya harus kalian lakukan adalah mencari dan membuat topik yang menarik. Ini pun kalian lakukan setelah menelusuri lebih dalam mengenai masalah atau perbincangan yang tengah hangat-hangatnya. Kalau konten yang kalian buat ternyata topiknya tidak menarik, penikmat konten pun akan malas membacanya.

Sudah menentukan konten yang menarik? Kalian pun tidak bisa sembarangan membuat konten. Perlu penelusuran lebih dalam lagi dan kalau perlu melakukan diskusi dengan berbagai pihak yang terkait. Mengikut sertakan sejumlah pihak yang mampu dan terpercaya untuk meramaikan topik yang menjadi konten kalian, bisa membuat jumlah pembaca konten kalian juga akan semakin bertambah.

8. Berikan Komentar

comment

Banyak konten kreator bagus dan sukses yang ada di internet. Tahu alasan kenapa mereka bisa sukses? Itu karena mereka tidak hanya rajin membuat konten yang menarik, tapi juga aktif dengan para pembaca atau penikmat kontennya. Bagaimana cara supaya bisa aktif dengan penikmat konten? Caranya dengan memberikan atau membalas komentar mereka.

Di platform manapun yang kalian gunakan, bisa wordpress, YouTube, facebook, dan lain-lain, tentunya ada bagian atau kolom komentar. Di kolom komentar inilah jadi ajang komunikasi antara satu pembaca dengan pembaca lain, dan juga si pembuat konten sendiri. Turut aktif dalam komunikasi tersebut, menandakan kalian memang serius dan bisa membuat jarak antara pembuat konten dengan pembaca menjadi lebih kecil.

7. Manfaatkan Sosial Media

social media

Bagi seorang konten kreator, keberadaan sosial media itu sangat penting. Sosial media ini berguna sebagai tempat sharing konten yang sudah dibuat. Lagipula, di zaman maju seperti sekarang, siapa sih orang yang tidak punya sosial media? Sosial media yang cukup populer saat ini adalah Facebook, Twitter, dan Instagram. Dan ketiga sosial media ini dimanfaatkan untuk tempat membagikan konten.

Karena pengguna sosial media yang sangat banyak, semakin besar juga kemungkinan konten kita bias dibaca oleh orang. Tapi, tentu saja kalian pun harus punya teman-teman yang banyak juga di sosial media. Jangan ragu atau malu untuk meminta teman kalian ini untuk membaca dan membagikan konten yang sudah kalian buat di sosial media mereka. Semakin banyak orang yang mengshare konten kalian, semakin ramai pula pengunjung yang datang melihat konten kalian.

6. Pikir Ulang Sebelum Dirilis

think

Semua konten kreator pasti senang begitu menyelesaikan konten yang sudah ia buat. Tidak hanya konten kreator yang sudah senior, tapi yang masih pemula juga demikian. Langkah berikutnya setelah konten dibuat adalah mengupload dan membagikannya di sosial media. Tapi, ada baiknya untuk berpikir ulang sebelum merilisnya.

Adalah kesalahan fatal apabila konten yang sudah dibuat, langsung dirilis dan dibagikan ke orang banyak. Jika ada kesalahan, akan sulit untuk menghapusnya karena sudah terlanjur dirilis. Apalagi mengingat zaman sekarang semakin banyak netijen maha benar yang dengan mudahnya mengkritik seseorang tanpa tahu alasan dibuatnya konten tersebut. Maka dari itu, meski sudah konten sudah selesai dibuat, ada baiknya untuk melihat dan mengeceknya kembali apakah ada kesalahan yang harus diperbaiki.

5. Buat Sketsa

script

Di pelajaran Bahasa Indonesia dulu, sebelum membuat sebuah karangan, murid terlebih dahulu harus membuat kerangka karangan. Kerangka karangan dibuat untuk mempermudah dalam membuat karangan. Apa yang ingin dibuat, tujuan dari tiap paragraf, semua menjadi jelas. Sama ketika kita membuat sebuah konten. Penting untuk membuat sketsa atau konsep terlebih dahulu.

Dalam membuat konten, kita tidak bisa sembarangan. Harus jelas apa yang harus dibicarakan, kata per kata dipilih mana yang cocok, dan pastikan maksud dan tujuan bisa dimengerti oleh pembaca. Bahkan mereka yang sudah lama berkecimpung di pekerjaan ini pun, sebelum menciptakan sebuah konten, mereka harus membuat dulu konsepnya. Karena jika konsep yang dibangun berantakan, mau sebagus apapun topiknya, konten tersebut tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal.

4. Influencers

influencer

Influencer memiliki arti orang-orang yang memiliki pengikut atau audience yang cukup banyak di sosial media. Tentunya, para influencer ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap follower mereka. Yang termasuk dalam influencer seperti artis, selebgram, blogger, youtuber, dan masih banyak lagi lainnya. Kalian para konten kreator muda dan pemula, harus memanfaatkan para influencer ini.

Kalian para konten kreator, pastinya ingin konten yang kalian buat ini dibaca oleh banyak orang. Di saat kalian tidak punya follower, salah satu opsinya adalah dengan melakukan kontak dengan influencer yang kalian kenal. Pastikan pula influencer ini memang tidak hanya berkaitan dengan konten kalian, tapi juga paham dengan konten kalian, dan bisa diajak bekerja sama. Dengan bantuan influencer, besar kemungkinan konten kalian akan mereka share dan dibaca oleh para followersnya.

3. Humor

humor

Menciptakan konten yang bermanfaat memang penting, tapi yang tak kalah penting juga adalah rasa humor. Rasa humor penting disematkan dalam konten kalian karena harus diakui, konten yang terlalu berat dan serius, membuat orang bisa merasa bosan. Hidup sudah penuh dengan hal-hal yang membuat stres, sedikit humor bisa membuat orang menjadi lebih rileks.

Memang, standar lucu tiap orang berbeda-beda. Tapi, jika kalian paham dengan audience kalian, kalian bisa mengambil poin unik, berkesan, dan lucu untuk diselipkan di beberapa bagian dalam konten kalian. Dan satu lagi yang perlu kalian ingat, bila memang ingin mengambil lelucon dari luar, pastikan lelucon tersebut tetap bisa membuat orang paham dan tersenyum. Dan pastikan humor yang kalian masukan, tidak menyinggung perasaan orang lain. Karena dari yang sudah-sudah, banyak orang yang mudah tersinggung dan membawanya ke meja hukum.

2. Update Dengan Berita Terkini

uptodate

Untuk menjadi seorang konten kreator yang sukses, penting bagi mereka untuk selalu update dengan berita terbaru. Kalian ingin menjadi konten kreator pastinya bukan hanya asal buat konten dan ingin terkenal saja. Tapi juga karena ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi penikmat konten kalian.

Masalah mencari berita dimana, kita sudah hidup di dunia digital dimana berita bisa diperoleh dimanapun, bahkan melalui smartphone sekalipun. Carilah informasi yang bermanfaat dan mendukung konten kalian. Pastikan juga informasi tersebut diambil dari sumber yang dapat dipercaya, bukan dari sumber abal-abal.

1. Konsisten

consistent

Dan, dari semua tips yang sudah dijelaskan di atas, yang terpenting untuk menjadi konten kreator sukses adalah konsisten. Semua yang dilakukan dengan konsisten, pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan. Tentunya jika kalian juga benar-benar melakukan tips-tips yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Konsisten disini adalah rutin membuat konten untuk para audience atau penikmat konten kalian. Kalau seorang konten kreator malas atau jarang mengupload kontennya, siapa juga yang mau terus mengikuti kalian. Setidaknya, buatlah satu konten dalam seminggu. Bagus kalau bisa lebih, ini menandakan bahwa kalian serius ingin sukses menjadi konten kreator.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas