home -> Kepribadian -> 10 Alasan Orang Introvert Itu Mengagumkan
16 Juli 2019 05:54

10 Alasan Orang Introvert Itu Mengagumkan

Oleh reagan dalam Kepribadian pada May 17, 2019

Banyak orang menganggap bahwa orang dengan kepribadian introvert itu tidak seru, pasif, dan pendiam. Mereka tidak sadar bahwa diamnya introvert itu tidak bisa dianggap remeh. Sama seperti kata pepatah, air yang tenang bukan berarti tidak ada buaya. Orang introvert, meski mereka kebanyakan diam, justru dalam diam itu, mereka mengobservasi sekelilingnya dengan jeli dan hati-hati. Lagipula, ada banyak hal positif lain yang bisa dipelajari dari seorang introvert. Apa saja?

10. Misterius

mysterious

Misterius, seberapa banyak pembaca TahuPedia yang menyukai hal-hal yang berbau misterius? Kalau ternyata banyak, kenapa kalian bisa suka? Hal misterius yang dimaksud disini bukanlah hal yang berkaitan dengan dunia gaib, supernatural, dan hal-hal sejenis itu. Yang dimaksud adalah orang yang misterius.

Orang yang terlihat misterius menyimpan sejuta rahasia yang menanti untuk dibongkar. Orang introvert, terkenal akan kemisteriusannya. Hal ini wajar bila mengingat orang introvert adalah orang yang sangat tertutup. Mereka sangat selektif dalam memilih teman. Meski sudah menjadi teman, orang introvert pun tidak begitu saja percaya dan mau membagikan rahasia mereka ke temannya.

9. Fokus

focus

Satu kehebatan lain yang dipunya oleh orang introvert adalah fokus. Orang introvert ini memiliki fokus yang luar biasa. Mereka bisa fokus dalam waktu yang lama tanpa muncul rasa bosan. Berbeda dengan beberapa tipe orang yang hanya bisa fokus dalam waktu singkat. Begitu bosan, harus istirahat sejenak baru lanjut lagi.

Orang introvert dapat berkonsentrasi penuh dalam jangka waktu yang lama, tergantung dalam hal apa mereka diterjunkan. Cukup beri mereka ruang dan waktu sendiri untuk berkonsentrasi, maka mereka bisa mengerti masalah yang mereka hadapi. Matematika, penelitian, serta menulis, sejumlah materi yang sangat cocok bagi mereka para introvert.

8. Hati-Hati Dalam Berbicara

talking

Mulutmu adalah harimaumu, adalah ucapan yang sering kita dengar sehari-hari. Arti ucapan tersebut adalah kita harus selalu berhati-hati dengan apa yang kita ucapkan. Jika kita salah dalam hal berbicara, bisa mengakibatkan pesan yang dimaksud tidak tersampaikan dengan baik atau orang jadi sakit hati karena ucapan kita. Untungnya, orang Introvert jarang ada yang mengalami salah bicara.

Orang introvert sangat minim dalam berbicara. Bukannya tidak ingin berbicara, tapi mereka memikirkan apa yang sebaiknya dikatakan. Apa yang hati inginkan, harus dipikirkan lagi apa kata yang sesuai dan boleh untuk diucapkan. Makanya banyak orang yang menggambarkan bahwa orang introvert itu memiliki isi kepala yang besar/penuh, tapi minim yang diucapkan. Mereka tidak bisa langsung ucapkan apa yang mereka mau begitu saja. Harus dipikirkan juga apakah yang mereka ucapkan itu benar dan tidak menyakiti perasaan orang lain.

7. Bisa Memotivasi Diri Sendiri

motivated

Tidak semua orang butuh ucapan motivasi dari orang lain, ada pula orang-orang yang mandiri dan bisa memotivasi diri mereka sendiri untuk melakukan sesuatu. Inilah salah satu nilai positif yang bisa kita ambil dari orang introvert. Ketiadaan atas rasa ketergantungan terhadap orang lain ini yang bisa membuat orang introvert bekerja dan memotivasi diri mereka sendiri.

Orang introvert tahu apa yang mereka kerjakan dan apa yang harus diperbuat untuk menyelesaikannya. Ketika ada masalah, mungkin saja mereka putus asa, tapi mereka akan segera bangkit tanpa harus menunggu ada orang yang menyemangati dan memotivasi mereka. Seperti mereka terlahir memang untuk bekerja dan sukses secara mandiri.

6. Mandiri

independent

Punya sifat yang mandiri itu bagus. Kita jadi tidak perlu menggantungkan nasib pada orang yang tidak jelas. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi bila kita menggantungkan nasib kita pada orang tidak jelas seperti itu. Masalah bukannya selesai, malah semakin menumpuk, dan akhirnya akan membuat kita semakin stres.

Orang introvert tahu apa akibatnya bila melakukan hal tersebut. Dan lagi, mereka biasa untuk bekerja sendiri, melakukan apa saja sendiri. Ketidakbutuhan bantuan orang lain membuat orang introvert bisa mandiri. Mereka tahu apa yang harus mereka perbuat dalam hidup mereka. Kalau pun mereka meminta tolong, itu berarti mereka benar-benar sudah terdesak.

5. Pendengar Yang Baik

good listener

Sudah menjadi sifat dasar dari orang introvert, bahwa mereka adalah orang yang pendiam. Pendiamnya mereka bukan lah tanpa maksud. Di kepala mereka ada banyak hal yang dipikirkan, tapi mereka lebih memilih untuk diam. Kalaupun dipaksa untuk berbicara, mereka butuh waktu lama untuk memilih dan merangkai kata yang pas, baru mereka akan berbicara.

Karena sifat mereka yang pendiam ini, telinga mereka sangatlah peka. Mereka sangat sering dijadikan teman curhat karena mereka adalah pendengar yang baik. Karena mereka lebih ke arah pemikir, ketika menjadi teman curhat, introvert akan memikirkan solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi oleh temannya. 

4. Kreatif

creative

Orang introvert itu kreatif. Kesimpulan ini diambil bukan tanpa maksud. Sifat introvert yang mandiri, gemar membaca, fokus, dan pemikir, membuat mereka bisa memikirkan hal-hal yang tidak biasa dan solusi tak biasa dan efektif juga dari permasalahan yang mereka hadapi. Bukan masalah mereka sendiri, tapi juga masalah dari teman-teman yang curhat pada mereka.

Karena kelebihan mereka itu, tempatkan introvert di pekerjaan apa saja, mereka bisa berkembang dan memecahkan masalah yang mereka hadapi. Kuncinya, biarkan mereka sendiri, bekerja seorang diri, atau bekerja dengan orang yang mereka pilih. Karena, introvert itu sangat bergantung dengan kenyamanan dan mood mereka. Kalau mereka merasa tidak nyaman dan moodnya berantakan, jangan harap pekerjaan itu bisa selesai.

3. Gemar Membaca

smart

Introvert itu biasanya suka belajar dan membaca. Dan yang pasti, mereka belajar dan membaca di tempat yang tenang dan tidak ada orang yang mengganggu. Jika ada penganggu, mereka pasti akan pindah. Dengan membaca dan belajar itu, mereka jadi tahu tentang hal-hal terbaru yang terjadi dan pengetahuan mereka juga bertambah.

Tak heran banyak orang yang melabeli introvert dengan kutu buku, itu karena mereka suka membaca. Smart is sexy, itulah ungkapan beberap orang terhadap mereka yang gemar membaca. Bagi introvert sendiri, bukan tujuan mereka untuk menjadi atau terlihat seksi, tapi memang kehausan mereka akan pengetahuan dan juga karena memang ada yang suka membaca.

2. Pandai Menjaga Rahasia

keeping secret

Semua orang pasti punya rahasia yang ingin mereka jaga. Entah itu baik atau buruk, sebisa mungkin rahasia itu mereka tutupi dari orang lain. Beberapa orang ada yang menceritakan rahasia pada teman terdekat mereka, selain agar bisa dibantu dicarikan jalan keluar, alasan lainnya agar mereka bisa lebih lega.

Kalau kalian punya rahasia yang ingin diceritakan, maka carilah orang introvert. Orang introvert ini sangat ahli dalam menjaga rahasia. Ingat bahwa introvert itu jarang bersosialisasi dengan orang, memperkecil kemungkinan mereka akan membocorkan rahasia orang. Belum lagi karena mereka itu berpikir, kalau sudah diberi kepercayaan untuk menjaga rahasia, maka akan ia jaga kepercayaan tersebut.

1. Jeli

observant

Salah satu kelebihan dari orang introvert yang bisa membuat orang kagum adalah, mereka itu jeli. Jika melihat sesuatu, jarang sekali seorang introvert itu melewatkan detail-detail kecil. Kalau orang normal, biasa detail-detail kecil itu akan terlewatkan. Inilah yang membuat orang dengan kepribadian introvert itu menarik.

Di mata orang introvert, duna itu penuh dengan hal yang menarik. Hal sekecil apapun itu, bisa menarik bagi seorang introvert. Mereka akan terus menerus menggali informasi tentang sesuatu di saat mode diam mereka aktif. Kalau kalian menonton film tentang orang introvert dan melewatkan detail-detail kecil, coba saja tanya ke teman kalian. Biasanya mereka tahu setiap detail karena mereka pengamat yang baik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh admin dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh raza dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh admin dalam Kepribadian
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh raza dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh admin dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh raza dalam Kepribadian
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas