home -> Teknologi -> 10 Inovasi Zaman Dulu Yang Sekarang Masih Kita Gun...
17 November 2019 07:46

10 Inovasi Zaman Dulu Yang Sekarang Masih Kita Gunakan

Oleh serba_tahu dalam Teknologi pada May 06, 2019

Masa sekarang tidak akan seperti ini bila tidak adanya beberapa penemuan atau inovasi dari ilmuwan zaman dulu. Coba bayangkan bila tidak ada kendaraan, komputer atau smartphone, seperti apa jadinya kehidupan sekarang? Karena itulah, kita mesti berterima kasih atas kerja keras orang masa lalu yang menciptakan sejumlah barang berguna yang hingga sekarang masih kita gunakan. Berikut ini adalah penemuan atau inovasi orang zaman dulu yang nyatanya masih kita gunakan hingga sekarang.

10. Baterai Elektrik

battery

Kebutuhan akan tenaga listrik sangatlah tinggi. Bukan hanya sekarang, ratusan tahun yang lalu pun manusia sangat butuh akna listrik. Kebutuhan akan tenaga listrik yang bisa dibawa kemana-mana inilah yang mendorong ilmuwan zaman dulu menciptakan sebuah teknologi yang namanya baterai. Ya, baterai listrik diciptakan oleh ilmuwan bernama Alessandro Volta pada tahun 1800an.

Alessandro Volta adalah seorang ahli fisika asal Italia yang berhasil menemukan baterai elektrik. Volta menciptakan baterai elektrik dengan menggunakan seng dan cakram perak yang ditempatkan secara khusus dalam bentuk tumpukan silindris. Baterai tersebut berhasil menghasilkan percikan secara berulang dan membantu menggerakan banyak barang.

9. Vaksin

vaccine

Di saat dunia kesehatan tidak semaju sekarang, orang zaman dulu begitu takut dan panik bila terkenal suatu penyakit. Apakah penyakit yang dideritanya parah, apakah ada obatnya, dan lain sebagainya. Beruntung kala itu, berhasil ditemukan yang namanya vaksin. Ditemukan oleh Edward Jenner pada tahun 1796.

Di tahun 1796, saat itu dunia diteror dengan penyakit endemik smallpox atau cacar. Bila dibiarkan tak terobati, orang bisa meninggal dunia akibat cacar. Dan lagi, penyakit ini sangatlah menular. Jenner, berhasli menemukan vaksin yang bisa digunakan untuk mengatasi cacar. Vaksin tersebut kemudian berhasil menyelamatkan banyak nyawa dan dirinya diberi gelar Bapak Imunologi. Sekarang, vaksin semakin berkembang dan bisa digunakan untuk mengatasi sejumlah penyakit.

8. Mesin Uap

steam engine

Kehadiran mesin tenaga uap langsung menciptakan revolusi di dunia industri. Ditemukan sejak lama, keberadaan mesin uap masih kita gunakan hingga sekarang. Beberapa moda transportasi masih ada yang menggunakan mesin tenaga uap. Contohnya adalah excavator atau mesin keruk, bus, truk, dan ada juga sepeda dengan mesin uap.

Mesin uap bekerja dengan menggunakan tenaga panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Adalah penemuan dari ilmuwan bernama Thomas Newcomen pada tahun 1712. Sejak ditemukan mesin tenaga uap oleh Newcomen, penemuannya tersebut digunakan untuk pompa stasioner atau mesin. Jangan tertukar dengan kereta tenaga uap yang ditemukan oleh John Blenkinsop pada tahun 1804.

7. Jam

clock

Alarm sangat bagus untuk membantu seseorang supaya bisa bangun pagi tepat waktu. Kalau kalian yang suka telat bangun, wajib punya jam alarm di samping tempat tidur kalian. Meski sudah banyak orang yang terbantu dengan keberadaan jam alarm, tak banyak orang sadar bahwa kalau bukan ilmuwan zaman dulu tak menemukan jam alarm, mungkin akan ada banyak orang yang telat ke kantor atau sekolah.

Ditelusuri secara lebih dalam, jam alarm telah ada sejak ribuan tahun lalu, pada masa Yunani Kuno. Di zaman itu, keberadaan jam dengan alarm sudah menjadi teknologi yang sangat mewah. Tentunya, bentuk jam alarm di masa Yunani Kuno tidak sama seperti bentuk jam alarm sekarang. Plato menjalaskan, dirinya memiliki sebuah jam air besar dengan sinyal alarm yang mirip dengan suara organ air. Plato menggunakannya di malam hari sebagai penanda awal kelas.

6. Kalender

calendar

Kalender, dengan benda satu ini, kita jadi tahu penanggalan, bulan, tahun, kapan ganti tahun, dan penentuan hari-hari penting lainnya juga bergantung dari kalender. Kalender modern zaman sekarang, kita tahu ada 12 bulan yang dimulai dari Januari dan diakhiri di Desember. Setiap bulan, berisi 3 minggu, terdiri dari hari Senin-Minggu.

Modern kalender belum ditemukan sampai akhirnya di tahun 1600an. Sebelum itu, ada banyak sekali versi dari kalender. Masing-masing kalender diciptakan dengan penulisan, waktu, dan tujuan yang beda. Kalender pertama digunakan oleh bangsa Mesir adalah Kalender Matahari. Lalu, Julius Caesar menciptakan Kalender Julian yang terdiri dari 12 bulan. Memiliki kelemahan, Kalender Julian disempurnakan dengan menjadi Kalender Gregorian, dienalkan oleh Pope Gregory XIII pada tahun 1582.

5. Komputer

computer

Kehadiran komputer sekarang ini sudah tidak bisa ditepikan lagi. Dari yang membantu hitung menghitung, sampai ada banyak orang yang pekerjaannya sangat bergantung dengan komputer. Saking pentingnya komputer, pendidikan tentang komputer pun sudah dimulai sejak dini. Anak SD bahkan TK sekalipun sudah dikenalkan dengan komputer.

Komputer pertama yang diciptakan oleh manusia adalah komputer buatan J. Pesper Eckert dan John Mauchly di University of Penssylvania. Pembuatan komputer dimulai pada tahun 1943. Saat itu, ukuran komputer sangatlah besar, sebesar ruangan dengan ukuran 167 M2. Komputer sebesar itu, bobotnya juga sangat berat, 50 ton.

4. Kincir Air

water mill

Zaman dulu, orang sadar bahwa air bisa menjadi sumber tenaga atau setidaknya memberikan manfaat yang besar, apalagi untuk ladang pertanian. Maka dari itu, dibuatlah yang namanya kincir air. Kincir air ini dimanfaatkan untuk berbagai macam hal seperti membentuk logam, pertanian, dan penggilingan.

Kincir air ini sudah ada sejak dahulu kala, kira0kira abad ke-3 Sebelum Masehi di Yunani. Dulu, namanya bukanlah water mill, melainkan Perachora wheel. Dibuat oleh insinyur yunani , Philo if Byzantium. Namun, Philo sempat mengatakan bahwa ciptaannya tersebut bukanlah original. Orang Arab lah yang pertama kali menciptakannya. Anggapan Philo tersebut kemudian dibantah oleh sejarawan Inggris, M.J.T. Lewis yang membuktikan bahwa kincir air asli dari Yunani Kuno.

3. Kompas

compass

Jika saja kompas itu tidak ada, entah bagaimana cara manusia untuk pergi ke suatu tempat. Mereka yang tersesat di gunung, tanpa keberadaan kompas, sulit untuk bisa turun dan kembali dengan selamat. Dan, perlu kalian semua tahu, kompas ini ternyata diciptakan oleh para ilmuwan asal Cina. Tapi dengan tujuan awal yang berbeda.

Oleh orang Cina zaman dulu, kompas dibuat awalnya untuk meramal sesuatu. Tak ada yang menggunakannya untuk penunjuk arah sampai akhirnya mereka sadar akan manfaat lain dari kompas pada abad 11 Setelah Masehi. Cara kerja kompas ini menggunakan medan magnet alami dari Bumi yang nantinya menggerakan jarum dalam kompas.

2. Mobil

car

Meski mobil lahir pada tahun 1886 oleh ilmuwan asal Jerman, Karl Benz, tidak serta merta mobil langsung tersedia untuk semua orang. Sampai di abad ke 20, Henry Ford menciptakan inovasi baru dengan memproduksi mobil secara besar-besaran. Ia menciptakan mobil yang kemudian menjadi standar dunia dengan Ford, General Motors, dan Chrysler.

Sejarah tentang mobil bukan hanya itu saja. Banyak perusahaan yang akhirnya menciptakan mobil pada saat itu. Menciptakan mobil dalam jumlah banyak untuk jadi kendaraan, membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Dengan mulai bertambah majunya industri mobil, semakin menambah peluang kerja bagi mereka yang berkemampuan dan ingin bekerja.

1. Roda

wheel

Bayangkan betapa susahnya hidup ini bila kendaraan rodanya tidak berbentuk bulat. Coba kalau bentuknya persegi, elips, atau segitiga, akankah kita bisa sampai ke tempat tujuan? Beruntung bentuk roda adalah lingkaran. Kehadiran roda ini ternyata telah ada sejak lama, bentuknya pun sama seperti sekarang, paling yang berbeda adalah ukurannya.

Keberadaan roda dipelajari ternyata sudah ada sejak 3500 Sebelum Masehi. Saat itu, roda digunakan oleh manusia sebagai alat bantu untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Dan, ketika roda ini diciptakan, awalnya tidak digunakan sebagai roda untuk transportasi manusia seperti mobil atau motor.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh raza dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas