home -> Unik -> 10 Perayaan Paskah Unik Di Berbagai Negara
19 Mei 2019 18:26

10 Perayaan Paskah Unik Di Berbagai Negara

Oleh reagan dalam Unik pada April 22, 2019

Tepat pada tanggal 21 April 2019, umat Kristiani di seluruh dunia merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus atau yang biasa disebut dengan Paskah. Setiap negara di dunia, memiliki caranya sendiri dalam merayakan Paskah. Tentunya, perayaan yang dirayakan satu kali dalam setahun ini dirayakan dengan cara yang tidak biasa dan unik. Penasaran seunik apa perayaan Paskah di setiap negara di dunia? Berikut penjelasan lengkapnya.

10. Bermuda

bermuda

Sebuah tradisi Paskah yang sangat menyenangkan dilakukan oleh orang-orang Bermuda. Bermuda sendiri adalah wilayah seberang Laut Britania Raya di Samudra Atlantik. Negara ini masih merupakan bagian dari Amerika Serikat. Orang Bermuda merayakan Paskah dengan memainkan layang-layang, ya, layang-layang.

Layang-layang diterbangkan ke angkasa tepat di hari Jumat Agung. Berbagai bentuk dan ukuran layang-layang terbang dan menghiasi angkasa Bermuda.Tradisi bermula dari seorang guru dari British Army yang kesulitan dalam menggambarkan kebangkitan Yesus. Oleh karena itu, ia membuat sebuah layang-layang dan menerbangkannya. Ini dilakukan sebagai ilustrasi kebangkitan Yesus Kristus.

9. Jerman

germany

Tradisi Paskah adalah, meletakkan telur yang sudah dihias sedemikian rupa di dalam dan juga halaman rumah. Itu adalah tradisi standar dari setiap negara di dunia. Namun, Jerman memiliki tradisi yang sedikit berbeda. Ketimbang meletakkan di dalam ataupun halaman, orang-orang Jerman malah menaruhnya di pohon-pohon.

Tradisi menaruh telur Paskah di pohon-pohon ternyata sudah dilakukan sejak bertahun-tahun yang lalu, sekitar tahun 1600an. Sebelum menaruh di pohon, telur terlebih dahulu didekorasi dengan warna spesial natal. Barulah telur tersebut ditaruh di pohon sebagai salah satu hiasan yang nantinya akan mewarnai Paskah di Negeri Jerman.

8. Yunani

Greece

Hati-hatilah kalian yang liburan Paskah memutuskan untuk berlibur ke Yunani. Bisa dibilang bahwa orang-orang Yunani memiliki tradisi Paskah yang unik sekaligus berbahaya. Bagaimana tidak? Mereka mengambil pot dan panci lalu melemparkannya ke luar jendela. Salah-salah, bisa mengenai orang di bawahnya.

Tradisi melempat pot dan panci dilakukan di pagi hari pada hari Sabtu Suci. Panci, pot, dan alat dapur apapun sengaja dirusak dengan melempar keluar dari jendela. Menurut mereka, tradisi melempar pot ini sebagai ucapan selamat datang pada musim semi. Sebagai simbolisasi tanaman baru yang akan tumbuh dari pot baru.

7. Finlandia

finland

Skandinavia meliputi beberapa negara yakni Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Islandia. Meski terdiri dari 5 negara, masing-masing memiliki kesamaan tradisi ketika hari raya Paskah tiba. Negara Skandinavia merayakan Paskah dengan cara mengenakan kostum layaknya penyihir jaman dahulu. Dan yang biasa melakukannya adalah anak-anak.

Seperti tak ada beda dengan perayaan Halloween, dimana anak-anak mengenakan kostum horror. Di Paskah, anak-anak mengenakan kostum penyihir dan berkeliling ke rumah sekitar untuk meminta hadiah berupa kue, permen atau hal-hal manis lainnya. Berdasarkan cerita rakyat Swedia, pada hari Paskah, penyihir terbang ke gunung untuk bertemu dengan iblis.

6. Brazil

Brazil

Di dalam kepercayaan umat Kristiani, Yesus memilliki 12 orang murid, salah satu muridnya adalah Yudas Iskariot. Yudas Iskariot ini adalah murid yang mengkhianati Yesus dan menyerahkan gurunya untuk diadili. Di Brazil, sosok Yudas Iskariot ini begitu dibenci dan dijadikan objek kekesalan ketika hari raya Paskah tiba.

Orang-orang Brazil membuat boneka yang menjadi representasi Yudas Iskariot. Boneka tersebut dibuat dari bahan apapun, bisa dengan jerami atau juga sedotan. Boneka Yudas kemudian digantung di jalan dan dipukuli oleh orang banyak. Bukan cuma itu saja tradisi Paskah orang Brazil, ada juga karnaval kecil berkeliling ke kota.

5. Ceko

Czech

Liburan Panjang kali ini meliputi libur Paskah, membuat banyak orang memanfaatkannya untuk liburan ke luar negeri. Jika kalian termasuk dalam orang yang liburan ke luar negeri dan memiliki tujuan berlibur ke Ceko, sebaiknya kalian berhati-hati. Hati-hati disini lebih diutamakan ke para wanita. Karena Ceko memiliki tradisi Paskah yang cukup unik, melibatkan perempuan.

Tradisi unik orang Ceko ketika Paskah adalah memukul atau mencambuk perempuan-perempuan muda dengan semacam cambuk yang terbuat dari kayu. Tidak terlalu keras tentunya agar si perempuan tidak terluka. Tradisi dilakukan dengan tujuan untuk membawa keberuntungan pada si gadis. Enteng jodoh, cepat menikah, dan punya anak, begitulah maksudnya.

4. Italia

italy

Italia, yang notabene sebagai negara dengan jumlah umat Kristiani paling banyak, punya kebiasaan unik yang dilakukan dalam rangka merayakan Paskah. Orang-orang akan membuat sebuah kereta dan menghiasnya dengan ornamen-ornamen Paskah. Nantinya, kereta tersebut akan diarak sepanjang jalan mengelilingi kota.

Sesampainya di lokasi akhir, orang lokal, disaksika dengan para uskup, menyalakan api dan membakar kereta tersebut. Sembari menyaksika api melahap kereta, diputarlah lagu khas Paskah, Gloria. Orang Italia biasa menyebut tradisi ini dengan sebutan Scoppio del Carro atau explosion of the cart. Acara membakar kereta ini akan dilanjutkan dengan parade mengenakan pakaian abad pertengahan.

3. Perancis

france

Sebelum mulai, TahuPedia turut prihatin atas insiden terbakarnya Gereja Katedral Notre Dame di Paris, Perancis pada 17 April 2019. Kejadian tersebut terjadi beberapa hari sebelum hari raya Paskah. Membahas Paskah, Perancis pun memiiki tradisi yang sangat unik untuk merayakan bangkitnya Yesus Kristus.

Dua hal yang biasa dilakukan orang Perancis ketika Paskah tiba. Pertama adalah membunyikan lonceng di gereja dan memasak omelet atau telur dadar. Di kota Haux, orang berbondong-bondong membuat sebuah omelet raksasa yang dibuat dari 4.500 telur. Omelet raksasa ini nantinya akan dinikmati oleh para penduduk kota Haux.

2. Hungaria

hungary

Bukan hanya Songkran saja, event di Thailand yang melibatkan air untuk basah-basahan, Hungaria juga memiliki tradisi khusus untuk merayakan kebangkitan Yesus Kristus yang menggunakan air sebagai alat utamanya. Di Hungaria, kalian harus bersiap disiram dengan seember air sampai basah kuyup ketika hari Paskah.

Tradisi menyiram orang dengan seember air dilakukan dengan tujuan untuk pembersihan, kesuburan, dan keberuntungan. Seperti di Ceko, tradisi menyiram air inipun lebih ditujukan pada mereka para perempuan. Setelah disiram, biasanya para wanita akan memberikan para pria penyiramnya dengan cokelat atau segelas palinka (brandy khas Hungaria).

1. Australia

australia

Sebelum membahas tradisi Paskah orang Australia, kalian terlebih dahulu harus tahu dulu apa itu hewan bilby. Bilby adalah sejenis hewan yang masih memiliki hubungan dengan kelinci, hanya saja bentuknya lebih kecil. Bilby ini adalah hewan asli Australia yang kini populasinya sedang terancam. Terancam oleh kelinci.

Di Australia, populasi bilby yang merupakan hewan asli Australia terancam oleh kelinci. Keduanya saling bersaing dan mengakibatkan kerusakan pada ladang pertanian. Di saat Paskah, orang-orang Australia membuat cokelat dan membentuknya menyerupai bilby. Ini dilakukan untuk mengingatkan tentang populasi hewan kecil tersebut yang kini sedang terancam.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas