home -> Kepribadian -> 10 Sifat Paling Dibenci Orang
18 Juni 2019 10:03

10 Sifat Paling Dibenci Orang

Oleh reagan dalam Kepribadian pada April 02, 2019

Setiap manusia memiliki sifat yang berbeda, bahkan yang anak kembar pun pasti memiliki sifat yang berbeda. Kalian pasti punya teman kan, dan setiap teman kalian pastinya memiliki sifat masing-masing yang berbeda satu dengan yang lain. Kebanyakan orang bisa berteman dengan seseorang pasti karena ada kesamaan kesukaan atau karena sifatnya menarik. Berbicara soal sifat, tidak semua orang memiliki sifat baik, pasti ada satu atau dua sifat yang jelek. Sifat jelek ini yang bisa membuat seseorang menjadi dijauhi dan dibenci oleh sekitarnya. Berikut TahuPedia tampilkan sejumlah sifat buruk seseorang yang bisa membuat dijauhi orang. Mungkin kalian juga punya salah satu sifatnya?

10. Egois

egoistic

Semua orang memang memiliki kepentingan sendiri yang musti dipenuhi. Tapi, kita pun harus berpikir secara logis, seberapa pentingkah itu? Apakah kepentingan kita begitu penting dan mendesak? Apakah kepentingan kita bisa merugikan orang lain atau tidak? Jika kalian terlalu mementingkan kepentingan kalian di atas kepentingan orang lain, dimana kepentingan kalian ternyata bisa ditunda sebentar, maka kalian adalah orang yang egois.

Kita tidak bisa mekesampingkan kepentingan orang lain bila ternyata kepentingan orang ternyata sangat penting. Apalagi jika itu di dalam lingkup keluarga atau dunia kerja. Kita tidak boleh mementingkan diri sendiri dan tidak perduli dengan orang lain. Terlalu egois bisa membuat seseorang menjadi dijauhi oleh orang sekitar. Ingat, bagaimana pun juga kita butuh bantuan orang. Bila kita terlalu egois dan dijauhi orang, bagaimana nanti kita menjalani hidup?

9. Cuek

ignorance

Mengesampingkan hal yang tidak penting memang bagus. Buat apa juga kita memikirkan hal yang tidak berpengaruh pada kita? Dalam beberapa hal, cuek memang wajar dilakukan, tapi juga ada momen dimana kita tak bisa cuek bebek. Di dalam keluarga, kelas, di kantor atau juga di lingkungan rumah, untuk hal itu, kita tak bisa cuek begitu saja.

Beberapa waktu yang lalu di Indonesia, ada kasus dimana ada seseorang yang ingin bunuh diri. Ada orang sekitar yang melihat. Tapi mereka cuek, ada yang merekam, dan ada pula yang malah menyuruh orang tersebut untuk lompat saja. Ketidakperdulian kita terhadap orang sekitar ini akibatnya berujung komentar negatif dari masyarakat luar atas kurangnya moral dan tingkat keperdulian kita terhadap orang yang tengah dilanda masa sulit. Mungkin orang tersebut memang mengalami masalah yang sangat berat, mungkin memang ia tidak memiliki hubungan dengan kita, tapi membiarkan orang bunuh diri seperti itu, dimana letak kemanusiaan kita?

8. Tidak Sopan

unrespectful

Melihat orang yang tidak sopan saja kita bisa menilai mereka adalah orang yang buruk dan tidak bagus untuk dijadikan teman. Bayangkan jika kita yang tidak sopan, maka kita juga akan dinilai sama seperti itu. Tidak hanya sopan pada orang yang lebih berumur, tapi kita harus sopan pada siapapun yang kita temui, bahkan jika orang tersebut lebih muda dari kita.

Bersikap sopan adalah hal mutlak yang harus kita lakukan setiap hari dan pada siapapun. Sayang, masih ada banyak orang yang masih pilah-pilih harus bersikap sopan pada siapa. Kalau yang ternyata dijumpai adalah orang yang penting atau terkenal, orang baru bersikap sopan. Namun jika bertemu dengan orang yang penampilannya biasa saja atau mereka yang bekerja sebagai tukang bersih-bersih, malas rasanya jika harus bersikap sopan.

7. Tak Bisa Diandalkan

unreliable

Bayangkan ketika kalian mendapatkan tugas kelompok di kelas, dan teman sekelompok kalian ternyata malas dan tidak bisa diandalkan. Bagaimana perasaan kalian? Kesal bukan? Harapannya bisa bekerja sama dan cepat selesai, kerjaan menjadi berat karena harus diselesaikan sendiri. Ini gara-gara punya teman yang tak bisa diandalkan sama sekali.

Memang tidak seharusnya juga kita terlalu mengandalkan orang lain. Tapi, jika yang namanya sudah kerja kelompok atau bekerja dalam sebuah tim di kantor, sudah seharusnya saling bekerja sama menyelesaikan pekerjaan. Lebih baik dapat rekan kerja yang tidak mengerti apa-apa tapi masih rajin daripada yang benar-benar tidak bisa diandalkan seperti ini.

6. Tidak Jujur

dishonest

Sifat paling menyebalkan yang pasti semua orang punya, bohong atau tidak jujur. Biar bagaimana pun juga, dengan alasan apapun, berbohong adalah tindakan yang tidak bagus. Berbohong demi kebaikan orang katanya, itu adalah ungkapan yang menjadi alasan orang untuk berbohong. Padahal, kalau untuk kebaikan, janganlah berbohong. Katakan saja yang sebenarnya.

Tidak hanya yang masih kecil, yang sudah berumur pun pernah berbohong. Di saat orang sudah pernah berbohong sekali, dia akan melakukan kebohongan-kebohongan lain untuk menutupi kebohongan tersebut. Lebih baik berbicara jujur dan apa adanya daripada harus pusing-pusing memikirkan alasan untuk berbohong. Kenyataan memang pahit, tapi itu yang harus diterima.

5. Pesimis

Pessimism

Tak enak rasanya bila kita bertemu dengan orang yang hobinya mengeluh. Apa saja ia keluhkan, seperti tiada hari tanpa mengeluh. Apa kalian punya orang kebiasaanya mengeluh seperti ini? Bagaimana kalian bisa menemukan orang seperti ini? Jika sudah bertemu, apa kalian akan menghindar darinya atau tetap bersamanya?

Bertemu dengan orang yang selalu mengeluh dan pesimis dalam hidupnya, lama-kelamaan bisa menyedot habis energi yang kalian miliki. Bukan hal yang baik bila terus menerus menghabiskan waktu dengan orang seperti ini. Tidak ada gunanya mengeluh, yang harus dilakukan adalah mengubahnya. Tahu betapa jeleknya sifat ini, hati-hatilah kalian jangan sampai kalian tertular dengan sifat pesimis ini.

4. Merendahkan Orang

condescending

Setiap orang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Ada yang unggul di bidang itu, ada yang kurang di bidang lain dan sebagainya. Kalian sendiri juga pasti ada keunggulan di suatu bidang namun kurang di bidang lainnya bukan? Perbedaan ini harusnya menjadi alasan untuk saling menghargai kemampuan orang lain, bukannya merendahkan mereka.

Hanya karena kalian menganggap diri kalian unggul di suatu bidang, tidak menjadikan kalian menjadi superior atau orang lain menjadi lebih rendah dari kalian. Ingat, jika kondisi dibalik, ada situasi lain yang ternyata orang yang kamu rendahkan ternyata lebih unggul dari kamu dan kamu diperlakukan rendah, apakah kalian akan senang dengan itu? Jika kalian tidak ingin direndahkan, maka jangan merendahkan orang lain.

3. Emosional/Kasar

rudeness

Temperamental, kasar atau emosianal bisa merupakan sifat menyebalkan berikutnya yang tidak semua orang suka. Meski termasuk dalam sifat negatif yang bisa membuat orang kesal, nyatanya banyak orang yang memiliki sifat ini. Kalian yang pernah menghadapi orang-orang tipe ini, pastinya tahu betapa menyeramkan dan menyebalkan orang tersebut bila sedang emosinya naik.

Bukannya ingin menilai buruk, tapi perempuan cukup sering mengalami ini terutama ketika mereka sedang haid atau datang bulan. Ketidak seimbangan hormon dalam tubuh bisa menjadi pemicu timbulnya perubahan mood secara mendadak. Tapi setelah haid lewat, mood mereka bisa kembali normal. Agar tidak mempengaruhi kehidupan menjadi lebih buruk, sifat ini sebaiknya mulai dihilangkan.

2. Suka Mengatur

Domineering

Tidak semua orang suka hidupnya diatur. Kecuali kalau kamu bekerja di kantor dan diperintahkan oleh bos untuk melakukan suatu tugas, itu baru kalian akan mengerjakannya. Itu juga demi imbalan gaji yang akan diterima di tiap bulannya. Tapi jika terus-menerus diatur, tentunya bisa membuat orang jadi kesal.

Di dalam hidup kalian, pasti kalian pernah bertemu dengan orang-orang yang suka mengatur ini. Mereka berusaha mengambil kontrol hidup kalian dan menyuruh kalian untuk melakukan ini itu yang belum tentu kalian suka dan bermanfaat untuk diri kalian. Bagi kalian yang punya teman seperti ini, bersabarlah. Tapi jika kalian adalah orang yang suka mengatur, kurangilah sifat buruk ini.

1. Arogan

arrogant

Terlalu bangga akan diri sendiri, berpikir bahwa kalian itu lebih baik di segala hal dibanding orang lain, itulah yang dimaksud dengan arogan. Dan percayalah, orang yang arogan tidak memiliki banyak teman di sekitarnya. Jika kalian ingin dikelilingi oleh teman, sifat arogan ini harus dikurangi atau bahkan dihilangkan.

Sifat arogan atau sombong biasa muncul di saat seseorang berhasil mencapai kesuksesan, bisa membeli apa saja yang diinginkan, merasa paling tahu akan suatu hal daripada orang lain. Di zaman dulu, di masa orang digolongkan menjadi beberapa kasta. Mereka yang ada di kasta atas, menghina mereka yang berada di kasta bawah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh admin dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh raza dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh admin dalam Kepribadian
  1. 1
    oleh raza dalam Kepribadian
  2. 2
    oleh admin dalam Kepribadian
  3. 3
    oleh raza dalam Kepribadian
  4. 4
    oleh raza dalam Kepribadian
  5. 5
    oleh admin dalam Kepribadian
  6. 6
    oleh raza dalam Kepribadian
  7. 7
    oleh raza dalam Kepribadian
  8. 8
    oleh admin dalam Kepribadian
  9. 9
    oleh raza dalam Kepribadian
  10. 10
    oleh raza dalam Kepribadian
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas