home -> Top -> 10 Pahatan Patung Paling Terkenal Di Dunia
25 Juli 2014 02:18

10 Pahatan Patung Paling Terkenal Di Dunia

Oleh admin dalam Top pada June 22, 2013

Seni pemahatan patung telah ada selama berabad-abad yang lalu, patung mereka dibuat tidak hanya untuk suatu kejadian tertentu, tetapi juga untuk membuktikan keberadaan si seniman atau pemahat it sendiri. Di antara hasil-hasil para seniman ini, ada beberapa yang sangat dikenal banyak orang walaupun orang tersebut bukan penggemar seni. Berikut 10 pahatan patung paling dikenal di dunia.

Yang kita bicarakan di sini adalah mengenai pahatan patung tradisional yang berbentukkan manusia secara keseluruhan. Bukan seperti Moai, Sphinx dan sejenisnya.

10. Discobolus - Myron

discobolus

"The Discus Thrower" atau singkatnya dikenal dengan nama "Discobolous", merupakan sebuah pahatan patung yang dihasilkan pada tahun 460-450 sebelum masehi. Menggambarkan seseorang yang sedang ingin melempar cakram.

Walaupun pahatan ini cukup terkenal, pahatan ini pada dasarnya menggambarkan sebuah gaya yang sangatlah tidak alami bagi manusia, dan sampai sekarang-pun masih dipertimbagkan sebagai sebuah gaya yang sangat tidak efisien untuk melempar sebuah cakram. Beberapa orang mengatakan bahwa patung ini juga tidka memberikan emosi yang mendalam pada muka si pelempar.

9. Terracotta Army

terracotta army

"Terra Cotta Warriors and Horse" atau Terracotta Army adalah kumpulan pahatan tanah liat yang menggambarkan pasukan Qin Shi Huang, kaisar pertama Cina. Pahatan-pahatan ini ditemukan oleh petani lokal pada thaun 1974 di provinsi Shaanxi, Cina. Tujuan dari pahatan ini adalah digunakan untuk diletakkan di makam raja setelah ia meninggal.

Uniknya adalah patung-patung atau pahatan-pahatan ini benar-benar secara keseluruhan menggambarkan pasukan perang. Dengan ukuran yang berbeda-beda dan memiliki perannya sendiri. Jumlah dari pahatan patung yang ditemukan adalah 8.000 prajurit, 130 kereta perang, 520 kuda dan 150 pasukan berkuda. Penemuan ini akhirnya menjadi salah satu atraksi turis milik Cina yang paling berharga.

8. Manneken Pis

manneken pis

Merupakan pahatan patung dari perunggu yang diletakkan di persimpangan jalan Rue de l'Etuve dengan Rue des Chene, Brussel, Belgia. Hasil dari pemahat Brussel bernama Hieronimus Duguesnoy. Menggambarkan seorang anak kecil yang sedang buang air kecil ke kolam air mancur.

Yang diletakkan pada persimpangan di atas hanyalah replika karena figur ini sudah sering sekali dicuri dan telah muncul di berbagai tempat. aslinya disimpan di Maison du Roi, Brussel. Keunikan dari patung di persimpangan jalan di atas adalah sering dipakaikan berbagai macam baju.

7. The Kiss - Auguste Rodin

the kiss

Merupakan patung marmer buatan pemahat Prancis, Auguste Rodin. Pahatan ini menggambarkan salah satu kisah ternama pada zaman itu, yaitu syair Dante's Inferno. Menggambarkan seorang wanita bangsawan yang jatuh cinta dengan suaminya bernama Giovanni Malatesta. Singkat cerita, diceritakan bahwa pasangan itu pada akhirnya meninggal karena dibunuh.

Pada patung ini, akan terlihat bahwa bibir pasangan ini tidak menyentuh satu sama lainnya. Hal ini untuk menunjukkan bahwa mereka diganggu, dan bertemu dengan akhir mereka tanpa pernah merasakan bagaimana rasanya bibir si wanita bertemu dengan bibir si perempuan (ciuman).

6. Hermes with Dionysus - Praxiteles

the hermes

Pahatan ini dikenal dengan berbagai nama, seperti "Hermes and the infant (bayi) Dionysus", "Hermes of Parxiteles", "Hermes of Olympus". Merupakan sebuah pahatan Yunani Kuno dari figur Hermes dan bayi bernama Dionysus.Hermes sendiri adalah Dewa Yunani yang berperan sebagai utusan dan pembawa pesan dari Dewa-Dewa, sedangkan Dionysus merupakan Dewa panen anggur.

Ditemukan di reruntuhan Kuil Hera, Olympia dan dipercaya merupakan hasil kerja dari Praxiteles, seorang seniman ternama Athena pada tahun 400 sebelum Masehi. Walaupun sekarang patung ini dipandang sebagai salah satu mahakarya Praxiteles, dikatakan pada zaman itu pahatan patung ini bukan mahakarya Praxiteles, karena tidak ada replika lain dari patung ini. Padahal harusnya jika patung ini memang terkenal, maka setidaknya akan ada replika patung tersebut.

5. Moses - Michelangelo

the moses

Michelangelo Buonarroti benar-benar merupakan seorang seniman ternama, Anda akan dapat melihat berbagai pahatan patung lain yang dibuatnya di bawah. Oleh karena itu, Pope Julius II (Kepala Gereja Katolik tahun 1503), meminta Michelangelo untuk membuatkan makamnya. Pada akhirnya, Michelangelo berhasil menyelesaikan permintaan tersebut dan membuat beberapa patung dengan The Moses berada di atas. Di hasil akhirnya, Moses diletakkan di bawah dan diposisikan di tengah.

The Moses sendiri merupakan sebuah pahatan patung yang menggambarkan figur alkitab yang lebih kita kenal dengan nama Musa. Patung ini memiliki tanduk di kepalanya, hal ini disebabkan karena pada terjemahan Latin Alkitab saat itu, memang Musa digambarkan seperti itu.

4. Pieta - Michelangelo

the pieta

Dibuat oleh Michelangelo. The Pieta menggambarkan figur Virgin Mary merangkul anaknya, Tuhan Yesus. Jika Anda tidak begitu mengenal nama Virgin Mary, maka mungkin Anda mengenal nama Maria, Ibu Yesus di Alkitab.

Ada cerita unik yang menceritakan kisah Michelangelo. Sebelum ia memahat patung The Pieta ini, ia bukanlah seniman ternama. Ia hanya seorang pemuda berumur 20-an, yang kemudian pada tahun 1498 diminta membuat patung yang menggambarkan Maria merangkul anaknya. Dari satu pahatan ini, hanya dalam 2 tahun, nama Michelangelo dikenal dimana-mana dan telah menghasilkan salah satu pahatan paling indah yang pernah ada di sejarah.

3. The Thinker - Auguste Rodin

The Thinker

Di atas, Anda mungkin telah melihat nama Auguste Rodin sebagai seniman yang memahat patung The Kiss. Ya, di sini Auguste Rodin berhasil memahat sebuah patung mahakarya yang lebih terkenal dibandingkan patung sebelumnya, yakni The Thinker.

Merupakan sebuah patung yang pada awalnya ditujukan untuk menggambarkan seorang penyair bernama Dante pada syair (poem) Gates of Hell. Rodin menciptakan banyak patung yang setiap pahatannya menggambarkan karakter dalam syair tersebut. The Thinker ini ditujukan untuk menggambarkan Dante di depan Gates of Hell (Gates of Hell adalah salah satu karya pahatan Rodin juga dan merupakan judul syair Dante).

Tapi siapa yang sangka patung The Thinker ini malah menjadi mahakarya terkenal dan membesarkan nama Auguste Rodin, bukan pahatan akhirnya yang berjudul Gates of Hell.

2. David - Michelangelo

the david

David adala sebuah pahatan patung mahakarya (masterpiece) yang dihasilkan oleh seorang seniman Itali ternama, yakni Michelangelo. Diperkirakan dibuat di tahun 1501 sampai 1504. Menggambarkan seorang pria yang berdiri telanjang. Pria ini sendiri menggambarkan tokoh Alkitab yang bernama David, dimana di Indonesia lebih dikenal dengan nama Daud (Kisah Goliath dan Daud).

Begitu pahatan ini selesai, setiap orang di Florensia merayakannya dan pahatannya yang menyimbolkan kekuatan sangatlah dipuji. Pada awalnya patung ini diletakkan di lapangan umum yang terletak di luar Palazzo Della Signoria, hingga akhirnya dipindahkan ke Galeri Academia (Galleria dell'Academia) di Florensia. Patung replika-pun kemudian dibuat untuk ditempatkan di Palazzo Della Signoria

1. Venus de Milo

venus de milo

Pahatan patung tanpa lengan ini menggambarkan Dewi Venus. Dalam mitologi Roma, Venus adalah seorang Dewi Cinta dan Kecantikan. Dibuat di sekitar 100 sampai 130 tahun sebelum Masehi. Venus sendiri mungkin lebih kita kenal sebagai Dewi Aphrodite di mitologi Yunani. Sampai sekarang belum diketahui secara jelas siapa seniman yang memahatnya. Uniknya, patung ini ditemukan secara tidak sengaja di lahan pertanian.

Beberapa orang mempercayai jika lengannya ditemukan, maka lengannya akan memegang kaca di tangan yang satu dan perisai di tangan lainnya. Tapi tidak ada yang tahu kepastiannya sampai sekarang, mungkin misteri di balik lengan dan pemahatnya inilah yang membuat patung ini memiliki ketertarikannya sendiri. Anda dapat melihat patung ini di Museum Louvre, Paris.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas