home -> Lainnya -> 10 Tanaman Hias Yang Berbahaya Bagi Hewan Pelihara...
24 April 2019 09:50

10 Tanaman Hias Yang Berbahaya Bagi Hewan Peliharaan

Oleh reagan dalam Lainnya pada March 25, 2019

Memiliki taman sendiri dan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, bisa bersantai dengan peliharaan di taman rumah di akhir pekan, rasanya tidak ada hal menarik lain yang bisa menggantikannya. Tapi, ada hal yang perlu kalian perhatikan seputar hewan peliharaan dan tanaman hias. Hewan peliharaan terkadang memiliki sifat penasaran dan gemar menjelajah sekitar rumah, apalagi taman rumah kalian. Ada beberapa jenis tanaman hias yang ternyata bisa menjadi ancaman bagi hewan peliharaan kalian. Inilah yang perlu kalian awasi agar hewan peliharaan kalian tidak mengalami hal buruk.

10. Chrysanthemum

chrysanthemum

Warna bunga Chrysanthemum yang indah, menjadi alasan utama banyak orang memilihnya sebagai tanaman hias. Berasal dari bahasa Yunani yang berarti emas dan bunga, orang-orang biasa memanfaatkan bunga Chrysanthemum untuk dijadikan obat-obatan. Bunga ini bisa digunakan untuk mengatasi angina, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, demam, sakit kepala, pusing, dan bengkak.

Memilikinya di halaman rumah memang bagus, tapi kalau kalian memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, buatlah pagar pembatas agar binatang peliharaan kalian tidak bisa dekat dengan tanaman ini. Chrysanthemum mengandung zat pyrethrins yang biasa digunakan untuk pestisida dan kutu anjing. Pyrethrins ini bersifat racun terhadap kucing atau anjing juga.

9. Elephant Ear

Elephant Ear

Tidak sedikit orang yang menanam sejumlah tanaman di rumahnya. Ada yang ingin memperindah rumahnya, ada juga memikirkan faktor penyaring udara. Caladium atau yang nama lainnya adalah Elephant Ear, salah satu tanaman hias yang sering dipilih untuk menjadi penghias rumah. Hal yang wajar mengingat warna mereka yang beraneka ragam dan indah.

Indah bagi manusia, tidak bagi hewan. Hewan peliharaan yang tidak tahu apa-apa, bisa menganggap tanaman Elephant Ear sebagai tanaman biasa. Sampai akhirnya ada satu momen mereka menggigit daun tanaman itu. Apabila termakan oleh kucing atau anjing, akibatnya adalah masalah pencernaan, air liur menjadi berlebih, muntah, dan kesulitan menelan.

8. Dieffenbachia

dieffenbachia

Tidak sedikit orang yang mengihas sudut ruangan rumahnya dengan tanaman hias. Selain memang ada yang sebagai penghias, ada juga yang memang dimanfaatkan sebagai filter udara. Dan salah satu tanaman hias yang paling sering ditemukan di dalam rumah adalah Dieffenbachia, atau biasa disebut dengan dumb cane atau bunga bahagia.

Bunga bahagia bisa diletakkan di dalam maupun luar ruangan. Bentuk daunnya yang unik serta warna daunnya yang bervariasi, hijau dengan bercak hijau muda atau kuning. Bagi kalian yang memiliki tanaman ini dan hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, wajib hati-hati. Bunga bahagia mengandung racun berbahaya bagi hewan yakni asam oksalat. Racun ini bisa menyebabkan iritasi pada mulut, muntah, dan diare.

7. Oleander

oleander

Tidak semua tanaman hias bisa diletakkan di dalam rumah, ada juga yang harus diletakkan di pekarangan. Salah satu contohnya adalah tanaman oleander. Oleander atau Nerium oleander termasuk dalam kategori tanaman kecil atau belukar. Beracun memang, tapi tanaman satu ini diteliti memiliki peluang untuk melawan sel kanker.

Untuk manusia saja, tanaman ini dikenal sangat beracun. Semua bagian dari oleander beracun, dan kandungan racunnya antara lain adalah oleandrin dan neriine. Bisa mengakibatkan gagal jantung pada manusia. Tak hanya pada manusia, akibat yang sama juga bisa dirasakan pada hewan peliharaan bila sampai memakan salah satu bagian dari oleander.

6. Chinese Evergreens

Chinese Evergreens

Memelihara anjing atau kucing di rumah memang bisa menjadi obat stres. Melihat kelakuan lucu mereka, lari kesana kemari tidak jelas. Ketika hewan peliharaan kita sudah mulai melakukan tingkah aneh seperti menunjukkan rasa tidak nyaman, mulai mencakar-cakar wajah mereka sendiri, mulut berbusa, muntah, dan bengkak di sekitar wajah, mungkin itu karena mereka telah memakan sesuatu yang tidak seharusnya mereka makan. Mungkin saja itu karena mereka memakan daun tanaman Chinese Evergreen.

Ciri hewan yang telah memakan tanaman Chinese Evergreen memang demikian. Tanaman satu ini dikenal sangat beracun terhadap hewan. Mencakar wajah, mulut berbusa, muntah, dan bengkak di sekitar wajah yang membuat susah makan dan bernafas adalah akibat yang ditunjukkan setelah memakan daun Chinese Evergreens.

5. Jade

Jade

Ada banyak sebutan untuk tanaman hias satu ini. Umumnya adalah Jade, tapi ada nama lain yang juga mengacu pada tanaman yang sama seperti Jade Tree, Dwarf Rubber Plant, Chinese atau Japanese Rubber Plant, Friendship Tree, dan Baby Jade. Mau apapun kalian sebut namanya, terserah. Namun satu hal yang pasti, jangan biarkan binatang peliharaan kalian dekat dengan tanaman satu ini.

Berfungsi untuk memperindah rumah, tanaman bernama Jade ini ternyata memiliki fungsi yang berbeda untuk binatang. Jade bisa mendatangkan masalah kesehatan yang serius bagi binatang kesayangan kalian. Jenis racunnya memang tidak diketahui dengan pasti, tapi bila tanaman ini sampai termakan oleh kucing atau anjing, bisa menyebabkan muntah, kekacauan koordinasi, menurunnya detak jantung, dan depresi.

4. English Ivy

english ivy

Tumbuh dengan sangat cepat dan merambat, banyak ditemukan di wilayah Eropa dan juga Asia. Bukan tanpa alasan seseorang mau memelihara English Ivy di rumahnya. Tanaman satu ini ini sangat bagus untuk filter udara karena sifatnya yang bisa menyerap polusi. Bisa ditanam di tanah atau di pot, tergantung selesa orang.

Kalian memiliki tanaman English Ivy dan juga memelihara hewan di rumah? Sebaiknya kalian mulai mengawasi pergerakan hewan peliharaan kalian. Bermanfaat bagi hewan, tanaman English Ivy justru bisa membahayakan hewan peliharaan kesayangan kalian. Bila sampai termakan, bisa menyebabkan iritasi mulut, gangguan pencernaa, muntah-muntah, dan diare.

3. Lidah Buaya

lidah buaya

Tak ada tanaman lain yang lebih bagus dari aloe vera untuk merawat rambut. Aloe vera atau yang nama Indonesianya adalah lidah buaya, adalah tanaman hias yang sangat populer di masyarakat. Sering digunakan untuk menyembuhkan beberapa masalah penyakit, ternyata tanaman satu ini bisa memberikan masalah yang sangat serius pada hewan.

Bagian yang beracun dari tanaman lidah buaya adalah bagian kulit dan bagian dalam dari lidah buaya. Bagian ini mengandung zat yang bernama saponin, sangat berbahaya bagi kucing dan juga anjing. Jika sampai termakan oleh anjing atau kucing, mereka bisa mengalami yang namanya diare, muntah, dan tremor.

2. Lili

lilies

Tanaman sejuta manfaat, itulah lili. Tanaman lili sendiri ada banyak lagi jenisnya, dan semua memiliki manfaat yang banyak juga. Bukan cuma sebagai tanaman hias, tanaman dari jenis lili juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan herbal. Meski demikian, tak semua makhluk hidup bisa merasakan manfaat dari lili, binatang peliharaan kita contohnya.

Binatang peliharaan seperti kucing, tak bisa merasakan manfaat dari lili. Tanaman satu ini bisa mendatangkan masalah seperti gangguan ginjal bila sampai termakan. Beberapa organ dalam dari kucing bisa terkena dampak negatif dari lili. Jenis racun masih belum diketahui secara pasti, namun yang pasti, bila kalian memiliki tanaman lili, alangkah baiknya untuk mengawasi kucing kalian untuk tidak terlalu dekat dengan lili.

1. Azalea

Azalea

Memiliki banyak variasi warna seperti merah, kuning, putih, pink, dan ungu, Azalea banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk beberapa orang di rumah. Indah memangm Azalea atau Saliyah bisa tumbuh dengan bai di daerah yang teduh. Bagus dan bermanfaat bagi kita manusia, tapi tidak bagi hewan peliharaan.

Bagi kalian yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, lebih baik awasi mereka agar tidak terlalu dekat-dekat dengan tanaman Azalea. Tanaman yang dikenal dengan nama Rhododendron ini bisa membuat hewan peliharaan kalian meninggal. Azalea mengandung zat grayantoxin, sejenis racun yang bisa membuat malfungsi terhadap otot. Hewan yang tak sengaja memakan tanaman ini bisa mengalami muntah, diare, dan meninggal dunia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas