home -> Teknologi -> 10 Tips Berselancar Online Dengan Aman dan Nyaman
21 Oktober 2019 03:21

10 Tips Berselancar Online Dengan Aman dan Nyaman

Oleh serba_tahu dalam Teknologi pada March 15, 2019

Keberadaan hacker, scams, virus, malware, dan lain-lain membuat siapapun yang terhubung dengan internet menjadi was-was. Salah sedikit atau lengah, data penting di komputer kalian bisa dicuri dan dimanfaatkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Maka dari itu, perlu kewaspadaan ekstra ketika sedang berselancar di dunia maya. Beberapa tips berguna di bawah ini bisa membantu kalian untuk merasa lebih aman ketika sedang mengakses internet.

10. Tidak Membagikan Password Ke Orang Lain

password sharing

Yang namanya username dan password itu ada agar membuat akun kalian hanya bisa diakses oleh kalian saja. Makanya username dibuat seunik mungkin dan passwordnya dibuat sesulit mungkin tapi masih bisa kalian ingat. Hal ini bagus adanya untuk mengamankan informasi yang kalian miliki, di email atau sosial media contohnya.

Alangkah baiknya kalian tidak membagikan username dan password kalian kepada siapapun dengan alasan apapun. Bahkan meski itu suami, istri, anak, dan sahabat, kalian tidak boleh membagikannya. Ini untuk mencegah informasi penting kalian dimanfaatkan untuk hal yang buruk. Adapun bila kalian memiliki teman yang benar-benar baik, tidak menutup kemungkinan ada orang jahat yang akan memanfaatkan teman kalian untuk mencelakaan kalian.

9. Hati-Hati Dengan Wifi Gratis

free wifi

Sulit memang hidup tanpa koneksi internet. Dengan internet, kita bisa tetap terus update dengan berita terbaru. Kita pun bisa membagikan informasi tersebut ke orang sekitar, bisa juga chatting dengan pacar atau gebetan. Bayangkan ketika tidak ada internet, rasanya kita seperti jadi manusia goa yang kurang update berita.

Ada saatnya kita tidak ada koneksi internet, bisa karena jaringan di luar jangkauan atau paket internet habis. Solusinya adalah dengan mencari kafe terdekat yang menyediakan wifi gratis. Wifi gratis atau publik, memungkinkan hacker untuk bisa mengakses akun kalian. Perlu perhatian ekstra bila kalian menggunakan fasilitas wifi gratis agar akun kalian tetap aman. Apalagi kalian yang sering berbelanja online.

8. Gunakan Banyak Password

password

Facebook, email, website belanja online, dan masih banyak lagi lainnya yang sudah diamankan dengan menggunakan password. Ya, password adalah salah satu hal penting yang bisa mengamankan data atau informasi kalian yang ada di suatu website. Tapi, apakah kalian sudah pastikan kalian menggunakan password yang berbeda di setiap akun?

Lebih baik, atau malah kalian wajib menggunakan password yang berbeda di setiap akun kalian. Ini membuat akun kalian akan semakin aman dan sulit untuk dijahili oleh orang. Memang merepotkan bila harus membuat banyak password di akun yang berbeda. Tapi, lebih baik begitu daripada ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada akun kalian.

7. Tidak Memberikan Informasi Asli

private information

Ada bahaya menanti bila kalian tidak hati-hati dengan data pribadi kalian. Informasi penting kalian seperti alamat, nama lengkap, kode pos, negara, sampai nomor telepon adalah hal penting yang harus kalian jaga kerahasiaannya. Bila jatuh ke orang yang salah, orang tersebut bisa memanfaatkannya dan melakukan penipuan.

Ambil saja contoh sosial media seperti Facebook. Facebook adalah sosial media yang saat ini paling populer dan banyak penggunanya. Ada bagian dimana kalian bisa menaruh informasi kalian seperti negara, tempat tinggal, pendidikan, dan lain-lain. Ada baiknya bagi kalian untuk tidak mengisinya. Ataupun kalian bisa berikan informasi palsu. Sangat berbahaya bila kalian sampai membagikan hal private seperti itu di sosial media mengingat di internet, tidak semua orang baik, dan hal apa saja bisa dilakukan disana.

6. Belanja Di Website Yang Aman

online shopping

Zaman sudah semakin maju, ingin apa saja bisa dilakukan dari rumah. Mau barang ini, tinggal pesan dari handphone atau komputer. Belanja online memang seru, menarik, dan lagi tidak perlu susah ke luar rumah, tapi, belanja online juga tidak bisa sembarangan. Jangan sampai kalian ditipu oleh orang dan kehilangan sejumlah uang.

Tips untuk kalian yang sering berbelanja online, jangan lupa sertakan "s" ketika menggetikkan "http" jadi "https". Pastikan juga ada ikon gembok/kunci di tab URL. Ini menandakan bawah website yang kalian kunjungi adalah website yang aman dan sudah dienkripsi untuk memproteksi data penting kalian. Jadi, kecil kemungkinan orang jahat bisa memanfaatkan data kalian.

5. Tidak Membuka Sembarangan Link

suspicious link

Jadilah pengguna komputer dan gadget yang pintar. Dunia internet adalah dunia yang sangat luas, tidak hanya hal positif, tapi hal negatif juga ada di internet. Tergantung dari pilihan kita mau mengakses yang mana. Tak mau komputer dan gadget kalian mengalami masalah, maka pilih-pilihlah website yang ingin dikunjungi.

Zaman sekarang, banyak website mencurigakan yang bisa membawa hal buruk pada komputer dan gadget yang kita miliki. Apalagi mereka yang tidak menyiapkan pelindung seperti firewall atau anti virus, siap-siaplah kalian terserang virus atau dihack oleh hacker. Usahakan untuk tidak sembarangan masuk ke dalam website yang mencurigakan dan tidak mengklik iklan pop up yang bertuliskan kalian menang sesuatu atau konten pornografi.

4. Selalu Update Aplikasi

updating

Jangan hanya asal pakai komputer saja, tapi kalian juga harus memperhatikan semua hal yang ada di dalam komputer tersebut. Misalnya adalah kapan harus update aplikasi. Banyak di antara kita yang menganggap, bahwa update software atau aplikasi itu merepotkan, makan waktu, dan kuuota internet, padahal ini adalah salah satu agar kalian juga merasa aman di saat berinternet ria.

Semua aplikasi yang ada baik itu di komputer atau di gadget apapun, harus kalian update dengan versi yang terbaru. Versi terbaru menghadirkan beberapa fitur baru, perbaikan error, dan peningkatan keamanan. Windows dan aplikasi antivirus adalah 2 hal yang harus kalian pastika selalu update dengan yang terbaru.

3. Firewall

firewall

Kalian tidak boleh merasa sudah aman meski ada pemberitahuan bahwa jaringan komputer kalian sudah aman. Kalian musti tetap waspada akan ancaman dari luar. Maka dari itu, kalian tetap perlu menyalakan firewall di komputer atau gadget kalian. Firewall bisa membuat aktivitas kalian di dunia maya menjadi lebih aman dan nyaman.

Firewall merupakan benteng elektronik yang bisa memblok akses tak dikenal dari luar yang ingin mengakses komputer atau gadget kalian. Semua alat elektronik yang terhubung dengan komputer kalian pun bisa terproteksi dengan firewall ini. Bila kalian mengnonaktifkan firewall, sama saja dengan memberikan ucapan selamat datang pada hacker untuk mengakses data penting yang kalian miliki.

2. Antivirus

antivirus

Antivirus, proteksi lain yang perlu ada di barang seperti komputer, laptop, dan gadget kalian setelah firewalll. Antivirus bisa memproteksi gadget kalian dari ancaman virus, malware, scam, dan hal berbahaya lainnya yang ada di internet. Bahkan bisa membuat kalian terproteksi dari ancaman hacker berbahaya.

Beberapa antivirus terbaik selalu tersedia di internet, kalian bebas memilih mana yang dirasa aman dan mudah untuk digunakan. Selain itu, penting juga bagi kalian untuk selalu mengupdate antivirus kalian dengan update terbaru untuk mencegah virus masuk. Lakukan cek rutin di keseluruhan komputer untuk memastikan tidak ada virus yang bersembunyi.

1. Gunakan Password Yang Sulit

unique password

Email, sosial media, website belanja online, dan masih banyak lagi yang membutuhkan akun. Ketika membuat akun, pastinya kalian akan disuruh untuk membuat password. Tanpa password dan username, kalian tidak akan bisa membuat akun email, sosial media, atau lainnya. Di bagian password, usahakan kalian menggunakan password yang kompleks.

Password yang kompleks membuat tingkat keamanan akun kalian akan semakin bertambah. Password kompleks adalah kombinasi huruf, angka, serta kapital. Ini membuat kemungkinan akun kalian akan semakin sulit untuk diretas. Bahkan seorang hacker pun akan butuh usaha ekstra untuk menjebol akun kalian bila kalian menggunakan password yang sulit ditebak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh raza dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas