home -> Lifestyle -> 10 Cara Merawat Sepatu Sneakers Agar Terlihat Sepe...
24 Oktober 2019 08:50

10 Cara Merawat Sepatu Sneakers Agar Terlihat Seperti Baru

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 13, 2019

Sudah ada sejak tahun 1800an, kini sepatu sneakers telah menjadi salah satu jenis sepatu yang paling populer di kalangan remaja. Tersedia dengan berbagai model, warna, serta harga, sepatu sneakers benar-benar multifungsi. Sneakers cocok dipadukan dengan gaya pakaian apapun dan dipakai dalam acara formal dan informal. Mengerti tentang betapa pentingnya sepatu sneakers ini, kalian tidak mau dong sepatu sneakers kalian terlihat kusam, beraroma tak sedap, dan tak terawat. Perlu perawatan khusus untuk menjaga bentuk sepatu sneakers agar tetap seperti baru.

10. Jangan Gunakan Mesin Cuci

washing machine

Tidak semua pakaian bisa dicuci menggunakan mesin cuci, begitu juga dengan sneakers. Ya, meski banyak orang yang mengatakan bahwa sneakers itu aman-aman saja dicuci menggunakan mesin cuci, lebih baik kita cari aman saja. Ternyata, membersihkan sepatu sneakers juga PR besar, salah merawatnya bisa merusak penampilannya.

Bagi kalian yang mungkin bingung kenapa sneakers sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci, ada kemungkinan kulit atau kanvas sneakers kalian akan menjadi rusak. Nantinya akan ada bagian jahitan yang menjuntai keluar. Jadi, lebih baik bersihkan secara manual yakni menyikatnya perlahan-lahan menggunakan sikat kecil.

9. Hindari Sinar Matahari Langsung

sunlight

Sinar matahari memang bagus, untuk membantu mengeringkan sepatu. Tapi, langsung menjemur sepatu sneakers kalian langsung di bawah sinar matahari yang terik justu berbahaya. Memang bisa membuat sepatu cepat kering, tapi efek sampingnya adalah, sinar matahari terik bisa membuat warna sepatu menjadi pudar.

Oleh para pengguna sneakers, disarankan untuk tidak menjemur sepatu sneakers di bawah sinar matahari secara langsung. Dikarenakan suhu panas sinar matahari itu sulit untuk diukur. Amannya adalah, gunakan hairdryer atau alat pengering rambut. Atau, kalian juga bisa menggunakan bantuan kipas angin.

8. Lepas Tali Sepatu

shoelace

Satu hal penting yang perlu kalian lakukan agar sepatu tercinta kalian awet adalah, melepas tali sepatu. Jangan ragu-ragu, kalau perlu, lepas semua tali sepatunya. Ini penting dilakukan, apalagi jika sepatu kalian sudah menempuh jarak yang cukup jauh. Guna melepas tali sepatu adalah supaya ada udara segar yang masuk ke dalam.

Hal simpel tapi tidak banyak orang yang tahu bukan? Dengan melepas tali sepatu, maka lubang di sepatu akan terbuka lebih besar dan banyak. Udara segar dari luar bisa masuk ke dalam sepatu, membuat udara panas dalam sepatu menjadi keluar. Ini pun bisa berguna untuk membuang aroma tak sedap dari dalam sepatu.

7. Masukkan Teh Hijau/Teh Hitam Ke Dalam Sepatu

blacktea

Banyak orang, mungkin termasuk kalian juga yang aktif mengkonsumsi teh, terutama teh hitam. Teh hitam biasa dikonsumsi oleh banyak orang pada saat pagi atau sore, memiliki sejumlah manfaat seperti menurunkan tekanan darah, mencegah batu ginjal, melawan diabetes, dan menurunkan resiko kanker.

Itu manfaat untuk kesehatan tubuh, kalau untuk sepatu, teh hitam bisa membantu membunuh bakteri jahat yang menjadi penyebab bau sepatu dan kaki. Caranya, panaskan teh hitam selama 2 sampai 3 menit. Angkat teh hitam, biarkan dingin. Letakkan teh hitam ke dalam sepatu kurang lebih 1 jam. Setelah itu, angkat teh hitam, dan bersihkan sisa-sisa kotoran dari teh hitam yang tersisa di dalam sepatu.

6. Ganti Sneakers Secara Berkala

choosing sneakers

Meski kalian sangat menyukai sepatu sneakers kalian, bukan berarti kalian bisa memakai sepatu kalian secara terus menerus atau setiap hari. Selain bisa menyebabkan kaki kalian bau karena tidak sempat mencuci sepatu, kebiasaan ini juga bisa membuat sepatu kesayangan kalian menjadi rusak. Kalian tidak mau hal itu terjadi kan?

Untuk mengatasinya, penting bagi kalian untuk merotasi sepatu kalian. Kalau perlu, kalian buat saja jadwal hari apa pakai sepatu yang mana. Ini sangat bagus karena membuat sepatu kalian bisa beristirahat dan kering sebelum kalian bisa memakainya lagi. Ini juga bisa membuat umur sepatu kalian makin panjang.

5. Keringkan Sampai Benar-Benar Kering

dry shoe

Setelah selesai dicuci, bukan berarti masalah kalian selesai. Sepatu yang sudah dicuci bersih, tidak bisa kalian simpan atau langsung pakai. Jika kalian ingin sepatu sneakers kesayangan kalian awet dan ingin terlihat seperti baru, maka setelah selesai dicuci, sepatu harus dikeringkan dulu sampai benar-benar kering.

Jadi, merawat sepatu itu mirip dengan pakaian. Hanya saja yang perlu kalian perhatikan adalah dimana tempat yang sesuai untuk mengeringkan sepatu. Karena jika dijemur di bawah terik matahari, itu bisa merusak warna dari sepatu tersebut. Lebih baik simpan di area panas yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

4. Simpan Di Ruangan Terbuka

simpan

Tidak bisa sembarangan, sepatu sneakers yang sudah dicuci bersih atau yang belum pernah dipakai, harus diletakkan di tempat yang sesuai. Diusahakan tempat tersebut adalah tempat yang lumayan terbuka, dimana udara bisa mengalir dengan mulus. Ini bisa membuat sepatu kalian bisa tetap nyaman ketika digunakan.

Apa hanya cukup sampai disana? Tentu tidak. Meski sudah disimpan di tempat yang sekiranya aman, masih ada ancaman dari serangga menyebalkan seperti ngengat, rayap, semut atau serangga lainnya. Untuk mengatasi gangguan serangga tersebut, kalian bisa menggunakan beberapa bahan yang bisa mengusir serangga. Contohnya seperti kapur barus, cedar block, dan bahan pengusir serangga lainnya.

3. Cuci Setelah Dipakai

cuci

Setelah seharian mengenakan sneakers, sepatu kalian tersebut sebaiknya langsung kalian cuci bersih. Ini dilakukan agar sepatu kalian lebih tahan lama. Apabila kalian hanya langsung menaruhnya kembali ke kotak atau rak, bakteri akan tetap menempel pada sepatiu. Bakteri ini tidak hanya membuat sepatu kalian bau, tapi kaki juga.

Bersihkan seluruh bagian sepatu, bila ada noda dan lecet, segera bersihkan. Membersihkan noda yang menempel pada sepatu bisa menggunakan kain basah atau disikat menggunakan pasta gigi. Selain bisa menghilangkan noda, pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas baret pada sepatiu. Jika baretnya sudah parah, satu-satunya cara adalah dengan membawanya ke jasa cuci sepatu. Berharap mereka bisa membuat baretnya menghilang.

2. Baking Soda

baking soda

Baking soda, bahan satu ini memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan manusia. Dan salah satu manfaatnya adalah bisa membuat sepatu kalian menjadi bersih dan harum. Segala jenis sepatu bisa dituang dengan baking soda. Mau itu sneakers, sepatu lari, sepatu futsal, basket, dan lain-lainnya. Cukup gunakan sesendok atau dua sendok baking soda, bau apek langsung pergi.

Cara menggunakannya, ambil ember, isi air, lalu ambil baking soda sebanyak satu sendok dan tuangkan ke dalam ember. Dengan menggunakan sikat, sikat semua bagian sepatu kalian, termasuk tali sepatunya. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Keringkan di tempat yang terkena cukup sinar matahari. Jangan terkena langsung karena ditakutkan sinar matahari yang terik bisa merusak warna dari sepatu.

1. Water Repellent Spray

Water Repellent Spray

Cuaca hujan menjadi musuh utama bagi para pengguna sneakers. Air hujan yang kotor, bila terkena sepatu, bisa meninggalkan bercak kotor. Bercak kotor ini bila dibiarkan, bisa membuat sepatu menjadi kusam. Bahkan, bila sudah dibersihkan pun, akan ada kemungkinan bercak kotor itu masih menempel di sepatu.

Untuk mencegah hal buruk tersebut, sepatu sneakers kalian perlu mendapat perawatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk water repellent spray atau spray anti air. Ini perlu kalian lakukan setiap kali ingin beraktivitas. Mengingat kita tak bisa menebak cuaca esok cerah atau hujan, lebih baik lakukan pencegahan daripada sneakers kesayangan menjadi kusam.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas