home -> Lifestyle -> 10 Cara Menghilangkan Bau Kaki
24 Oktober 2019 09:17

10 Cara Menghilangkan Bau Kaki

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 11, 2019

Bukan cuma bau badan saja yang bisa membuat rasa percaya diri menjadi turun, tapi bau kaki juga bisa. Bayangkan saja ketika kalian membuka sepatu dan kaos kaki kalian, aroma kaki yang tak sedap langsung menyebar ke sekitar dan membuat orang-orang menutup hidung sembari mengomentari, "Bau kaki siapa ini?" Untuk menghilangkan bau kaki, ada sejumlah cara simpel yang bisa kalian lakukan. Berikut ini cara simpel yang bisa kalian lakukan.

10. Alkohol

alkohol

Alkohol, selain bisa digunakan untuk mencegah agar luka tidak infeksi, memiliki manfaat lain yaitu membantu menghilangkan bau kaki. Untuk melakukannya, tentu kalian harus mencari tahu dulu di internet atau tanya apoteker yang menjualnya. Maka dari itu, TahuPedia akan beritahu bagaimana cara mengaplikasikan alkohol pada kaki.

Selain alkohol, kalian mungkin perlu juga kapas tipis. Caranya adalah dengan teteskan alkohol ke kapas, lalu oleskan kapas tersebut ke seluruh bagian kaki. Lakukan ini sebelum mengenakan kaos kaki dan sepatu. Alkohol bisa membantu menutup pori-pori kaki dan mengurangi jumlah keringat di saat menggunakan sepatu.

9. SImpan Sepatu Di Tempat Yang Kering

shoes

Memiliki sepatu yang banyak memang menyenangkan dan ada kepuasan sendiri bisa memilikinya. Tapi, akan menjadi PR apabila kalian tidak bisa merawat dan menyimpannya dengan benar. Sepatu tetap harus dirawat dan disimpan agar tetap awet dan tentunya agar tidak menimbulkan bau yang apabila kita pakai nanti, baunya bisa berpindah ke kaki.

Kalian perlu menyimpan sepatu di tempat yang kering dan jauh dari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari apabila terus menyinari sepatu, bisa menyebabkan warna sepatu menjadi rusak. Simpan di tempat yang kering agar tidak menjadi sarang bakteri. Sebelum disimpan, ada baiknya kalian mencuci sepatu yang sudah kalian pakai.

8. Gunakan Desinfektan Sepatu

disinfectant shoe

Memiliki masalah dengan kaki yang bau? Jika iya, maka jangan dibiarkan, harus segera kalian bereskan masalah itu. Coba cari darimana sumber masalahnya, mungkin saja dari sepatu. Untuk menghilangkan bau tak sedap yang berasal dari sepatu, kalian bisa menggunakan yang namanya desinfektan.

Desinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah tumbuhnya mikroorganisma atau bakteri yang menjadi penyebab bau. Kalian bila membiarkan sepatu kalian ditumbuhi bakteri dan bau, mungkin awalnya kaki kalian tidak bau, tapi karena sepatu yang kalian gunakan itu bau, lama-lama kaki kalian juga akan menjadi bau. Gunakan desinfektan untuk membunuh bakteri yang ada di dalam sepatu sehingga kaki kalian terhindar dari bau kaki.

7. Jangan Pakai Sepatu Yang Masih Basah

wet shoe

Dua hal yang bisa menyebabkan kaki menjadi bau adalah basah dan bakteri. Sepatu yang basah mengundang bakteri. Ketika dua hal tersebut bergabung, bukan hal yang tidak mungkin apabila kaki kalian menjadi bau. Maka dari itu, selalu pastikan sepatu kalian selalu dalam kondisi kering agar aroma kaki kalian tidak berubah.

Biasanya, sepatu yang sudah dicuci tapi belum kering atau yang basah setelah hujan, tidak kalian keringkan terlebih dahulu. Sepatu yang basah ini tetap kalian paksa gunakan dengan alasan tidak ada sepatu lain. Kebiasaan buruk ini harus dihentikan apabila kalian tidak mau kaki kalian lembap dan bercampur dengan bakteri penyebab bau kaki.

6. Cuci Sepatu dan Keringkan

washing shoe

Penyebab kaki bau bisa jadi dari sepatu yang kotor, yang tidak pernah kalian bersihkan. Baju yang dipakai terus menerus, tidak pernah dicuci, pasti akan bau. Sepatu, sama seperti baju yang kita pakai, perlu yang namanya dicuci. Setelah beberapa dipakai berhari-hari menghadapi teriknya matahari, debu, dan hujan, sepatu harus dicuci agar aromanya tetap segar.

Lebih baik mencuci sepatu kesayangan kalian dengan manual. Meski ada beberapa sepatu yang bisa dicuci menggunakan mesin cuci, lebih aman mencuci dengan manual saja. Cuci bisa gunakan sabun deterjen dan sikat bagian mana saja yang mungkin untuk disikat. Setelah itu, jangan lupa keringkan sepatu sampai benar-benar kering, baru kalian pakai.

5. Teh Hitam

blacktea bag

Untuk bisa menghilangkan bau kaki, kalian perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Salah satu cara tersebut bisa dengan menggunakan teh hitam. Bukan diminum, melainkan merendam kaki dengan teh hitam. Sifat asam dari teh hitam ini bagus untuk melawan bakteri penyebab bau kaki.

Gunakan 2 kantung teh hitam dan tuang ke sebuah ember. Isi ember dengan air panas dan rendam kaki kalian. Sesekali usap kaki kalian, bagian sela-sela jari kaki juga jangan sampai luput dari perhatian. Lakukan setiap hari dalam waktu satu minggu dan dengan durasi 15-20 menit. Selain bisa membunuh bakteri, teh hitam juga bisa menutup pori-pori kaki kalian agar tidak mengeluarkan keringat berlebih.

4. Gunakan Kaos Kaki

socks

Hayooo, siapa di antara kalian yang sering menggunakan sepatu tanpa kaos kaki? Mengenakan kaos kaki, sepele, tapi memberikan efek yang luar biasa bagi kaki di saat menggunakan sepatu. Karena sepele inilah, banyak orang yang menganggap remeh dan malas menggunakan kaos kaki. Padahal, jika mau kaki aman, kaos kaki tidak boleh dilupakan.

Kaos kaki bisa menjadi penyelamat kalian agar kaki tidak menjadi bau. Kaos kaki yang digunakan tentunya harus yang bersih, kering, dan wangi. Kaos kaki yang terbuat dari bahan wool adalah pilihan yang bagus. Wool memiliki kerapatan yang cukup agar masih ada sirkulasi pada kaki. Dan tidak lupa juga untuk sering mencuci kaos kaki agar tidak menjadi penyebab kaki kalian jadi bau.

3. Ganti Sepatu dan Kaos Kaki Secara Berkala

choosing shoe

Kalimat, "Yang nyaman memang membuat betah", kalian pasti tahu itu bukan? Memang, orang yang membuat nyaman itu bisa memunculkan rasa betah. Bukan cuma orang, tapi barang kesukaan yang nyaman, juga bisa membuat betah. Ambil saja sepatu dan kaos kaki, apabila kalian sudah suka dan nyaman terhadap satu kaos kaki dan sepatu, kalian pasti ingin memakainya tiap hari bukan?

Memakai kaos kaki dan sepatu yang sama tiap hari memang menyenangkan, tapi juga berbahaya karena bisa menyebabkan bau kaki. Kalau dipakai terus menerus, kapan waktunya kalian akan mencuci kaos kaki dan sepatu kalian? Sepatu dan kaos kaki perlu dicuci secara berkala agar bakteri dan debu bisa lepas. Tidak mau dong kalian memiliki kaki yang bau hanya karena malas mencuci sepatu dan kaos kaki?

2. Deodoran Kaki

foot deodorant

Bukan cuma ketiak saja bagian tubuh yang memiliki masalah dengan bau dan butuh deodoran, tapi kaki juga. Ketiak, seperti yang kita semua tahu, kalau mengalami keringat berlebih, maka akan timbul bau tak sedap. Cara untuk mengontrol keringat berlebih dan bau pada ketiak adalah dengan menggunakan deodoran. Kaki juga demikian, ada deodoran untuk kaki.

Ini mungkin masih terlihat baru, deodoran kaki. Banyak orang berpikir bahwa deodoran kaki itu tidak ada, sebenarnya ada. Kalian hanya perlu rajin mencarinya di supermarket atau di internet. Teknologi sudah maju, sudah banyak toko-toko online yang bisa kalian buka lewat smartphone. Kalian ketik saja deodoran kaki, maka kalian bisa menemukan sejumlah merk deodoran kaki dengan harga yang bervariasi. Cara menggunakannya dengan menyemprotkannya ke kaki yang bau sebelum menggunakan sepatu.

1. Cuci Kaki Setiap Hari

washing foot

Ketika orang-orang sudah mengatakan bahwa kaki kita itu bau, itu tandanya sudah saatnya kita melakukan sesuatu. Bau kaki yang menyengat jangan dibiarkan terus-terusan, selain bisa menganggu orang di sekitar, kita juga bisa dijauhi karena bau kaki. Tentu saja ada cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat bau di kaki jadi hilang.

Cara yang dimaksud adalah mencuci kaki. Mencuci kaki secara rutin adalah kunci dari pertanyaan bagaimana cara menghilangkan bau kaki. Kaki yang bau tidak akan bisa hilang begitu saja apabila kita tidak mencucinya. Mencucinya bisa menggunakan sabun mandi atau sabun anti bakteri. Kaki yang bau biasanya disebabkan dengan adanya kotoran yang menempel, keringat, dan bakteri.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas