home -> Lainnya -> 10 Peradaban Manusia Yang Hilang Tanpa Jejak
24 April 2019 13:24

10 Peradaban Manusia Yang Hilang Tanpa Jejak

Oleh reagan dalam Lainnya pada January 29, 2019

Orang hilang, pesawat hilang, kapal hilang, berita tentang kehilangan tersebut sudah bukan hal baru lagi karena setiap saat pasti ada saja berita tentang kehilangan. Namun, yang lebih memusingkan dan menarik dipecahkan adalah hilangnya sejumlah peradaban manusia jaman dulu. Berbicara soal peradaban manusia, yang termasuk di dalamnya bukan hanya orang-orangnya saja, melainkan kebudayaan, bangunan, dan semua barang peninggalan mereka juga hilang tanpa jejak, membuat para arkeolog dan peneliti kebingungan mempelajari mereka. TahuPedia merangkum 10 peradaban manusia jaman dulu yang hilang secara misterius.

10. Catalhöyük

catalhöyük

Bangsa Catalhöyük termasuk dalam peradaban jaman Neolitikum yang sangat, sangat tua. Seperti yang termasuk dalam bangsa jaman Neolitikum lainnya yang juga menghilang begitu saja tanpa jejak. Untuk Bangsa Catalhöyük sendiri, mereka diperkirakan hidup di era modern Turki dari 7500 sampai 5700 Sebelum Masehi, tinggal di rumah yang telah terbuat dari bata yang dibuat dari lumpur.

Para peneliti sampai ini masih mencoba menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai Bangsa Catalhöyük, namun hasilnya masih nihil. Tak ada yang tahu apa yang terjadi pada mereka, kenapa mereka bisa punah. Bangsa Catalhöyük hilang dengan meninggalkan bangunan artisik nan unik dengan segudang misteri dibaliknya. Tak ada referansi lain yang bisa membantu peneliti untuk mencari tahu hal tentang Bangsa Catalhöyük.

9. Mycenaean

Mycenaean

Bisa dikatakan, Peradaban Mycenaean ini, sedikit banyak mendapatkan pengaruh dari Peradaban Minoan yang ada sekitar 3000 sampai 1000 Sebelum Masehi Di Yunani. Yang awalnya terpisah-pisah, orang-orang tersebut akhirnya berkumpul menjadi satu sekitar tahun 1600 Sebelum Masehi. Mereka tumbuh dan berkembang di Selatan Yunani.

Setiap peradaban pasti memiliki keunggulan, Mycenaean punya itu. Ada 2 hal yang menjadi keunggulan dari Mycenaean yaitu, mereka jago dalam hal berdagang dan memiliki angkatan laut yang kuat. Lalu, kenapa mereka bisa sampai punah? Ada 3 hal, pertama adalah kerusuhan sosial, kedua karena gempa bumi, dan ketiga karena invasi dari orang-orang Utara.

8. Nabta Playa

nabta playa

Masih termasuk dalam peradaban yang ada di jaman Neolitikum, hidup di era modern Mesir, dan  menetap di daerah Selatan Mesir. Kebanyakan dari mereka bersifat nomadik atau hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Iklim Nabta Playa yang berganti-ganti dari panas ke kering, dari yang ada air sampai tidak ada, menjadi alasan kenapa Bangsa Nabta Playa berpindah.

Perubahan iklim yang terjadi saat ini membuat area yang menjadi tempat tinggal Bangsa Nabta Playa menjadi kering total. Dari segala hal buruk yang terjadi, pasti ada nilai positifnya, seperti yang terjadi pada Nabta Playa, meski areanya telah tertutup pasir, barang peninggalannya tidak, contohnya sekumpulan batu yang posisinya melingkar membentuk sebuah lingkaran. Lingkaran tersebut sejajar dengan bintang-bintang dan menjadi tempat persembahan bagi para dewa. Hal ini terbukti dengan ditemukannya sisa-sisa bangkai hewan di goa bawah tanah.

7. Anasazi

anasazi

Hilangnya Peradaban Anasazi sangat disayangkan oleh banyak orang. Peradaban Anasazi merupakan peradaban yang ada di Amerika Utara sebelah Barat Daya. Setelah Bangsa Anasazi menghilang dari Bumi, mereka meningggalkan begitu banyak struktur bangunan raksasa dan artifak, barang bukti yang membuat para peneliti berani mengatakan bahwa Bangsa Anasazi ini benar-benar ada dan hidup di Amerika Utara.

Meski para peneliti bisa menjelaskan bagian besar dari Peradaban Anasazi, tidak ada satupun yang berhasil menemukan alasan kenapa peradaban ini bisa menghilang. Alasan iklim yang keras di Amerika Utara dijadikan penyebab kenapa Peradaban Anasazi punah. Padahal, dengan segala ilmu pengetahuan yang Bangsa Anasazi miliki, mereka dapat dengan mudah mengalahkan bangsa lain yang ingin menjajah mereka.

6. Khmer

khmer

Di benua Asia, ada sebuah kerajaan yang besar yang begitu terkenal, kerajaan tersebut adalah Kerajaan Khmer. Berkuasa dari 802 sampai 1431 Setelah Masehi Di Asia Tenggara. Mereka begitu besar dan terus memperluas kekuasaannya. Negara Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam sekarang, dulunya adalah wilayah kekuasaan Kerajaan Khmer.

Begitu besar, maju, dan kuatnya Kerajaan Khmer, seperti bangsa-bangsa lain yang ada dalam daftar ini, populasi mereka terus berkurang sampai akhirnya habis tak berbekas. Beberapa ahli beranggapan bahwa migrasi dari orang Thailand perlahan-lahan membuat Bangsa Khmer berkurang. Pendapat lain mengatakan bahwa perang adalah penyebab berkurang dan hilangnya Bangsa Khmer. Dan terakhir adalah permasalahan iklim yang disalahkan. Pastinya? Tak ada penyebab yang benar-benar asli.

5. Minoan

minoan

Bangsa Minoan berasal dari sebuah pulau di Yunani, Crete. Jaman Perunggu diperkirakan sebagai jaman dimana Bangsa Minoan hidup, kira-kira antara tahun 3000 dan 1000 Sebelum Masehi. Saat itu masih belum masuk ke jaman keemasan dari Athena dan Kekaisaran Alexander. Orang Minoan menjadi akar budaya Yunani dan pelopor Yunani kuno yang sering muncul di beberapa buku sejarah yang membahas tentang Yunani saat ini.

Orang-orang Minoan termasuk orang yang menganut kepercayaan Pagan. Bangsa Mesir kuno menyebut Bangsa Minoan dalam hieroglif, yang tandanya Bangsa Minoan benar-benar ada di jaman dulu. Kalau berbicara soal teknologi, teknologi yang dikembangkan oleh Bangsa Minoan, termasuk dalam kategori canggih dan mengesankan. Namun, mereka tahu-tahu menghilang begitu saja. Teori yang berkembang adalah, Bangsa Minoan hilang dikarenakan erupsi gunung berapi di Santorini, pulau dekat Crete.

4. Nabatean

Nabatean

Orang Semites adalah orang-orang yang masih merupakan bagian dari satu bahasa kuno jaman dulu yang di dalamnya termasuk juga Arab, Akkadian, Hebrewm dan masih banyak lagi yang diperkirakan tergabung dalam yang namanya Orang Nabatean. Orang Nabatean ini diperkirakan telah ada setidaknya sejak 312 BC atao Sebelum Masehi.

Kenapa bisa diperkirakan tahun mereka ada? Itu karena pada masa itu, terdapat pernyataan bahwa mereka, Orang Nabatean, diserang oleh Orang Makedonia. Orang Nabatean termasuk dalam peradaban kuno yang hampir terlupakan, tersebar di beberapa wilayah seperti Syria, Arab, dan Palestina. Jelang akhir sejarah mereka, Bangsa Nabatean bersekutu erat dengan Kerajaan Romawi, meski Kaisar Trajan melakukan aneksasi pada Bangsa Nabatean dari 105 sampai 106 Setelah Masehi. Setelah era itu, tak terdengar lagi info mengenai Bangsa Nabatean. Meninggalkan teknologi yang terbilang canggih pada masa itu, pengairan yang bisa membantu bertahan hidup dari iklim di Arab. budaya, dan lain-lain.

3. Olmec

Olmecs

Bangsa Olmec merupakan bangsa pertama Mesoamerika. Bangsa ini memiliki kebudayaan yang sangat kaya namun aneh. Beberapa peninggalan mereka yang bisa dilihat dengan jelas adalah bangunan dan patung raksasa yang terlihat seperti pada gambar. Ya, itu adalah peninggalan Peradaban Olmec. Mereka ada dari tahun 1200 sampai 400 Sebelum Masehi.

Hilangnya mereka dari dunia, berakibat pada hilangnya pula budaya dan juga bahasa yang mereka gunakan. Tak ada petunjuk mengenai mereka sama sekali, bahkan nama Olmec sendiri adalah sebutan yang diberikan oleh Suku Aztek untuk mereka, berabad-abad setelah hilangnya Olmec. Hilangnya Bangsa Olmec kira-kira 400 Sebelum Masehi. Beberapa orang berpendapat bahwa iklim Mesoamerika yang lembab dan gila menjadi penyebab hilangnya Bangsa Olmec.

2. Maya

Maya

Berasa kurang apabila tak memasukkan Bangsa Maya dalam daftar ini. Siapa juga yang tidak pernah mendengar mereka? Bangsa Maya adalah bangsa yang tinggal di Yucatan, Amerika Tengah. Mereka mencapai masa keemasan pada 250 sampai 925 Masehi. Sampai akhirnya mereka hilang begitu saja, meninggalkan monumen besar, kota dan jalan yang hilang ditelan hutan. Orang-orangnya pun diperkirakan terpecah berai menjadi sejumlah penduduk desa yang tak bernama.

Meski sudah tidak jelas keberadaannya, beberapa bahasa dan tradisi Bangsa Maya, ada yang masih bisa bertahan hidup sampai sekarang. Para ahli sejarah dan ilmuwan mengumpulkan sisa-sisa peninggalan Bangsa Maya dan mencoba menerka kenapa mereka bisa hilang. Tahun 900 diperkirakan tahun dimana Bangsa Maya mulai berkurang dengan drastis. Perubahan iklim di Yucatan, peperangan, dan kelaparan dianggap sebagai penyebab hilangnya Bangsa Maya.

1. Aksumite

Aksumite

Salah satu peradaban yang sangat besar dan terkenal di Selatan Arabia, tidak lain tidak bukan adalah Aksumite. Peradaban mereka ada pada abad ke-3 sampai 6 Setelah Masehi. Perkembangan Aksumite termasuk yang cepat, apalagi berbicara soal dagang. Perdagangan yang dilakukan oleh Bangsa Aksumite yang pesat, mampu mendominasi pasar di Timur Laut Afrika.

Ada masa jaya, ada juga masa kehancuran. Bangsa Aksumite perlahan namun pasti mulai berkurang lalu menghilang ditelan waktu. Akhir abad ke-6 menjadi titik balik Bangsa Aksumite. Di waktu itulah populasi mereka mulai tergerus. Invasi besar-besaran yang dilakukan Orang Persia di Arabia Selatan ditengarai sebagai penyebab punahnya Bangsa Aksumite.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas