home -> Unik -> 10 Phobia Aneh Yang Mungkin Belum Pernah Kalian De...
24 April 2019 13:12

10 Phobia Aneh Yang Mungkin Belum Pernah Kalian Dengar

Oleh reagan dalam Unik pada January 21, 2019

Adalah hal yang wajar apabila seseorang memiliki rasa takut akan sesuatu. Yang terpenting adalah bagaimana cara mengatasi ketakutan tersebut agar tak terus-menerus menghantui diri. Namun, ada kalanya ketakutan tersebut terlalu besar dan bisa memberikan reaksi yang tak pernah terbayangkan oleh kita sebelumnya. Itulah yang namanya phobia. Dari sekian banyak phobia yang ada, ada beberapa yang terdengar aneh. Seperti phobia yang di bawah ini, aneh dan sangat jarang didengar telinga. Apa saja?

10. Didaskaleinophobia

Didaskaleinophobia

Bila ada anak yang takut sekali untuk pergi ke sekolah, alangkah baiknya kita jangan langsung tertawa atau menyebutnya dengan aneh. Mungkin ada sejumlah alasan dibalik rasa takutnya tersebut. Mungkin salah satunya adalah karena dia mengalami yang namanya didaskaleinphobia. Sebuah phobia terhadap sekolah dan hal-hal yang berkaitan dengan sekolah.

Rasa takut terhadap sekolah yang dialami oleh anak-anak ini membuat anak takut dan malas untuk pergi ke sekolah atau melakukan hal apapun yang berkaitan dengan sekolah. Buku, belajar, ujian, semua bisa membuat mereka sangat ketakutan. Kalian yang para orang tua yang sudah memiliki anak, perlu memperhatikan anak kalian dengan baik, apakah menderita didaskaleinophobia atau tidak.

9. Philophobia

philophobia

Kekuatan cinta sangat luar biasa. Katanya, dengan cinta, sikap seseorang bisa berubah menjadi 180 derajat. Tentu ini sangat bagus, dari yang awalnya memiliki sikap jelek, begitu bertemu dengan pasangan yang dicinta, sikap jelek bisa berubah dan membuat kita menjadi lebih positif. Bagus bagi mereka yang normal, tapi tidak bagi philophobia.

Bagi philophobia, cinta adalah hal yang tidak mungkin. Kenapa? Karena mereka philophobia adalah orang-orang yang takut akan yang namanya cinta. Bukan hanya cinta dari pasangan, tapi juga orang-orang yang mencintai mereka entah itu sebagai teman atau keluarga. Phobia yang sangat aneh dan benar ada di dunia.

8. Venustaphobia

venustaphobia

Pria mana yang tidak tertarik dengan wanita yang cantik? Kecuali kalau laki-laki tersebut ternyata adalah pecinta sesama jenis atau gay, nyatanya ada salah satu bentuk ketakutan berlebih yang sangat aneh dimana penderitanya merasa sangat takut bila melihat atau berdekatan dengan wanita cantik.

Phobia tersebut dinamakan venustaphobia. Mereka para pria yang mengalami venustaphobia, bisa merasa gugup, takut,keringat dingin, dan hal tidak menyenangkan lainnya bila berhadapan dengan wanita canitk. Hal seperti ini bisa membuat mereka sulit untuk mendapatkan pasangan. Berharap saja ada cara menyembuhkan phobia ini daripada menerima status jomblo abadi.

7. Hippopotomonstrosesquippedaliophobia/Sesquipedalophobia

Sesquipedalophobia

Phobia aneh satu ini terbilang sangat unik dan aneh, namanya hippopotomonstrosesquippedaliophobia atau esquipedalophobia. Cukup panjang dan sulit untuk diucapkan bukan? Sudah pasti susah, ini adalah phobia yang sangat panjang, termasuk kata terpanjang yang ada di kamus.

Sesuai dengan ciri khas katanya yang hippopotomonstrosesquippedaliophobia atau sesquipedalophobia adalah phobia aneh yang dimana penderitanya memiliki ketakutan bila melihat kata yang sangat panjang. Membaca novel yang tebal bisa menjadi pr besar bagi mereka yang menderita phobia macam ini.

6. Turophobia

Turophobia

Mereka yang tidak suka keju sangat disayangkan, mereka tak bisa menikmati betapa enaknya rasa keju mozzarella yang ada pada pizza atau cheddar yang ada pada roti sandwich. Tapi, tahukah kalian bahwa ada yang lebih disayangkan lagi daripada tidak suka keju? Itu adalah mereka yang menderita turophobia.

Turophobia adalah salah satu phobia aneh yang penderitanya takut akan keju. Menyedihkan? Tentu saja, mereka yang menderita turophobia tak bisa menikmati segala macam keju. Bukan cuma makan keju, bahkan melihat keju yang dijual di supermarket saja, penderita turophobia bisa mendapatkan serangan panik.

5. Optophobia

Optophobia

Pernah tidak sih kalian menggoda seseorang dengan mengedipkan sebelah mata, bisa itu kanan atau kiri? Mengedipkan sebelah mata memang dikenal sebagai salah satu bentuk tindakan menggoda seseorang. Pria atau wanita, siapapun boleh melakukannya kalau memang bisa. Karena ternyata ada orang yang memang tidak bisa mengedipkan sebelah mata.

Selain ada yang memang kesulitan mengedipkan sebelah mata, ternyata ada juga yang memang benar-benar takut untuk melakukan hal tersebut. Mereka yang takut mengedipkan sebelah mata ini disebut dengan optophobia. Entah apa alasan kenapa orang sampai takut untuk menutup sebelah mata. Sungguh aneh.

4. Nomophobia

nomophobia

Jaman yang sudah maju seperti sekarang, semua hal bisa dilakukan hanya dengan menyentuh layar smartphone. Pesan makanan, mengantar barang yang tertinggal, dan juga pergi kemana saja bisa melalui aplikasi di smartphone. Jadi, bisa dikatakan bahwa smartphone sekarang sudah sangat penting, tak mungkin rasanya hidup tanpa smartphone.

Phobia berikut ini namanya nomophobia, sebuah ketakutan hidup tanpa smartphone. Mungkin phobia ini yang dialami oleh banyak orang di dunia ini. Bahkan bila dibandingkan dengan kehilangan dompet, kehilangan handphone lebih gawat. Apa kalian termasuk orang yang panik ketika handphone kalian tak ada di dekat kalian?

3. Hypnophobia

Hypnophobia

Insomnia, adakah diantara kalian pembaca TahuPedia yang menderita insomnia. Pastinya sangat menyusahkan bagi mereka penderita insomnia untuk tidur. Susah tidur bisa menyebabkan seseorang tetap terjaga di tengah malam. Ini bisa menyebabkan orang menjadi tak bertenaga dan mood acak-acakan di pagi hari karena sulit tidur.

Sulit tidur saja sudah memiliki dampak buruk bagi kesehatan, ini adalah sebuah phobia yang berhubungan dengan tidur, namanya adalah hynophobia. Sedikit perbedaan dengan insomnia, mereka yang insomnia masih ada kemungkinan kecil untuk tidur dan tidak takut sama sekali dengan tidur. Mereka yang menderita hypnophobia justru sangat takut dengan tidur. Mimpi buruk mungkin menjadi penyebab kenapa mereka menjadi sangat takut dengan tidur.

2. Ergophobia/Ergasiophobia

ergophobia

Mau mendapatkan uang dengan banyak? Satu-satunya cara adalah dengan bekerja. Tentunya pekerjaan yang diambil adalah pekerjaan yang halal, bukan melanggar hukum seperi menjual narkoba atau pembunuh bayaran. Tahu bahwa bekerja adalah hal yang sangat penting, bagaimana kalau ada orang yang sangat takut dengan bekerja?

Orang yang takut bekerja, mungkin mereka menderita sebuah phobia yang bernama ergophobia atau ergasiophobia. Mereka yang mengalami phobia ini, sangat takut dengan yang namanya bekerja. Hal-hal berkaitan dengan kerja seperti rekan kerja, jobdesk, atasan, dan situasi kantor, bisa membuat mereka tidak nyaman.

1. Deipnophobia

deipnophobia

Makan malam, siapa yang tidak suka dengan makan malam? Apalagi jika dilakukan bersama dengan keluarga tercinta, keluarga pasangan atau sahabat dekat? Di momen seperti inilah kita bisa menikmati makanan lezat sembari berbincang-bincang dengan sekitar kita. Mungkin bagi kebanyakan kalian, ini merupakan hal biasa yang seru, tapi ternyata ada beberapa orang yang justru merasa bahwa makan malam bersama adalah mimpi buruk.

Mereka yang menganggap makan malam bersama bagai mimpi buruk adalah mereka yang mengalami deipnophobia. Deipnophiboa adalah salah satu bentuk rasa takut berlebihan atau phobia terhadap makan malam. Bisa dimengerti apabila ada orang yang tidak terlalu suka dengan keramaian, tapi bagi deipnophobia, makan malam bersama seperti ini adalah hal yang pastinya tidak ingin mereka lakukan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas