home -> Teknologi -> Google Umumkan Project Loon Sesudah Project Glass
19 Januari 2018 06:56

Google Umumkan Project Loon Sesudah Project Glass

Oleh admin dalam Teknologi pada June 16, 2013

Google X, lab rahasia Google di belakang berbagai project atau proyek besar seperti Google Glass (Project Glass) dan Google Self-Driving Cars mengumumkan atau meluncurkan project terbarunya, Project Loon. Project Loon akan memperbolehkan semua orang benar-benar dapat menggunakan Internet dimanapun. Berikut video dan artikelnya.

GOOGLE X

Sebelum kita membicarakan mengenai Project Loon, lebih baik kita membicarakan mengenai Google X, si pembuatnya.

Google X: di belakang project glass
Google X adalah fasilitas rahasia Google di belakang Project Glass

Google X, atau dikenal juga dengan Google [x], adalah sebuah fasilitas rahasia yang dijalankan oleh Google dan ditangani oleh Sergey Brin, salah satu co-founder Google. Dilaporkan telah menangani lebih dari 100 project terkait atas teknologi-teknologi masa depan, tapi hanya 3 yang benar-benar dikenal sampai sekarang ini. 3 Project tersebut adalah Project Glass, Google Driverless Car dan yang terbaru Project Loon. Bahkan rumor mengatakan bahwa Google X mengerjakan lift ruang angkasa.

PROJECT LOON

project loon

Seperti kebanyakan project-project Google X, ide seperti ini memang terdengar tidak masuk akal. Tapi tidak ada yang tahu apakah mereka benar-benar akan berhasil melakukan ini atau tidak, karena Google Glass dan Google Self-Driving Cars sendiri pada awalnya terdengar tidak masuk akal dan mereka berhasil diwujudkan oleh Google X. 

Karena ide ini sendiri memang terdengar cukup gila, Google menamakan Project ini 'Project Loon'. Bayangkan saja bagaimana sebuah balon akan digunakan untuk membagi-bagikan akses Internet dimanapun, baik tempat dengan topografi yang bagus ataupun tidak mendukung. Bagaimana jika balon itu melayang terlalu tinggi? Bagaimana jika balon itu terbawa angin? Bagaimana, bagaimana, dan seterusnya.

Berikut video singkat perkenalan Project Loon.

Video di atas mengatakan bahwa sebelumnya, 'Setiap Orang' (Everyone) pada kenyataannya bukan 'Setiap Orang' (Everyone). Untuk setiap 1 orang yang dapat mengakses Internet, mungkin ada 2 orang yang tidak dapat mengaksesnya. Bahkan mungkin ada tempat dimana 'Setiap Orang' tidak dapat mengaksesnya. Dengan Project Loon pada akhirnya 'Setiap Orang' benar-benar akan 'Setiap Orang'.

CIKAL BAKAL PROJECT LOON

project loon

Project Loon sendiri merupakan hasil dari pembicaran Google dengan Ketua umumnya, Eric Schmidt, yang mengatakan bahwa pentingnya Internet agar dapat diakses lebih dari 2/3 populasi dunia. Karena pada kenyataannya Internet sekarang ini cukup terbatas, hanya untuk tempat dengan topografi yang mendukung.

Tidak hanya ini akan memberikan akses Internet ke tempat-tempat yang tidak terjangkau sebelumnya, Google mengatakan bahwa ini akan membuat harga akses Internet menjadi jauh lebih murah di berbagai negara yang sebelumnya hanya dianggap untuk kalangan atas.

CARA KERJA DAN PERCOBAANNYA

Berikut video cara kerjanya.

Cara kerjanya adalah balon besar yang memang khusus untuk hal-hal terkait cuaca diterbangkan dengan ketinggian sekitar 20 Km di atas bumi, 20 Km ini berarti berada di atas wilayah penerbangan pesawat (10 Km). Beberapa provider Internet di permukaan bumi atau di tanah akan memberikan sinyal ke balon-balon tersebut, yang kemudian 1 balon akan berkomunikasi dengan balon lainnya dan seterusnya. Google mempercayai bahwa mereka dapat mengontrol balon tersebut agar berada dalam jalur yang tetap dengan memanfaatkan pergerakan angin.

percobaan project loon

Google telah melakukan percobaan dengan menggunakan sekitar 30 balon dan 50 orang terster di New Zealand. Tester-tester ini akan dapat melakukan koneksi ke balon dengan menggunakan antena khusus jika masih berada di dalam jarak 20 km. Lalu bagaimana hasil percobaannya? Percobaan tersebut dikatakan berhasil dan dapat memberikan akses sekitar 15 menit hingga akhirnya balon berada di luar jangkauan.

Orang yang menjadi bagian dari kelompok Tester ini mengatakan bahwa ia merasakan bahwa hal ini cukup aneh, tetapi menjadi bagian dari sesuatu yang baru itu menarik.

--

Perlu diketahui bahwa project ini masih dalam pengembangan dan belum dapat dipastikan apakah benar-benar akan berhasil atau tidak. Kita hanya dapat berharap Google dapat melakukan inovasi baru yang mengagumkan lagi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh raza dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh reagan dalam Teknologi
  10. 10
    oleh admin dalam Teknologi
  1. 1
    oleh admin dalam Teknologi
  2. 2
    oleh admin dalam Teknologi
  3. 3
    oleh admin dalam Teknologi
  4. 4
    oleh admin dalam Teknologi
  5. 5
    oleh admin dalam Teknologi
  6. 6
    oleh admin dalam Teknologi
  7. 7
    oleh admin dalam Teknologi
  8. 8
    oleh admin dalam Teknologi
  9. 9
    oleh admin dalam Teknologi
  10. 10
    oleh raza dalam Teknologi
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas