home -> Lainnya -> 10 Superhero Yang Berubah Menjadi Jahat
24 April 2019 08:51

10 Superhero Yang Berubah Menjadi Jahat

Oleh reagan dalam Lainnya pada January 16, 2019

Ketika berbicara tentang superhero, yang terlintas di pikiran kalian pasti terbersit sejumlah karakter superhero favorit. Beberapa ada yang dari DC Comics, ada juga dari Marvel, dan ada juga dari komik lain. Nah, superhero yang biasanya memerangi kejahatan dengan kekuatan super yang mereka miliki, tidak terbayangkan apabila seorang superhero berubah menjadi supervillain atau penjahat. Nyatanya, ada momen dimana superhero pun bisa berubah menjadi penjahat. Berikut daftarnya.

10. Scarlet Witch

scarlet witch

Kisah Wanda Maximoff/Scarlet Witch dan adiknya, Quicksilver bergabung dengan sisi jahat lalu pindah ke sisi baik dengan bergabung bersama Avengers. Karena satu tragedi dimana ia kehilangan 2 anaknya, Wanda menjadi gila dan menyerang sesama temannya. Dengan menggunakan kekuatan sihirnya, Wanda menghancurkan Avengers dan membunuh Hawkeye.

Profesor Xavier lalu dimintai bantuan oleh Wanda namun ditolak karena Xavier tidak percaya pada Wanda. Tak terima, adiknya, Quicksilver, meyakinkan kakaknya tersebut untuk mengubah realita. Wanda lalu menciptakan sebuah dunia dimana mutan yang berkuasa atas manusia. Ujung-ujungnya, Wanda malah melakukan genosida dengan menghabisi banyak mutan.

9. Bucky Barnes

bucky barnes

Di saat Perang Dunia II berlangsung, Bucky Barnes mengalami nasib naas mengalami ledakan di atas Samudra Atlantik. Diduga sudah meninggal, partner dari Captain America tersebut ternyata selamat dan ditolong oleh kapal selam Rusia dan berhasil dipulihkan di Moskow. Tangan kiri Barnes yang luka parah, digantikan dengan tangan bionik. Barnes juga dicuci otaknya, dijadikan sebuah mesin pembunuh dengan julukan Winter Soldier.

Dengan dicuci otak oleh organisasi rahasia Rusia, Winter Soldier diperintahkan untuk membunuh sejumlah tokoh penting di pemerintahan. Pembunuhan yang dilakukan oleh Winter Soldier benar-benar rapih, tak meninggalkan jejak sedikit pun. Salah satu korbannya adalah istri Wolverine di tahun 1970. Kisah Winter Soldier sendiri diangkat ke layar kaca dengan judul Captain America: The Winter Soldier di tahun 2014.

8. Sinestro

sinestro

Sebelum menjadi jahat, dulunya Sinestro adalah salah satu anggota dari Green Lantern, salah satu yang terbaik setelah Abin Sur. Sinestro inilah yang menjadi mentor atau orang yang melatih Hal Jordan. Sinestro menjadi jahat setelah dirinya berhasil mendapatkan kekuatan dari cincin kuning yang mampu memberikan rasa takut pada orang lain.

Awalnya, Hal Jordan berhasil mengungkap sisi gelap Sinestro yang ternyata memimpin planet tempat tinggal Sinestro secara totaliter. Sinestro kemudian ditangkap dan dihukum, dikirim ke Antimatter universe. Di dalam sana, Sinestro mendapatkan kekuatan dari cincin kuning dan menjadi musuh dari Green Lantern Corp.

7. Jean Grey

jean grey

Jean Grey adalah sosok superhero wanita Marvel yang tergabung dalam X-Men. Dia bisa dikatakan termasuk dalam salah satu mutan terkuat di dunia Marvel. Kalian yang pernah menonton film X-Men: The Last Stand yang tayang di tahun 2006, pasti sudah tahu betapa kuatnya sosok Jean Grey ini. Namun, Jean Grey sebenarnya adalah sosok yang baik, hanya kepribadian lain dalam dirinya yang jahat.

Ya, Jean Grey memiliki 2 kepribadian dalam dirinya. Satu jahat, satu baik, yang jahat disebut dengan Dark Phoenix. Di komik X-Men #129, Mastermind mencoba menggoda Jean untuk menjadi Black Queen dari Hellfire Club. Usaha tersebut gagal dan membuat Jean Grey berubah menjadi Dark Phoenix. Dark Phoenix yang lepas kontrol, terbang ke angkasa dan membunuh semua penghuni Bumi.

6. Green Lantern

green lantern

Salah satu superhero favorit dari DC Comics yakni Green Lantern pun pernah berubah menjadi sosok jahat. Padahal, Hal Jordan yang didapuk sebagai pahlawan top dari Pasukan Green Lantern, sangat menjunjung tinggi keadilan dan kebenaran, tapi ternyata bisa dipengaruhi dan berubah menjadi supervillain.

Berubahnya Hal Jordan menjadi jahat dimulai dari hancurnya kota tempat lahirnya. Ia kemudian menjadi gila dan mencoba membuat ulang kota beserta isinya dengan cincinnya. Pasukan Green Lantern tak setuju dan berniat menghentikan dan menghukumnya. Hal yang tidak bertobat, mengubah jati dirinya dari Green Lantern menjadi Parallax. Kemudian ia membunuh semua Pasukan Green Lantern.

5. Thor

thor

Anak kandung dari Odin, Thor memiliki kekuatan untuk mengendalikan petir dengan bantuan senjata palunya, Mjolnir. Semakin bertambah tua, Thor bertambah semakin kuat. Thor memutuskan untuk memindahkan tempat tinggalnya, Asgar, ke New York agar lebih dekat dengan Bumi. Manusia Bumi tidak terima dan memutuskan untuk menyerang Asgard. Thor pun membalas dengan membangun dan menggabung Asgard dengan New York. Membuat sebuah kota baru dimana ia berperan sebagai rajanya.

Setelah Asgar dan New York bergabung, keadaan semakin bertambah buruk. Thor perlahan namun pasti, membangun kekuatan dan mulai melakukan penyerangan ke kota lain di dunia. Dalam waktu 100 tahun, seluruh kota di Bumi berhasil ia kuasai. Tak ada yang sanggup menhentikan Thor saat itu. Yang berani melawannya akan dibunuh.

4. Robin

jason todd

Sejaun ini ada 5 sosok yang pernah menjadi Robin, sidekick dari Batman, superhero terkenal dari DC Comics. Kelima Robin tersebut adalah Dick Grayson, Jason Todd, Tim Drake, Stephanie Brown, dan Damian Wayne. Dari kelima Robin tersebut, hanya Jason Todd lah yang awalnya berkarakter baik, kemudian berubah menjadi jahat.

Perubahan Jason Todd dari baik ke jahat bukan tanpa sebab. Todd yang ditangkap oleh Joker, disiksa hingga mati di tangan Joker. Lalu, Superboy Prime mengubah alur kenyataan dari dimensi tempat ia terperangkap, menyebabkan Todd bangkit kembali dari makam. Karena luka yang diberikan oleh Joker masih belum pulih, Todd koma. Todd kemudian ditolong oleh Talia al-Ghul dan dibawa ke Lazarus Pit. Lazarus Pit menjadi faktor penyebab kenapa kepribadian Todd menjadi berubah. Todd dipenuhi amarah karena Bruce tidak mau membalaskan dendamnya dan telah menemukan pengganti yang lebih baik darinya. Todd memutuskan menjadi Red Hood dan mulai menguasai Gotham sebagai kriminal.

3. Captain America

captain america

Di film Captain America: The First Avenger, Captain America alias Steve Rogers berhasil mengalahkan musuh bebuyutannya yaitu Red Skull. Di komik, ada cerita lain yang mengisahkan bahwa Steve Rogers justru gagal mengalahkan Red Skull. Dirinya malah dimanfaatkan menjadi salah satu agen Red Skull.

Ceritanya, Red Skull berhasil menyedot serum super yang ada di tubuh Rogers, mengakibatkan Rogers kehilangan kekuatannya dan menjadi tua. Rogers bertemu dengan seorang perempuan bernama Kobik. Kobik ini memiliki kemampuan untuk mengubah realita. Kobik kemudian mengembalikan kekuatan Rogers seperti semula. Tapi, ternyata Kobik ini telah dicuci otaknya oleh Red Skull. Red Skull, melalui Kobik, mencuci otak Rogers, mengembalikan kekuatan Rogers, dan membuat Rogers menjadi agen Hydra. Rogers, turut membantu Red Skull dalam menjatuhkan pemerintahan Amerika.

2. Wonder Woman

wonder woman

Adalah sosok Darkseid yang menjadi biang kerok dibalik berubahnya Wonder Woman yang semula baik menjadi jahat. Darkseid sendiri dikenal sebagai sosok penjahat multi universe yang sangat licik. Ia memiliki tujuan untuk menguasai semua universe. Dalam usahanya kali ini, Darkseid berhasil memanipulasi sejumlah superhero, termasuk di dalamnya adalah Wonder Woman.

Dalam momen Final Crisis, Darkseid memanipulasi beberapa superhero termasuk Wonder Woman. Darkseid menjadikan Wonder Woman sebagai pemimpin pasukannya. Darkseid bersama dengan Wonder Woman, berhasil menguasai hampir semua Dunia. Pada satu momen, Wonder Woman berhasil disadarkan, namun itu sudah terlambat.

1. Superboy Prime

superboy prime

Di dimensi lain bernama Earth-Prime, Kal-El adalah remaja Planet Krypton yang ditakdirkan menjadi Superman. Sampai suatu ketika, planet tempat tinggalnya hancur oleh sosok jahat, Anto-Monitor dalam peristiwa Crisis on Infinite Earths. Ia kemudian bergabung dengan Superman dari Earth-Two, Lex Luthor Earth-Three, dan beberapa superhero dari dimensi berbeda untuk mengalahkan Anti-Monitor. Sayangnya, Kal-EL kalah dah terpaksa hidup di dimensi lain.

Selama tinggal di dimensi lain, amarahnya tak hilang dan terus bertumbuh. Dengan bantuan temannya, Lex Luthor, Kal-El yang menjadi SUperboy Prime, memutuskan untuk lari dari dimensi tersebut dan mengubah universe lain. Ia membunuh banyak superhero dan menyerang Superboy di universe/dimensi lain yang ia anggap berbahaya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas