home -> Lainnya -> 10 Rasa Sakit Paling Menyakitkan Bagi Manusia
16 September 2019 13:46

10 Rasa Sakit Paling Menyakitkan Bagi Manusia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada January 14, 2019

Jika ditanya kepada banyak orang, tidak akan ada satu orang pun di dunia yang ingin merasakan sakit. Meski sakit sendiri tidak selalu buruk, rasa sakit menandakan adanya hal tidak beres yang terjadi pada tubuh. Dan tubuh secara otomatis akan melakukan pertahanan untuk mengusir masalah yang menyebabkan rasa sakit tersebut. Namun, jika rasa sakit yang dirasa sudah diluar nalar, ada kalanya orang lebih memilih untuk meminum obat penghilang rasa sakit, pergi ke dokter atau bahkan ada yang memutuskan untuk bunuh diri. Nah, berikut ini ada 10 rasa sakit yang katanya rasa sakit tersebut benar-benar menyakitkan hingga orang tidak mau mengalaminya lagi untuk kali kedua. Apa saja?

10. Lutut Terbentur

knee

Pertama-tama yang akan TahuPedia bahas adalah lutut. Lutut merupakan bagian sendi yang menghubungkan femur dan tibia. Pada manusia, lutut menjadi penopang hampir seluruh berat tubuh, bagian ini sangat rentan terhadap cedera akut. Tak perlu sampai membayangkan sampai cidera, cukup terbentur saja sudah membuat kita merinding lemas.

Di saat lutut kita terbentur benda keras seperti meja, kursi atau dinding, maka bagian reseptor akan mengirimkan rasa sakit tersebut ke otak. Rasa sakit akibat terbentur di bagian lutut cukup membuat orang menjadi hilang kontrol dan bersumpah serapah. Untungnya, rasa sakit tersebut biasanya dapat hilang dalam jangka waktu semenit atau dua menit.

9. Dercum’s Disease

Dercum’s Disease

Yang menderita penyakit Dercum's Disease pastinya menjalani hidup yang sangat sulit. Kenapa? Karena penderita Dercum's Disease, memiliki tubuh yang sangat sensitif, hanya dengan mandi menggunakan shower atau gayung, mereka bisa merasakan rasa sakit yang sangat di sekujur tubuhnya. Memangnya apa sih Dercum's Disease tersebut?

Dercum's Disease adalah sebuah penyakit yang sangat langka. Penyakit ini menyebabkan beberapa bagian tubuh penderitanya menjadi sangat sensitif. Tangan, kaki, ketiak, leher, dimana pun itu, sensor sakitnya menjadi berkali-kali lipat lebih sensitif daripada orang normal. Jadi, hanya dengan sentuhan sedikit saja bisa mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa.

8. Spinal Headache

Spinal Headache

Sakit kepala seperti apa yang pernah kalian alami? Migrain? Sakit kepala bagian depan? Atau sakit kepala yang lain? Mudah-mudahan itu bukanlah Spinal headache ya. Kenapa? Karena spinal headache adalah salah satu jenis kepala yang tidak akan mau kalian alami karena rasa sakitnya itu benar-benar tidak terkira.

Sakit kepala spinal biasa dialami oleh 30% orang yang menjalani lumbar puncture atau pungsi lumbar. Pungsi lumbar adalah tindakan medis yang dilakukan dengan menusuk daerah lumbar tulang belakang, biasanya untuk mengambil sample cairan serebrospinal. Proses yang sering disebut dengan spinal tap ini tak hanya membuat tulang belakang sakit, tapi dilanjutkan juga dengan sakit kepala yang luar biasa sakitnya.

7. Luka Bakar

burns

Api, pepatah mengatakan, api kecil menjadi teman, besar menjadi lawan. Pepatah ini ada benarnya, ketika api dalam ukuran kecil dan masih bisa dikontrol, kita bisa memanfaatkannya untuk memasak, membakar, dan juga hal berguna lainnya. Tapi jika terlalu besar dan tidak bisa dikontrol, maka akan terjadi kebakaran. Jika sudah terjadi kebakaran, api tersebut bisa melahar dan menghancurkan apapun yang berada dekat dengannya.

Apa bila kalian tak sengaja pernah terseduh air panas, pasti kalian akan berteriak sakit dan panas. Kurang lebih efek dari terkena api seperti itu, akan muncul rasa sakit, panas, dan bagian tubuh yang terkena api akan mengalami kerusakan. Ada beberapa level atau tingkatan dalam luka bakar. Semakin tinggi tingkatannya, rasa sakit yang ditimbulkan juga akan semakin parah, kemungkinan sembuh juga semakin sulit yang nantinya akan muncul yang namanya luka bakar.

6. Tes Kesehatan Prostat

prostate exam

Kanker prostat adalah neraka bagi pria. Sesuai dengan namanya, kanker jenis ini berkembang di daerah prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi laki-laki. Kanker muncul karena sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Rasa sakitnya sangat luar biasa, buang air kecil menjadi susah, dan disfungsi ereksi.

Untuk mencegah kanker prostat, dari usia remaja sudah harus mengecek kesehatan prostat kalian. Namun, memeriksa kesehatan prostat juga bukan tanpa rasa sakit. Untuk memeriksa apakah ada kanker di prostat, dokter harus menekan dengan keras di area prostat untuk mengecek apakah ada tonjolan yang ditakuti sebagai kanker atau tidak. Dan itu rasanya sangat-sangat tidak menyenangkan.

5. Disengat Serangga

bug sting

Meski serangga termasuk hewan yang bertubuh kecil, ada baiknya kita tak boleh menganggap remeh hewan satu ini. Di dunia hewan, khususnya serangga, ada banyak sekali jenis serangga yang memiliki sengatan mematikan, salah satunya yang dikenal memiliki sengatan paling mematikan adalah semut peluru atau bullet ant.

Untungnya, di Indonesia, populasi semut peluru tidak ada, paling banyak mereka ditemukan di Honduras dan Nicaragua. Jangankan semut peluru, disengat lebah madu saja rasa sakitnya sudah luar biasa. Belum lagi ditambah dengan kondisi fisik seseorang berbeda, bila ada yang memiliki alergi, satu sengatan dari serangga, apapun jenisnya, bisa berakibat fatal.

4. Batu Ginjal

kidney stones

Batu ginjal merupakan sebuah penyakit yang menganggu saluran air kencing. Penyakit ini disebabkan oleh kandungan garam atau bahan kimia di dalam air kemih yang membentuk kristal. Percayalah, jangan sampai kalian mengalami sakit yang satu ini karena sakit batu ginjal itu sangat, sangat menyakitkan.

Jika kalian penasaran seperti apa rasanya sakit ginjal, kalian bisa menanyakannya pada pasien yang menderita batu ginjal. Kebanyakan mereka menjawab, sakit ginjal dapat memberikan kalian rasa sakit yang sangat dan tidak akan pernah kalian lupakan. Rasa sakit bisa sangat terasa apabila kalian tengah buang air kecil. Dan berdarah ketika buang air seni adalah hal yang lumrah terjadi.

3. Patah Tulang

broken bones

Tulang adalah bagian tubuh yang sangat keras, butuh benturan atau hantaman yang super keras juga untuk bisa membuatnya patah. Kecelakaan dalam berkendara misalnya, jika kecelakaan yang dialami oleh seseorang sangat parah, ada kemungkinan besar ada tulang yang bisa patah. Rasa sakit yang diakibatkan dari patah tulang ini juga tak bisa dianggap sepele.

Orang yang sudah pernah mengalami patah tulang pasti mengerti seberapa sakitnya rasa tersebut. Rasa sakit yang diakibatkan oleh patah tulang bahkan bisa membekas di kepala dalam jangka waktu yang sangat lama. Ketika sembuh pun, tak ada jaminan 100% bahwa tulang tersebut bisa kembali seperti semula. Sudah pernah patah sekali, setidaknya ada kemungkinan akan terjadi patah di tempat yang sama.

2. Tendangan atau Pukulan Ke Alat Vital

hit to genital

Rasa sakit berikutnya masih dari pria. Selain kanker prostat dan batu ginjal, kini selanjutnya adalah alat vital. Bagi pria, yang alat vitalnya di luar, bagian ini menjadi sangat rentan. Dalam beraktivitas, olahraga misalnya, futsal, ketika bermain dan tidak sengaja bagian vital ini terhantam oleh bola, efeknya bisa membuat pria langsung terbujur lemas. Rasa sakit tersebut bisa bertahan cukup lama dan membuat pria menjadi sedikit gila.

Ok,  tak hanya hantaman bola, terjepit resleting pun juga bisa mengakibatkan rasa sakit dan perih yang teramat sangat. Sentuhan sedikit saja juga bisa membuat rasa sakit di bagian penis. Jika sudah terkenal, satu-satunya cara untuk meredakannya adalah tiduran di lantai dan mencoba untuk rileks. Lama tidaknya rasa sakit tersebut tergantung pada seberapa keras bagian vital terkena hantaman.

1. Melahirkan

childbirth

Rasa sakit yang amat berikut ini hanya dialami oleh wanita saja, yakni melahirkan anak. Di saat proses melahirkan, tak hanya harus bertarung dengan rasa sakit, seorang perempuan juga sampai bertaruh nyawa untuk bisa melahirkan anaknya ke muka Bumi. Untuk itu, penting bagi kalian untuk menghormati dan menyayangi ibu kalian.

Untuk bisa melahirkan bayinya, seorang ibu harus mendorong sekuat tenaga sang bayi melalui lubang vagina. Tak hanya itu, tulang pinggul juga harus membantu mendorong agar ada rongga bagi bayi untuk bisa keluar. Rasa sakit semakin bertambah dengan adanya kontraksi uterus. Pernah ada uji coba rasa sakit ketika melahirkan pada sejumlah orang, termasuk itu pria. Memang sakit yang dirasakan ketika melahirkan itu sangat luar biasa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas