home -> Unik -> 10 Makanan Spesial Untuk Merayakan Natal Dari Berb...
16 Juli 2019 05:50

10 Makanan Spesial Untuk Merayakan Natal Dari Berbagai Negara

Oleh reagan dalam Unik pada December 20, 2018

Setiap tanggal 25 Desember, umat Kristiani di dunia merayakan perayaan lahirnya Yesus Kristus ke dunia atau Natal. Untuk merayakan hari Natal, umat Kristiani di berbagai negara di dunia, menyajikan makanan spesial yang dibuat agar perayaan Natal terasa spesial. Setiap negara, berbeda pula makanan Natal yang disajikan. Kalian penasaran seperti apa makanan spesial Natal dari berbagai negara yang ada di dunia? Berikut TahuPedia tampilkan daftarnya.

10. Klappertaart, Indonesia

klappertaart

Siapa bilang Indonesia tidak punya yang spesial untuk dihidangkan di hari Natal? Jika kalian tidak tahu, Indonesia sebenarnya punya hidangan spesial yakni klappertaart. Klappertaart ini dapat kalian temukan di hari Natal, terlebih lagi jika berlibur ke kota Manado yang berada di Sulawesi Utara. Tidak familiar dengan bahasanya?

Klappertaart adalah bahasa Belanda dari coconut cake atau coconut tart. Sebuah kue tart spesial orang Manado ketika Natal tiba, terbuat dari tepung, gula, susu, butter, dan tentunya kelapa. Selain klappertaart, ada satu lagi makanan spesial yang disajikan di hari Natal. Makanan tersebut adalah poffertjes, sama-sama berasal dari Belanda. Poffertjes sendiri adalah pancake.

9. Selyodka pod Shuboy, Rusia

Selyodka pod Shuboy

Dari negeri kita sendiri, Indonesia, kini kita berpindah ke Rusia. Negara yang dipresideni oleh Vladimir Putin ini termasuk salah satu negara superpower atau adidaya yang bisa dibilang sama kuatnya dengan Amerika Serikat. Jarang disebut, Rusia sebenarnya punya daya tarik pariwisata dan kuliner yang menarik.

Untuk menyambut Natal, masyarakat Rusia punya hidangan spesial tersendiri yang disebut dengan selyodka pod shuboy. Makanan tersebut adalah sebuah makanan eksotik berupa salad yang dikonsumsi oleh mayoritas orang Rusia ketika hari libur, terutama Natal. Selyodka pod shuboy adalah sebuah pie yang dilapisi dengan bit, mayo, kentang, telur rebus, dan ikan herring.

8. Tamales, Kosta Rica

tamales

Kosta Rika adalah sebuah negara kecil yang berada di Amerika Tengah. Meski kecil, bukan berarti penduduk Kosta Rika tidak memiliki perayaan khusus untuk menyambut Natal. Penduduk Kosta Rica selalu punya tradisi khusus untuk menyambut Natal, selain menyiapkan Pohon Natal dan hiasannya, mereka juga menghidangkan sebuah makanan yang dinamakan tamales.

Apa sih tamales itu? Tamales adalah makanan spesial yang disajikan ketika Natal tiba. Setiap rumah, memiliki resep berbeda untuk tamales. Namun, pada umumnya, tamales adalah daging yang dibungkus dengan daun pisang. Daging yang digunakan bisa bebas, bisa babi, ayam atau sapi. Bahan makanan lain yang juga dimasak bersama dengan tamales adalah bawang putih, bawang bombay, kentang, dan kismis.

7. Lechon, Filipina

Lechon

Babi, bagi umat Muslim, babi adalah hewan yang haram untuk dikonsumsi. Namun bagi umat Kristiani, babi tidaklah haram. Nah, di saat Natal tiba, khususnya di negara Filipina, babi dimanfaat sebagai makanan, diolah sedemikian caranya hingga menjadi hidangan spesial. Orang Filipina menyebutnya dengan lechon.

Merupakan makanan populer Filipina di saat Natal, lechon disajikan bersama dengan beberapa makanan lain seperti queso de bola (keju semi-keras yang berasal dari Belanda), daging ham, morcon, pancit (mie yang dimasak dengan sayur dan daging), kaldereta (kambing rebus), dan mechado (mirip daging sapi rebus). Untuk dessert, yang disajikan adalah bibingka dan puto bumbong.

6. Julepølse, Norwegia

julepølse

Kalian berkunjung ke Norwegia ketika hari raya Natal? Bersiaplah perut kalian akan kenyang dibuatnya. Norwegia, layaknya negara-negara di dunia, juga memiliki tradisi yang selalu dilakukan di hari Natal. Tradisi tersebut melibatkan pesta makan, dimana makanan yang disajikan adalah makanan spesial yang tentunya lezat.

Diketahui, ada 4 makanan spesial Norwegia di hari raya Natal. Keempat makanan tersebut adalah julepolse, pinnekjott, svineribbe, sossier, dan lutefisk. Julepolse merupakan sosis babi yang dibungkus menggunakan jahe, nutmeg, cloves, dan biji mustard. Sossies adalah sosis kecil, dan lutefisk adalah makanan tradisional Norwegia terbuat dari kaldu ikan yang disimpan selama bertahun-tahun atau whitefish dan lye yang sudah dikeringkan dan ditaburi garam.

5. Julbord, Swedia

Julbord

Sangat beruntung bila kalian berencana melakukan liburan Natal ke Swedia. Swedia memiliki hidangan khusus nan lezat untuk merayakan Natal. Hidangan khas Natal ala Swedia dikenal dengan sebutan Smorgasbord atau Julbord. Tak seperti negara-negara lain yang mewajibkan ada makanan ini atau itu, Smorgasbord atau Julbord bisa dibilang seperti buffet kalau orang Indonesia bilang.

Nah, di dalam buffet tersebut, disediakan banyak sekali hidangan yang kalian bebas pilih mau yang mana. Ada ribs, meatballs atau baso, sosis, daging gam rotu, acar herring, kubis, bit, dan keju. Ada pula daging ikan Lutefisk yang sangat familiar di keluarga Swedia. Daging ikan tersebut dimasak dengan glogg atau wine. Untuk menu penutup, orang Swedia menghidangkan pudding yang biasa disebut Julgrot.

4. Twelve Apostles, Polandia

twelve apostles

Dalam bahasa Indonesia, Twelve Apostles memiliki arti 12 murid. Maksud 12 murid disini adalah 12 murid yang merupakan pengikut setia dari Yesus menurut Alkitab. Dari 12 murid tersebut lah dihidangkan makanan yang bernama Twelve Apostles. Twelve Apostles ini kemudian menjadi hidangan khas Natal untuk orang-orang Polandia.

Twelve atau 12, Polandia menghidangkan 12 makanan sebagai hidangan hari raya Natal mereka. Dua belas makanan tersebut antara lain adalah ikan carp dengan salad kentang, pierogi, acar herring, barszcz dengan pangsit, rollmops, kubis, sup jamur, salad, dan pangsit kentang. Daging dan daging, begitulah orang Polandia ketika merayakan Natal.

3. Buche de Noel, Perancis

buche de noel

Memiliki kuliner yang mewah dan elegan, tak mungkin negara seperti Perancis tak memiliki makanan spesial untuk menyambut hari raya Natal yang hanya datang satu kali dalam setahun. Ya, masyakarat Perancis memiliki satu makanan yang wajib ada, makanan tersebut bernama Buche de Noel. Makanan apakah itu?

Buche de Noel adalah makanan yang dibuat dari kalkun, angsa, tiram, salmon. foie grass, dan ayam panggang. Terlihat enak? Tentu saja. Perancis menganggap Natal adalah hari raya yang sangat penting, untuk itu juga sangat penting untuk menyajikan makanan terbaik untuk menyambut hari kelahiran Yesus Kristus. Bersamaan dengan Buche de Noel, dihidangkan juga 13 makanan dessert sebagai lambang Yesus dan 12 muridnya.

2. Feast of Seven Fishes, Italia

feast of seven fishes

Mewah, elegan, dan lezat, itulah ciri khas kuliner dari Negara Pizza, Italia. Terdiri dari berbagai negara bagian, masing-masing negara bagian memiliki ciri khas makanan tersendiri. Tapi ketika sudah berbicara soal Natal, hanya ada satu makanan yang wajib dihidangkan. Makanan tersebut diberi nama Feast of Seven Fishes.

Ada alasan kenapa namanya Feast of Seven Fishes. Ketika Natal, wajib hukumnya untuk menghidangkan hidangan berupa ikan di atas meja makan. Dan jumlah ikan yang digunakan adalah tujuh ekor. Alasan digunakan angka 7 karena angka tersebut paling sering muncul di dalam Alkitab. Tak harus ikan, tapi daging hewan yang termasuk dalam hewan laut atau seafood.

1. Stollen, Jerman

stollen

Orang Jerman sangat suka minum bir, kalau kalian kesana, jangan kaget bila melihat anak muda menenggak bir. Kalau tidak suka, tidak perlu memaksakan diri meminum bir. Di hari Natal yang sudah dekat, bukan hanya bir saja yang akan dihidangkan, tapi stollen juga. Stollen merupakan makanan spesial orang Jerman ketika hari raya Natal tiba.

Bagi orang Jerman, Natal kurang lengkap bila tidak ada stollen di meja makan. Stollen adalah kue buah yang terdiri dari kacang-kacangan, buah yang telah dikeringkan, rempah-rempah, dan taburan gula di atasnya. Disajikan bersama dengan stollen adalah kue kering seperti weihnachtsplatzchen, biskuit, dan lebkuchen.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas