home -> Unik -> 10 Kisah Hewan Liar Menyelamatkan Nyawa Manusia
10 Desember 2018 06:25

10 Kisah Hewan Liar Menyelamatkan Nyawa Manusia

Oleh reagan dalam Unik pada November 27, 2018

Singa, harimau, buaya, lumba-lumba, adalah sederet hewan liar yang tinggal di Bumi. Bila kalian suatu waktu melihat hewan liar di alamnya, cara terbaik untuk menghindari konflik dan tetap mengaguminya adalah dengan jaga jarak aman kalian dengan si hewan. Meski kita manusia menganggap mereka adalah hewan, tak sedikit dari mereka yang justru bisa menjadi pahlawan dengan menyelamatkan nyawa manusia dari bahaya. Seperti kisah 10 hewan liar penyelamat manusia di bawah ini.

10. Rob Howes - Lumba-Lumba

Rob Howes

Di akhir tahun 2004, seorang penjaga pantai bernama Rob Howes berterima kasih pada sekelompok lumba-lumba hidung botol. Berkat lumba-lumba hidung botol tersebut, Howes beserta keluarga selamat dari serangan hiu berkat pertolongan kelompok lumba-lumba hidung botol tersebut. Kelompok lumba-lumba tersebut mengitari Howes dan keluarganya dari hiu.

Kejadian mengerikan tersebut dialami oleh Howes di akhir tahun 2004 saat mereka tengah berenang di Ocean Beach. Pertama kali melihat kelakuan lumba-lumba tersebut, Howes merasa mereka tengah bertingkat aneh. Anak Howes berenang bersama temannya, anak Howes terpisah dengan temannya sekitar 20 meter. Di saat itulah lumba-lumba hidung botol berenang ke arah mereka dan mengelilinginya. Ahli biologi mengatakan, lumba-lumba bertingkah demikian, mengindikasi ada hiu di sekitar mereka. Dan secara instring, lumba-lumba berenang mengitari makhluk yang tak berdaya untuk melindungi mereka dari serangan hiu.

9. Yang Yun - Paus Beluga

Yang Yun

Kram adalah hal wajar yang terjadi pada siapapun, apalagi olahragawan atau atlet. Tidak bisa dianggap remeh, otot yang kram harus segera ditindak lanjuti agar menjadi rileks kembali. Coba bayangkan bila kalian sedang berenang, lalu tiba-tiba kaki kalian mengalami kram. Kalian pasti tidak akan bisa berenang ke permukaan dan bisa meninggal karena kehabisan nafas.

Hal itulah yang terjadi pada Yang Yun. Yun yang saat itu mengikuti kompetisi menyelam di Polar Land Aquarium di Harbin, Cina tahun 2009. Yun mengalami kram kaki dan tidak bisa berenang ke permukaan. Untung dirinya ditolong oleh 2 Paus Beluga yang sadar Yun dalam kondisi bahaya. Dua paus tersebut mengigit kaki Yun dan mendorongnya ke permukaan. Selamatlah nyawa Yun saat itu.

8. Amber Mason - Gajah

amber mason

Tsunami termasuk salah satu bencana alam yang mengerikan apabila tingginya sampai bermeter-meter. Di tahun 2004, Thailand menjadi salah satu negara yang merasakan seperti apa dampak merusaknya dari tsunami. Saksi mata saat itu adalah seorang gadis kecil bernama Amber Owen. Dirinya berhasil selamat dari bencana alam tersebut berkat ditolong oleh seekor gajah bernama Ning Nong.

Amber Owen saat itu sedang menaiki Ning Nong. Di saat semuanya terlihat baik-baik saja, Owen sadar ada ombak besar yang datang. Ning Nong kemudian lari sembari membawa Owen di atas punggungnya ke tempat aman. Berkat Ning Nong, Owen berhasil selamat dan kembali bersama keluarga tercintanya.

7. Rheal Guindon - Berang-Berang

Rheal Guindon

Entah apa yang dimimpikan Rheal Guindon sebelumnya. Di saat sedang kamping bersama dengan keluarganya, Guindon malah menyaksikan pemandangan mengerikan dimana perahu yang dinaiki orang tuanya, mendadak tenggelam, menewaskan orang tuanya. Guindon yang berada di pinggir, langsung panik.

Bocah laki-laki asal Ontario, Canada tersebut berusaha berjalan ke kota terdekat untuk minta bantuan. Usahanya gagal dimana ia tidak berada ke kota manapun. Ia pun terpaksa tidur di alam terbuka dimana suhunya sangat dingin. Guindon tertidur, di paginya ia bangun dan melihat di sekitarnya ada 3 berang-berang liar yang tidur dekat dengannya. Berang-berang tersebut tidur di dekat Guindon dan menjaga agar Guindon tidak kedinginan.

6. Anak Kecil - Gorila

gorilla

Publik Amerika sempat dibuat heboh dengan berita seorang bocah laki-laki 3 tahun jatuh ke dalam kandang gorila. Gorila, merupakan hewan liat bertubuh besar, kuat, dan terkenal galak. Apa yang terjadi pada bocah tersebut, orang-orang mengira bahwa nyawa anak tersebut sudah dipastikan sudah dekat dengan maut. Tapi ternyata, bocah laki-laki tersebut malah diselamatkan oleh gorila betina bernama Binti Jua.

Kejadian tersebut terjadi pada 16 Agustus 1996 di Kebun Binatang Brookfield. Ketika anak laki-laki tersebut jatuh ke dalam sarang gorila, seekor gorila betina bernama Binti Jua langsung menghampiri dan melindungi anak laki-laki tersebut dari gorila lain. Binti Jua kemudian menggendong anak laki-laki tersebut dan membawanya ke pintu masuk dimana penjaga bisa langsung segera menolongnya.

5. Seorang Wanita - Rusa

deer

Kira-kira pada bulan Februari 2012, ada sebuah kasus dimana seorang wanita diselamatkan oleh seekor rusa, ya, rusa. Wanita yang namanya tidak mau disebut tersebut menceritakan bahwa dirinya diselamatkan oleh seekor rusa, di malam hari, di Oxford, Ohio. Rusa tersebut menyelamatkan sang wanita dari seorang perampok.

Saat itu sang wanita tengah pulang dari sebuah pesta. Sekitar jam 1 pagi, seorang pria menariknya, memukulnya, dan berusaha merampas tasnya sebelum menyeretnya ke arah ladang. Di saat yang bersamaan, ada seekor rusa yang tengah tidur, terbangun karena suara berisik tersebut. Sang rusa melompat dan melarikan diri dari tempat kejadian. Pria tersebut takut mendengar suara rusa yang dikiranya hendak menyerangnya, memutuskan untuk kabur. Wanita tersebut kemudian kembali ke tempat pesta dan menelpon polisi, menjelaskan kejadian yang baru saja ia alami.

4. Anak Perempuan - Singa

lions

Bila kalian wanita dan tinggal di Ethiopia, maka kalian bernasib sial. Tingkat kejahatan yang melibatkan wanita di Ethiopia sangatlah tinggi. Di sana, para pria menculik wanita yang nantinya akan dipaksa untuk dinikahi. Di tahun 2005, seorang anak perempuan berusia 12 tahun hampir saja menjadi korban penculikan.

Anak perempuan tersebut awalnya dalam perjalanan pulang menuju rumah dari sekolah, ia hendak diculik oleh 4 orang pria. Anak perempuan tersebut sangat beruntung, dirinya dihampiri oleh 3 singa dewasa yang datang melindunginya. Keempat pria tersebut takut dengan singa tersebut dan melarikan diri. Ketika polisi datang, 3 singa tersebut pergi meninggalkan sang perempuan.

3. Kevin Hines - Singa Laut

Kevin Hines

Di saat hidup sudah tak ada harapan, tak sedikit orang sudah hilang harapan dan memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Di tahun 2000, Kevin Hines, seorang pria yang menderita depresi parah dan bipolar disorder, merasa hidupnya sudah tak perlu lagi diteruskan dan memutuskan untuk bunuh diri. Ia mencoba bunuh diri dengan melompat dari Golden Gate Bridge yang berada di San Francisko.

Usaha bunuh diri yang direncanakan oleh Kevin Hines tidak berjalan mulus. Setelah melompat, dirinya malah tidak tenggelam. Seekor singa laut malah menolong Hines  naik ke permukaan air. Singa laut tersebut terus menerus mendorong Hines agar tetap berada di permukaan air. Sampai polisi air datang menolongnya, barulah singa laut tersebut pergi.

2. Nan Hauser - Paus

Nan Hauser

Di bulan Oktober 2017, Nan Hauser yang merupakan seorang ahli biologi laut, memutuskan untuk berenang di Cook Islands. Di saat berenang, Hauser bertemu dengan seekor Paus Humpback yang berlaku sangat aneh. Paus tersebut terus menerus menabrakan dirinya ke Hauser. Hauser melihat kelakuan paus tersebut sangat aneh.

Hauser baru sadar akan kelakuan aneh Paus Humpback tersebut setelah dirinya keluar dari air. ia melihat ada seekor Hu Macan dengan panjang 4,6 meter berenang dekat dengan paus tersebut. Ia pun beranggapan bahwa Paus Humpback tersebut berniat melindungi dirinya dari serangan Hiu Macan. Ini bukan pertama kali Paus Humpback menolong hewan lain dari predator. 

1. Robert Biggs - Beruang

Robert Biggs

Beruang, siapa yang tak kenal dengan hewan besar dan berbulu satu ini. Karena tubuhnya yang besar, berat, kuku, dan giginya yang tajam, beruang dapat melumpuhkan manusia dengan sangat mudah. Maka dari itu, setiap orang yang sedang melakukan aktivitas di hutan, selalu diperingatkan untuk selalu berhati-hati.

Robert Biggs, pada tanggal 26 Maret 2012, sedang mendaki gunung di Whiskey Flats, California. Saat itu, dirinya diserang oleh seekor singa gunung. Sebelumnya, Biggs sempat melihat seekor beruang dengan anaknya. Berniat menghindari beruang, ia malah diserang oleh singa gunung. Bertarung dengan singa, Biggs berhasil selamat dari maut karena sang beruang datang menolong dan berkelahi dengan si singa. Biggs selamat dan berhasil melarikan diri dengan luka ringan di lengannya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas