home -> Unik -> 10 Lift Ekstrim Sekaligus Keren Di Dunia
10 Desember 2018 06:35

10 Lift Ekstrim Sekaligus Keren Di Dunia

Oleh reagan dalam Unik pada November 23, 2018

Semua bangunan bertingkat di dunia memiliki 2 cara untuk naik ke atas yaitu dengan menggunakan lift atau eskalator. Coba bayangkan apabila sebuah gedung dengan total lantai 100 dan di gedung tersebut tidak memiliki eskalator ataupun lift? Bisa sesak nafas orang yang coba menaikinya. Biasanya desainer bangunan merancang lift atau elevator dengan sebaik mungkin, mampu menampung 9-10 orang dengan total berat tertentu dan pastinya aman. Beberapa desainer berpikir lain dan membuat lift dengan bentuk yang ekstrim tapi keren. Inilah beberapa lift atau elevator ekstrim sekaligus keren yang ada di dunia.

10. Gateway Arch, Amerika

Gateway Arch

Kalau melihat gambar di atas, orang pasti berpikir bahwa itu adalah sebuah bangunan biasa berbentuk setengah lingkaran. Bangunan tersebut bernama Gateaway Arch, lokasinya ada di St. Louis, Missouri, Amerika. Bangunan tersebut adalah monumen buatan tangan tertinggi yang ada di Amerika, sekaligus bangunan berbentuk melengkung tertinggi di dunia.

Bangunan dengan tinggi 190 meter, apa mungkin tidak ada liftnya? Tentu tidak dong, di dalam monumen tersebut ada sebuah lift, lift unik yang alurnya mengikuti arah lengkungan dari monumen tersebut. Lift tersebut dapat bekerja membawa kira-kira 5 orang, mengangkutnya sampai ke puncak dan menurunkannya di sisi yang berbeda. 

9. Falkirk Wheel, Skotlandia

falkirk wheel

Mungkin kalian ada yang bingung melihat gambar di atas. Masa iya benda besar tersebut adalah sebuah lift? Falkirk Wheel, benar merupakan sebuah lift. Bukan sembarangan lift, melainkan sebuah lift besar untuk mengangkut perahu. Kapal, pastinya di dalamnya ada orang, jadi Falkirk Wheel tetap bisa dikatakan sebagai sebuah lift bukan?

Falkirk Wheel berlokasi di Skotlandia, lift raksasa ini menghubungkan Union Canal dengan Forth dan Clyde Canal di kota Falkirk. Untuk mampu mengangkat kapal dalam jumlah yang banyak, Falkirk Wheel digerakan oleh 10 motor hidrolik. Falkirk Wheel memiliki bobot 600 ton menjadi salah satu lift ciptaan manusia yang sangat inovatif.

8. London’s Wandsworth Town, Inggris

London’s Wandsworth Town lift

Andrew Walker adalah seorang artis seni berdarah Inggris yang sangat terkenal. Pria satu ini selalu membuat projek yang tak biasa dan kreatif. Siapapun yang melihat hasil seninya, pasti akan berdecak kagum. Lalu, apa hubungan Andrew Walker dengan lift? Walker diketahui mendesain sebuah lift yang bisa membuat siapapun yang menaikinya langsung lemas seketika.

Lift hasil karya Walker berada di Wandsworth Shopping Centre yang berlokasi di London. Di sebelah Selatan, ada sebuah lift yang didesain khusus oleh tangan Walker. Di bagian bawah lift dibuat seperti transparan atau tanpa alas. Siapapun yang masuk ke dalam lift terkejut, apakah lift tersebut benar-benar ada alasnya atau tidak.

7. Sky Tower, New Zealand

Sky Tower

Ada banyak macam fobia, salah satunya yang paling sering didengar adalah acrophobia. Acrophobia adalah ketakutan berlebih seseorang terhadap ketinggian. Banyak orang yang pasti takut dengan ketinggan, tapi orang acrophobia bisa bereaksi lebih dari pada yang biasa. Mungkin kalian termasuk salah satu orang yang juga takut akan ketinggian?

Jika kalian termasuk orang yang acrophobia, maka lift di Sky Tower, New Zealand bisa menjadi mimpi buruk buat kalian. Bagian bawah lift Sky Tower dibuat dari kaca tembus pandang, jadi selagi lift bergerak naik atau turun, kalian bisa melihat pemandangan di bawah kaki kalian. Sky Tower sendiri adalah sebuah menara observasi yang memiliki tinggi mencapai 328 meter. Jadi, bayangkan sendiri bagaimana rasanya menaiki lift dengan bagian bawah yang transparan. Ngeri pastinya.

6. Taipei 101, Taiwan

Taipei 101

Bukan Amerika saja yang memiliki banyak gedung pencakar langit, ada banyak negara yang juga memiliki gedung tinggi, sebut saja Taipei. Untuk mengakomodir orang berpindah lantai, biasanya gedung bertingkat lebih memilih lift ketimbang eskalator. Seperti yang ada pada gedung pencakar langit di Taiwan, Taipei 101.

Lift di Gedung Taipei 101 berbeda dengan lift pada umumnya. Lift di Taipei 101 adalah lift tercepat yang ada di dunia. Catatan tersebut ditorehkan pada tahun 2004. Kecepatan maksimun dar ilift tersebut mencapai 16,83 meter per detik. Dengan kecepatan seperti itu, lift dapat memindahkan orang dari lantai 5 ke lantai 89 hanya dalam waktu 37 detik.

5. Lacerda Elevator, Brazil

Lacerda Elevator

Brazil, negeri indah yang terkenal akan sepakbola dan tarian Samba. Salah satu kotanya yakni Salvador, sangat terkenal akan kuliner, musik, tarian, dan arsitektur bergaya kuno.  Salah satu pantainya yaitu Porto da Barra Beach dianggap sebagai salah satu pantai terbaik di dunia. Tapi bukan itu yang akan kita bahas. Yang akan kita bahas adalah lift yang bernama Lacerda Elevator.

Lacerda Elevator merupakan sebuah lift umum yang berada di kota Salvador. Lift ini menjadi penghubung antara kota bawah dan kota atas. Tinggi dari Lacerda Eleveator diperkirakan mencapai 72 meter. Lift dibangun pada tahun 1869 sampai 1873. Dinamai sesuai dengan nama direktur dari Commercial Association of Bahia yaitu Antonio de Lacerda.

4. Ericsson Globe, Swedia

Ericsson Globe

Yang ada di pikiran orang, lift hanyalah sebuah ruangan kotak yang mampu mengangkut beberapa orang dan memindahkannya ke lantai tertentu dengan naik atau turun. Di Swedia, ada sebuah lift yang benar-benar di luar akal sehat. Desainnya bukan lagi naik atau turun, melainkan bergerak melengkung di jalurnya.

Lift unik tersebut dapat kalian temukan di bangunan The Globen Arena, Stockholm. Lift unik ini begitu membuat heboh orang, di track yang melengkung, sebuah lift berbentuk hampir bulat dibentuk. Lift bergerak naik atau turun menyesuaikan tracknya yang melengkung tersebut. The Globen Arena sendiri adalah bangunan berbentuk bola terbesar yang ada di Swedia. Bagaimana? Lift yang sangat unik bukan?

3. AquaDom, Jerman

AquaDom

Lift di dalam akurium? Mungkin kah itu? Mungkin ada yang percaya, ada yang tidak. Bagi mereka yang tidak percaya, di Jerman, ada sebuah lift yang berada di dalam sebuah akuarium raksasa. Lift tersebut bernama AquaDom, letaknya di Berlin. Lift berfunsi sebagaimana mestinya dan akuariumnya berisikan berbagai macam ikan.

AquaDom sendiri adalah sebuah hotel yang kompleks. Di dalam hotel tersebut ada ruangan kantor, restoran, musum, dan aquarium tradisional. Akuariumnya memiliki tinggi 15 meter. Tamu yang ingin pindah lantai dan menggunakan fasilitas lift, akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang ada di dalam lift sekaligus akuarium tersebut. Sejumlah ikan hias dan beberapa hewan laut diletakkan di dalam akuarium tersebut.

2. Bailong Elevator, Cina

Bailong Elevator

Cina, negara berkembang yang saat ini ekonomi dan industrinya mulai mengejar Amerika. Ada satu alasan kenapa Cina begitu menarik. Selain perkembangan industrinya yang maju pesat, Cina memiliki banyak sekali pemandangan alam indah yang mengagumkan. Salah satunya adalah Zhangjiajie National Forest Park.

Di dalam hutan nasional tersebut, ada sebuah tebing yang sangat tinggi. Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan indah dari tebing tersebut, dapat menggunakan fasilitas lift yang telah disediakan. Di tepian tebing tersebut dibuat sebuah lift dengan tinggi 326 meter, lift tersebut dinamakan Bailong atau yang dalam bahasa Inggrisnya adalah One Hundred Dragons. Oleh Guiness World Record, lift ini didapuk sebagai lift outdoor paling tinggi yang ada di dunia.

1. Hammetschwand Lift, Switzerland

Hammetschwand Lift

Di mata dunia, Swiss adalah rumahnya bagi kastil dan gunung. Kastil indah dan gunung, liburan ke Swiss pastinya bukanlah hal yang salah. Salah satu destinasi yang TahuPedia anjurkan adalah Danau Lucerne. Lokasinya terletak di Utara perbatasan antara Pegunungan Alpen dan Gunung Burgenstock.

Berdiri setinggi 1.114 meter di atas permukaan laut, gunung yang bentuknya mirip tanduk ini terdapat dataran tinggi yang sangat luas, ditambah dengan permukaan sebelah Utaranya yang hampir vertikal menuju Danau Lucerne. Di puncaknya, terdapat sebuah tebing curam dengan elevator yang sangat tinggi, bernama Hammtschwand Lift. Elevator setinggi 502 meter tersebut menghubungkan jalur berbatu di Gunung Burgenstock ke puncak yang dinamakan Hammtschwand.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas