home -> Lainnya -> 10 Karakter DC Comics dan Marvel Yang Mirip
10 Desember 2018 06:26

10 Karakter DC Comics dan Marvel Yang Mirip

Oleh reagan dalam Lainnya pada November 16, 2018

Persaingan antara Marvel dan DC Comics telah berlangsung sejak bertahun-tahun lamanya. Persaingan tidak hanya terjadi di komik, tapi sampai ke serial televisi, film layar lebar, action figure, dan merchandise. Kalian yang mengikuti kedua komik tersebut, pasti sadar bahwa ada banyak karakter dari 2 komik tersebut yang memiliki kemiripan. Berikut TahuPedia tampilkan 10 karakter dari DC Comics dan Marvel yang terlihat sangat mirip.

10. Darkseid dan Thanos

Darkseid and Thanos

Tidak akan ada superhero bila tidak ada penjahat. Di saat penjahat biasa bisa dikalahkan dengan mudah, maka para pencipta komik, baik itu DC Comics dan Marvel, mereka memutuskan untuk menciptakan karater super jahat dan juga super kuat. Lalu DC Comics menciptakan karakter Darkseid pada tahun 1970 dan Marvel menciptakan Thanos pada tahun 1973.

Melihat kekuatan Thanos dan Darkseid, mereka berdua sama-sama memiliki kekuatan dahsyat yang dapat menghancurkan apapun dalam sekejap, termasuk galaksi. Memiliki kekuatan yang hampir sama, tampilan fisik yang hampir sama juga, Thanos dan Darkseid saling berbagi misi yang sama juga yakni ingin menguasai galaksi.

9. Atom dan Ant-Man

Atom and Ant-Man

Karakter dari DC Comics dan juga Marvel yang mirip satu sama lain adalah Atom dan Ant-Man. Baik Atom dan Ant-Man, keduanya termasuk golongan superhero yang berjuang melawan para penjahat dengan inovasi senjata yang mereka ciptakan. Ya, keduanya juga adalah ilmuwan yang cerdas di dalam komik.

Baik Atom dan Ant-Man, mereka lahir di era yang sama yaitu era 60an. Atom muncul lebih dulu pada tahun 1961, sedangkan Ant-Man muncul setahun kemudian. Atom memiliki nama asli Ray Palmer, Ant-Man adalah Hank Pym. Keduanya menciptakan teknologi berupa pakaian khusus yang bisa membesar dan mengecil sesuai keinginan dari pemakainya.

8. Aquaman dan Namor

Aquaman and Namor

Bila melihat kapan pertama kali dikenalkan antara Aquaman dan Namor, Namor adalah yang pertama kali keluar. Marvel menciptakan karakter Namor pada tahun 1939. Baru pada tahun 1941, DC Comics menciptakan karakter yang sama persis untuk menyaingi Namor yakni Aquaman. Dan nyatanya, DC Comics berhasil membuat Aquaman jauh lebih populer ketimbang Namor.

Lahir lebih dulu, Namor memang kalah pamor ketimbang Aquaman. Tapi bila berbicara soal kemampuan, keduanya bisa dibilang hampir sseimbang. Kenapa hampir? Itu karena Hamor memiliki kemampuan terbang yang dimana Aquaman tidak punya. Asal-usul keduanya pun juga sama yakni mereka lahir dari hasil hubungan pria normal dengan wanita dari Atlantis.

7. Red Hood dan Winter Soldier

Red Hood and Winter Soldier

Sebagai permulaan, Red Hood dan Winter Soldier awalnya merupakan seorang superhero yang sangat terkenal. Red Hood yang awalnya adalah Robin yang merupakan sidekick dari Batman dan Winter Soldier adalah Bucky Barnes yang merupakan sidekick dari Captain Amerika. Mengetahui siapa sidekicknya, kalian pasti sudah bisa menebak bahwa Red Hood berasal dari DC Comics dan Winter Soldier dari Marvel.

Mereka berdua secara mengejutkan ternyata lahir di tahun yang sama yakni 2005. Robin yang saat itu adalah Jason Todd, bernasib sial karena dibunuh oleh Joker. Terlahir kembali dari Lazarus Pit, Todd yang sebelumnya adalah Robin, berubah menjadi penjahat dengan julukan Red Hood. Winter Soldier pun juga memiliki latar belakang yang tak jauh berbeda dengan Red Hod. Bucky Barnes meninggal dengan heroik saat mencoba menjinakan bom pada Perang Dunia II. Ia pun terlahir kembali dengan identitas baru yaitu WInter Soldier.

6. Green Arrow dan Hawkeye

Green Arrow and Hawkeye

Bagi kalian yang gemar menonton film superhero Marvel dan DC Comics, kalian pasti pernah melihat superhero bernama Green Arrow dan Hawkeye. Sepintas, ada kemiripan dari kedua superhero ini yaitu sama-sama ahli dalam menggunakan panah. Yang berbeda adalah Hawkeye berasal dari komik Marvel, sedangkan Green Arrow dari DC Comics.

Di tahun 1941, DC Comics telah lebih dahulu menciptakan karakter Green Arrow. Di tahun 1964, barulah giliran Marvel menciptakan Hawkeye. Hawkeye yang memiliki nama asli Clint Barton dulunya adalah seorang bocah dari keluarga yang berantakan yang sering dibully. Ia kemudian mengembangkan kemampuan memanahnya dan bergabung dengan acara sirkus. Oliver Queen, berasal dari anak kaya raya yang terjebak di sebuah pulau terpencil. Di pulau itulah Oliver mengembangkan kemampuan bertahan hidup dan juga kemampuan memanahnya.

5. Deathstroke dan Deadpool

Deathstroke and Deadpool

Karakter komik DC Comics dan Marvel yang juga memiliki kemiripan adalah Deadpool dan Deathstroke. Keduanya sama-sama karakter pembunuh yang ahli dalam menggunakan berbagai macam senjata tajam dan api. Marvel memunculkan Deadpool pada tahun 1991, sedangkan DC Comics memunculkan Deathstroke 1 tahun lebih awal yakni di tahun 1990.

Deathstroke memiliki nama asli Slade Joseph Wilson. Dengan bermodalkan pakaian tempur dan topeng, ia membantai siapapun yang dianggap sebagai musuh. Biasa beroperasi sendirian, Deathstroke sangat ahli dalam senjata api dan tajam, kekuatan dan kecepatan melebihi manusia normal, dan sangat ahli dalam strategi. Marvel, menciptakan tiruan dari Deathstroke hampir sama persis. Berbeda di kemampuan menyembuhkan diri yang cepat dan memiliki rasa humor yang tinggi, berbeda dengan Deathstroke yang serius.

4. The Flash dan Quicksilver

The Flash and Quicksilver

Di tahun 1940, DC Comics pertama kali memperkenalkan The Flash pada para penggila komik, terutama penggila komik DC. The Flash adalah superhero DC Comics yang memiliki kemampuan dapat berlari super kencang, secepat atau mungkin lebih cepat dari cahaya. Adalah sosok Barry Allen yang berada di balik topeng The Flash. Barry menjadi The Flash karena terkena ledakan dari partikel akseslerator yang menyebabkan ini bisa berlari super cepat.

Di sisi lain, Marvel, ingin menciptakan superhero juga yang memiliki kecepatan lari luar biasa tapi tidak mau mirip dengan The Flash. Maka dari itu pada tahun 1964, diciptakanlah Quicksilver. Berbeda dengan The Flash yang mampu berlari secepat cahaya, Quicksilver memiliki kemampuan berlari secepat suara. Tidak seperti Barry Allen yang menjadi The Flash karena kecelakaan, Quicksilver yang memiliki nama asli Pietro Django Maximoff, dapat berlari cepat karena ia adalah mutan.

3. Superman dan Thor

Superman and Thor

Superman pertama kali muncul di tahun 1938 yang dibuat oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster. Superhero paling terkenal dari DC Comics ini bisa dibilang adalah superhero paling sempurna jika saja tidak lemah terhadap baty krypton. Superman bisa melakukan apa saja, x-ray, cepat, kuat, dan dapat terbang. Dengan nama asli Kal-El, ia merupakan survivor dari planet Krypton. Mendarat dengan pesawat luar angkasa di Bumi dan ditemukan oleh pasangan petani Jonathan Kent dan Martha Kent. Oleh mereka berdua, Kal-El yang masih bayi, diberi nama Clark Kent. Hingga sekarang, kepopuleran Superman masih tak luntur.

Berkaca dari keberhasilan DC Comics dalam menciptakan Superman, Marvel pun juga tak mau kalah. Marvel kemudian menciptakan beberapa karakter superhero tandingan Superman. Mulai dari Thor tahun 1962, Sentry tahun 1967, dan Hyperion tahun 1969. Dari ketiga karakter tersebut, Thor lah yang paling dikenal dan populer. Thor adalah merupakan anak dewa petir, Odin. Berasal dari luar angkasa, Asgard, Thor memiliki kekuatan yang mirip dengan Superman. Thor memiliki kemampuan terbang, kuat, dan juga cepat.

2. Swamp Thing dan Man-Thing

Swamp Thing and Man-Thing

Dunia komik DC Comics dan Marvel itu sangat luas. Apa yang kalian lihat di layar kaca itu hanya sebagian kecil dari komik. Kalian yang hanya tahu dari layar kaca, pasti asing dengan karakter Swamp thing dan Man-Thing. Itu jelas saja karena 2 karakter ini belum pernah ditampilkan di layar kaca secara langsung,

Swamp Thing adalah karakter yang dimunculkan oleh DC Comics dan Man-Thing dari Marvel. Keduanya sama-sama rilis pada tahun 1971, hanya saja Man-Thing muncul 2 bulan lebih awal. Ceritanya adalah, baik Swamp Thing dan Man-Thing adalah ilmuwan yang mengalami kejadian mengerikan di rawa-rawa yang akhirnya mengubah mereka menjadi sosok mengerikan seperti yang terlihat pada gambar. Baik Swamp Thing dan Man-Thing lebih mengarah ke karakter mistis.

1. Batman dan Moon Knight

batman and moon knight

Batman termasuk salah satu karakter superhero paling terkenal yang diciptakan oleh DC Comics. Karakter ini dibuat pada tahun 1939 oleh Bob Kane dan Bill Finger. Orang dibalik topeng Batman adalah Bruce Wayne, seorang anak miliarder kaya yang menjadi yatim piatu sejak kecil karena kedua orang tuanya dibunuh oleh perampok. Beranjak dewasa, Bruce kemudian berlatih bersama grup pembunuh rahasia, League of Assassins. Setelah itu, Bruce kemudian berjanji untuk memberantas kota Gotham dari segala bentuk kejahatan dengan menjadi Batman.

Di sisi lain, Marvel menciptakan karakter Moon Knight pada tahun 1975. Orang yang berada di balik topeng Moon Knight adalah Marc Spector. Marc Spector yang dimotivasi oleh dendam, menjadi Moon Knight setelah dirinya dikalahkan oleh seorang teroris dan ditinggalkan di sebuah padang pasir untuk mati. Sampai akhirnya Dewa Khonshu menghidupkan kembali Spector dan sejak saat itu Spector menyamar sebagai Moon Knight untuk membasmi kejahatan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas