home -> Unik -> 10 Tempat Aneh Di Dunia Yang Sulit Djelaskan Oleh ...
10 Desember 2018 07:46

10 Tempat Aneh Di Dunia Yang Sulit Djelaskan Oleh Sains

Oleh reagan dalam Unik pada November 12, 2018

Dulu, di saat pengetahuan masih terbatas, banyak orang yang masih mempercayai mitos-mitos tak jelas. Semakin berjalannya waktu, teknologi semakin maju, ilmu pengetahuan atau sains juga turut berkembang. Hal-hal yang dulu sulit dijelaskan, kini sudah bisa mendapat penjelasan yang masuk akal. Namun, di beberapa tempat, terdapat keanehan dimana para ilmuwan pun masih bingung bagaimana keanehan itu bisa terjadi. Penasarankah kalian? Inilah daftar tempat aneh di dunia yang masih sulit dijelaskan dengan sains.

10. Sungai Arve, Swiss

arve river

Sebuah sungai unik dan aneh mengalir melalui Swiss dimana kedua airnya terlihat tidak menyatu. Kenapa bisa tahu tidak menyatu? Itu karena sungai tersebut merupakan gabungan dari 2 sungai di Swiss dimana salah satu sungai memiliki warna air biru, dan satunya memiliki warna coklat. Kedua aliran sungai tersebut tidak menyatu baik dari permukaan sampai dasar.

Keanehan ini membuat ilmuwan bingung namun membuat orang biasa takjub. Sungai yang juga melalui Perancis in imemiliki panjang kira-kira 100 km. Aliran sungai berasal dari gletser di Lembah Chamonix dan berakhir di Rhone, sebelah Barat kota Geneva. Entah apa yang membuat kedua sungai ini tidak bisa menyatu. Sudah bagaikan air dan minyak saja.

9. Sungai Shanay-Timpishka, Peru

shanay-timpishka river

Mandi di pemandian air panas dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Di Indonesia sendiri, ada banyak lokasi pemandian air panas. Salah satunya adalah Pemandian Air Panas Ciater yang berada di Jawa Barat. Tentunya air panasnya juga tidak panas-panas sekali. Suhunya pas untuk kita manusia menikmatinya. Di Peru juga ada lokasi air panas, bukan pemandian, melainkan sungai Shanay-Timpishka.

Sayangnya, air di Sungai Shanay-Timpshka di Peru ini tidak bisa kalian gunakan untuk berendam. Alasannya adalah karena suhunya yang sangat panas hingga mendidih. Sejumlah binatang yang tak sengaja tercebur ke sungai ini pasti akan mati. Biasanya air akan menjadi panas apabila berada dekat dengan gunung berapi, namun ini tidak. Gunung berapi terdekat dari Sungai Shanay-Timpishka berjarak 700 km dan itu tidak cukup untuk bisa memanaskan air di Sungai Shanay-Timpishka.

8. Petrifying Well, Knaresborough

Petrifying Well

Ingatkah kalian dengan cerita rakyat dari Sumatera berjudul Malin Kundang? Malin Kundang menceritakan kisah seorang anak yang dikutuk oleh ibunya sendiri menjadi batu akibat durhaka. Mungkin kalian ada yang berpikir, mana mungkin ada orang yang bisa berubah menjadi batu karena kutukan. Ya, mungkin itu benar, tapi di Inggris, tepatnya di Knaresborough, ada sebuah lokasi dimana benda apapun yang ditaruh disana akan berubah menjadi batu. Tempat tersebut bernama Petrifying Well.

Petrifying Well adalah merupakan sebuah sumur di wilayah Knaresborough, sumur tersebut berada dekat dengan Goa Mother Shipton. Air yang merembes dari dinding goa tersebut akan membuat benda apapun menjadi batu. Menurut peneliti, air yang mengucur dari goa tersebut mengandung mineral yang tinggi sehingga bisa membuat barang apapun yang tersentuhnya dapat berubah menjadi batu. Namun, proses untuk menjadi batu tidak bisa secepat itu. Yang terjadi disana adalah, barang apapun yang ditaruh, hanya dalam waktu satu malam bisa berubah sekejap menjadi batu.

7. Gruner See, Austria

Gruner See

Tak ada yang lebih rileks daripada bersantai di sebuah taman. Udara sejuk tanpa polusi dan tanpa ada kendaraan bermotor membuat pikiran dan jiwa menjadi santai. Tak heran kenapa banyak orang yang lebih memilih bermeditasi di taman. Tapi, apa yang terjadi jika taman tersebut suatu ketika tenggelam lalu muncul lagi. Mukjizat macam apalagi itu?

Sebuah taman di Austria yang indah, memiliki jalur hiking, tempat duduk untuk bersantai, dan pemandangan berupa danau, setiap musim seminya selalu tenggelam. Taman ini bernama Guner See, dikelilingi oleh Gunung Hochschwab dan hutan hijau. Di musim salju, hutan akan ditutupi es salju, dan ketika musim semi tiba, salju meleleh hingga membuat volume danau meningkat drastis. Menyebabkan taman tersebut selalu tenggelam. Untuk tetap bisa mengunjungi taman bawah air tersebut, kalian akan membutuhkan perlengkapan renang.

6. The Uphill-Downhill Road Of Ariccia, Italia

The Uphill-Downhill Road Of Ariccia

Ketika berkendara menuruni sebuah jalan yang menurun, logikanya adalah kendaraan tersebut akan meluncur turun meski tanpa menginjak gas bukan? Logika tersebut sayangnya tidak berlaku di sebuah jalan di Ariccia, Italia. Jika kalian mendiamkan kendaraan kalian, tanpa menahan rem, maka kendaraan kalian bisa bergerak mundur.

Sungguh sebuah keanehan yang diluar nalar sehat manusia, sebuah kendaraan yang harusnya meluncur turun menuruni jalan, malah mundur menaikinya. Kejadian aneh ini sampai mengundang rasa ingin tahu dari para pakar paranormal. Mereka menganggap bahwa kejadian ini adalah sebuah hal yang berkaitan dengan paranormal. Seram? Tidak, justru semakin banyak orang yang datang ke jalan tersebut dan membuktikannya.

5. The Mystery Spot, California

The Mystery Spot

Di Dufan, Jakarta, ada sebuah wahana yang bernama Rumah Miring. Di wahana ini, kita bisa mencoba bagaimana rasanya berada di sebuah bangunan yang miring. Sebenarnya, Rumah Miring hanya sebuah bangunan yang sudah dibangun sedemikian rupa hingga orang yang masuk ke dalamnya merasakan kemiringan tersebut. Tapi ada sebuah tempat di California dimana anomali gravitasi yang terjadi bukanlah sebuah trik.

Tempat yang dimaksud adalah The Mystery Spot. Lokasi tempat itu berada di Redwood Forest di luar Santa Cruz, California. Anomali gravitasi terjadi dimana kita bisa berjalan di jalanan menanjak curam dengan mudah dan masuk ke dalam bangunan dimana anomali terjadi. Anomali tersebut ditemukan pada tahun 1939 dan hanya berada di area dengan diameter 46 meter. Sekarang, tempat tersebut dimanfaatkan sebagai salah satu tujuan pariwisata.

4. Magnetic Hill, New Brunswick

Magnetic Hill

Kalian ingin melihat keanehan berupa mobil bergerak sendiri tanpa ada yang mengemudi? Jika iya, maka datanglah ke New Brunswick, Kanada. Di sana, kalian bisa menyaksikan sendiri sebuah fenomena aneh berupa mobil bergerak sendiri. Bukan bergerak turun di jalan yang menurun, tapi bergerak mundur menaiki bukit. Aneh?

Mungkin kalian berpikir bahwa tidak mungkin sebuah kendaraan, bisa bergerak mundur menaiki sebuah jalan yang menanjak, dalam kasus ini adalah bukit di New Brunswick. Tapi itulah yang benar-benar terjadi. Bahkan oleh para peneliti, kekuatan magnet dari Bumi saja belum sekuat itu untuk bisa menggerakkan mobil mundur menaiki bukit. Keanehan ini sudah terjadi sejak tahun 1930an.

3. Longyearbyen, Norwegia

Longyearbyen

Dengan beribukotakan Oslo, Norwegia adalah sebuah negara Skandinavia yang berhiaskan gunung, gletser, dan ceruk. Sebuah negara yang sangat indah bila kalian berkesempatan berlibur disana. Di negara ini juga terdapat sebuah tempat yang sangat aneh dimana ilmu sains pun sulit menjelaskan keanehan yang terjadi disana.

Svalbard, sebuah kepulauan yang berada di Utara Greenland di Laut Arctic, tempat keanehan dimana matahari tidak pernah tenggelam. Fenomena ini terjadi dari tanggal 20 April hingga 23 Agustus. Atas keanehah tersebut, mereka para turis atau wisatawan yang baru pertama kali ke Svalbard akan merasakan bingung, apakah ini malam, sore atau pagi hari. Inipun berpengaruh pada jam biologis manusia untuk tidur.

2. Eternal Flame Falls, New York

Eternal Flame Falls

Di balik air terjun di Chestnut Ridge Park terdapat sebuah bayangan kuning yang mungkin dikira adalah ilusi mata saja. Tapi ternyata, bayangan kuning tersebut adalah sebuah kobaran api. Ini tentu sangat menakjubkan mengingat biasanya api akan padam apabila terkena air. Tapi ini tidak terjadi dengan api yang ada di balik air terjun tersebut.

Keanehan ini diduga karena adanya retakan di dalam air terjun yang membuat gas metana dari dalam Bumi menyembur keluar. Suatu ketika ada orang usil yang memiliki ide untuk menyulutnya dengan api. Tindakan tersebut berhasil dan api terus menyala di dalam goa tersebut. Gas metana terus keluar hingga api hampir tidak mustahil untuk padam. Atas keanehan tersebut, tempat tersebut dinamakan Eternal Flame Falls.

1. Relampago del Catatumbo, Venezuela

Relampago del Catatumbo

Dari keanehan-keanehan yang terjadi di berbagai tempat di dunia, tidak ada yang sebanding dengan apa yang terjadi di Venezuela. Ada satu lokasi di Venezuela dimana petir selalu menyambar. Bukan satu tapi bisa puluhan hingga ratusan petir terjadi di lokasi tersebut. Orang pun sulit menjelaskan kenapa hanya di lokasi itu saja frekuensi sambaran petir bisa begitu banyak.

Lokasi sambaran petir itu berada di Barat Daya dari Danay Maracaibo. Frekuensi munculnya sambaran petir di area tersebut adalah 250 sambaran per km2 tiap tahunnya. Pada bulan Mei dan Oktober adalah 2 momen dimana sambaran petir sedang banyak-banyaknya. Oleh The National Weather Service Venezuela, tercatat ada lebih dari 12 sambaran petir terjadi di setiap menitnya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas