home -> Lainnya -> 10 Perusahaan Terkenal dan Rivalnya
16 November 2018 05:57

10 Perusahaan Terkenal dan Rivalnya

Oleh reagan dalam Lainnya pada November 01, 2018

Persaingan di dunia bisnis itu sangat keras. Kalah bersaing, maka siap-siap perusahaan yang dikelola akan mengalami kekalahan yang dapat berujung pada kebangkrutan. Di dunia bisnis, semua perusahaan adalah rival, berusaha saling mengalahkan atau menjatuhkan lawan mainnya agar perusahaan sendiri bisa unggul atau menjadi yang terdepan. Persaingan yang terjadi seringkali berlangsung dalam waktu yang sangat panjang hingga tak ada yang tahu kapan akhirnya. Berikut TahuPedia tampilkan 10 perusahaan beserta rivalnya. 

10. HP dan IBM

HP and IBM

Persaingan antara 2 perusahaan raksasa komputer, IBM dan HP tak akan pernah usai sampai kapanpun. IBM didirikan lebih dulu pada tahun 1911, HP didirikan pada 1939. Baik IBM dan HP, keduanya menjual dan memproduksi perangkat keras dan lunak komputer. Persaingan sengit dimulai ketika HP mulai didirikan.

Di dunia IT, kedua perusahaan tersebut saling bertolak belakang. HP lebih menjadi akar dari segi teknik, sedangkan CEO Thomas Watson tak lebih sekedar salesman daripada ilmuwan. HP memiliki lebih banyak CEO dalam satu dekade ketimbang IBM semenjak era Watson usai. IBM memiliki rencana jangka panjang 5 tahun, HP lebih fokus pada pergerakan yang agresif.

9. Ford dan GM

Ford and GM

Di tahun 1903, lahir sebuah perusahaan otomatif bernama General Motors atau yang biasa disingkat dengan GM. GM mendesain, membuat, memasarkan, dan mendistribusikan kendaraan dan suku cadang kendaraan, serta memberikan layanan jasa pembiayaan. Lalu, 9 tahun kemudian, lahir juga pesaing dari GM yaitu Ford.

Sejak berdiri, Ford dan GM saling bersaing untuk menjadi perusahaan otomotif paling favorit. Di negara asal mereka berdiri pun, barang produksi mereka selalu memenuhi dealer. Di tahun 2011, kepala marketing Ford mengatakan bahwa ia membenci GM dan segala produknya. Tak mau kalah, CEO GM mengatakan bahwa produk Ford tidak ada apa-apanya dibanding produk mereka.

8. Sony dan Nintendo

Sony and Nintendo

Persaingan antaran Sony dan Nintendo telah berlangsung kurang lebih 15 tahun. Sony dan Nintendo, keduanya adalah 2 perusahaan konsol yang sangat terkenal. Kalian yang adalah gamer, pasti sudah familiar dengan 2 perusahaan ini. Salah satu produk Sony yang terkenal adalah Playstation, dan Nintendo adalah Nintendo Wii.

Nintendo memulai perjalanannya dengan memproduksi kartu bermain. Baru di 1970an Nintendo dianggap sebagai salah satu perusahaan gaming. Di tahun 1995, munculah Sony sebagai kompetitor Nintendo. Sony memperkenalkan produknya yaitu Playstation. dengan grafik 3D. Nintendo kemudian meluncurkan N64. Hingga sekarang, baik Sony dan Nintendo, keduanya tak pernah lelah merilis produk terbarunya.

7. Lamborghini dan Ferrari

Lamborghini and Ferrari

Pecinta mobil, terutama mereka yang suka dengan supercar, pasti sering mendengar yang namanya Lamborghini dan Ferarri. Kedua merk tersebut adalah merk perusahaan otomotif besar yang sama-sama berasal dari Italia. Dan keduanya bersaing membuktikan supercar mana yang paling cepat dan favorit pecinta otomotif.

Menurut cerita, Ferrucio Lamborghini kecewa dengan Ferrari. Lalu ia mendirikan perusahaan mobil sendiri pada tahun 1967. Baik Lamborghini dan Ferrarri, keduanya menghasilkan mobil cepat yang mewah, sporty, cepat, dan juga mahal. Kedua perusahaan tersebut juga menggunakan binatang sebagai simbol mereka.

6. Nike dan Reebok

Nike and Reebok

Ketika mencari sepatu, entah itu untuk hari-hari, olahraga, jalan, orang akan dibuat galau dengan begitu banyaknya brand sepatu yang ada di pasaran. Di antara sekian banyak brand sepatu, tak mungkin tak ada yang kenal dengan Nike dan Reebok. Kedua brand sepatu itu telah ada sejak lama dan saling bersaing untuk menjadi yang terdepan.

Dulu, di tahun 1984, penjualan sepatu Nike pernah mengalami penurunan. Di sisi lain, Reebok yang merupakan subsidiari dari Adidas, mendominasi pasar. Sampai akhirnya Nike melakukan perjudian dengan meyakinkan Michael Jordan yang saat itu tergolong bintang muda yang memiliki masa depan cerah untuk menjadi model dari Nike. Jordan sendiri saat itu lebih tertarik pada Adidas, tapi akhirnya keputusan yang diambil Nike dengan memakai Michael Jordan sebagai modelnya membuahkan hasil positif.

5. Microsoft dan Apple

Microsoft and Apple

Jika berbicara soal komputer, perdebatan bisa mengerucut pada mana yang lebih baik antara dua perusahaan raksasa, Microsoft dan Apple. Perdebatan bisa sangat panas apalagi bila melibatkan fans Apple dan fans Microsoft. Kedua fanboy biasanya saling menyerang dan mengatakan bahwa sisi mereka lebih bagus.

Berbicara soal Apple, mereka selalu membuat produk yang eksklusif, sedangkan Microsoft lebih inklusif. Dalam segi hardware, Apple bisa dikatakan jauh lebih unggu dari Microsoft. Tapi di sisi lain, Microsoft lebih dipilih sebagai sistem operasi karena sifatnya yang inklusif. Oh ya, persaingan antar keduanya sudah dimulai dari akarnya yakni pendiri Microsoft, Bill Gates dan pendiri Apple, Steve Jobs.

4. Dunkin' Donuts dan Starbukcs

Dunkin' Donuts and Starbucks

Bagi banyak orang, untuk mengawali pagi, wajib untuk minum secangkir kopi. Tanpa kopi, mood rasanya kacau balau. Dan, salah satu perusahaan yang memiliki fokus dalam menyajikan kopi adalah Starbucks. Melihat bahwa penjualan kopi dapat mendatangkan keuntungan, ada sebuah restoran yang turut meramaikan persaingan dan menjadi rival Starbucks, restoran tersebut adalah Dunkin' Donuts.

Dunkin' Donuts sendiri sudah ada sejak tahun 1950, sedangkan Starbucks didirikan pada 1971. Namun, pada saat Dunkin' Donuts didirkan, mereka memiliki fokus menjual donat. Ketika melihat Starbucks meraih untung besar, Dunkin' Donuts kemudian mencoba merambah ke area yang baru yaitu kopi.

3. Marvel dan DC Comics

Marvel and DC Comics

Belakangan ini, bioskop seringkali dihiasi dengan film bertemakan superhero. Dan bagi kalian yang masih awam tentang dunia superhero dan komiknya, ada 2 perusahaan komik yang sangat terkenal yakni Marvel dan DC Comics. Kedua perusahaan ini saling bersaing satu dengan yang lain di segala sisi, seperti komik, serial televisi, action figure, film, dan masih banyak lagi lainnya.

Sedikit contoh superhero dari DC Comics yang terkenal adalah Superman, Batman, dan Wonder Woman. Sedangkan superhero dari Marvel adalah Iron Man, Spiderman, dan Hulk. Persaingan keduanya sudah terjadi sejak tahun 1996. Saking panas rivalitas keduanya pun terasa sampai ke fansnya. Sampai yang saking fanatiknya, fans DC Comics tak mau menonton atau mengkoleksi barang-barang dari Marvel, begitu juga sebaliknya. Toh bila diperhatikan, karakter superhero dari Marvel dan DC Comics juga mirip-mirip.

2. McDonald's dan  Burger King

McDonald's and Burger King

Kalian suka dengan burger? Burger atau hamburger adalah salah satu dari sekian banyak makanan fast food yang populer kini. Ketika berbicara soal hamburger, maka kita tak bisa lupa juga dengan restoran yang membuat dan menjual. Dan, ada 2 restoran fast food yang populer dengan hamburgernya, yaitu, McDonald's dan Burger King.

Baik McDonald's dan Burger King, keduanya saling bersaing satu sama lain perihal produk yang mereka jugal yaitu hamburger. Dari soal harga, ukuran, sera pelayanan, keduanya selalu menawarkan yang lebih murah, lebih lezat, dan tentu saja dengan harga yang murah. Kalau kalian lebih suka McDonald's atau Burger King?

1. Coke dan Pepsi

coke and pepsi

Rival terbesar, terpanas, dan yang paling tak bisa dilupakan oleh orang di seluruh dunia adalah persaingan antara 2 brand minuman soda, Coke dan Pepsi. Di supermarket, kalian pasti sering menemukan dua minuman soda ini. Bisa dikatakan, baik Coke dan Pepsi merukana minuman manis bersoda yang memiliki rasa tak jauh berbeda.

Persaingan antara Coke dan Pepsi sudah berlangsung sejak lama, bahkan sejak mereka berdiri. Coke memiliki karakter yang lebih "family-friendly", sedangkan Pepsi membranding produk mereka untuk mereka yang muda dan berenergi. Baik Coke dan Pepsi, keduanya saling bersaing untuk membuktikan mana minuman soda terbaik. Sejumlah selebriti mereka endorse untuk meningkatkan angka penjualan mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas