home -> Lainnya -> 10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia
18 Desember 2018 21:50

10 Air Terjun Tertinggi Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada October 04, 2018

Tuhan menciptakan Bumi lengkap dengan isinya. Dan, sudah menjadi tugas kita sebagai manusia untuk merawat dan melestarikannya. Salah satu keajaiban alam yang diciptakan oleh Tuhan adalah air terjun. Terdapat 10 air terjun yang memiliki tinggi luar biasa, dan yang tertinggi adalah air terjun Angel Falls di Venezuela, Amerika Selatan. Penasaran dengan seberapa tinggi serta air terjun lainnya yang tak kalah tinggi dengan Angel Falls? Simak selengkapnya di bawah ini.

10. Browne Falls, 836 Meter

browne falls

Banyak orang yang mengatakan bahwa New Zealand atau Selandia Baru adalah Surga dunia. Keindahan alam disana benar-benar seperti di Surga. Salah satu objek wisatanya yaitu Air Terjun Browne adalah yang akan dibahas. Disana, air terjun ini adalah air terjun tertinggi di Selandia Baru. Tingginya mencapai 836 meter.

Tinggi dan juga indah, kalian yang ingin ke New Zealand, wajib memasukkan Air Terjun Browne ke dalam itinerary kalian. Lokasi air terjun ini berada di dalam sebuah taman nasional, Fordland National Park. Diselimuti dengan pemandangan menakjubakan, area ini menjadi tempat tinggal beberapa jenis tanaman dan burung khas Selandia Baru.

9. James Bruce Falls, 840 Meter

james bruce falls

Tak banyak orang yang memilih  British Kolombia, Kanada untuk dijadikan destinasi liburan. Padahal, ada banyak objek wisata alam indah yang bisa kalian kunjungi. Salah satunya adalah Air Terjun James Bruce. Air terjun ini merupakan air terjun paling tinggi di Kanada. Letaknya berada di Princess Louisa Marine Provincial Park.

Dari atas sampai bawah, tinggi dari Air Terjun James Bruce adalah 840 meter. Membuatnya menjadi air terjun tertinggi ke-8 di dunia. Air yang jatuh dari James Bruce adalah air yang berasal dari lelehan gletser yang berada di atas Princess Louisa Inlet. Gletser ini berada di ketinggian 1.524 meter di atas permukaan laut.

8. Pu'uka'oku Falls, 840 Meter

pu'uka'oku falls

Dengan tinggi 840 meter, Pu'uka'oku Falls menjadi air terjun paling tinggi urutan 8 di dunia. Keberadaan air terjun ini membentuk tebing tinggi, Haloku Cliffs. Haloku Cliffs adalah salah satu tebing tinggi yang ada di dunia. Lupakan Tebing Haloku, Pu'uka'oku Falls berlokasi di Kaunakakai, Amerika Serikat.

Air yang mengalir di Air Terjun Pu'uka'oku tergantung dari iklim yang terjadi di Amerika Serikat. Di saat musim panas, jumlah air yang mengalir akan sangat sedikit. Di saat bulan November sampai Maret, dimana Amerika saat itu sedang mengalami iklim hujan, maka air akan lebih banyak dan alirannya akan menjadi lebih deras.

7. Balåifossen, 850 Meter

balåifossen

Memiliki jadwal liburan ke Norwegia, jangan sampai kalian melewatkan objek wisata  Air Terjun Balaifossen. Kenapa Balaifossen, bukan cuma karena cantik, Air Terjun Balaifossen adalah air terjun tertinggi kedua di Norwegia dan tertinggi ketujuh di dunia. Balaifossen memiliki tinggi hingga 850 meter.

Air terjun satu ini lokasinya berada di Ulvik, lebih tepatnya lagi di sebelah Selatannya. Aliran air yang mengalir dari Air Terjun Balaifossen berasal dari aliran air Sungai River. Setelah jatuh dari ketinggian 850 meter, maka air tersebut akan berakhir pada sebuah ceruk besar, Osafjorden. Aliran air di Air Terjun Balaifossen tergantung dari musim. Jika iklim berganti, maka rata-rata salju yang mencair juga berubah, mempengaruhi volume air yang mengalir.

6. Vinnufossen, 860 Meter

vinnufossen

Masih dari Norwegia, bila tadi ada air terjun Balaifossen, kini adalah giliran Air Terjun Vinnufossen. Air Terjun Vinnufossen adalah air terjun tertinggi pertama di Norwegia setelah Balaifossen sekaligus tertinggi keenam yang ada di dunia. Menurut rekor, Air Terjun Vinnufossen memiliki tinggi mencapai 860 meter.

Bagi kalian yang mau ke Air Terjun Vinnufossen, air terjun tertinggi di Norwegia ini terletak di selah Timur dari Desa Sunndalsora, Romsdal. Mengalir dari Gunung Vinnufjellet dan mengalir ke bawah hingga Sungai Vinnu. Sumber aliran air dari Air Terjun Vinnufossen adalah dari lelehan Gletser Vinnufonna.

5. Yumbilla Falls, 896 Meter

yumbilla falls

Meski lokasinya tersembunyi di dalam hutan hujan Peru, keberadaan Air Terjun Yumbilla tidak bisa luput dari mata para turis. Tak hanya indah, Air Terjun Yumbilla juga sangat tinggi, tingginya tercatat mencapai 896 meter. Ini membuatnya menjadi air terjun tertinggi kelima yang ada di dunia. Lokasinya berada dekat kota Cuispes.

Kira-kira pada tahun 2007, Air Terjun Yumbilla tersebar ke seluruh telinga orang di dunia. Yumbilla Falls mencuat berkat sebuah laporan yang dilakukan oleh para peneliti dari National Geoprahic Institute Peru. Laporan tersebut akhirnya dipublish di surat kabar nasional Peru, baru di media internasional.

4. Olo'upena Falls, 900 Meter

olo'upena falls

Dengan ibukota Honolulu, Hawaii menjadi salah satu tempat liburan favorit para turis. Alasannya simpel, pemandangan yang sangat indah dihadirkan oleh Hawaii. Hawaii sendiri adalah sebuah kepulauan vulkanik terpencil yang berada di Central Pacific. Disini juga lah terdapat sebuah air terjun yang sangat tinggi, Olo'upena Falls.

Air Terjun Olo'upena adalah air terjun indah sekaligus tertinggi di Hawaii. Tingginya mencapai 900 meter. Lokasi tepatnya dari air terjun ini ada di Timur Laut Pulau Molokai. Air Terjun Olo'upena dikelilingi oleh hutan hijau yang tinggi dan lebat. Musim terbaik untuk menikmati keindahan Air Terjun Olo'upena adalah saat musim hujam, November sampai Maret.

3. Tres Hermanas Falls, 914 Meter

tres hermanas falls

Tahukah kalian bahwa di Peru ada sebuah tempat wisata yang wisatawan tak boleh sembarangan masuk? Tempat wisata tersebut adalah Taman Hutan Nasional Parque Nacional Otishi. Oleh pemerintah kota Peru, taman hutan nasional ini adalah wilayah dilindungi dan siapapun yang masuk harus mematuhi peraturan yang berlaku.

Di dalam taman hutan nasional tersebut terdapat sebuah air terjun yang merupakan air terjun tertinggi ketiga di dunia. Tres Hermanas Falls, begitulah nama air terjun yang memiliki tinggi hingga 914 meter tersebut. Dalam bahasa Inggris, Tres Hermanas Falls berarti Waterfalls of the Three Sisters (Air Terjun Tiga Saudara). Kenapa tiga? Itu karena ada 3 tingkatan atau level berbeda barulah air terjun benar-benar sampai ke bawah.

2. Tugela Falls, 948 Meter

Tugela Falls

Tugela Falls merupakan sebuah air terjun musiman yang bisa dibilang cukup kompleks. Lokasinya terletak di dalam Taman Nasional Royal Natal di Natal, Afrika Selatan. Oleh banyak orang, air terjun ini diakui sebagai air terjun tertinggi kedua setelah Angel Falls yang ada di Venezuela. Tingginya mencapai 948 meter.

Namun, ada peneliti asal Ceko yang berpendapat beda. Menurut mereka, Tugela Falls justru lebih tinggi dari Angel Fall. Diamati, ada 5 lompatan yang ada di air terjun setinggi 948 meter tersebut. Dari hasil ukuran peneliti Ceko, Tugela Falls diukur memiliki tinggi 983 meter. Entah mana yang benar, jika 948 meter adalah ukuran yang diakui, maka Air Terjun Tugela bisa menggeserl Angel Fall sebagai air terjun tertinggi di dunia.

1. Angel Falls, 979 Meter

Angel Falls

Dan, air terjun paling tinggi di dunia terletak di Venezuela, bernama Angel Falls. Sesuai dengan namanya Angel yang berarti malaikat, keindahan air terjun ini bagaikan malaikat dari Surga. Sangat cantik, indah, dan mengagumkan. Air terjun ini menjadi yang tertinggi karena setelah diukur, tingginya mencapai 979 meter.

Air Terjun Angel terletak tepat di ujung gunung, Auyantepui Mountain yang terletak di Canaima National Park. Taman nasional ini terletak di Gran Sabana, Bolivar State. Bila dilihat, Air Terjun Angel terletak di wilayah yang sangat terpecil. Dan jika mau kesana, harus melewati medan yang sangat berat. Meski begitu, air terjun ini menjadi objek wisata paling menarik bagi para turis.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas