home -> Top -> 10 Malaikat Paling Terkenal di Dunia
26 Oktober 2014 05:03

10 Malaikat Paling Terkenal di Dunia

Oleh admin dalam Top pada June 10, 2013

Malaikat sering digambarkan sebagai mahluk supranatural atau roh berwujud manusia bersayap, muncul di berbagai agama dan mitologi. Malaikat-malaikat yang dikenal dunia-pun sangat banyak dimulai dari malaikat biasa (angel) hingga malaikat terpenting (archangel). Berikut 10 malaikat paling terkenal di dunia.

Anda mungkin sudah tahu bahwa kata "el" pada malaikat melambangkan Tuhan. Tetapi tahukah Anda kalau ada versi lebih feminim yang dikenal dengan Archeia? Contohnya adalah malaikat Michael dapat disebut dengan Mikaela, Uriel dengan Aurora dan seterusnya.

10. Sandalphon - "Ia yang Mengenakan Sandal"

malaikat sandalphon

Mungkin Anda akan merasa arti nama dari Sandalphon cukup unik, hal ini karena tidak ada arti jelas mengenai apa makna sebenarnya dari nama Sandalphon. Ada yang mengatakan namanya melambangkan "hubungan", "kebersamaan", "saudara". Tapi kemudian muncul kesimpulan lain juga dari kata Yunani, "Ia yang Mengenakan Sandal" dari namanya. Namanya yang melambangkan "hubungan" atau "saudara" mungkin menyebutkan hubungan dengan saudaranya, yaitu Metatron (Salah satu malaikat utama atau archangel). Tugas Sandalphon adalah membawa Doa manusia ke Tuhan, oleh karena itu ia digambarkan sebagai malaikat yang sangat tinggi, dari bumi ke Surga.

Hanya ada 2 archangel yang namanya tidak berakhir dengan "el", yaitu Sandalphon dan saudara kembarnya Metatron yang juga adalah malaikat utama (archangel). Kedua saudara kembar ini diketahui merupakan satu-satunya Archangel yang pada awalnya adalah manusia. Dimana Sandalphon adalah Elijah (peramal pada zaman Israel) dan Metatron adalah Enoch (keturunan Adam, kakek buyut Noah, orang yang bijak). Karena perbuatannya di Dunia, Tuhan memperbolehkan mereka untuk melanjutkan pekerjaan mereka di Surga. Pada saat dirinya pergi ke Surga, ia dibawa oleh kereta berapi dengan 2 kuda api yang disertai angin kencang.

9. Raziel - "Rahasia Tuhan"

malaikat raziel

Seperti namanya, Raziel merupakan malaikat yang melambangkan misteri dan kerahasiaan. Ada sebuah legenda yang mengatakan bahwa Raziel pernah mengarang sebuah buku yang berisikan pengetahuan Surgawi dan Duniawi. Saat Raziel mencoba memberikan bukunya ini ke Adam, ada malaikat lain yang iri dan mencuri bukunya, kemudian membuangnya ke lautan.

Uniknya, buku ini kemudian ditemukan oleh Rahab (wanita Yerikho yang membantu Israel menguasi kota-kota), kemudian diturunkan ke Enoch (keturunan Adam, kakek buyut Noah), menjadi kepemilikan Noah (yang belajar bagaimana membuat bahtera), dan berakhir di Solomon (memperbolehkannya menguasai para iblis). Jika dilihat dari struktur pewarisan buku Raziel, semuanya adalah orang-orang besar yang terkenal. Ada yang mengatakan bahwa Raziel sampai sekarang masih berdiri di gunung Horeb (Gunung di mana 10 Firman Tuhan diberikan) memegang semua rahasia yang belum diketahui umat manusia.

8. Zadkiel/Tzadkiel (Amethystia) - "Kebenaran Tuhan"

malaikat zadkiel

Merupakan malaikat utama (archangel) yang melambangkan kebebasan, kebajikan, pengampunan dan  Malaikat Pelindung bagi para Pengampun. Sama seperti Kamael (nomor 7), ia memiliki banyak nama, yaitu Sachiel, Zedekiel, Zadakiel, Tzadkiel, Zedekul dan Hesediel. Ia dipercaya dunia sebagai Malaikat Pengampunan. Salah satu peran yang paling terlihat dari Zadkiel adalah saat ia menahan tangan Abraham, waktu Abraham ingin mengorbankan anaknya, Isaac. Mungkin karena inilah ia sering digambarkan bersamaan dengan pisau.

Zadkiel merupakan malaikat yang berada di bawah kepemimpinan Michael sebagai kepala dari malaikat utama saat memasuki perperangan dan sering dikaitkan dengan warna ungu.

7. Khamael/Chamuel/Camael (Seraphina) - "Ia yang mencari Tuhan"

malaikat khamael

Ada 2 penyebab mengapa malaikat ini merupakan salah satu malaikat paling terkenal di dunia. Hal ini disebabkan karena namanya yang sering di salahartikan dengan "Samael" (nomor 6) dan alasan keduanya adalah karena ia memiliki banyak nama seperti Chamuel, Camael, Jahoel, Seraphiel atau Shemue. Ia merupakan archangel atau malaikat utama yang melambangkan cinta sejati, karir, kedamaian dan tujuan hidup, tapi karena namanya sering disamakan dengan Samael, ia lebih sering diartikan sebagai Malaikat Kematian padahal itu salah.

Sayangnya, namanya tidak dikenal oleh Gereja Katholik karena keputusan Vatican yang melarang nama -nama penyebutan nama malaikat yang tidak muncul di Alkitab. Walaupun begitu, nama Camael masih dikenal di dunia dan ia dipercaya sebagai kekuatan yang mengusir Adam dari Taman Eden.

6. Samael - "Raja dari Yang Jahat"

malaikat samael

Menurut mitologi yang tersebar di Palestina Kuno, Samael adalah malaikat yang digambarkan sebagai sosok yang jahat namun juga baik. Hal ini karena ia merupakan malaikat yang bekerja di bawah Tuhan namun memiliki peran sebagai Malaikat Kematian. Salah satu penyebab mengapa namanya masuk ke dalam daftar paling terkenal ini adalah karena ia dipercaya merupakan nama lain dari Lucifer, namun ada kepercayaan lain bahwa ia merupakan wujud yang berbeda dari Lucifer. Ia dipercaya sebagai penguasa Surga tingkat ke-5 dan tinggal di Surga tingkat ke-7.

Ada kisah menarik di Palestina Kuno yang mengatakan bahwa Adam memiliki istri lain bernama Lilith, karena pertengkarannya dengan Adam, ia diusir dari taman Eden. Lilith kemudian menjadi istri Samael dan melahirkan pasukan-pasukan Iblis.

5. Uriel (Aurora) - "Tuhan adalah Cahayaku"

malaikat uriel

Merupakan malaikat  yang dikenal sebagai Penjaga Matahari, Penguasa atas Hades, dan perannya yang paling dikenal adalah Malaikat Penyelamat. Menyerupai Michael, ia digambarkan sebagai malaikat yang memegang pedang berapi, hanya saja digambarkan bersamaan dengan Eden. Hal ini karena Uriel dipercaya merupakan roh yang berdiri di gerbang taman Eden dengan pedang apinya.

Menurut kepercayaan, beberapa peran Uriel adalah saat ia mengabarkan Noah mengenai Air Bah yang akan datang, membawa pengetahuan akan kimia (alkimiat) ke dunia, dan memberikan Kabbalah  (tradisi mistis Ibrani) ke umat manusia.

4. Raphael (Mareia) - "Tuhan Sembuhkan"

malaikat raphael

Raphael merupakan malaikat paling menawan  dan oleh karena itu ia sering sekali terlihat dalam gambar-gambar aliran Barat. Ia merupakan archangel atau malaikat utama yang bertugas untuk memperbaiki Bumi, memberikan petunjuk bagi pengelana, pelindung kaum muda. Dalam literatur ia disebut-sebut sebagai malaikat yang pernah makan bersama degan Adam dan Eve di Eden.

Di agama Islam, Raphael memiliki nama "Israfil"/"Israfel" yang dipercaya bertanggung jawab untuk memberitahukan mengenai kabar hari Kiamat dengan meniupkan sebuah trompet, yang dimana akan ditiupkan sebanyak 3 kali. Pertama memberikan sinyal akhir dari hari terakhir, kedua merupakan sinyal kematian bagi semua mahluk hidup termasuk malaikat, iblis dan manusia. Tiupan ketiga adalah pada saat semua jiwa berkumpul untuk Hari Penghakiman. Sampai sekarang Raphael masih menahan napasnya untuk meniup trompet tersebut sampai saat dimana Tuhan memerintahkannya.

3. Gabriel (Annunciata) - "Tuhan adalah Kekuatanku"

malaikat gabriel

Dalam legenda Yahudi, Gabriel dikatakan merupakan malaikat yang membelah Laut Merah agar kaum Ibrani dapat kabur dari pasukan Firaun. Dalam Islam, ia dipercaya sebagai malaikat yang mengantar qur'an ke Muhammad. Sering digambarkan sebagai sosok manusia dengan rambut panjang dan sayap yang penuh warna serta memegang tongkat atau bunga lily. Gabriel merupakan satu-satunya malaikat yang sering digambarkan dalam bentuk wanita di seni dan literatur.

Ia merupakan salah satu dari 3 malaikat yang dipercaya oleh Tuhan untuk mengatur ketertiban dan hal-hal lainnya di kalangan para Alam Malaikat. 2 malaikat lainnya adalah Lucifer dan Michael. Ia merupakan malaikat yang telah membawa banyak jiwa untuk bertemu dengan Tuhan, karena itu merupakan bagian dari tugasnya.

2. Lucifer - "Pembawa Cahaya"

Malaikat Lucifer

Beberapa dari Anda mungkin bingung mengapa nama Lucifer dimasukkan ke dalam daftar malaikat. Hal ini disebabkan karena Lucifer pada awalnya merupakan salah satu malaikat paling utama, bahkan paling dekat dengan Tuhan. Tuhan membentuk Lucifer sedemikian rupa hingga ia dikatakan paling indah di antara malaikat lainnya. Sayangnya hal ini justru membuat Lucifer terlalu bangga (pride) akan dirinya dan ingin menguasai semuanya dengan membuat malaikat lainnya berbuat dosa. Pada akhirnya ia dan 1/3 malaikat Surga lainnya dikalahkan oleh Archangel Michael. Walaupun ia adalah fallen angel, tetapi namanya masih sangat sering terdengar di berbagai belahan dunia.

Banyak yang mengatakan bahwa begitu ia diusir dari Surga, namanya diubah menjadi Satan. Pada saat ia masih di Surga, ia memegang dosa kebanggaan (pride) dari 7 dosa mematikan (7 deadly sins), begitu ia diusir dan mengganti namanya menjadi Satan, ia sangat marah dan memegang dosa lainnya yaitu kemarahan (wrath). Nama Lucifer sendiri memiliki arti "Pembawa Cahaya."

1. Michael (Mikaela) - "Menyerupai Tuhan"

malaikat michael

Seberapa sering Anda mendengar nama Michael? nama Michael adalah nama dari malaikat paling dikenal di dunia. Ia merupakan archangels atau malaikat utama yang disebut-sebut sebagai malaikat yang mengusir Lucifer dan 1/3 malaikat lainnya dari Surga, saat Lucifer memulai dosanya. Disebut juga sebagai malaikat paling pertama yang diciptakan, walaupun sebenarnya itu tidak benar (Lihat di paling bawah). Salah satu penyebab mengapa namanya sangat dikenal adalah karena ia muncul di 3 agama, yaitu Kristen, Islam dan Katholik.

Ia dipercaya oleh Tuhan dengan kekuatan pelindung, keberanian, kekuatan, kejujuran dan integritas. Ia juga sering digambarkan sebagai malaikat yang membawa pedang berapi untuk melawan mahluk-mahuk jahat termasuk Satan. Dalam Ibrani, Michael memiliki arti "menyerupai Tuhan" dan dipercaya sebagai malaikat yang mengajarkan Adam mengenai kekeluargaan dan bertani.

--

Ada pertanyaan siapakah malaikat yang paling pertama diciptakan Tuhan? Lucifer atau Michael? Hal ini tidak dapat dikatakan dengan jelas, karena Tuhan menciptakan semua malaikat secara bersamaan. Anda dapat melihatnya di kitab Mazmur 148:5.

Pertanyaan lain mempertanyakan siapakah malaikat yang pertama kali terjatuh ke dosa (fallen angel)? Malaikat yang paling pertama terjatuh ke dosa adalah Belial. Ia juga-lah yang menggoda Lucifer untuk memberontak terhadap Tuhan, hal ini karena Belial sangat mencintai Lucifer melebihi Tuhan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas