home -> Lifestyle -> 10 Makanan Berlemak Tinggi Yang Baik Untuk Kesehat...
22 September 2018 06:26

10 Makanan Berlemak Tinggi Yang Baik Untuk Kesehatan

Oleh reagan dalam Lifestyle pada September 12, 2018

Yang sedang dalam masa diet, pasti menyingkirkan jauh-jauh diri sendiri dari makanan yang mengandung lemak. Lemak sama dengan gendut, dan gendut adalah buruk. Begitulah kira-kira kepercayaan orang-orang. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua makanan berlemak adalah musuh. Ada yang namanya lemak baik atau High-density lipoprotein (HDL) yang justru baik untuk kesehatan. Nah, makanan di bawah ini adalah makanan berlemak tinggi namun lemaknya adalah lemak yang baik. Apa saja?

10. Keju

cheese

Suka dengan keju? Itu bagus, keju sangat kaya protein, tinggi lemak, kalsium, vitamin B12, fosfor, selenium, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Tunggu dulu, tinggi lemak? Bukankah itu tandanya mengkonsumsi banyak keju berbahaya? Perlu kalian ketahui, lemak yang terkandung dalam keju adalah high-density lipoproteins (HDL) atau biasa yang disebut dengan lemak baik.

Keju merupakan salah satu makanan yang diolah dari susu. Oleh karenanya, manfaat apa yang ada pada susu, ada juga pada keju. Satu potong keju yang tebal, mengandung setidaknya 6,7 gram protein, setara dengan satu gelas susu. Seperti makanan olahan susu lainnya, lemak yang terkandung pada keju memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mencegah resiko terkena diebetes tipe 2.

9. Minyak Kelapa

coconut oil

Baik itu kelapa dan minyak kelapa, keduanya sama-sama bagus dan merupakan salah satu sumber lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Kenyataanya, sebesar 90% kelapa dan minyak kelapa terdiri dari lemak baik. Ahli diet pun menganjurkan untuk memasukkan kelapa dan minyak kelapa dalam menu diet karena bisa membantu menurunkan berat badan.

Kelapa dan minyak kelapa sudah terbukti dapat menekan nafsu makan. Ini membuat kita bisa mengkonsumsi kalori yang lebih sedikit. Mengkonsumsi kalori yang sedikit, ditambah dengan rjain bergerak atau berolahraga, otomatis berat badan akan turun. Selain itu, kelapa dan minyak kelapa bisa membantu menurunkan resiko terserang penyakit jantung.

8. Biji Flax

flaxseed

Selanjutnya adalah biji flax. Satu cup saja dari biji flax, terdapat 48 gram lemak. Luar biasa bukan? Dan lagi, untuk mendapatkan manfaat positif dari biji flax, kalian hanya perlu 1 sampai 2 sendok makan biji flax. Di dalam biji flax terkandung serat, lemak baik, lemak omega-3, karbohidrat, kalium, fosfor, tembaga, zat besi, dan zinc.

Kalian yang vegetarian tapi ingin mendapatkan protein, karbohidrat, dan lemak, bisa mengkonsumsi biji flax ini. Biji flax juga kaya akan anti oksidan loh, serta memiliki efek mirip estrogen. Ini dikarenakan ada kandungan lignan di dalamnya. Di setiap 100 gram biji flax, kalian bisa mendapatkan 530 kalori.

7. Selai Kacang

peanut butter

Selai kacang, kalian yang fitness mania pasti menggunakan selai kacang sebagai oles roti ketimbang menggunakan mentega, gula, coklat, dan selai lainnya. Ini karena selai kacang memiliki kandungan protein yang tinggi. Bukan cuma itu, dalam selai kacang juga terkandung lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan.

Selai kacang sama seperti kacang, dapat dikonsumsi kapan saja. Rasanya yang enak dan mudah diaplikasikan ke makanan lain selain roti dan oatmeal. Mau mengkonsumsinya dengan apapun, selai kacang ini cocok-cocok saja. Disarankan untuk 2 sendok makan bila ingin dioleskan pada roti, dan 1 sendok makan untuk snack.

6. Dark Chocolate

dark chocolate

Rasanya yang manis membuat orang suka dengan coklat. Tapi, mengkonsumsi coklat terlalu banyak ternyata tidak baik bagi tubuh. Kandungan gula yang tinggi justru bisa membuat berat badan menjadi naik. Untung saja sekarang sudah ada yang namanya dark coklat. Dark coklat aman dikonsumsi karena rendah gula dan memiliki kandungan lemak baik yang sangat tinggi ketimbang coklat biasa.

Dark coklat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Setidaknya sekitar 65% dari total kalori. Selain itu, dalam dark coklat juga terkandung 11% serat, 50% zat besi, magnesium, tembaga, dan mangan. Anti oksidan yang terkandung dalam dark coklat bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol kolesterol jahat dalam darah. Ada sebuah studi yang mengatakan bahwa mengkonsumsi dark coklat 5x per minggu dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung.

5. Olive Oil/Minyak Zaitun

olive oil

Minyak zaitun atau olive oil telah menjadi minyak yang sering digunakan oleh orang Eropa, entah itu untuk memasak atau juga untuk diet. Alasannya sangat jelas, olive oil atau minyak zaitun memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, yang bagus dan dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari vitamin E, K, anti oksidan, dan yang tidak boleh dilupakan adalah lemak.

Lemaknya pun lemak baik alias HDL. Mereka yang memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi, dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi minyak zaitun. Anti oksidan dari minyak zaitun bisa membantu melawan peradangan dan melindungi tubuh dari partikel jahat LDL. Masih menggunakan minyak biasa? Kini sudah saatnya beralih ke minyak zaitun.

4. Kacang Almond

almond

Bila ke pasar atau supermarket, kalian menemukan kacang-kacangan, jangan ragu untuk membelinya. Kenapa? Kacang-kacangan seperti pecan, pistachio, kacang mete, dan almond ini sangat tinggi lemak baik. Kacang mete dan almond, mungkin dua jenis kacang ini adalah yang paling familiar dan mudah ditemukan.

Terkhusus untuk almond, kacang almond tak hanya tinggi lemak, tapi juga kaya akan vitamin E. Sedangkan kacang pistachio memiliki lutein, zeaxanthin, dan carotenoid yang bagus untuk mata. Yang kalian butuhkan hanya 1/4 cup per hari untuk bisa mendapatkan manfaat positif dari kacang-kacangan.

3. Ikan

salmon

Semua orang setuju bahwa ikan adalah makanan hewani yang sangat bernutrisi. Ikan sangat kaya akan lemak, terutama lemak omega-3. Lemak omega-3 adalah lemak baik yang meruapakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Diyakini, mengkonsumsi daging ikan dapat mencegah sejumlah penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

Beberapa jenis ikan yang bagus dan kaya akan lemak omega-3 adalah salmon, trout, mackerel, sarden dan herring. Penyakut jantung, stres, dementia, diyakini bisa dicegah apabila rajin mengkonsumsi ikan. Andaikan kalian tidak begitu suka daging ikan, sekarang sudah banyak suplemen yang di dalamnya terkandung nutrisi-nutrisi dari ikan. Ini juga bisa dijadikan solusi.

2. Telur

egg

Dari sekian banyak sumber lemak baik, sumber lemak baik yang paling mudah ditemukan ternyata ada di depan mata kita yakni telur. Satu telur utuh mengandung 212 mg kolesterol, dimana ini sudah memenuhi lemak harian sebesar 71%. Sebesar 62% total kalori dari satu butir telur adalah dari lemak.

Memiliki manfaat yang bagus, sayangnya ada mitos tak benar seputar telur yang mengatakan bahwa mengkonsumsi telur terlalu banyak itu berbahaya bagi kesehatan. Malahan ada yang mengatakan bahwa makan telur terlalu banyak bisa mengakibatkan bisul atau jerawat. Ini sungguh merepotkan karena telur sebenarnya sangat bagus untuk tubuh kita.

1. Alpukat

avocado

Bila dibandingkan dengan buah lain, alpukat adalah buah yang paling berbeda sendiri. Kenapa demikian? Kebanyakan buah yang kita konsumsi memiliki kandungan karbohidrat dan mineral, namun pada alpukat, kandungan paling tingginya adalah lemak. Bukan sembarang lemak, tapi lemak yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Sebanyak 77% dari alpukat terdiri dari lemak baik. Bahkan makanan yang berasal dari hewani, tak mengandung lemak setinggi alpukat. Lemak baik yang ada pada alpukat mirip dengan yang terdapat pada olive oil. Mengkonsumsinya bisa membawa sejumlah manfaat positif bagi tubuh. Tak heran kenapa alpukat juga dijadikan dalam menu utama dalam program diet.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas