home -> Lainnya -> 10 Hewan Dengan Usia Hidup Terpendek
14 November 2018 11:18

10 Hewan Dengan Usia Hidup Terpendek

Oleh reagan dalam Lainnya pada September 03, 2018

Setiap hewan di Bumi memiliki jangka waktu hidup yang berbeda-beda, kecuali Tardigrade yang tidak bisa mati. Ada hewan yang memiliki masa hidup panjang sampai abadi, ada juga yang pendek. Karena sebelumnya TahuPedia sempat membahas hewan yang memiliki masa hidup panjang, kini waktunya TahuPedia akan membahas sejumlah hewan yang masa hidupnya paling pendek. Yang tersingkat adalah 24 jam, sungguh sangat singkat bukan?

10. Gerbil, 3 Tahun

gerbils

Termasuk dalam hewan dengan usia terpendek, gerbil menempati posisi 10 karena usia hidupnya yang hanya mencapai 3 tahun. Gerbil memang memiliki bentuk yang mirip dengan hewan pengerat seperti tikus, tapi gerbil bukanlah tikus. Meski demikian, tak menampik bahwa gerbil dan tikus adalah sama-sama hama yang harus dibasmi.

Dengan jangka waktu hidup hanya 3 tahun, gerbil harus berjuang keras untuk bisa bertahan hidup dari ancaman manusia dan predator. Untungnya, gerbil sangatlah subur. Gerbil betina biasa melahirkan sebanyak satu atau dua kali dalam sebulan. Dalam sekali melahirkan, gerbil bisa menghasilkan 4 sampai 10 anak.

9. Mosquitofish, 2 Tahun

mosquitofish

Memiliki nama lain Gambusia atau gambezi, ikan mosquitofish merupakan ikan yang dapat hidup di 2 kondisi, air tawar maupun air garam. Ukurannya cukup kecil, kira-kira 4 sampai 7 cm. Di Amerika Serikat, sangat mudah menemukan ikan kecil ini. Bentuknya yang kecil, sebanding dengan umurnya yang juga pendek.

Rata-rata usia ikan gambezi hanya 2 tahun maksimal. Khusus ikan betina, usia mereka sedikit lebih lama ketimbang ikan yang jantan. Ikan gambezi tak memiliki predator khusus mengingat tak banyak ikan predator yang bisa hidup di air garam. Tahukah kalian kenapa ikan ini dinamakan mosquitofish? Itu karena makanan utama ikan ini adalah larva nyamuk.

8. Bunglon, 1 Tahun

chameleon

Hewan seperti anjing atau kucing sudah terlalu mainstream untuk dijadikan sebagai peliharaan. Hewan reptil kini sudah mulai naik daun dan banyak orang yang memelihara reptil, salah satu contohnya adalah bunglon. Berniat memelihara bunglon? Kira-kira hewan satu ini bisa bertahan hidup sampai berapa lama?

Ada banyak jenis bunglon, salah satunya yang diketahui memiliki umur panjang adalah bunglon panther. Bunglon jenis ini diperkirakan bisa bertahan hidup hingga 1 tahun. Memelihara bunglon tak bisa dibilang mudah, tak juga sulit. Berkembang biak dengan cara bertelur, menu diet utama bunglon adalah jangkrik dan cacing.

7. Tikus Rumah, 1 Tahun

house mouse

Di Indonesia, keberadaan tikus rumah sudah hampir tak pernah terlihat. Yang sering dilihat adalah tikus got yang hitam dan besar. Tikus rumah dan tikus adalah 2 jenis tikus yang berbeda. Tikus rumah memiliki bentuk lebih kecil dan berwarna coklat. Namun kedua-duanya tetap termasuk hewan pengerat yang merugikan.

Beberapa karakteristik dari tikus rumah adalah, mereka rentan terhadap penyakit dan memiliki usia yang pendek. Tikus jenis ini memiliki predator utama kucing. Manusia juga menjadi salah satu penyebab populasi mereka terancam karena sering meracuni mereka. Meski demikian, tikus rumah sangat aktif dalam hal reproduksi. Mereka bisa bertahan hidup kurang lebih selama 1 tahun.

6. Capung, 4 Bulan

dragonfly

Capung, serangga kecil ini satu ini adalah serangga yang cantik setelah kupu-kupu. Di daerah perkotaan, capung sudah semakin sulit ditemui. Semakin jarangnya capung terlihat diakibatkan oleh predator, tempat tinggalnya yang semakin terancam oleh manusia, dan juga karena usia mereka yang terbilang sangat pendek.

Total ada 5.000 jenis capung di seluruh dunia yang berhasil diidentifikasi. Paling lama capung bisa hidup selama 4 bulan. Itu pun jika mereka bisa selamat dari ancaman predator. Laba-laba, burung, kadal, dan katak adalah pemangsa alami capung. Faktor iklim juga menjadi faktor penentu apakah capung bisa bertahan hidup atau tidak.

5. Lebah Madu, 5 Minggu

honey bee

Seumur hidupnya, lebah harus terus menerus bekerja mengumpulkan madu, membangun sarang, menjaganya, dan melayani ratu lebah. Seumur hidup? Memangnya berapa usia hidup dari lebah madu? Normalnya, lebah madu memiliki usia hingga 5 minggu. Namun kita tahu bahwa setelah menyengat lawan, maka lebah akan langsung mati. Jadi, bisa saja lebah memiliki hidup yang lebih singkat apabila sarang mereka diganggu oleh orang atau hewan lain.

Perlu kalian ketahui, sengat yang terletak di bagian pantat lebah tersambung dengan organ di dalam tubuhnya. Apabila sengat ini sampai terlepas, maka secara otomatis lebah juga akan menemui ajalnya. Kita sebagai manusia seharusnya menjaga dan melestarikan populasi lebah madu mengingat manfaat besar yang diberikan lebah madu bagi kita  manusia.

4. Lalat Rumah, 3 Minggu

housefly

Tak ada hal bagus yang dapat ditemukan dari lalat. Dimanapun lalat hinggap, disitulah ia menebarkan bakteri. Makanan, minuman, sedotan, dan lainnya, lebih baik segera kalian buang apabila telah dihinggapi oleh lalat. Berniat menyingkirkan lalat? Silahkan coba segala usaha, mereka akan selalu ada dan terus ada.

Lalat merupakan serangga yang sangat banyak dan mudah ditemukan dimana saja. Cukup sulit membasmi lalat apabila mengingat sekali bertelur, lalat betina bisa menelurkan hingga 1.000 telur. Meski demikian, lalat tak memiliki usia yang panjang. Lalat paling lama bisa bertahan hidup hingga 4 minggu saja.

3. Semut Drone, 3 minggu

drone ants

Nama semut drone mungkin tidak begitu familiar. Meski memiliki nama semut drone, bentuk mereka tidak sama dengan semut, melainkan lebih mirip tawon. Uniknya, semua semut drone adalah semut jantan. Semut drone lahir dari telur yang tidak dibuahi. Tidak seperti semut pekerja yang setiap harinya bekerja mengumpulkan makanan, semut drone bukan semut pekerja dan sangat malas.

Meski malas dan berumur pendek, semut drone memainkan peranan penting dalam koloni semut. Tugas utama mereka adalah kawin dengan semut betina. Semut drone paling lama dapat bertahan hidup hingga 3 minggu. Usia mereka masih bisa lebih pendek lagi setelah kawin dengan semut betina. Tak perlu bekerja dan kawin, nasib yang mujur bisa dibilang?

2. Gastrotrichs, 3 Hari

gastrotrichs

Dibutuhkan alat bantu penglihatan untuk bisa melihat gastrotrichs. Ini dikarenakan hewan satu ini memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil sehingga sulit dilihat menggunakan mata telanjang. Singat kata, mikro organisme. Gastrotrichs memiiki ukuran maksimum 3 mm dan hidup di daerah perairan. Berapa lama hewan ini dapat hidup?

Maksimal usia hidup dari gastrotrichs adalah 3 hari saja. Gastrotrichs memiliki tubuh yang transparan dan mampu berenang mengikuti arus air. Gastrotrichs juga dapat menempel pada badan air lainnya menggunakan ratusan tabung perekat di bagian bawah tubuh. Untuk berkembang biak, gastrotrich tidak memerlukan bantuan gastrotrichs lainnya karena mereka memiliki alat kelamin pria dan wanita.

1. Mayfly, 24 Jam

Mayfly

Apa yang kalian lakukan apabila kalian hanya punya waktu 24 jam untuk hidup? Makan sebanyak-banyaknya? Tidur sampai puas? Atau bermain sampai capek? Sulit rasanya membayangkan apabila kita hanya punya waktu hidup 24 jam bukan? Mungkin ini akan membuat kalian terkejut, tapi ada makhluk hidup yang memiliki jangka waktu hanya 24 jam, makhluk tersebut adalah serangga mayfly.

Hanya bisa hidup selama satu hari, mayfly menghabiskan waktunya sebagai nimfa. Ada sebanyak 2.500 jenis mayfly yang hidup di muka Bumi. Beberapa di antaranya ada yang bahkan hanya hidup dalam hitungan jam. Jadi apa tujuan mereka hidup? Mayfly hidup hanya untuk bereproduksi. Mereka hidup dalam kelompok dan terbang beramai-ramai di atas permukaan air.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas