home -> Lainnya -> 10 Atlet Terkenal Terbukti Menggunakan Doping
18 Desember 2018 21:44

10 Atlet Terkenal Terbukti Menggunakan Doping

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 31, 2018

Performa baik, rutin latihan, dan diet yang yang baik bisa menjadi penentu performa atlet ketika sedang berlaga di kompetisi. Sayangnya, ada beberapa atlet yang merasa kurang dan ingin meningkatkan performa mereka supaya bisa lebih optimal lagi dengan menggunakan obat-obatan terlarang atau doping. Tentu tiap kompetisi punya aturannya sendiri tentang obat-obatan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Melanggarnya bisa membuat atlet bisa dilarang tanding. Setidaknya ada 10 atlet yang pernah terlinat kasus doping. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

10. Justin Gatlin

Justin Gatlin

Jika kalian bercita-cita sebagai atlet atau memang sudah menjadi atlet, harusnya lebih berhati-hati dengan apa yang kalian lakukan. Jangan sekali-kali mencoba yang namanya obat terlarang untuk meningkatkan performa. Jangan sampai bernasib seperti sederet atlet berikut ini. Salah satunya adalah Justin Gatlin.

Justin Gatlin merupakan atlet sprin yang berhasil menjuarai kompetisi lari yang diadakan di Helsinki pada tahun 2005. Ia berhasil juara di di kategori, lari 100 dan 200 meter. Setelah dites, terbukti bahwa Justin Gatlin positif menggungkan doping testosteron. Akibatnya, dia dihukum dilarang bertanding selama 4 tahun. Sebelumnya, Gatlin juga diberi larangan bertanding 1 tahun akibat menggunakan amphetamine.

9. Wasim Akram, Waqar Younis, Aaqib Javed dan Mushtaq Ahmed

cricket

Kali ini bukan hanya satu, melainkan 4 pemain kriket asal Pakistan terpaksa bermain di bawah tekanan berat sebelum pertandingan. Mereka adalah Wasim Akram, Waqar Yoounis, Aaqib Javed, dan Mustaq Ahmed. Sebelum bertanding, mereka berempat mengadakan sebuah pesta di pantai dan oleh kepolisian setempat, mereka kedapatan menyimpan ganja.

Selama perjalanan menuju kantor polisi, ke 4 atlet tersebut mengalami perlakukan yang tidak menyenangkan oleh polisi dan orang-orang sekitar mereka. Laporan tersebut akhirnya ditarik, namun pengalaman tak mengenakan tersebut membuat mereka trauma dan depresi. Saat bertanding, para atlet tersebut tak sanggup bermain dalam kondisi maksimal dan kalah.

8. Rafael Palmeiro

rafael palmeiro

Apa yang dilakukan oleh Rafael Palmeiro bukan hanya mencoreng club tempat ia bernaung, tapi juga namanya sendiri. Sepanjanga karirnya di Major League Baseball, Palmeiro selalu menampilkan permainan yang mengesankan. Selalu tampil optimal itulah yang membuat beberapa pihak mencurigai Palmeiro menggunakan doping.

Meski sempat membantah menggunakan doping, Palmeiro ternyata tebukti menggunakan anabolic steroid setelah menjalani tes doping. Meski mengaku dirinya tak mengetahui obat yang dikonsumsinya terlarang, tak membuat dirinya lepas dari hukuman. Padahal, Palmeiro sendiri termasuk salah satu dari 5 atlet yang berhasil menciptakan 500 home run dalam 3.000 pukulan.

7. Ben Johnson

ben johnson

Ketika mengikuti perlombaan Olimpiade Musim Panas tahun 1988 di Seoul, Ben Johnson yang mengikuti olahraga sprint 100 meter, berhasil mencatatkan dirinya sebagai juara. Selain berhasil meraih medali emas, Johnson berhasil mencatatkan rekor dunia dengan catatan waktu 9,79 detik. Semua pencapaian tersebut kemudian sirna setelah keluar tes kesehatan.

Tes tersebut menyatakan pelari asal Kanada tersebut positif menggunakan steroid stanozolol. Johnson membela dirinya bahwa dirinya tidak menggunakan stanozolol melainkan furazabol. Itupun ia gunakan ketika latihan, bukan saat bertanding. Keputusan akhirnya adalah, medali emas ditarik dan catatan waktu dicoret. Di uji kesehatan tahun 1993, Johnson ketahuan menggunakan doping dan dan dirinya dilarang bertanding seumur hidup.

6. Marion Jones

Marion Jones

Apa yang sudah diraih oleh Marion Jones di cabang olahraga track dan field memang luar biasa. Di tahun 2000, dirinya mengikuti Olimpiade dan berhasil membuat harus nama Amerika. Ia berhasil membawa pulang 3 medali emas dan 2 medali perunggu. Namun sayang, semua berakhir ketika dirinya ketahuan menggunakan doping.

Marion Lois Jones atau Marion Jones Thompson mengaku bahwa performa bagusnya terbantu oleh steroid yang ia gunakan. Pengakuan ini tentu membuat petinggi Olimpiade geram. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, gelar yang sudah didapatkan Marion Jones, semuanya ditarik kembali. Ia juga diberi hukuman larangan berkompetisi selama 2 tahun oleh United States Anti Doping Agency.

5. Shane Warne

shane warne

Kriket merupakan olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim terdiri dari 11 pemain. Merupakan olahraga yang berasal dari Inggris. Di bulan Februari 2003, diadakan Piala Dunia Kriket yang diselenggarakan di Inggris. Saat itu, ada salah satu pemain kriket yang dipaksa pulang setelah terbukti menggunakan doping. Pemain tersebut adalah Shane Warne.

Shane Warne yang ketahuan doping merupakan pemain andalan dari Australia. Pulangnya Warne berdampak besar bagi timnas Australia. Ia mengklaim tidak tahu bahwa obat yang digunakannya termasuk doping. Terbukti bersalah, Shane Warne dijatuhi hukuman larangan bertanding selama 2 tahun.

4. Tyson Gay

Tyson Gay

Bertambah lagi sederet atlet asal Amerika yang ketahuan menggunakan doping. Dan atlet yang ketahuan doping tersebut adalah Tyson Gay. Tyson Gay merupakan atlet sprint yang turun bertanding dalam Olimpiade Musim Panas tahun 2012 yang diselenggarakan di London. Gay sampai harus melakukan 3 kali tes kesehatan untuk membuktikan bahwa dirinya bebas doping tapi gagal semuanya.

Atlet yang turut menyumbang medali perak dalam kategori lari 100 meter di tahun 2012, tahun depannya, Gay gagal uji kesehatan sebanyak 3 kali. Gay kemudian memutuskan untuk mundur dari kompetisi dan mengembalikan semua medali yang pernah ia dapatkan. Gay juga bekerja sama dengan pihak US Anto-Doping Agency sebagai investigator.

3. Luiza Galiulina

luiza galiulina

Uzbekistan sebenarnya memiliki atlet gymnast yang berbakat yakni Luiza Galiulina. Olimpiade Musim Panas tahun 2012 yang diselenggarakan di London adalah kesempatan bagi Gliulina untuk unjuk gigi. Seperti kebanyakan kompetisi, seorang atlet diharuskan untuk tes kesehatan sebelum diperbolehkan bertanding. Galiulina gagal lolos tes tersebut.

 Dari hasil tes, terbulti Gailulina positif furosemude. Furosemide dianggap sebagai salah satu suplemen penurun berat badan yang dilarang digunakan. Meski Galiulina protes, tetap saja tak merubah keputusan bahwa ia dilarang ikut bertanding. Dirinya dikeluarkan dari asrama Olimpiade dan diberikan larangan bertanding selama 2 tahun.

2. Dwain Chambers

dwain chambers

Tidak ada atlet pengguna doping yang memiliki akhir kisah yang bahagia. Meski awalnya tidak ketahuan, lama kelamaan pasti akan ada yang mengetahui trik kotor tersebut. Sama seperti kisah Dwain Chambers. Dwain Chambers adalah seorang atlet lari asal Inggris yang ketauan menggunakan doping untuk mendongkrak performanya.

Di pertengahan tahun 2002, Dwain Chambers berhasil menyabet beberapa medal dalam cabang olahraga lari. Namun ketika dirinya mengaku bahwa menggunakan obat terlarang yang bernama anabolic steroid THG, asosiasi olahraga lari langsung menarik kembali semua gelar yang pernah ia raih sejak pertengahan tahun 2002. Dwain Chambers juga diharuskan untuk membayar denda sesuai dengan penghasilan yang ia dapatkan ketika menggunakan obat-obatan terlarang.

1. Lance Armstrong

lance armstrong

Di cabang olahraga sepeda, nama Lance Armstrong sudah sangat tersohor. Memulai karir di usia 16 tahun, Armstrong berkompetisi sebagai triathlete dan sprinter nasional. Di tahun 1989 dan 1990, ia berhasil keluar sebagai juara. Di olahraga sepeda, Lance Armstrong berhasil juara Tor de France sebanyak 7 kali berturut-turut sampai doping menghancurkan karirnya.

Sebagai atlet, haram hukumnya menggunakan doping. Lance Armstrong, dirinya tertangkap basah menggunakan doping untuk membantu meningkatkan performnya. Akibat perbuatannya, semua kemenangan dan medali yang ia raih, harus ia rela diambil kembali. Armstrong juga dihukum untuk tidak boleh berkompetisi seumur hidupnya oleh Word Anti-Doping.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas