home -> Lainnya -> 10 Makanan Yang Adiktif Seperti Narkoba
22 September 2018 06:04

10 Makanan Yang Adiktif Seperti Narkoba

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 30, 2018

Narkoba tak bisa bisa dipungkiri adalah hal berbahaya yang lebih banyak mengakibatkan kerugian daripada keuntungan. Ada begitu banyak jenis narkoba seperti kokain, ekstasi, sabu-sabu, dan lain-lain, semuanya hanya bisa memberikan kesenangan yang sebentar. Selain beresiko mengakibatkan kerusakan tubuh, mengkonsumsi atau bahkan memilikinya bisa membuat kalian berurusan dengan polisi. Orang yang sudah adiktif dengan narkoba biasanya akan direhabilitasi agar bisa kembali ke kondisi semula. Berbicara tentang adiktif, ada 10 makanan yang memiliki unsur adiktif layaknya narkoba. Sekali mengkonsumsinya, sulit rasanya untuk berhenti.

10. Biskuit

biscuits

Makan 1 biskuis terkadang masih belum cukup. Seringkali kita nambah satu, nambah satu, terus menerus sampai akhirnya biskuit tinggal setengah atau malah habis. Kebiasaan ngemil biskuit ini sulit untuk dihentikan. Apalagi jika ditambah sembari ngobrol dengan teman atau ketika nonton drama atau film kesukaan.

Kesukaan terhadap biskuis ini bisa diartikan sebagai adiksi. Ada sebuah studi yang dilakukan oleh mahasiswa dari Connecticut College. Studi tersebut melibatkan tikus yang telah disuntikan kokain atau morphin. Tikus tersebut diletakkan di sebuah labirin yang berisi biskuit. Kemudian tikus tersebut berlari menuju biksuit dan memakannya dengan rakus. Diteliti lebih jauh, di dalam otak tikus ditemukan efek senang ketika memakan biskuit, sama seperti ketika mereka disuntik kokain.

9. Popcorn

popcorn

Nonton bioskop kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan camilan. Makanya, di dalam bioskop dijual banyak sekali camilan yang bisa dibeli. Salah satu camilan yang paling favorit adalah popcorn. Biasanya popcorn yang dijual ada 2 rasa yaitu salty dan caramel. Kedua-duanya sama enak, tergantung selera kalian saja mau yang mana.

Ukuran biasa saja, popcorn sudah banyak sekali isinya, tapi terkadang ketika sudah didalam, film belum selesai tapi popcorn sudah habis duluan. Ya ini dikarenakan kalian terus menerus mengunyah popcorn sampai tidak sadar bahwa popcorn semakin berkurang kemudian habis. Terkadang sampai ada yang keluar lagi untuk membeli popcorn. Sifat nagih ini bukankah sama seperti narkoba?

8. Kentang Goreng

french fries

Kentang goreng, kecil, asin, dan bikin nagih. Makanan yang sering dijual di restoran cepat saji ini sangat digemari banyak orang. Dengan dicocol sambel, orang bisa lupa diri dibuatnya. Cukup menjadi pertanyaan kenapa makanan satu ini bisa membuat orang sampai begitu sukanya dan terus menerus memakannya.

Kentang yang dijual di restoran cepat saji berbeda dengan kentang yang kita beli atau masak sendiri. Biasanya kentang goreng di restoran cepat saji sudah dicampur dengan bumbu-bumbu khusus di dalamnya sehingga membuatnya begitu enak. Minyak, dextrose, sodium, dan garam. Aroma yang tercium hidup ketika kentang goreng dimasak juga sangat membuat seseorang jadi ingin memakannya.

7. Burger

burger

Bisa dibilang pasangan sehati dari kentang goreng. Inilah dia burger, makanan yang selalu dijual bersamaan dengan kentang goreng. Jika kentang goreng saja sudah bisa bikin ketagihan, burger juga sama-sama bikin ketagihan. Kita tahu burger terdiri dari kombinasi sayur, daging, roti, dan keju, roti, keju, dan daging sendiri adalah bahan-bahan yang membuat burger ini begitu enak dan nagih.

Dalam daging mengandung hypoxanthine, stimulan yang mirip seperti kafein. Ini yang membuat kenapa orang bisa begitu senang makan daging. Untuk roti, roti jaman sekarang sudah dibuat menggunakan rekayasa genetik, membuatnya mengandung lebih banyak pati, gula, dan protein yang lebih adiktif lagi.

6. Es Krim

ice cream

Es krim, makanan manis yang sering disajikan dalam kondisi dingin ini menjadi salah satu makanan yang sangat adiktif sama seperti narkoba. Sekali makan satu cup, bisa membuat orang ketagihan. Disajikan dengan berbagai rasa, sulit rasanya untuk menolak lezatnya es krim. Kenapa hal ini bisa terjadi sangat membingungkan kita semua.

Untuk membuktikannya, sejumlah ilmuwan dari Oregon Research Institute melakukan uji coba mengenai efek es krim terhadap otak manusia. Dengan mengamati reaksi otak terhadap 151 remaja, ilmuwan menemukan bahwa remaja yang mengkonsumsi milkshake, perasaannya langsung berubah bahagia ketmbang yang tidak mengkonsumsi milkshake. Itu baru milkshake, yang es krim masih belum dicoba.

5. Kue

cakes

Jika ada makanan yang sulit untuk dikontrol adalah kue. Tampilan menarik dan rasa manisnya itu yang membuat kue bisa begitu menggoda. Jika ada yang bilang makan satu potong kecil saja cukup, mustahil sekali itu. Sifat kue yang begitu adiktif inilah yang membuat ilmuwan tertarik untuk mengupasnya lebih jauh.

Ilmuwan berpendapat bahwa makanan yang berlemak dan manis sangat menggoda. Semakin berlemak dan semakin manis, semakin adiktif juga makanan tersebut. Ketagihan makanan manis ini malah dibilang berbahaya oleh ilmuwan. Mengingat betapa banyak dan mudahnya kita menemukan makanan yang manis. Maka itu disarankan untuk sering-sering bergerak dan pintar dalam mengontrol diri dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.

4. Kopi

coffee

Kalian suka kopi? Seberapa sering kalian minum minuman satu ini dan berapa banyak? Ada orang yang sanggup minum kopi bergelas-gelas dalam satu hari. Mereka mengatakan, dengan kopi, barulah mereka merasa bertenaga dan sanggup untuk bekerja dalam waktu yang lama. Bagaimana dengan kamu?

Jelas ini menandakan sebuah adiksi. Kenapa orang sampai suka sekali minum kopi? Bisa dibilang inilah akibat dari kafein yang terkandung dalam kopi. Ketika kafein masuk ke dalam tubuh, ini memicu hormon dopamine. Dopamine ini yang menyebabkan seseorang bisa merasa gembira. Tidak sedikit pula narkoba yang memasukkan kafein ke dalam obat agar orang selalu ketagihan.

3. Keripik Kentang

potato chips

Pernahkah kalian berpikir kenapa sangat sulit sekali untuk berhenti makan satu bungkus keripik kentang? Yang awalnya hanya ingin makan satu bungkung, ternyata malah keterusan sampai makan lebih dari 2 bungkus. Menurut hasil studi, keripik kentang memang sudah diketahui bisa bikin orang ketagihan. Mau buktinya?

Keripik kentang, bisa memicu keluarnya hormon dopamine. Yang dimana kita tahu, dopamine ini yang bertanggung jawab membuat seseorang menjadi senang. Peneliti dari Imperial College London menunjukan gambar dari keripik kentang dan junk food lain, bisa memicu munculnya efek bahagia yang sama seperti seseorang mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.

2. Soda

soda

Di urutan 2 dalam daftar makanan dan minuman yang sama adiktifnya seperti narkoba adalah soda. Mungkin sebagian besar di antara kalian ada yang sudah mengetahui hal ini. Memang soda itu sangat nikmat, sulitnya rasanya mengontrol diri untuk tidak minum minuman ini terlalu banyak. Yang bisa membuat kalian terkejut adalah, ternyata soda ini tidak jauh berbeda dengan kopi, kok bisa?

Ada 2 produk minuman bersoda yakni Pepsi dan Coca-cola yang di dalam produknya mengandung kandungan kafein. Ya, kafein seperti yang ada pada kopi. Ini yang membuat kenapa minuman soda sangat nagih. Jadi, jika tubuh kalian membutuhkan kafein, kalian bisa mendapatkannya juga dari minuman mengandung soda. Belum lagi kandungan gula yang tinggi, membuat orang semakin suka.

1. Coklat

chocolate

Terlihat biasa saja, tapi coklat nyatanya sangat adiktif. Dalam coklat terkandung banyak zat seperti gula, lemak, theobromine, enkephalin, dan kafein. Ya kafein, sangat tidak terduga bukan? Sudah berkali-kali disebutkan di atas bahwa kafein bisa membuat seseorang menjadi ketagihan terhadap suatu makanan atau minuman, kopi dan soda.

Dua zat yang sudah disebutkan yakni theobromine dan enkephalin, keduanya adalah stimulan. Theobromine bisa memicu pelebaran pembuluh darah, menurunkan detak jantung, dan tekanan darah. Ini yang membuat rasa rileks setelah memakan satu atau dua coklat. Sama seperti narkoba bukan?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas