home -> Lainnya -> 10 Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Mati
14 November 2018 12:05

10 Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Mati

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 29, 2018

Semua orang pasti akan menemui ajal suatu saat nanti. Bisa sekarang, besok, minggu depan atau tahun depan. Yang membuat banyak orang penasaran adalah, apa yang akan terjadi pada tubuh setelah seseorang mati atau meninggal dunia? Pastinya ada banyak hal yang akan terjadi, namun TahuPedia akan merangkum 10 di antaranya yang paling menarik. Apa saja?

10. Pembusukkan

decomposed

Tidak ada yang akan abadi di dunia, termasuk tubuh manusia yang telah mati. Meski sudah mati, tubuh tidak akan langsung mati. Perlahan namun pasti, sistem dalam tubuh akan berhenti bekerja. Otak mati, jantung berhenti memompa darah, otot-otot menjadi rileks dan lain sebagainya. Setelah semua mati, tinggal menunggu waktu, tubuh akan akan membusuk.

Ya, tubuh akan membusuk secara perlahan. Pembusukan ini terjadi dengan bantuan bakteri yang ada dalam tubuh manusia. Sistem imun dalam tubuh yang tidak bekerja, akan membuat bakteri dalam tubuh akan tumbuh tak terkonrol, memakan tubuh dari dalam. Hanya bagian tulang yang membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa hancur sepenuhnya.

9. Tubuh Mengeluarkan Nutrisi Penyubur Tanah

soil nutrients

Salah satu cara agar tanaman bisa tumbuh subur adalah dengan memberinya pupuk dan rajin menyiramnya. Berbicara soal pupuk, tubuh manusia ternyata bisa juga menjadi pupuk yang bisa membuat tanaman tumbuh subuh. Ya tapi tidak ada perusahaan manapun yang mau menjadi manusia menjadi produk pupuknya kan?

Setelah tubuh mengalami proses pembusukan, tubuh akan melepaskan atau lebih tepatnya berubah menjadi pupuk yang menjadi nutrisi bagus untuk tumbuhan yang ada di sekitar mereka. Nutrisi ini akan menjadi pendorong bagi tanaman untuk tumbuh dengan subur. Jadi jangan heran apabila di sekitar kuburan banyak ditemukan tanaman liar yang tumbuh.

8. Kulit Berubah Menjadi Ungu

purple

Sampai sekarang, masih banyak orang yang percaya bahwa orang telah meninggal, warna tubuhnya akan berubah menjadi pucat, pucat seperti hantu. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, tidak juga salah. Satu hal yang pasti terjadi adalah warna tubuh akan berubah, tapi berubah menjadi warna apa, itu terkandung situasi dan kondisi.

Tidak semua warna tubuh akan berubah menjadi pucat. Bagian tubuh yang menghadap ke atas mungkin akan berubah menjadi pucat, tapi bagian bawah tidak. Tubuh bagian bawah, warnanya akan berubah menjadi ungu. Ini terjadi karena jantung berhenti memompa darah, dan darah akan berkumpul di tubuh yang menghadap bawah. Istilahnya adalah livor mortis.

7. Lahir Dalam Kubur

coffin birth

Pernah mendengar istilah coffin birth? Atau dalam bahasa Indonesianya adalah melahirkan dalam kubur. Kalian pasti pernah dengar hal itu bukan? Film horror tentang melahirkan dalam kubur juga sudah cukup sering diputar di televisi. Hal tersebut mungkin saja terjadi apabila seorang perempuan yang masih mengandung, meninggal dunia.

Ketika wanita yang sedang hamil lalu meninggal dunia, ada kemungkinan dia akan melahirkan dalam kubur. Kejadian sangat jarang terjadi. Ketika tubuh sudah mati, semua otot-otot tubuh perlahan akan menjadi rileks. Gas yang tersimpan dalam perut akan keluar, bayi yang berada dalam kandungan juga akan keluar.

6. Ereksi

erection

Ereksi adalah hal wajar yang hanya terjadi pada ketika ada sesuatu yang merangsang mereka. Ternyata, salah satu hal yang terjadi ketika seseorang telah meninggal adalah ereksi. Namun, ereksi yang terjadi setelah seseorang meninggal, tidaklah sama seperti ereksi ketika seseorang masih dalam kondisi hidup.

Ketika seorang pria mati, jantung juga akan berhenti memompa darah. Darah yang berhenti bergerak akan berkumpul di satu titik terendah pada tubuh. Jika kalian pria dan tubuh kalian diletakkan mengarah ke bawah, maka alat vital kalian akan menjadi titik terendah. Darah akan berkumpul seluruhnya ke arah tersebut dan membuatnya tegang atau ereksi.

5. Bakteri Dalam Usus Berkembang Biak

bowel bacteria

Kalian merasa tubuh kalian bersih dari bakteri? Coba pikirkan ulang. Di usus manusia, hidup banyak bakteri. Jangan langsung menganggap bakteri ini jahat, tak berguna, dan harus dimatikan. Justru dengan bantuan bakteri inilah makanan dalam pencernaan kita bisa dihancurkan. Selama kita hidup, sistem imun kita tetap menjaga bakteri dalam usus untuk tidak bertambah banyak.

Apabila seseorang meninggal, sistem dalam tubuh juga akan berhenti secara perlahan, termasuk sistem imun kita. Ketika sistem imun sudah tidak bekerja lagi, maka tidak ada lagi yang mengontrol jumlah bakteri dalam usus. Akibatnya, bakteri berkembang biak dengan bebas dan akan menggerogoti tubuh dari dalam.

4. Tubuh Berkedut

twitch

Kalau kalian baru pertama kali melihat orang yang baru saja meninggal, entah itu kecelakaan atau apa, jangan langsung kaget apabila kalian melihat ada bagian tubuhnya yang berkedut. Kaki, wajah atau tangan bisa saja berkedut meski sudah meninggal. Kenapa hal ini bisa terjadi? Semuanya ada penjelasan.

Perlu kalian tahu, kematian bukanlah hal yang instan. Meski seseorang dinyatakan sudah tak bernyawa, dibutuhkan waktu agar proses yang masih berjalan di tubuh bisa berhenti.Otak adalah bagian tubuh yang mengontrol sistem saraf pada tubuh. Ketika otak mati, otak tak bisa mengontrol sistem saraf, menyebabkan tubuh berkedut. Letak kedutan tersebut juga acak.

3. Kentut

fart

Kentut adalah hal normal yang kalau ketahuan justru bisa membuat orang yang kentut bisa malu. Tidak percaya? Coba saja kalian naik kendaraan umum lalu kalian tak sengaja membuat gas beracun tersebut keluar dan ketahuan orang. Pasti kalian akan malu. Namun kalian tak akan malu bila kalian sudah menjadi mayat.

Ketika kalian sudah pergi meninggalkan dunia ini, kalian pasti akan kentut, dan sering. Hal ini bisa terjadi karena semua otot pada tubuh, terutama yang menahan kentut, akan menjadi rileks. Otot rileks ini menyebabkan gas dalam perut akan keluar tanpa hambatan. Beruntunya tak ada orang di sekitar kalian yang akan mencium bau kentut kalian tersebut.

2. Keriput Menghilang

wrinkles

Jika dulu hanya orang yang sudah masuk usia tua yang mengalami keriput, kini ada anak muda yang juga sudah mengalami keriput. Hal ini bisa disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat. Munculnya keriput pada wajah dapat membuat penampilan menjadi tidak menarik, apalagi jika dialami oleh usia muda. Kita bisa jadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Salah satu cara mengembalikan kekencangan kulit wajah adalah dengan melakukan perawatan ke dokter kulit. Tapi, ternyata keriput juga bisa hilang setelah kita meninggal. Karena setelah meninggal otot menjadi rileks, maka otot tegang yang membuat wajah keriput akan mengendur, membuat keriput menjadi hilang.

1. Mengerang

moan

Mungkin kalian ada yang tidak percaya dengan hal ini, bagaimana orang yang sudah tak bernyawa bisa mengelurkan suara erangan? Dia seharusnya sudah mati, tak mungkin bisa mengerang, apakah itu adalah hantu? Tidak, bukan hantu, tapi memang setelah orang meninggal, ada kemungkinan ia akan mengeluarkan suara erangan.

Tubuh manusia bagaikan sebuah penjara. Setelah seseorang mati, udara dan gas lainnya yang terperangkap dalam tubuh akan keluar. Beberapa udara ini akan keluar dan melewati pita suara. Inilah yang menyebabkan orang yang sudah mati bisa mengerang atau mendengkur. Bisa bayangkan ketika kalian bekerja di kamar mayat, ketika kalian sedang memeriksa salah satu mayat, mayat tersebut mengeluarkan suara erangan atau dengkur?

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas