home -> Lainnya -> 10 Metode Kesehatan Mengerikan Di Jaman Dulu
22 September 2018 06:03

10 Metode Kesehatan Mengerikan Di Jaman Dulu

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 24, 2018

Jaman dulu, ketika teknologi masih belum maju, penelitian masih kurang, terbatasnya tenaga medis, dan waktu yang terbatas, membuat seseorang mengambil jalan pintas untuk sembuh dari penyakit. Jalan pintas yang ditempuh kebanyakan tidak membawa kabar baik tapi kabar buruk. Untungnya kita sekarang hidup di jaman yang semuanya sudah maju, jadi kita tidak perlu menjalani metode kesehatan yang justru berbahaya bagi kita. TahuPedia merangkum 10 metode medis atau kesehatan jaman dulu yang sangat ekstrim dan berbahaya, yang justru lebih mendatangkan bahaya ketimbang sembuh.

10. Air Radioaktif

radioactive water

Kita tahu bahaya mengerikan yang bisa diakibatkan oleh zat radioaktif. Segudang bahaya bisa kalian temukan di Google akan radioaktif ini seperti mutasi gen, kanker, bahkan bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu orang-orang menggunakan pakaian khusus apabila mau melakukan kontak dengan zat radioaktif.

Jaman dulu, orang malah percaya bahwa bahan radioaktif bisa meningkatkan kesehatan seseorang. Sebut saja materi seperti uranium dan radon. Uranium digunakan sebagai selimut dan radon digunakan untuk infused water. Radon untuk air infus? Efeknya bisa kalian simak sendiri pada pegolf terkenal, Eben Byers. Dirinya meminum air yang sudah terkontaminasi radon atas saran dokter. Bukan sehat yang didapat, nyawanya malah melayang. Ditemukan sejumlah lubang di tengkoraknya dan beberapa kanker.

9. Heroin

heroin

Indonesia memiliki aturan yang sangat ketat mengenai penggunaan narkoba, salah satunya adalah heroin. Apabila heroin sampai masuk ke dalam tubuh, orang yang menggunakannya akan merasakan "ngefly" atau bahagia. Padahal, efek singkat ini tak sebanding dengan efek jangka panjangnya yang salah satunya adalah kerusakan otak.

Dulu, ketika efek negatif heroin masih belum terungkap, para dokter menggunakan heroin untuk mengobati demam, batuk, dan meredakan nyeri. Praktek ini dilakukan sejak tahun 1900 sampai 1950. Yang mengerikan adalah, heroin yang dibuat sebagai obat ini bahkan tersedia juga untuk anak kecil. Untungnya pihak berwenang kemudian sadar bahwa heroin adalah zat adiktif yang berbahaya dan langsung menyatakan bahwa penggunaan heroin adalah ilegal.

8. Rokok Menyehatkan

smoking

Meski sekarang sudah diberitakan bahaya rokok, tapi masih banyak orang yang masih saja melakukan kebiasaan tersebut. Bahkan, bukan hanya yang tua saja, yang masih kecil pun ada yang sudah merokok. Masalah rokok bukan hanya muncul belakangan ini saja, dari dulu juga sudah ada masalah tentang rokok.

Mundur di awal abad ke-20, orang-orang percaya bahwa merokok adalah hal yang tak berbahaya dan menyehatkan. Yang gilanya, ada yang percaya bahwa asap rokok dapat menyembuhkan penyakit asma. Sontak ini membuat orang menjadi perokok. Di jaman yang maju seperti sekarang, rokok malah menjadi penyebab munculnya kanker dan orang-orang baru menyadarinya, meski ada yang tetap cuek juga.

7. Mengeluarkan Darah Dari Tubuh

bloodletting

Di abad ke 18, ada sebuah metode kesehatan yang populer namun cukup gila bila dipikir-pikir. Bloodletting atau kuras darah dipraktekan oleh para dokter jaman dulu untuk menyembuh pasiennya. Entah penyakit apapun, bloodletting adalah salah satu metode yang dianjurkan oleh dokter. Padahal, metode ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan nyawa melayang.

Dokter jaman dulu beranggapan bahwa bloodletting dilakukan untuk membuat darah yang telah rusak dengan maksud untuk menjaga kesehatan. Setelah beribu-ribu tahun, praktek tersebut dihilangkan. Sekarang, bloodletting lebih digunakan untuk masalah kesehatan tertentu seperti mengatasi hipertensi.

6. Lobotomy

lobotomies

Masalah kesehatan mental bukan masalah kesehatan yang banyak terjadi sekarang ini. Di jaman dulu pun, banyak orang yang memiliki masalah mental. Bedanya, jaman sekarang orang yang mengalami kesehatan mental mendapatkan perawatan yang tepat. Dulu justru kebalikannya. orang dengan masalah mental malah harus menjalani perawatan yang sangat tidak manusiawi.

Lobotomi adalah metode yang digunakan oleh orang-orang jaman dulu untuk mengobati orang dengan masalah kejiwaan. Populer di era 1936 dan 1949,  prosedur melakukan lobotomi adalah dengan memasukkan besi panjang melalui mata pasien yang sebelumnya sudah diberi anestesi atau obat penenang. Setelah itu, otak bagian lobus frontal akan diaduk menggunakan besi panjang tersebut. Metode ini menyebabkan perubahan kepribadian dan efektif membunuh pasien.

5. Trepanation

trepanation

Trepanation adalah metode kesehatan yang sudah dipraktekan oleh Suku Inca dan Suku Aztec. Cara ini adalah proses pembedahan yang sangat kuno. Caranya adalah dengan membuat lubang di kepala seseorang tanpa menggunakan anestesi atau obat bius. Karena terbatasnya alat, alat yang digunakan juga sangat kuno atau bisa dibilang mengikuti gaya orang goa jaman dulu seperti batu.

Orang yang bernasib sial yang harus menjalani metode trepanation ini adalah orang yang mengalami kesurupan. Orang yang kesurupan akan dilubangi kepalanya agar roh jahat di dalam tubuh bisa keluar. Ketika trepanation menyebar ke Eropa, metode ini dipercaya sebagai satu-satunya cara untuk menyembuhkan migrain, kejang-kejang, dan kegilaan.

4. Methamphetamine Diet

methamphetamine

Masalah obesitas kini menjadi masalah serius yang tak hanya dihadapi oleh wanita saja, melainkan pria. Tak terbatas umur, anak kecil pun sudah ada yang mengalami obesitas dikarenakan gaya hidup yang buruk. Kunci obesitas ada 2 yakni dengan makan teratur dan rajin olahraga. Sayang, orang malas diet dan olahraga dan lebih memilih jalan yang singkat dengan mengkonsumsi pil diet.

Pil diet, dulu pun sudah ada yang namanya pil diet. Salah satu kandungan dalam pil diet adalah kristal meth atau methamphetamine. Bahan pembuat ini adalah bahan yang sangat berbahaya. Penggunaan zat berbahaya ini akhirnya berakhir pada akhir tahun 1960an. Setelah itu, materi pembuat pil diet diseleksi lebih ketat agar tidak membahayakan kesehatan.

3. Plombage

plombage

Dari dulu hingga sekarang, penyakit TBC atau Tuberculosis masih menjadi penyakit mematikan yang sulit untuk disembuhkan. Butuh pengobatan rutin agar TBC bisa benar-benar sembuh. Penyakit ini juga mudah menular ke orang lain, jadi kalian musti berhati-hati. Beruntungnya kalian yang hidup di era yang sudah maju tak perlu menjalani yang namanya plombage yang populer di jaman dulu.

Oleh dokter di jaman dulu, para pasien TBC harus menjalani yang namanya plombage. Metode plombage melibatkan lemak hewan dan kain kasa yang masukkan ke dalam rongga pleura di dalam dada. Metode ini dipercaya bisa menyembuhkan penderita TBC dan memperpanjang usia pasein. Beruntungnya sudah ada metode pengobatan yang lebih masuk akal yang dikembangkan untuk mengobati TBC.

2. Produk Radium

radium

Terima kasih pada Marie Curie dan suaminya, Pierre Curie atas kerja keras mereka menemukan radium. Di dunia kesehatan, radium dimanfaatkan untuk mengobati penderita kanker prostat metastatik. Itupun menggunakan radium khusus. Selain itu, radium memiliki bahaya besar terhadap manusia karena bersifat radioaktif.

Marie Curie dan Pierre berhasil menemukan radium di abad ke 19. Tak lama kemudian, Marie meninggal akibat anemia aplastik dikarenakan terlalu lama terpapar radium. Sebelum orang tahu dengan bahaya sebenarnya dari radium, radium digadang-gadang sebagai obat ajaib yang bisa menyembuhkan penyakit apapun. Pasta gigi, air, bahkan coklat pun mengandung radium. Kepercayaan akan manfaat radium ini terus berlangsung hingga tahun 1930an. Baru tahun 1960an, bahaya radium terungkap dan produk-produk beradium ditarik dari pasaran.

1. Merkuri Untuk Menyembuhkan Syphilis

mercury

Seperti yang kita tahu merkuri adalah materi berbahaya yang bersifat racun dan bisa mematikan apabila sampai masuk ke dalam tubuh seseorang. Di jaman dulu, orang-orang masih belum sadar akan bahaya ini. Mereka justru beranggapan bahwa merkuri bisa digunakan sebagai obat. Salah satunya adalah obat untuk menyembuhkan penyakit Syphillis atau sipilis.

Ya, penyakit sipilis ternyata sudah ada sejak dahulu kala. Di era dimana ilmu pengetahuan masih belum semaju sekarang, ahli kesehatan jaman dulu malah menggunakan bahan berbahaya seperti merkuri untuk menyembuhkan penyakit ini. Berbagai cara untuk memasukkan merkuri ke dalam tubuh seperti diusap ke kulit, disuntik atau diminum. Pengobatan ekstrim ini malah populer di era 1300an.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas