home -> Lainnya -> 10 Alat Yang Harus Dipunya Di Rumah
22 September 2018 06:11

10 Alat Yang Harus Dipunya Di Rumah

Oleh reagan dalam Lainnya pada August 23, 2018

Baik rumah kecil atau rumah besar, perlu dilengkapi dengan yang namanya toolkits, peralatan atau perkakas. Dengan bantuan perkakas, kalian bisa melakukan sejumlah hal seperti mengencangkan skrup, memaku dinding, mencabut paku, dan lain-lain. Maka dari itu, penting bagi kalian untuk membeli perkakas. TahuPedia merangkum 10 peralatan atau perkakas penting yang pasti dan wajib kalian punya. Apa saja?

10. Lampu Senter

flashlight

Baru punya rumah atau yang sudah memiliki rumah, penting untuk punya alat satu ini. Alat senter, dengan bantuan alat senter, kita bisa menyinari bagian rumah yang gelap. Atau pun juga untuk sebagai alat bantu penerangan ketika sedang memperbaiki mobil atau motor. Sediakan 1 atau lebih alat senter agar hidup lebih enak.

Rasanya cukup mudah juga mencari dan membeli alat senter. Tidak hanya di supermarket, pasar tradisional atau toko elektronik pun ada yang menjual. Ada senter dengan baterai, ada pula yang menggunakan listrik. Yang menggunakan listrik biasanya lebih enak karena ketika habis, kita tinggal mengecas lampu senternya lagi.

9. Pita Pengukur/Meteran

tape measure

Ketika ingin mengukur sesuatu, biasanya kita akan menggunakan alat ukur yang dinamakan oenggaris. Namun, ada satu kendala yang dihadapi ketika menggunakan penggaris. Penggaris memiliki batasan panjang, jika mau mengukur sesuatu yang sangat panjang, sulit rasanya bila bergantung dengan penggaris. Untuk itulah ada alat yang namanya meteran.

Meteran, memiliki panjang yang jauh melebihi penggaris. Bila kalian ingin mengukur suatu benda dalam rumah yang panjangnya tidak bisa diukur dengan penggaris, gunakanlah meteran. Tingi pintu, lebar pintu atau hal lain yang panjangnya tak bisa dijangkau oleh penggaris. Untuk itulah penting memiliki meteran di rumah.

8. Kunci Inggris

wrench

Mungkin kalian ada yang belum tahu dengan nama benda di atas. Benda di atas adalah kunci Inggris. Digunakan untuk mengencangkan atau membuka skrup yang ukurannya besar. Kalau skrupnya berukuran kecil, ada alat yang lebih pas lagi daripada kunci Inggris yakni kunci biasa. Rumah baru atau lama, kalian musti punya perkakas satu ini.

Perkakas basic ini biasanya digunakan untuk memperbaiki pipa air. Ada air bocor dari pipa, gunakan kunci Inggris untuk mengencangkan skrupnya yang kendur. Kunci Inggris yang bisa diatur lebar sempitnya, bisa membuat pekerjaan kalian mudah dengan tidak perlu mengganti-ganti kunci. Mencarinya bisa di toko bangunan.

7. Tang

tang

Alat rumahan yang bentuknya seperti paruh burung ini wajib juga kalian punya. Tang namanya, alat ini ada banyak variasi ukuran dan kegunaan. Ada tang berukuran kecil, ada juga tang berukuran besar. Ada baiknya kalian memiliki 2 tang, satunya besar dan satunya lagi yang kecil. Dan mencarinya, lagi-lagi kalian harus mencari ke toko bangunan.

Untuk tang besar, kalian bisa menggunakannya untuk menjepit barang yang ukurannya besar. Kelemahan tang besar adalah ,bila digunakan untuk area yang sempit, tang ini sama sekali tak berguna. Oleh karena itu, ada tang yang ukurannya lebih kecil. Tang kecil cocok dipakai di area yang lebih sempit. Tang juga bisa digunakan untuk mengupas atau memotong kabel.

6. Palu

hammer

Sahabat tang adalah palu. Dengan bentuk seperti yang terlihat pada gambar di atas, saah satu sisi tang yang bulat dan memiliki permukaan datar bisa digunakan untuk memalu. Sisi satunya bisa digunakan untuk mencabut paku. Minimal kalian punya 2 palu dalam toolbox kalian. Karena jika hilang 1, masih ada cadangan.

Sama seperti tang, palu juga ada 2 tipe, satu adalah palu yang besar dan berat, satu lagi adalah palu kecil dan ringan. Palu besar dan besar biasanya digunakan untuk memalu paku yang ukurannya lebih besar. Paku yang kecil lebih baik menggunakan palu yang lebih kecil dan ringan.  Untuk tugas yang berat seperti di proyek pembangunan, palu yang digunakan biasanya palu besar, disesuaikan juga dengan ukuran pakunya yang memang besar.

5. Kacamata Pelindung

eye protector

Ketikia bekerja, insiden bisa saja terjadi. Meski yang usah berpengalaman dalam melakukan kerja berat dan yang belum, ada baiknya sebelum bekerja, kita menyiapkan alat yang diperlukan, dan tidak lupa dengan memperhitungkan faktor keselamatan dengan menggunakan alat-alat safety. Sama seperti orang-orang di bangunan yang selalu menggunakan helm dan sepatu boots.

Di rumah, memang kita tidak bekerja seberat kuli bangunan, maka helm adalah alat opsional yang bisa dipakai, bisa juga tidak. Namun, kacamata pelindung tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Ketika sedang memalu atau mencabut paku, ada kemungkinan serpihan kayu, tembok atau paku terpental ke arah mata. Disinilah peran kacamata pelindung begitu penting.

4. Paku

iron nails

Dari tadi paku sudah disebut-sebut. Paku, adalah besi panjang yang memiliki 2 ujung. Satu ujungnya runcing, dan ujung satunya berbentuk flat atau datar. Bagian datar inilah yang nantinya akan kita ketok menggunakan palu. Bagian runcing di arahkan pada objek yang kita inginkan. Misalnya tembok atau kayu.

Kenapa kita harus punya benda satu ini? Alasannya simpel, tentu di antar kalian ada yang memiliki foto keluarga kan? Foto keluarga yang memiliki standing frame tidak perlu dipermasalahkan mau diposisikan dimana. Tapi yang foto keluarga yang tidak memiliki standing frame atau yang harus digantung di dinding, memerlukan alat penahan. Paku inilah yang digunakan untuk menggantung foto. Atau juga paku bisa digunakan untuk menggantung barang dekoratif lain.

3. Tangga

ladder

Tidak semua tempat di rumah bisa kita jangkau. Tinggi manusia ada batasnya, tidak bisa menjangkau langit-langit rumah yang tingginya jauh melebihi tinggi kita. Namun, jika ada lampu yang harus diganti atau apapun yang hendak dilakukan di tempat yang tinggi, ada satu alat yang bisa kita gunakan. Alat itu adalah tangga.

Dengan tangga, area yang tinggi bisa kita jangkau. Mau membetulkan atap rumah, mengganti lampu yang mati atau hal lainnya, tangga bisa membantu pekerjaan kita. Tangga juga ada macamnya, kalian tinggal pilih mana tangga yang sesuai dengan kebutuhan. Dan tentunya pastikan tangga tersebut juga kuat.

2. Bor

drill

Satu dari banyak alat yang harus kalian beli dan simpan di rumah. Biasanya bor digunakan bersamaan dengan mur/baut dan obeng. Sebelum memasang baut/mur, dinding atau kayu harus dilubangi lebih dahulu. Kita memang bisa melubanginya secara manual dengan obeng. Tapi itu akan jadi hal yang melelahkan, lebih mudah melubangi objeknya dengan menggunakan bor.

Setelah dinding atau kayu dilubangi dengan bor, barulah mur atau baut dapat dipasang dengan bantuan obeng. Bor pun sekarang sudah semakin canggih. Jika dulu harus disambungkan dulu ke sekring, sekarang sudah ada bor yang wireless. Manapun jenis bornya, kalian bebas memilihnya. Yang penting alat satu ini harus kalian punya di rumah.

1. Obeng

screwdrivers

Dan yang terakhir yang tidak boleh sampai lupa adalah obeng. Ketika ada mur atau baut yang kurang kencang, maka obeng digunakan untuk mengencangkan kembali mur yang kendor. Apalagi hampir semua benda di rumah pasti ada mur. Makin jelas juga kegunaan obeng ini untuk keperluan sehari-hari.

Obeng pun ada banyak macam dan ukuran. Yang umum adalah obeng bintang dan obeng minus. Obeng bintang dan minus juga masih banyak lagi bentuknya. Ada yang besar, ada yang kecil, ada yang panjang, dan ada juga yang pendek. Untuk mempermudah pekerjaan, belilah langsung 1 set obeng di toko yang menjual obeng.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas