home -> Lifestyle -> 10 Hal Yang Harus Dicek Pada Motor Sebelum Pergi T...
14 November 2018 12:36

10 Hal Yang Harus Dicek Pada Motor Sebelum Pergi Touring

Oleh reagan dalam Lifestyle pada July 13, 2018

Bepergian dengan menggunakan motor adalah salah satu cara untuk menikmati liburan. Selain memastikan fisik, riding gear, dan perlengkapan lainnya, kalian juga perlu memeriksa kondisi motor kalian sebelum pergi riding. Kalian tak mau kan touring kalian terganggu karena motor bermasalah. apa saja yang perlu dicek pada motor sebelum pergi riding jauh? Berikut ini daftarnya.

10. Knalpot

exhaust

Hobi touring ke luar kota? Tentunya ada sejumlah "ritual" khusus yang harus dilakukan. Ritual yang dimaksud disini adalah persiapan diri dan juga motor agar siap berkendara jauh. Untuk diri sendiri, sudah pasti untuk istirahat yang cukup agar energi penuh saat memulai riding. Nah untuk motor, ada banyak yang harus dicek. Salah satunya adalah knalpot.

Banyak pengendara motor yang kini menggunakan knalpot after market yang memiliki suara yang lebih keras daripada knalpot standard. Sebelum berkendara, perhatikan dulu apakah kalian melewati daerah atau kota yang memiliki aturan khusus mengenai knalpot? Karena bisa saja beberapa daerah/kota yang dilalui, memiliki larangan terhadap motor yang tidak menggunakan knalpot standard.

9. Kabel

cables

Knalpot motor memang tergantung peraturan daerah yang berlaku, namun ada part motor yang sudah pasti wajib, harus, dan kudu diperiksa. Part tersebut adalah kabel. Tidak mungkin motor tidak memiliki kabel bukan? Baik itu motor matik, kopling, dan bebek, pasti ada banyak kabel, dan sebaiknya semua kabel tersebut dicek.

Kabel kelistrikan, kabel rem, kabel kopling, semua itu harus dicek. Bila ada yang sudah mulai terkelupas, ada baiknya untuk menggantinya dengan yang baru. Kabel yang berhubungan dengan kelistrikan apalagi, bila kabel kelistrikan bermasalah, bisa mengakibatkan motor korslet atau tidak menyala. Kabel rem juga harus dicek apakah masih bisa berfungsi atau tidak.

8. Rantai atau V-Belt

chain

Fungsi rantai atau v-belt pada motor adalah untuk menghubungkan mesin pada gear. Mesin akan memutar rantai atau v-belt yang kemudian motor akan bergerak. Motor-motor sekarang kebanyakan sudah banyak yang mengadaptasi v-belt. Tapi masih ada juga yang masih menggunakan rantai sebagai penggerak.

Bagi kalian yang menggunakan rantai, ada kalanya kalian harus mengecek kondisi rantai motor. Jika sudah berkarat parah, lebih baik diganti dengan yang baru. Rantai yang sudah berkarat memiliki kemungkinan besar untuk putus. Bagi yang menggunakan v-belt, cek apakah ada retak atau gompal? Jika iya, disarankan untuk diganti dengan yang baru.

7. Filter Udara

air filter

Filter udara berperan besar untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin motor. Filter udara akan menyaring kotoran dari udara, supaya udara yang masuk ke dalam mesin, minim kotoran. Jika sampai ada kotoran yang masuk, maka proses pembakaran akan mengalami gangguan. Setiap motor pasti ada part filter udara.

Yang menjadi pr adalah menemukan dimana letak filter udara karena letak filter udara setiap motor itu berbeda-beda. Sebelum pergi touring, filter udara ini harus dicopot dan dibersihkan. Filter udara bisa dibersihkan dengan menggunakan bensin atau air. Sebelum dicuci, debu yang menempel pada filter udara ditiup menggunakan angin kompresor, baru dibersihkan menggunakan air/bensin. Setelah itu tunggu sampai kering.

6. Mur dan Baut

nuts and bolts

Selanjutnya yang harus dicek adalah mur dan baut. Beberapa hari sebelum touring, periksa apakah mur dan baut motor sudah kencang atau tidak. Bila ada yang longgar atau kendor, kencangkan menggunakan obeng yang kalian punya. Bila ada baut atau mur yang kurang, segera beli yang baru, jangan anggap sepele.

Mur dan baut yang kendor bisa mempengaruhi performa motor. Selama perjalanan tidak mungkin jalan yang dilalui akan selalu mulus. Jika terus-terusan menghajar jalan yang tidak rata, mur dan baut yang kendor bisa terlepas dan membuat part motor jadi bergetar. Menyepelakan satu mur dan baut, memperbesar resiko terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Cairan

oil

Entah ada berapa banyak cairan yang ada di dalam motor, dan semuanya sudah pasti harus dicek. Apalagi jika kalian mau berkendara jauh, pastikan semua cairan motor terisi dan tidak ada yang kurang. Misalnya saja bensin, sebelum pergi riding jauh, cek tangki bensin apakah masih terisi atau tidak. Usahakan untuk mengisi penuh tangki bensin malamnya sebelum pergi agar tidak repot di paginya.

Selain bensin, masih ada beberapa cairan yang juga mengisi motor. Contohnya saja ada oli mesin, oli gear, minyak rem, dan air radiator. Kesemuanya harus diperiksa. oli mesin membantu menjaga mesin agar tidak panas dan tidak aus, oli gear juga sama. Minyak rem berfungsi untuk melumasi komponen logam yang bergesekan untuk menghentikan laju kendaraan agar logam tidak mudah aus, tahan panas, dan tidak berubah bentuk pada suhu tinggi. Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin.

4. Lampu

lamp

Ritual selanjutnya yang harus kalian lakukan dengan motor kalian adalah memeriksa semua lampu yang ada pada motor. Pastikan semua lampu bisa berfungsi dengan baik. Baik itu lampu utama, lampu senja, lampu jarak jauh, sein, dan lampu rem. Kalian kan bukan hanya akan berkendara di siang hari saja, ada kemungkinan malam pun masih naik motor.

Tidak hanya memeriksa apakah semua lampu bisa menyala atau tidak, kalian juga harus lihat apakah lampu kalian ini bisa menyilaukan mata pengendara lain atau tidak. Lampu yang bisa menyilaukan mata adalah hal yang berbahaya. Lampu yang terlalu terang bisa membuat mata pengendara lain menjadi silau. Mata yang silau selama beberapa detik saja, bisa mengancam jiwa orang lain dan mungkin saja kita sendiri.

3. Aki

accu

Aki memiliki peran penting untuk motor. Tanpa kotak hitam kecil ini, motor tidak akan bisa berjalan. Boro-boro bisa jalan, menyala pun juga tidak. Aki yang sudah kadaluarsa atau turun daya listriknya (soak), membuat semua komponen listrik pada motor tidak bisa menyala. Mau itu motor karbu atau motor injeksi, kalau akinya mati, tak akan bisa menyala.

Khusus untuk motor injeksi, aki yang soak adalah kiamat. Aki yang sudah kadaluarsa harus segera diganti apabila kalian ingin bepergian. Beberapa aki memang ada yang bisa dicharge ulang, ada yang tidak. Bawa motor ke bengkel kepercayaan kalian untuk dicek apakah aki masih bisa berfungsi atau harus diganti.

2. Rem

brakes

Setiap kendaraan pasti ada rem. Jika tidak ada rem, bagaimana kendaraan bisa berhenti. Sebelum touring, periksa kondisi rem apakah masih baik atau tidak. Rem yang berfungsi dengan baik tentu membuat perasaan jadi tenang. Handle rem, kampas rem, kaliper rem, piston, minyak rem, serta cakram harus dicek.

Pastikan handle rem sudah diatur posisinya agar posisi rem lebih nyaman. Kampas rem yang sudah tipis harus diganti agar tidak merusak cakram. Pastikan piston masih bisa bekerja dengan baik mendorong kampas rem. Pastikan minyak rem dalam batas minimum. Dan terakhir pastikan cakram masih dalam kondisi baik, tidak ada goresan atau sudah berkurang ketebalannya.

1. Ban

tires

Terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah ban. Sebelum touring ke luar kota, kondisi ban harus diperiksa. Ban yang sudah mulai menipis pastinya sudah memiliki daya cengkram yang tidak sebagus ketika masih tebal. Ada 2 cara untuk menentukan apakah bah masih bagus atau tidak. Pertama adalah dengan melihat indikator segitiga pada ban dan kedua adalah kembang ban.

Di pinggir ban terdapat gambar segitiga yang menjadi indikator apakah ban masih bagus atau tidak. Apabila ketebalan ban sudah mulai menyentuh indikator segitiga, itu tandanya ban sudah boleh diganti. Kedua adalah kembang ban. Apabila kembang ban sudah mulai rata dengan ban, tandanya ban sudah harus diganti. Tekanan angin pun harus dicek. Sesuaikan tekanan angin dengan beban yang akan dibawa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas