home -> Lainnya -> 10 Penemuan Yang Berhasil Mengubah Hidup Manusia
15 Oktober 2018 23:05

10 Penemuan Yang Berhasil Mengubah Hidup Manusia

Oleh reagan dalam Lainnya pada July 11, 2018

Manusia adalah makhluk yang jenius. Dari masa ke masa, manusia telah berhasil menemukan sesuatu yang berguna dan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan. Inilah sejumlah penemuan penting yang berhasil mengubah dan memberikan dampak besar bagi kehidupan manusia. Tanpa penemuan ini, mustahil hidup bisa seperti dan semudah sekarang.

10. X-Ray

x-ray

Pernahkah kalian pergi ke rumah sakit? Di rumah sakit pasti ada penunjuk arah yang menunjukkan ruang ini, ruang itu, dan salah satunya adalah ruang x-ray. Setiap rumah sakit sekarang pasti sudah punya yang namanya mesin x-ray. Mesin x-ray inilah yang digunakan untuk melihat bagian dalam tubuh manusia untuk menemukan masalah apa yang terjadi di dalam tubuh.

Coba bayangkan apabila zaman sekarang belum ada yang namanya mesin x-ray? Pasti akan sangat repot, bagaimana caranya menyembuhkan orang yang memiliki sakit di dalam tubuhnya? Bagaimana cara melihat bagian dalam tubuh tanpa menggunakan x-ray? Masa iya harus naik ke meja operasi dulu? Harus dioperasi sampai seberapa dalam? Terima kasih pada Wilhelm Conrad Rontgen, ia merupakan ahli fisika asal Jerman yang berhasil menemukan mesin x-ray.

9. Alat Bajak

the plow

Tidak ada yang tahu secara jelas tentang siapa penemu alat bajak dan kapan alat bajak ditemukan. Intinya, sekarang pekerjaan para petani sudah sangat terbantu berkat adanya alat bajak. Kemunculan alat bajak cukup sulit diselidiki karena di setiap negara ternyata memiliki sejarahnya sendiri tentang alat bajak.

Alat bajak atau yang dikenal juga dengan nama luku dan tenggala adalah alat di bidang pertanian yang digunakan untuk menggemburkan tanah sebelum dilakukan penanaman dan penaburan benih. Sebuah alat yang sederhana memang, tapi manfaatnya di bidang pertanian sangatlah besar. Bila dahulu masih menggunakan tenaga hewan untuk menggerakannya, kini sudah bisa menggunakan mesin.

8. Mesin Uap

steam engine

Membahas penemuan penting dalam kehidupan manusia, sudah pasti harus menyebut steam engine atau mesin uap. Dulu, untuk menghasilkan tenaga, digunakan yang namanya roda air. Ataupun jika tidak ada air, maka manusia akan memanfaatkan tenaga hewan. Kedua hal tersebut kemudian dianggap masih memiliki kelemahan, sehingga diciptakanlah yang namanya mesin bertenaga uap.

Memanfaatkan uap sebagai tenaga dari mesin sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Namun oleh Thomas Newcomen, ia menciptakan mesin uap kreasinya sendiri pada tahun 1712. Di tahun 1769, James Watt, menggunakan mesin yang diciptakan oleh Newcomen, dimodifikasi sedemikian rupa dengan menambahkan kondenser yang membuat kinerja mesin uap menjadi lebih baik dari sebelumnya.

7. Alat Komunikasi

communications

Menyebut alat komunikasi sebagai inovasi penting yang berhasil mengubah kehidupan manusia adalah bukan hal yang salah. Alat komunikasi disini bukan hanya mengacu pada telepon saja, telegram, radio, dan bahkan televisi pun termasuk dalam alat komunikasi. Dimana keberadaan alat komunikasi ini berhasil membuat penyebaran informasi menjadi lebih mudah.

Dari waktu ke waktu, alat komunikasi pun semakin berkembang. Dari yang dulu telepon masih menggunakan kabel dan agak repot bila harus dipindah, kini sudah ada handphone yang bisa dibawa kemana-mana. Kalau baterainya habis, bisa direcharge. Telepon, salah satu alat komunikasi yang populer, ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1885. Sedangkan telegram ditemukan oleh Samuel Morse pada tahun 1836.

6. Mobil

automobile

Jika penemuan mesin uap memberikan pengaruh besar pada dunia industri, maka penemuan autmobile atau mobil sangat berpengaruh besar untuk memindahkan manusia. Semua penemuan tentunya diawali dari sebuah ide. Adalah ide dari Karl Benz yang memiliki ide untuk menciptakan sebuah kendaraan yang bisa digunakan sebagai transportasi.

Di tahun 1885, Karl Benz menciptakan sebuah mesin pembakaran dari desainnya sendiri. Mesin pembakaran ini digadang-gadang sebagai mesin mobil pertama. Oleh Henry Ford, ia melakukan perbaikan di sisi produksi dan membuat pemasaran yang lebih efektif. Henry Ford kala itu memiliki keinginan besar untuk bisa menciptakan mobil bagi orang Amerika.

5. Lampu

light bulb

Apa yang akan terjadi pada manusia apabila di jaman sekarang tidak ada yang namnya lampu? Mungkin sekarang tiap malam, di tiap rumah akan menggunakan lampu minyak atau menggunakan obor untuk berkeliling. Membahas lampu, nama Thomas Alfa Edison pastinya akan langsung terlintas di kepala.

Di sekolah kita diajarkan bahwa berkat Thomas Alfa Edison lah yang menemukan lampu pijar. Sebelum itu, di tahun 1870an, sudah banyak orang yang mencoba melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Edison. Ketika Edison berhasil menemukan lampu pijar, di waktu yang sama, Joseph Swan juga melakukan hal yang sama di Inggris. Mereka berdua kemudian menyatukan ide dan menciptakan sebuah perusahaan, Ediswan.

4. Komputer

computer

Komputer sebenarnya bisa dibilang masih termasuk dalam alat komunikasi, tapi ada fungsi lain yang bisa dilakukan oleh komputer. Oleh karena itulah komputer dimasukan ke dalam poin yang terpisah. Komputer jaman dulu juga berbeda dengan jaman sekarang. Pada awal diciptakan, komputer diciptakan untuk menghitung.

Komputer pertama yang berhasil diciptakan dinamakan ENIAC. ENIAC merupakan komputer hasil inovasi dari J. Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania. Konstruksinya diciptakan di 1943 dan sempat berhenti di tahun 1946. Ukuran ENIAC saat itu sangat besar, ukurannya sudah sebesar ruangan, kira-kira 167 m2.

3. Microwave

microwave

Ketika ingin menghangatkan kembali makanan yang telah kita beli, biasanya kita akan menggunakan alat dapur yang namanya microwave. Dengan kotak kecil ini, cukup masukkan makanan, set suhu, dan atur waktu, maka makanan yang kita masukkan tadi akan dihangatkan. Benda satu ini memang sangat membantu kehidupan kita.

Sebelum microwave ditemukan, sungguh sangat repot apabila orang ingin menghangatkan kembali makanan yang telah lama didiamkan. Tahukah kalian bahwa microwave adalah suatu inovasi yang ditemukan oleh seorang fisikawan dan penemu asal Amerika bernama Percy Spencer. Spencer berhasil menemukan microwave pada tahun 1946. Idenya didapat ketika permen yang ia letakkan di kantong, meleleh akibat magnetron.

2. Internet

internet

Menyusul berhasil ditemukannya komputer, masih dirasa kurang bila komputer hanya bisa digunakan untuk menghitung dan mengerjakan hal-hal biasa saja. Beruntung dengan munculnya internet, komputer bisa melakukan hal lebih. Dan lagi, handphone sekarang juga bisa melakukan surfing di dunia maya berkat adanya internet.

Dengan internet, seluruh komputer dan alat komunikasi di dunia yang bisa terhubung dengan internet, bisa mengakses hampir semua informasi yang ada. Dengan mampunya mengakses segala informasi dari berbagai tempat dan tak terbatas waktu, mempengaruhi sektor bisnis, komunikasi, ekonomi, entertainment, dan bahkan politik.

1. Roda

wheel

Salah satu penemuan penting yang memberikan dampak positif begitu besar bagi kehidupan manusia adalah roda. Kendaraan sekarang sudah pake roda, gerobak pun dilengkapi dengan roda. Bila ditelusuri lebih jauh, roda sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu lamanya. Roda tertua yang berhasil ditemukan adalah sebuah roda yang ditemukan di Ljubljana, Slovenia, dan umurnya sudah 3100 SM.

Berkat ditemukannya roda, transportasi sekarang sudah semakin dimudahkan. Memindahkan barang dan juga manusia sudah semakin cepat dan efisien. Mobil, motor, gerobak, sepeda, kereta, dan semua transportasi sekarang sudah menggunakan roda. Itu baru dari segi transportasi, belum lagi penggunaan lainnya dalam kehidupan manusia.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas