home -> Lainnya -> 10 Bandar Narkoba Terkenal Dunia
19 September 2018 02:28

10 Bandar Narkoba Terkenal Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada July 06, 2018

Narkoba dijual tak sembarangan, pasti ada sindikat yang berada di baliknya. Dan pastinya ada pula yang menjadi bos, bandar atau gembongnya. Bandar narkoba inilah yang mengendalikan semua hal mulai dari stok barang, pembuatan, sampai penyebaran narkoba. Karena pentingnya peran seorang bandar atau gembong narkoba, pastinya orang satu ini akan menjadi orang yang paling dicari oleh polisi. Mari kita cek 10 bandar narkoba paling terkenal dunia berikut ini.

10. Felix Mitchell

felix mitchell

Meski berada di urutan buncit dalam daftar, Felix Mitchell masih cukup terkenal di dunia narkotika sebagai salah satu bandar narkoba terbesar dari Amerika Serikat. Lahir di kota Oakland, Felix Mitchell mendapat julukan dari tokoh kartun, Felix The Cat. 69 Mob adalah sindikat kriminal yang dibentuk oleh Felix Mitchell.

Sindikat kriminal 69 Mob dibentuk ketika Felix Mitchell dropout sekolah. Kharismanya yang luar biasa membuat Felix Mitchell begitu dikagumi oleh remaja lokal. Para remaja yang menjadi pengikutnya tersebut dimanfaatkan dan dipengaruhi sehingga mengikuti jejak Felix Mitchell menjadi penjual narkoba. Ketika meninggal dunia, pemakaman Felix Mitchell dihadiri oleh banyak sekali orang, ini bukti bahwa dirinya begitu dihormati.

9. Dawood Ibrahim

dawood ibrahim

Bandar narkoba berikut ini merupakan gembong narkoba terbesar yang berasal dai Mumbai, India. Selain sebagai gembong narkoba, Dawood juga dikenal sebagai teroris. Selama bertahun-tahun, Dawood berhasil merekrut sebanyak 5.000 anggota kriminal. Sindikat kriminal tersebut diberi nama D-Company.

Perdagangan narkotika hanya salah satu dari sekian banyak kegiatan kriminal yang dilakukan oleh D-Company. Lainnya, pembunuh berantai, perdagangan senjata, dan terorisme. Negara seperti Pakistan, India, dan Uni Emirat Arab sudah menjadi rumah sendiri bagi Dawood dan sindikatnya. Sindikiat Dawood ini memiliki hubungan dengan jaringan teroris al-Qaeda yang bertanggung jawab atas serangan di Mumbai pada tahun 2008.

8. Khun Sa

Khun Sa

Berkedudukan sebagai panglima militer, Khun Sa malah bertindak sewenang-wenang dan terlibat dengan perdagangan obat-obatan terlarang. Di negaranya sendiri, Burma, Khun Sa bahkan mendapat julukan sebagai Raja Opium. Perdagangan narkotik jenis opium dilakukan di kawasan Segitiga Emas (Myanmar, Laos, dan Thailand).

Di Asia, siapa yang tidak kenal dan takut dengan nama Khun Sa. Sebanyak 70% perdagangan opium di kawasan Segitiga Emas, dikuasai oleh Khun Sa. Hasil keuntungan dari penjualan opium tersebut dimanfaatkan Khun Sa untuk mendanai ribuan pasukan militer miliknya. Entah sudah tak terhitung lagi banyaknya laboratorium opium yang dibangun olehnya.

7. Rafael Caro Quintero

Rafael Caro Quintero

Meksiko dikenal dengan kelompok gangster. Salah satu gangster terkenal yakni Rafael Caro Quintero. Dia merupakan ketua dari Guadalajara kartel. Di Meksiko, mereka yang mau mencari narkoba, pasti akan diarahkan pada sindikat narkoba milik Quintero, Guadalajara. Atas tindakannya yang melanggar hukum, Quintero dijatuhi hukuman penjara selama 40 tahun.

Beruntungnya Quintero, setelah menjalani masa penjara selama 28 tahun, pengadilan Meksiko menyatakan bahwa Quintero tidak seharunya dihukum dan dipenjara di penjara federal, melainkan Meksiko. Pemerintah Amerika sebenarnya tidak setuju atas pembebasan tersebut dan menawarkan imbalan besar bagi mereka yang bisa memberikan informasi tentang penangkapan kembali Quintero.

6. Frank Lucas

frank lucas

Di urutan 6 daftar bandar narkoba terkenal dunia, ada nama Frank Lucas. Spesialisasi Frank Lucas dalam hal obat-obatan terlarang adalah heroin. Pasangan dari Julianna Farrait ini mengelola organiasi narkoba besar di Harlem, sebuah pemukiman di Manhattan, New York. Frank Lucas beroperasi di akhir tahun 1960an dan awal 1970an.

Organisasi yang dibentuk oleh Frank Lucas berhasil dibesarkan sampai level internasional, New York dan Asia Tenggara. Hasil kerja kerasnya membuahkan hasil, jutaan cash dan properti di sejumlah negara berhasil ia dapatkan. Apes baginya, di tahun 1975, dirinya ditangkap oleh polisi. Kisah hidup Frank Lucas bahkan sampai dibuat film dengan judul American Gangster pada tahun 2007, dibintangi oleh Denzel Washington.

5. Griselda Blanco

griselda blanco

Emansipasi wanita diartikan salah oleh Griselda Blacno. Di dunia, bandar narkoba lebih banyak didominasi oleh pria, berkat Griselda Blanco, dirinya membuktikan bahwa wanita juga bisa mengurus perdagangan narkoba. Bukan skala kecil, melainkan sudah skala besar. Griselda Blanco-lah yang menjadi bandar narkoba besar di Kolombia.

Di dunia narkoba, Griselda Blanco mendapat julukan La Madrina atau The Black Widow. Dialah yang menjadi salah satu kunci sukses dari Medellin kartel dalam mendistribusikan narkoba. Diduga, wanita inilah yang menjadi mentor sang Raja Kokain, Pablo Escobar. Namun, Escobar berkhianat dan menjadi lawannya. Griselda Blanco meninggal dunia akibat luka tembakan pada 3 September 2012.

4. Amado Carrillo

Amado Carrillo Fuentes

Mendapat julukan El Senor de Los Cienos atau The Lord of the Skies. Sosok Amado Carrillo inilah yang menjadi bandar narkoba terbesar di Kolombia. Pria ini jugalah yang mengambil alih sindikat perdagangan obat-obatan terlarang milik Pablo Escobar, Medellin kartel. Beberapa saingannya juga sukses disingkirkan oleh Carrillo.

Sukses mengambil alih Medellin kartel dan memonopoli perdagangan narkoba di Kolombia dan Meksiko menjadikan Carrillo sebagai salah satu bos narkoba terkaya dengan total kekayaan mencapai 25 miliar USD. Pada Juli 1997, Carrillo meninggal dunia akibat serangan jantung di Rumah Sakit Santa Monica, Meksiko.

3. Fabio Ochoa Vasquez

Fabio Ochoa Vasquez

Semua orang pastinya ingin menjadi milyader tapi dengan cara yang halal. Sayang, Fabio Ochoa Vasquez tidak memiliki pemikiran seperti itu. Dirinya gelap mata dan ingin kekayaan yang instan, oleh karena itu dirinya memutuskan untuk menjadi seorang bandar narkoba. Bersama dengan saudaranya, Fabio Ochoa Vasquez masuk dalam kelompok Medellin, sindikat penjual kokain di Kolombia.

Vasquez sebagai pemimpin, saudaranya, Juan David dan Jorge Luis menjadi pemimpin besar dalam Keluarga Medellin. Selama menjadi pemimpin Medellin, Vasquez menyimpan ribuan kilogram kokain di Florida pada tahun 1970an dan awal tahun 1980an. Setelah tertangkap oleh kepolisian Kolombia, Vasquez dikirim ke Amerika pada tahun 1999. Pengadilan memutuskan untuk memenjarakan Vasquez dalam kurun waktu 30 tahun.

2. Pablo Escobar

pablo escobar

Jika di Asia ada Khun Sa yang dijuluki Raja Opium, maka di dunia, terutama Kolombia, ada seorang pria yang dijuluki sebagai Raja Kokain. Dia adalah Pablo Escobar, seorang bandar narkoba terkenal dunia yang berasal dari Kolombia. Di tahun 1989, nama Pablo Escobar memasuki masa kejayannya dan semua bandar narkoba mengenalnya.

Sebagai bandar narkoba, Pablo Escobar sempat sukses mencatatkan namanya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Medellin kartel adalah sindikat yang diurus oleh Escobar. Sebesar 80% penjualan kokain dilakukan oleh Medellin kartel. Tercatat sebanyak 15 ton kokain diselundupkan ilegal ke Amerika Serikat setiap harinya. Escobar meninggal karena ditembak oleh polisi Kolombia. Escobar ditembak di rumahnya sendiri pada 2 Desember 1993.

1. Joaquín Guzmán

Joaquín Guzmán

Di antara semua bandar narkoba di dunia, tak ada yang seterkenal Joaquin Guzman. Bandar narkoba berjuluk El Chapo ini dianggap sebagai bandar narkoba paling besar sepanjang sejarah. Sindikatnya bernama Sinaloa kartel, beroperasi di Meksiko, lebih tepatnya di tepi pantai Pasifik dari Sinaloa.

Metode perdagangan narkoba yang dilakukan oleh El Chapo sangat hebat. Dirinya membangun terowongan khusus dari Meksiko ke Amerika Serikat. Berapa ton narkoba berhasil dikirim ke lebih dari 50 negara di dunia. Guzman dipenjara atas tindakan kriminalnya, dan sebanyak 2 kali ia berhasil melarikan diri dari penjara, tahun 2001 dan 2014.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas