home -> Lifestyle -> 10 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok
18 Juli 2018 17:37

10 Bahan Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Oleh reagan dalam Lifestyle pada July 05, 2018

Dulu, hanya para orang tua yang memiliki masalah dengan rambut rontok. Sekarang, jaman sudah makin berkembang, gaya hidup sudah mulai yang aneh-aneh, membuat anak muda atau remaja mengalami masalah kerontokan rambut. Bila terus dibiarkan, maka bisa berujung pada kebotakan dini. Tidak mau kan kalian botak sebelum waktunya? Untungnya ada beberapa bahan alami atau pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

10. Licorice

Licorice

Ingin memiliki akar rambut yang kuat dan tidak mudah rontok? Caranya cukup mudah, yang kalian butuhkan adalah licorice. Licorice atau akar manis merupakan tanaman yang memiliki cita rasa manis, namun berbeda dengan gula. Dikombinasikan dengan susu dan kunyit, kalian bisa mendapatkan rambut yang kuat dan tak mudah rontok.

Pertama-tama, tambakan akar manis dan kunyit ke mangkuk yang berisi susu dan aduk hingga merata. Sebelum tidur, gunakan campuran tersebut untuk dioleskan ke kepala. Di pagi harinya barulah kalian bilas kulit kepala dengan air sampai bersih. Lakukan selama 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

9. Amla/Indian gooseberry

Amla

Buah amla atau Indian gooseberry, selain bisa dimakan, buah satu ini bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok. Terima kasih karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Vitamin C merupakan nutrisi penting bagi rambut dimana bisa mempercepat pertumbuhan rambut dan menguatkan akarnya.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan. Pertama dengan didihkan buah amla yang sudah kering di dalam minyak kelapa dan gunakan sebagai pengganti shampo. Kedua, remas buah amla dan ambil cairannya. Campur dengan 2 sendok teh jus jeruk nipis, usapkan ke kepala. Ketiga, campur minyak kelapa dan minyak buah amla, tambahkan beberapa tetes jus lemon, usapkan ke kepala, dan bilas dengan air.

8. Daun Mimba

daun mimba

Memiliki nama lain Azadirachta indica atau Indian lilac. Tanaman ini termasuk golongan perdu yang ditemukan di India. Banyak manfaat yang diperoleh dari tanaman satu ini, mulai dari mengusir ketombe, menyehatkan kulit kepala, dan merangsang pertumbuh rambut. Tentu ini menjadi salah satu pilihan bagi kalian yang ingin terhindar dari kerontokan dini.

Ambil beberapa daun mimba dan masukkan dalam panci yang sudah diisi air. Setelah tinggi air berkurang, matikan, dan dinginkan. Setelah dingin, bilas air rendaman daun mimba tersebut ke kepala. Hanya saja kalian perlu hati-hati, air rendaman daun mimba bisa membuat mata perih. Jadi pastikan airnya tidak kena mata.

7. Teh Hijau

green tea

Selain berguna untuk menurunkan berat badan dan membuang racun dalam tubuh, ternyata masih ada manfaat tersembunyi lain dari teh hijau. Teh hijau bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk mencegah kebotakan yang disebabkan oleh rambut rontok. Tentu saja kalau kalian tahu bagaimana cara menggunakannya.

Ambil 2 kantung teh hijau dan masukkan ke dalam wadah yang berisi air panas. Biarkan sampai air menjadi dingin. Gunakan air tersebut untuk membilas kepala dan rambut. Teh hijau bisa mengstimulasi folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhannya. Lakukan ritual ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam seminggu.

6. Bawang Merah

bawang merah

Selanjutnya mari kita bahas bawang merah. Biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masak, bawang merah ternyata bisa digunakan juga untuk merawat rambut. Apalagi bagi mereka yang memiliki masalah dengan rambut rontok, wajib menggunakan bawang merah ini sebagai pemecah permasalahan.

Parut satu bawang merah dan saring. Tambahkan bawang merah tersebut ke jus atau usapkan secara merata ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan keramas menggunakan shampo herbal. Campur 3 sendok makan jus bawang merah dengan 2 sendok makan gel lidah buaya dan tambahkan 1 sendok makan olive oil jika kalian mau. Usapkan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Bilas dengan dengan shampo. Praktekan selama 2-3 kali seminggu dalam sebulan.

5. Biji Fenugreek

fenugreek seed

Ada sejuta manfaat yang bisa kalian dapatkan dari biji fenugreek. Fenugreek sendiri merupakan buah dari tanaman herbal yang biasa digunakan untuk menyembuhkan beberapa masalah kesehatan. Sebut saja masalah pencernaan, sakit perut, sembelit, ginjal, sariawan, bahkan disfungsi ereksi juga bisa diatasi dengan fenugreek.

Fenugreek ini ditengarai bisa meningkatkan pertumbuhan rambut, membuatnya menjadi berkilau, kuat, dan panjang. Caranya, rendam 2 sendok makan biji fenugreek di air selama satu hari, buat seperti lem. Tambahkan air untuk meningkatkan kosistensinya. Tambahkan 4 sendok makan putih telur. Usapkan ke rambut dan kulit kepala. Setelah satu jam, bilas dengan air.

4. Minyak Jarak

minyak jarak

Untuk mengatasi masalah rambut rontok, banyak orang yang menyarankan untuk memanfaatkan yang namanya minyak jarak. Minyak jarak mengandung asam ricinoleic yang tinggi serta lemak omega-9. Asam ricinoleic ini bagus untuk meningkatkan aliran darau ke kulit kepala dan menguatkan akar rambut.

Untuk menggunakannya, ambil 2 sendok teh minyak jarak dan tuang ke mangkuk. Tambahkan 1 sendok makan minyak wijen, dan 3 tetes minyak esensial kenanga. Aduk rata lalu gunakan hasil campuran tersebut dan pijat ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa jam, kemudian bilas dengan air sampai bersih. Ulangi setidaknya 1 atau 2 kali dalam seminggu.

3. BIji Flax/Rami

flaxseed

Dan yang bahan ketiga yang dapat dipakai untuk mengatasi masalah kerontokan rambut adalah biji flax atau biji rami. Tahukah kalian, biji flax atau rami ini adalah sumber lemak omega-3 yang bagus. Kalian tahu sendiri bahwa lemak omega-3 ini sangat dibutuhkan untuk rambut agar bisa tumbuh dengan sehat.

Bagaimana cara menggunakannya? Rendam 1 sendok teh biji flax di dalam air selama semalam. Makan biji flax beserta minum airnya di pagi hari. Sedikit variasi, kalian bisa menambahkan biji flax tersebut ke salad, sandwich atau makanan favorit kalian lainnya. Lemak omega-3, zinc, dan protein yang tinggi dari biji flax bisa menjaga kelembapan kulit kepala dan memelihara rambut.

2. Susu Kelapa

coconut milk

Jika ingin memiliki rambut yang kuat, kalian harus tahu vitamin apa yang dibutuhkan rambut. Vitamin E adalah vitamin yang memang diketahui bagus untuk memperkuat akar rambut supaya rambut tidak mudah rontok. Ingin mendapatkan vitamin E, kalian bisa mencari yang namanya susu kelapa. Susu kelapa kaya akan vitamin E dan lemak yang bisa menjaga kelembapan dan membuat rambut kuat.

Cara menggunakan susu kelapa adalah dengan mengusapkannya pada kulit kepala. Kalian bisa gunakan sisir yang biasa digunakan untuk mengecat rambut. Setelah selesai mengolesi kepala dengan susu kelapa selama 20 menit, barulah kalian mencuci bersih kepala dengan air dingin. Diikuti dengan shampo.

1. Lidah Buaya

aloe vera

Sudah dari dulu lidah buaya dimanfaatkan orang sebagai obat untuk merawat rambut. Rambut yang selalu dirawat dengan lidah buaya biasanya akan jauh lebih sehat daripada yang tidak. Oleh karena itu banyak produk perawatan rambut menyertakan ekstrak lidah buaya. Lalu, bagaimana cara menggunakan lidah buaya ini?

Kalian tahu bahwa bagian dalam lidah buaya terdapat gel yang dingin? Ambil dan usapkan gel ini ke rambut yang sudah terlebih dahulu dicuci. Pijat dengan merata gel lidah buaya ke seluruh bagian rambut. Lakukan hal ini selama 3 kali seminggu di pagi hari. Lidah buaya dapat membantu mengembalikan tingkat Ph pada kulit kepala dan rambut dan menguatkan akar rambut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas