home -> Lifestyle -> 10 Cara Efektif Meredakan Sakit Pinggang
19 September 2018 03:02

10 Cara Efektif Meredakan Sakit Pinggang

Oleh reagan dalam Lifestyle pada July 04, 2018

Baik itu tua ataupun muda, semuanya pasti pernah merasakan yang namanya sakit pinggang. Sakit pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti faktor usia, terlalu lama duduk di depan komputer, dan juga bisa karena tempat tidur yang tidak nyaman. Apapun penyebabnya, masalah sakit pinggang tak bisa dibiarkan terus menerus. Untuk meredakannya, ada sejumlah cara yang dianggap efektif. Apa saja?

10. Dokter

doctor

Keberadaan dokter di dunia bukan hanya untuk pajangan saja. Jika pinggang kalian menglami nyeri dan tidak tahu harus berbuat apa, lebih baik pergi konsultasi ke dokter. Membiarkan pinggang terus sakit tanpa usaha untuk menyembuhkannya malah bisa memperparah kondisi. Oleh dokter, akan dianalisa kenapa pinggang bisa nyeri.

Setelah dianalisa penyebab sakit pinggang, dokter bisa memberikan resep dan apa saja yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit. Ini akan sangat membantu bagi kalian yang tidak harus membeli obat apa dan harus berbuat apa. Takut pergi ke dokter? Kalian pilih sakit pinggang kalian tetap menyiksa atau takut dokter?

9. Vitamin

vitamin

Ketika sakit pinggang, salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya adalah dengan minum vitamin. Ada banyak vitamin yang bisa membantu meredakan rasa sakit tersebut, seperti vitamin E, D, dan C. Vitamin yang kaya akan anti oksidan dan anti inflamasi bisa kalian konsumsi. Seperti vitamin B12 yang bisa mengurangi rasa sakit di pinggang karena memiliki sifat analgesik dan anti inflamasi.

Namun kalian tidak bisa sembarangan membeli dan mengkonsumsi sembarang vitamin. Banyaknya vitamin yang dijual di toko justru membuat pembeli bingung. Mana yang memang dibutuhkan oleh tubuh, bisa dicari tahu dengan berkonsultasi dengan dokter. Berkonsultasi dengan dokter juga bagus untuk mencegah kali-kali saja ada efek samping dari vitamin tersebut.

8. Meditasi

meditation

Pernahkah kalian mendengar seseorang mengatakan, kekuatan pikiran adalah segalanya? Para peneliti di University of Manchester berhasil menemukan bahwa dengan melakukan meditasi secara rutin, bisa membantu orang yang sering merasa sakit untuk lebih relaks. Ini berlaku juga untuk mereka yang sering sakit pinggang.

Jangan hanya mengira bahwa hanya sampai disana manfaat dari bermeditasi. Meditasi diakui banyak orang, bisa membantu mengatasi masalah mental dan meningkatkan kesehatan. Bahkan beberapa pakar telah membuktikan kebenaran tentang manfaat meditasi. Sejumlah masalah seperti resah, sulit tidur, dan tekanan darah tinggi bisa teratasi.

7. Kurangi Merokok

stop smoking

Sudah banyak sekali peringatan yang diberikan oleh orang, pemerintah, dan lembaga kesehatan akan bahaya merokok. Di setiap bungkus rokok pun sudah tertera resiko dari merokok, seperti, gangguan pernapasa, gangguan kehamilan, dan janin, jantung, dan masih banyak lagi lainnya. Tak banyak orang tahu bahwa merokok juga bisa menyebabkan sakit pinggang.

Kebiasaan merokok dan sakit pinggang ada hubungannya. Semakin sering merokok, maka pembuluh darah akan semakin menyempit. Jika pembulu darah menyempit, maka suplai darah ke tubuh akan terganggu. Inilah yang bisa membuat pinggang menjadi sakit. Tidak mau memiliki masalah pinggang? Berhentilah merokok.

6. Yoga

yoga and workout

Ketika kita merasa sakit, pastinya kita akan coba mencari tahu apa penyebabnya. Sama seperti sakit pinggang, ketika pinggang terasa nyeri, apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi? Dari sana, kita bisa mengambil kesimpulan untuk memperbaiki kesalahan atau kebiasaan yang menjadi penyebab munculnya rasa sakit tersebut.

Umumnya, rasa sakit di pinggang dipicu karena rasa tegang dan kaku. Untuk menyelesaikan masalah tegang dan kekakuan ini, disarankan untuk menambah fleksibilitas tubuh. Nah, salah satu caranya adalah dengan melakukan yoga. Yoga bukan hanya bagus untuk membantu menguruskan badan, tapi juga bisa untuk meningkatkan kelenturan tubuh.

5. Atur Posisi Tidur

sleep habits

Banyak orang mengatakan, tidur yang tak cukup bisa membuat mood jelek. Jika mood sudah jelek, maka selama seharian, apapun yang dilakukan akan tidak maksimal. Tidak hanya kurang tidur saja yang bisa membawa akibat buruk, posisi tidur serta tempat tidur yang tidak nyaman juga bisa mendatangkan masalah. Dan masalah itu adalah sakit pinggang.

Ranjang yang tidak nyaman bisa membuat pinggang menjadi sakit, itu pasti. Apalagi ditambah dengan posisi tidur yang tak beraturan bisa memperparah rasa sakit tersebut. Segera ganti tempat tidur menjadi yang lebih nyaman, serta perbaiki posisi tidur untuk memperkecil terjadinya sakit pinggang.

4. Kompres

cold and hot pads

Teknologi sudah semakin maju, kini sudah semakin banyak bantalan kompres yang ditenagai dengan baterai. Untuk menggunakannya, cukup mengecas baterainya, dan kalau habis bisa dicas lagi. Nah, bantalan hangat ini bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit di pinggang. Tambahkan juga kompresa dingin untuk cara ini.

Ketika sakit, coba menggunakan kompres dingin selama 24-48 jam. Setelah 48 jam, ganti dengan kompres panas. Sebelumnya, berikan jeda beberapa waktu sebelum menggunakan kompres yang berbeda suhu. Kalau bisa, tambahkan juga kain pelindung agar kulit tak sakit menggunakan kompres yang dingin dan panas.

3. Susu

milk

Selain air putih, minuman yang sangat menyehatkan dan bagus untuk dikonsumsi adalah susu. Kenapa susu? Susu memiliki anti inflamasi yang menjadi salah satu opsi untuk menyembuhkan rasa sakit di pinggang. Lebih jauh lagi, susu kaya akan kalsium yang bisa untuk menguatkan tulangdan mencegah kembalinya rasa sakit pinggang.

Yang perlu kalian lakukan adalah mencari susu yang kaya akan kalsium dan rutin mengkonsumsinya. Kira-kira 1 sampai 2 kali sehari cukup. Sangat mudah bukan? Bagi beberapa orang yang ingin cepat sembuh dari sakit pinggang, kalian bisa sekalian melakukan beberapa opsi lain yang dirasa bisa untuk meredakan sakit pinggang. Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara juga untuk menyembuhkan pinggang yang sakit.

2. Minyak Esensial

essential oils

Minyak esensial memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah meredakan nyeri di pinggang. Ada 2 minyak esensial yang familiar yaitu minyak lavender dan peppermint. Kedua minyak ini bisa dimanfaatkan untuk meredakan masalah sakit pinggang yang melanda. Cukup oleskan beberapa tetes pada pinggang dan pijat dengan perlahan.

Ada alasan kenapa 2 minyak ini bagus untuk digunakan. Minyak lavender dan peppermint mengandung antispasmodic dan analgesik, 2 obat yang bisa membantu meredakan rasa sakit dan kram otot. Anti inflamasi dalam kedua minyak tersebut bisa membantu untuk mengurangi pembengkakan.

1. Meregangkan Diri dan Santai

stretch and relax

Tak perlu panik dan bingung ketika pinggang sakit. Ingatkah kalian dengan pelajaran olahraga dulu ketika sekolah? Sebelum olahraga, kita dianjurkan dan diharuskan untuk melakukan stretching atau pemanasan. Pemasanasan ini dilakukan agar otot siap melakukan aktivitas berat dan resiko terjadi cidera bisa diperkecil.

Nah, pemanasan atau peregangan kecil ini sangat bagus dilakukan ketika pinggang tiba-tiba sakit. Entah itu ketika kalian mengangkat beban yang terlalu berat atau lainnya. Lakukan peregangan ringan seperti yang kalian lakukan pada saat sekolah dulu. Stretching bisa mengeluarkan hormon endorfin ke otak. Endorfin ini bisa menciptakan rasa senang dan mengurangi ketegangan pada tubuh.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas