home -> Lainnya -> 10 Burung Paling Berbahaya Di Dunia
18 Juli 2018 17:36

10 Burung Paling Berbahaya Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada June 29, 2018

Burung adalah salah satu dari sekian banyak jenis hewan yang hidup di Bumi. Mereka terbagi dari berbagai jenis dengan ukuran yang berbeda. Beberapa burung ada yang jinak dan mudah dipelihara, beberapa lainnya tidak. Tak semua burung bisa kita pelihara mengingat ada beberapa jenis burung yang masuk dalam kategori dilindungi dan juga ada yang berbahaya. Seperti yang akan TahuPedia bahas di bawah ini, inilah 10 burung yang dianggap sebagai burung paling berbahaya di dunia. Menganggap remeh mereka bisa membuat keselamatan kalian terancam.

10. Elang Ekor Merah

red-tailed hawk

Dari banyak jenis elang yang ada di dunia, hanya Red-tailed hawk atau elang ekor merah yang mendapat reputasi mengerikan. Burung elang dikenal sebagai burung yang kuat, cepat, dan pintar. Ditambah lagi, elang ekor merah adalah burung yang teritorial. Mereka akan menyerang siapapun yang berani memasuk daerah mereka dan menganggu sarangnya.

Dengan panjang yang bisa mencapai 65 cm, elang ekor merah bisa mencapai berat 1,1 kg. Apabila ada manusia yang masuk dan menganggu daerahnya, elang ekor merah dengan segera akan menyerang. Jumlah populasi elang ekor merah banyak tersebar di beberapa wilayah, mayoritas di Amerika Utara, Alaska, dan Kanada.

9. Burung Hantu Snowy

snowy owl

Kebanyakan burung hantu adalah hewan nokturnal atau hewan yang berburu pada malam hari. Berbeda dengan Snowy Owl atau burung hantu snowy, mereka adalah hewan diurnal. Artinya, hewan diurnal aktif berburu di siang maupun malam hari. Burung ini memiliki nama lain Polar owl atau White owl.

Seperti kebanyakan burung hantu, Snowy owl diberkahi dengan otak yang cerdas. Sebelum menyerang, Snowy owl akan melakukan skenario di kepala mereka agar mangsa yang menjadi incaran, tidak lepas. Burung ini benar-benar predator yang kejam. Snowy owl akan menyerang kepala korbannya pertama kali dan mencengkramnya dengan cakarnya yang setajam silet.

8. Lammergeier

lammergeier

Dari rupanya saja kita bisa lihat bahwa burung ini adalah burung yang berbahaya. Lammergeier sendiri adalah bahasa Jerman untuk burung Lamb vulture. Ya vulture, atau burung pemakan bangkai. Burung Lammergier ini memiliki ukuran tubuh yang tak main-main. Panjangnya bisa mencapai 120 cm dengan berat 5,7 kg.

Lammergeier sangat suka dengan tulang. Lammergeier akan memakan sisa-sisa bangkai dari hewan yang telah mati. Lammergeier akan mengambil tulang yang dinginkan, membawanya terbang ke angkasa, dan dijatuhkan ke bebatuan. Setelah tulangnyanya hancur, barulah Lammergeier menikmati makanan favoritnya tersebut.

7. Burung Hantu Barred

barred owl

Jika Snowy owl memiliki ukuran maksimal 73 cm, Barred owl memiliki ukuran yang lebih kecil yakni hanya 51 cm. Meski demikian, Barred owl bukanlah sembarang predator. Burung dengan berat 720 gram ini tetap menakutkan bagi mereka yang memiliki ukuran lebih kecil darinya. Bagamaina cara Barred owl berburu?

Pertama, Barred owl akan mengincar mangsa yang berukuran kecil. Karena sayapnya yang unik, Barred owl bisa terbang tanpa mengeluarkan suara yang bisa dideteksi oleh mangsanya. Barred owl akan menancapkan cakarnya yang tajam tepat ke kepala mangsanya. Kemudian mangsanya akan dipatuk dan diremas sampai kepalanya luka parah.

6. Angsa Mute

mute swan

Banyak orang yang suka dengan angsa karena mereka dianggap hewan yang anggun dan romantis. Ketika 2 angsa bertemu, biasanya mereka akan membentuk simbol hati dengan kepalanya. Angsa Mute, salah satu jenis angsa yang akan TahuPedia bahas. Mereka dikenal sebagai salah satu burung yang berbahaya.

Dengan panjang 2,4 meter dan berat yang bisa mencapai 12 kg, Angsa mute banyak ditemukan di daerah Eurasia dan Afrika Utara. Burung ini sangat teritorial, mereka yang masuk ke areanya akan diserang. Manusia pun tak luput dari serangan mereka. Angsa mute sangat kuat, mereka bisa menyerang mata dan mematahkan tulang.

5. Great Northern Loon

Great Northern Loon

Great Northern Loon memiliki nama lain yakni Common loon atau Great Northern Diver. Burung satu ini dianggap berbahaya karena Great Northern Loon pernah membunuh seorang manusia. Ini membuat ahli ornithologist memasukkannya ke dalam kategori burung predator. Seperti apa sebenarnya karakteristik dari Great Northern Loon.

Great Northern Loon adalah burung berukuran besar dengan handal menyelam. Ada banyak jenis dari Great Northern Loon seperti Arctic Loon, Pacific Loon, Red-necked grebe, Red-throated loon, dan Yellow-billed loon. Great Norhern Loon bisa bertumbuh hingga seberat 8 kg. Paruhnya yang runcing dan tajam adalah senjata utama mereka ketika berburu.

4. Australian Magpie

Australian Magpie

Australia memang dikenal sebagai benua yang berbahaya karena banyaknya hewan eksotis namun berbahaya. Kini bertambah satu lagi hewan yang harus diwaspadai di Australia. Hewan yang dimaksud adalah burung Australian magpie. Burung ini menjadi burung kedua berbahaya di Australia setelah kasuari.

Australian magpies memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, hanya sekitar 43 cm dan beratnya hanya 350 gram. Namun, Australian magpies adalah burung yang sangat agresif, apalagi ketika masuk dalam musim kawin. Mereka akan melindungi sarangnya mati-matian. Jika ada hal yang membahayakan, Australian magpies akan menyerang tanpa ampun. Mereka dapat ditemukan di rerumputan, lapangan, bahkan taman.

3. European Herring Gull

European Herring Gull

Di Eropa Barat, adalah wilayah kekuasaan dari burung camar, European herring gull. Sungguh celaka bagi sejumlah hewan yang menjadi mangsa European herring gull karena populasi mereka sangat banyak di tepi pantai Eropa Barat. Menu diet mereka kebanyakan adalah ikan, burung kecil, mamalua kecil, telur, cacing, dan hewan invertebrata.

Lebar sayap European herring gull bila dibentangkan bisa mencapai 1,6 m. Yang jantan bisa seberat 1,5 kg dan betina sekitar 1,1 kg. Burung European herring gull adalah hewan yang oportunis dan berbahaya. Mereka sering kali mengancam manusia karena sarangnya berdekatan dengan pemukiman manusia.

2. Unta

ostrich

Ada 2 burung yang menjadi burung terbesar sekaligus paling berbahaya di dunia yang tidak bisa terbang. Kedua burung tersebut adalah onta dan kasuari. Pertama, mari kita bahas burung onta. Onta ada burung terbesar di dunia yang tak bisa terbang. Berani macam-macam dengan aneh, bersiaplah kalian dikejarnya sampai kemana pun.

Burung onta banyak ditemukan di daerah Afrika. Burung onta memiliki tinggi hingga 2,1 meter dan berat 120 kg. Meski mereka tidak bisa terbang, burung onta bisa berlari dengan sangat cepat. Ketika berlari, burung onta bisa berlari hingga kecepatan 70 km/jam. Siapapun akan diserang apabila merasa terancam, termasuk manusia.

1. Kasuari

cassowary

Dan yang paling berbahaya dan harus diwaspadai adalah burung kasuari. Burung ini banyak ditemukan di hutan hujan Papua Nugini dan Barat Laut Australia. Sayang, burung yang termasuk paling berbahaya, populasinya kini semakin berkurang. Padahal, hewan ini adalah fosil hidup dari jaman pra sejarah.

Kasuari adalah hewan teritorial yang pemalu. Kasuari akan mempertahankan daerah kekuasaannya dari para penyusup. Kasuari memiliki tinggi 1,7 m dan berat 44 kg. Kasuari memiliki kaki yang sangat kuat. Ditendang oleh burung satu ini bisa mengakibatkan cidera parah dan kemungkinan terburuknya meninggal.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas