home -> Lifestyle -> 10 Benda Kotor Yang Sering Kita Sentuh Tiap Hari
14 November 2018 12:06

10 Benda Kotor Yang Sering Kita Sentuh Tiap Hari

Oleh reagan dalam Lifestyle pada June 20, 2018

Bakteri, dimana-mana ada bakteri. Tentunya bakteri ini dibutuhkan usaha khusus supaya kita bisa melihatnya. Ini disebabkan ukuran bakteri yang sangat kecil. Ada bakteri jahat, ada juga bakteri baik, Bakteri bisa ditemukan dimana-mana, bahkan barang di sekitar kita. Yang kita tidak tahu adalah, barang yang sangat sering kita jumpai dan kita gunakan, ternyata menyimpan banyak sekali bakteri. Inilah sejumlah barang sehari-hari yang sering kita sentuh yang menyimpan banyak bakteri.

10. Kamar Mandi

bathtub

Untuk menjaga kebersihan tubuh, dianjurkan agar kita sering mandi. Mandi bukan sembarang mandi yang sekedar main air, tapi mandi yang benar, membersihkan seluruh bagian tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Entah berapa banyak kuman jahat yang jatuh dari tubuh ke lantai kamar mandi. Apalagi kalian yang menggunakan bak mandi.

Bila kalian jarang membersihkan kamar mandi yang kalian gunakan, maka kuman tersebut akan terus menumpuk dan bisa memberikan ancaman bagi kesehatan untuk siapapun yang menggunakan kamar mandi tersebut. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan kamar mandi kalian dengan anti bakteri.

9. Tombol Lift

lift buttons

Gedung-gedung bertingkat sudah pasti dilengkapi dengan eskalator dan lift. Dan keduanya adalah tempat yang menjadi sarang kuman. Untuk eskalator, akan kita bahas di poin yang berbeda. Untuk saat ini, yang pertama akan kita bahas adalah lift. Ya, lift, tempat kita berpindah lantai ini memiliki indikasi sebagai salah satu tempat paling berkuman.

Ga mengherankan apabila mengingat ada banyak orang yang pasti menggunakan lift. Tingkat higienis tiap orang juga tak ada yang tahu. Tingkat kebersihan mereka yang ditanyakan tersebut, mulai menyentuh bagian dalam lift yaitu tombol lift. Berhati-hatilah kalian yang menggunakan lift, untuk jangan lupa mencuci tangan sebelum makan.

8. Keyboard

keyboard

Ketika warnet masih berjaya, banyak orang yang berduyun-duyun datang ke warnet dan main selama berjam-jam. Ada yang berseluncur di internet, mencari informasi, ada pula yang ke warnet untuk bermain game online. Keyboard, salah satu perangkat keras komputer yang menjadi sarang berkumpulnya kuman.

Karena warnet adalah tempat umum, pasti banyak orang yang wara-wiri, menggunakan komputer mana yang mereka inginkan. Jika duduk selama berjam-jam, ada tendensi orang akan membeli makanan dan minuman sembari berinternet ria. Mungkin saja bukan hanya keyboard, bisa saja seluruh bagian komputer sudah terkontaminasi oleh kuman.

7. Eskalator

escalator handle

Ada 3 cara bila kita mau berpindah lantai di suatu gedung bertingkat. Pertama adalah menggunakan lift, kedua dengan menggunakan eskalator, dan ketiga adalah dengan menggunakan tangga. Lift memang enak, tapi seringkali lama menunggu dan sekali datang sudah penuh. Tangga sangat melelahkan. Yang paling sering digunakan adalah eskalator. Karena digunakan oleh banyak orang, eskalator menjadi salah satu tempat yang dihinggapi oleh banyak kuman.

Adalah bagian pegangan eskalator yang menjadi tempat paling banyak dihinggapi oleh kuman. Pegangan eskalator dipegang agar lebih aman, tapi, yang ada kita malah terjangkiti oleh kuman. Bayangkan saja, ada berapa banyak orang yang memegang pegangan eskalator. Entah tangan mereka itu bersih atau tidak, habis memegang apa, sudah dicuci bersih atau belum.

6. Tempat Cuci Piring

washing dishes

Makan dan minum adalah aktivitas rutin yang pasti dilakukan oleh manusia. Bagi yang tidak mau repot, makan dan minum di wadah yang bisa langsung dibuang. Misalnya di styrofoam, plastik, dan lain sebagainya yang bisa langsung dibuang. Tapi, ada kalanya kita makan menggunakan alat makan seperti piring atau mangkuk. Setelah selesai makan, mangkuk dan piring tersebut haruslah dicuci di tempat cuci piring.

Tahukah kalian bahwa tempat cuci piring yang kalian gunakan bukanlah tempat yang bersih. Jika diambil sampel, pasti ada beberapa bakteri yang tinggal di tempat cuci piring kalian. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan tempat cuci piring kalian. Juga jangan biarkan piring, mangkuk, dan gelas kotor dalam waktu yang lama karena ini bisa menjadi surganya bakteri.

5. Kereta atau Tas Belanja

shopping cart

Ketika berbelanja di supermarket, di pintu masuk akan disediakan tempat untuk menaruh barang belanjaan kita. Biasanya ada alat yang diberikan, kereta atau tas belanja. Bagi yang tidak mau repot menenteng barang belanjaan, bisa memilih menggunakan kereta belanja. Jika yang dibelanjakan hanya sedikit, bisa menggunakan tas belanja.

Ternyata, 2 alat belanja yang sering kita gunakan ini, bersembunyi banyak sekali bakteri jahat. Kereta atau tas belanja pastinya digunakan oleh banyak. Belum tentu tangan orang yang menggunakan bersih, pasti ada kotoran yang entah dari mana asalnya. Ketika memegang kereta atau tas belanja, bakteri tersebut pun pindah tempat.

4. Handphone

handphone

Sekarang, handphone sudah menjadi salah satu kebutuhan utama. Jika disuruh memilih, lebih memilih ketinggalan dompet atau handphone, orang lebih memilih untuk ketinggalan dompet. Jadi, sudah tahu sekarang betapa pentingnya keberadaan handphone. Dan, faktanya, handphone yang sering kita pegang ini, ternyata menjadi sarang kuman.

Kenapa handphone bisa terjangkiti oleh bakteri? Alasannya karena hangat. Handphone samat seperti remot tv, suhunya yang hangat adalah suhu ideal untuk bakteri tinggal. Ada sebuah studi yang dilakukan di Inggris. Dari hasil studi tersebut ditemukan bahwa bakteri yang ada di handphone bisa berujung dengan penyakit meningitis.

3. Toilet Duduk

toilet

Tempat duduk toilet adalah benda ketiga yang paling sering kita lihat dan sering kita gunakan, yang menjadi tempat sempurna bakteri jahat berkumpul. Anggaplah rumah kalian menggunakan toilet duduk dan kalian rajin membersihkannya, bagaimana dengan toilet duduk yang ada di toilet umum? Seberapa kalian yakin akan kebersihannya?

Sekarang jujur saja, toilet duduk pasti memiliki dudukan yang bisa diangkat. Harusnya, dudukan toilet ini selalu diangkat dan dijaga kebersihannya. Sayangnya, ada banyak pengguna toilet duduk yang sama sekali tidak perduli dengan kebersihan dudukan toilet. Ada saja bekas air seni yang tertinggal sampai bahkan bekas injakan sepatu. Bayangkan, ada berapa banyak kuman yang ada di dudukan toilet?

2. Uang

money

Alat pembayaran yang sah yang telah disetujui adalah uang. Meski mata uang dari setiap negara berbeda satu dengan yang lain, uang tetaplah uang. Ketika membeli sesuatu, maka kita membayar dengan sejumlah uang. Setiap orang pasti sudah familiar dan sering bersentuhan dengan uang. Dan uang ini adalah salah satu benda yang menjadi alat sempurna untuk penyebaran kuman.

Ya, di uang kertas ataupun uang logam, uang menjadi sarang atau tempat yang paling banyak ditemukan kuman. Oleh beberapa peneliti dari Wright Patterson Medical Center di Ohio, Amerika, sejumlah uang kertas atau dolar Amerika, menjadi salah satu alat penyebar kuman yang bisa mengancam kekebalan tubuh manusia. HIV misalnya.

1. Mulut

mouth

Dan, dari semua benda berkuman yang kita sentuh tiap hari, mulut kita adalah tempat sarang kuman atau bakteri yang paling banyak. Kenapa hal ini bisa terjadi? Coba bayankan saja, mulut kita adalah tempat kita mengunyah semua makanan sebelum sampai ke dalam perut. Ingat, semua makanan masuk dalam mulut kita.

Anggapannya, mulut kita ini kurang lebih sama seperti tempat sampah. Bedanya, yang masuk ke dalam mulut adalah makanan dan minuman. Dalam sehari, entah berapa banyak makanan dan minuman yang masuk melalui mulut. Belum lagi apabila ada sisa makanan yang masih menyangkut di gigi. Untuk itulah setiap malam, sebelum tidur, kita disuruh untuk menggosok gigi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas